Pengertian OEM Beserta Perbedaannya dengan Original Dan KW

Bagi kamu yang sering belanja secara online untuk kebutuhan gadget, komputer atau yang lain pasti pernah mendengar istilah OEM. Ada harga ada barang, begitulah prinsip yang biasa kita dengar sehari-hari. Prinsip ini tentu menjadi pengingat bagi kita bahwa haram hukumnya mengharapkan barang bagus bila harganya murahan. Jangan pula mengharap rizkimu melimpah, bila shodaqohmu pas-pasan. Mungkin begitu juga.

Dengan harga murah, kita bisa mendapatkan barang yang sama dengan kualitas berbeda. Misalnya saja saat kita membeli sistem operasi windows. Ternyata si penjual menawarkan tiga OS windows dengan jenis yang sama tetapi dengan harga berbeda. Yang satu dijual 500 ribuan, yang satu dijual 200 an ribu, dan yang satunya lagi hanya 50 an ribu.

Ternyata, sistem operasi windows yang pertama itu yang original, yang kedua itu Oem dan yang ketiga adalah KW. Lantas apa sih beda antara OEM, KW dan Original itu?

Pengertian OEM dan Mengapa Ada OEM

Pengertian OEM

Oke, kita pahami dulu apa itu OEM. OEM berasal dari kata Orginal Equipment Manufacturer yang bisa didefinisikan sebagai sebuah produk atau barang yang diproduksi oleh perusahaan atas permintaan perusahaan asli pembuat produk tersebut. Kemudian perusahaan yang memproduksi tersebut tetap menggunakan brand atau nama dari produsen asli barang tersebut.

Contohnya:

X adalah sebuah perusahaan yang memproduksi produk bernama Berasku. Artinya X adalah perusahaan asli pembuat produk Berasku. Suatu ketika, perusahaan X memiliki pesanan yang sangat banyak sehingga harus mencari rekan bisnis atau perusahaan lain. Maka X meminta Y agar dapat membantu X dalam memproduksi Berasku di area atau wilayah tertentu. Berasku yang diproduksi oleh perusahaan Y inilah yang dinamakan dengan produk berkualitas OEM.

Berasku yang diproduksi oleh perusahaan Y tetap menggunakan nama brand perusahaan X yaitu Berasku. Meski demikian, hasil produksi perusahaan Y dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan produk yang diproduksi langsung oleh X. Karena Berasku yang diproduksi oleh X merupakan barang original.

Mengapa harus ada produk OEM?

Produk Oem dibuat atas dasar motif ekonomi dan pertimbangan efisiensi. Setidaknya, produk OEM dapat memberikan beberapa keuntungan diantaranya:

  • Dapat mengurangi biaya produksi produk karena perusahaan yang memproduksi OEM biasanya mampu memproduksi barang secara massal.
  • adanya perusahaan OEM juga membantu kinerja perusahaan jadi lebih efisien karena perusahaan tidak perlu lagi membuat perusahaan atau pabrik baru serta tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk menggaji tenaga kerja untuk meproduksi suatu barang atau produk.
  • Perusahaan OEM juga membantu perusahaan pembuat asli untuk tidak perlu mencari karyawan baru dan menguji kompetensinya. Sehingga tidak memakan waktu.

Di dunia nyata, perusahaan produk OEM yang mencantumkan merek asli perusahaan pendiri adalah OEM perakitan komputer. Sedangkan beberapa produk OEM yang tidak mencantumkan merek asli diantaranya adalah barang-barang otomotif.

Perbedaan OEM dengan Original

Pada umumnya terdapat tiga jenis produk yang dipasarkan, yaitu barang atau produk original, OEM dan produk KW. Ketiga barang tersebut tentu saja memiliki perbedaan dan latar belakang yang berbeda-beda.

  • Produk original adalah barang atau produk yang diproduksi langsung oleh perusahaan pembuatnya, serta dipasarkan langsung oleh produsen pembuatnya itu sesuai dengan standar dari perusahaan produsen tersebut.
  • produk OEM adalah produk yang memiliki kualitas sama dengan produk aslinya namun di produksi oleh perusahaan berbeda sehingga memiliki standar yang berbeda pula dengan standar dari perusahaan aslinya.
  • Produk OEM biasanya dijual dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan produk asli, hal ini karena dalam penjualannya terkadang produk OEM hanya dikemas menggunakan box, plastik atau pembungkus biasa yang berbeda dengan kemasan produk aslinya. Lihatlah gambar di bawah ini, sama-sama tas anello. Tapi harganya berbeda.Perbedaan OEM dengan Original

Hal lain yang menyebabkan produk OEM memiliki harga yang lebih murah adalah biasanya produk OEM tidak dilengkapi dengan surat-surat pendukung serta perangkat tambahan yang bisanya terdapat dalam produk original.

Hal ini dapat kita temui ketika kita membeli laptop yang tidak dilengkapi dengan kabel adapter atau konektor, kartu garansi, instruksi penginstalan, bahkan paket software yang akan kita gunakan untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

Perbedaan OEM dengan KW

Perbedaan OEM dengan KW

Seperti yang kita ketahui bahwa produk OEM adalah produk original yang diproduksi oleh perusahaan lain namun dengan tetap menggunakan nama brand dari perusahaan aslinya. Sedangkan produk KW adalah produk replika dari produk original yang dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya dan diproduksi oleh perusahaan yang tidak memiliki ijin memproduksi barang tersebut.

  • Jika dilihat dari segi kualitas, produk OEM dengan sama dengan produk original. Sedangkan produk KW sangatlah berbeda dengan produk aslinya, hal ini karena produk KW lebih mengedepankan segi bentuk agar sama persis dengan produk originalnya.
  • Dari segi harga, produk orginal memiliki harga yang paling mahal. Produk OEM memiliki harga yang sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan produk original. Sedangkan pada produk KW memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan produk OEM dan orginal.

Produk KW sendiri terdiri dari KW super, KW 1, 2, 3 dan seterusnya. KW super merupakan barang yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan China. Karena China dikenal sebagai negara yang handal membuat barang tiruan dengan kemiripan yang hampir mencapai 100% dengan produk original, yang membedakan hanyalah tidak adanya izin/lisensi dari produk yang ditiru.

Bagaimana sikap kita sebagai pembeli?

Pada dasarnya, produk KW adalah produk tiruan yang diproduksi oleh perusahaan yang tidak memiliki ijin untuk memproduksi barang tertentu. Kadang kita sebagai pembeli tertipu dengan produk KW yang dijual sebagai produk asli. tentu saja ini sangat merugikan.

Untuk itu, sebelum kamu beli sesuatu cobalah periksa reputasi penjual, harga barang yang dijual dan kualitas barangnya. Jika barang bagus tapi dijual murah, kamu perlu curiga. Lagi-lagi, prinsip ada barang ada harga masihlah berlaku.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *