Pengertian Mouse, Fungsi dan Jenis-jenis Mouse (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Mouse – Ketika kamu mengoperasikan perangkat komputer, ada satu perangkat yang tak mungkin ketinggalan untuk menunjang pengoperasian. Yups benar sekali, perangkat ini adalah mouse. Mouse memiliki peranan yang sangat vital ketika kamu mengoperasikan komputer. Alat ini secara umum berfungsi sebagai alat petunjuk perintah di komputer. Tapi apakah hanya itu saja fungsi mouse?

Ternyata tidak. Mouse masih memiliki banyak fungsi lain yang tak kalah penting. Sayangnya, banyak diantara kita yang tak paham. Misalnya saja apa itu Mouse? Apa sebenarnya fungsi mouse dan jenis-jenisnya? Berikut kita akan bahas lebih lanjut mengenai pengertian mouse, fungsi dan jenis-jenisnya.

Pengertian Mouse

pengertian mouse

contoh mouse

Mouse adalah perangkat hardware komputer yang menerima input berupa gerakan, tekanan tombol, serta penggulungan yang berfungsi untuk memilih teks, ikon, folder juga file. Dalam bahasa Indonesia mouse sendiri diartikan sebagai tetikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung dibagian belakangnya.

Pada personal computer(PC) alat yang satu ini tidak mungkin bisa ditinggalkan, kecuali pada komputer layar sentuh. Berbeda kalau pada laptop atau notebook, tidak ada mouse tetap bisa dijalankan. Tapi bagi mereka yang gemar melakukan desain, mouse adalah device yang wajib dimiliki.

Fungsi Mouse

fungsi mouse

Apa itu fungsi mouse? Secara umum fungsi utama mouse adalah sebagai pointing device. Maksudnya mouse ini akan menjadi alat yang menggerakkan pointer pada layar monitor komputer maupun laptop. Nah selain itu, jika kita lebih cermat dan dalam memahami mouse, maka akan ada banyak fungsi lain. Diantaranya.

1. Untuk mengeksekusikan suatu program

Mouse mempunyai peranan penting dalam hal ini. Tentu kamu sangat sering menggunakan mouse untuk menjalankan program atau sekedar membuka file. Pada umumnya suatu program ataupun file dalam komputer atau laptop dapat dibuka dan dijalankan dengan cara double klik. Dan double klik itu sangat mudah dilakukan menggunakan mouse.

2. Untuk memilih objek

Memilih adalah aktifitas yang tak bisa kita hindari ketika mengoprasikan komputer atau laptop. Seperti halnya saat memilih folder, file, hingga kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft word. Nah dengan menggunakan mouse, kita bisa membuat pilihan sesuai dengan keinginanmu dengan lebih mudah serta lebih cepat.

3. Melakukan drag dan drop

Dengan menggunakan mouse, kita bisa melakukan drag dan drop pada item-item di dalam komputer. Mulai dari copy, cut, sampai dengan move. Dengan didukungnya kemampuan mouse ini, akan memudahkan kamu dalam melakukan operasi sederhana tersebut. Beda cerita bila tidak ada mouse.

4. Mendapatkan informasi melalui hover mouse

Selanjutnya mouse memberikan informasi melalui hover. Hover itu terjadi ketika pointer kita letakkan diatas menu, file, atau folder. Nah ketika pointer dalam kondisi hover ini maka kamu akan melihat sebuah informasi ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips. Fungsi ini nantinya sangat berguna bagi kamu untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang kamu klik.

5. Melakukan scroll

Saat membaca sebuah artikel ataupun berita hal paling sering kamu lakukan adalah scroll bukan? yaps scrolling merupakan proses menjelajah isi halaman dengan menggulungnya. Nah dengan menggunakan fitur dukungan ini akan memudahkan kamu melakukan scrolling ketika mengoperasikan komputer ataupun laptop. Selain memakai mouse scroll juga bisa dilakukan memakai tanda panah (arrow) di keyboard kamu.

Selain beberapa fungsi mouse di atas, ternyata juga masih ada fungsi lain dari mouse. Fungsi lain yang dimaksud disini adalah fungsi lanjutan dari mouse yang umumnya digunakan pada bahasa pemrogaman. Jika kamu seorang programmer, tentu sudah tak asing lagi dengan hal ini bukan?.

Jenis-Jenis Mouse

Pada saat ini mouse telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Namun secara umum mouse dapat digolongkan berdasarkan 2 aspek yaitu metode pendekatan mouse dan koneksi mouse ke komputer ataupun laptop.

Menurut Metode Pendekatan Mouse

jenis jenis mouse

1. Mechanical mouse

Mouse jenis ini mempunyai bola dibagian bawah yang dapat bergerak kesegala arah. Pada saat bola tersebut bergerak, maka sensor pada mouse akan mendeteksi arah gerakan dan menerjemahkan ke monitor dengan gerakan yang sama. Mouse tipe ini masih sangat popular dijumpai sampai tahun 2008. Namun, untuk saat ini sudah sudah sangat jarang dijumpai.

2. Optomechanical mouse

Secara prinsipnya mouse ini sama dengan jenis sebelumnya. Hanya saja yang membedakan, selain terdapat bola diadalamnya juga terdapat sinar yang mempresentasikan posisi koordinat pointer.

3. Optical mouse

Untuk mouse jenis optical ini tidak menggunakan system mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, pada tipe ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakannya. Dengan demikian kamu bisa menggunakan optical mouse tanpa mouse pad.

Menurut Koneksi Mouse Ke Komputer ataupun Laptop

pengertian mouse ps2

1. Bus mouse

Bus mouse ini terkoneksi pada PC melalui bus yang terintegrasi pada ISA add in card. Nah dulunya mouse ini digunakan pada awal digunakannya komputer IBM.

2. Serial mouse

Seperti namanya, serial mouse nantinya akan disambungkan melalui serial port. Port yang umum digunakan yaitu tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terdapat pada bagian belakang motherboard.

3. PS/2 mouse

Pada PS/2 mouse pemasangannya menggunakan konektor berupa 6 pin mini din. Mouse ini sempat booming diera 1987 an. Namun sekarang mouse ini sudah jarang sekali dijumpai dipasaran.

4. USB mouse

Hampir sama seperti tipe mouse sebelumnya, yang membedakan hanya dibagian port-nya. Mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman signal dari mouse ke monitor. Jika kamu tertarik, kamu masih bisa mendapatkannya di toko komputer dan aksesoris.

5. Wireless mouse

Terakhir adalah wireless mouse. Dengan menggunakan wireless mouse kamu tidak memerlukan kabel untuk mentranmisikan signal, melainkan menggunakan wireless yang diterima receiver device pada chipnya.

Nah itulah pengertian mouse, fungsi dan jenis-jenis mouse. Buat kamu yang hendak beli mouse, ada beberapa rekomendasi merek mouse di tahun 2018 ini yang cukup bagus untuk kamu gunakan. Misalnya saja Logitech MX Master, Logitech MX Anywhere 2, Anker Vertical Mouse, Apple Magic Mouse 2, atau cukup sederhana seperti Microsoft Bluetooth Mobile Mouse 3600.

Ada pertanyaan atau komentar?