Pengertian Microsoft PowerPoint, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

3 min read

Pengertian Microsoft PowerPoint,- Powerpoint, satu nama yang sepertinya tidaklah asing bagi pembaca sekalian. Walaupun memang, nama ini merujuk pada banya hal. Bisa berkaitan dengan sebuah program di komputer, bisa berkaitan pula sebuah tampilan di layar LCD. Apapun itu, powerpoint atau microsoft powerpoint atau lengkapnya Microsoft Office PowerPoint tentu sudah pernah kamu lihat.

Tetapi yang pasti keberadaan powerpoint sangat mempermudah kita dalam hal presentasi di depan publik, terutama di ruang tertutup. Lantas apa itu powerpoint? Apa fungsi dan manfaat lengkapnya serta bagaimana sejarah terciptanya plus kelebihan dan kekurangannya? Inilah yang akan saya bahas dalam tulisan sederhana kita kali ini.

Pengertian Microsoft PowerPoint

Kita awali dari pengertianya terlebih dahulu. Seperti pada kalimat di paragraf pertama, bahwa powerpoint memiliki banyak sebutan. Bisa Microsoft Office PowerPoint untuk versi lengkapnya, bisa Microsoft PowerPoint atau yang paling sederhana adalah PowerPoint saja. Pada tulisan ini, kan saya sebut dengan Microsoft PowerPoint.

Microsoft PowerPoint merupakan salah satu jenis program yang ada di komputer. Program ini dikembangkan oleh Microsoft untuk membantu presentasi. Biasanya sepaket dengan Microsoft Office lainya seperti Microsoft Word, Access, Excel dan lainnya. Sesuai dengan perkembanganya, program ini tidak hanya ada di platform windows saja. Melainkan juga ada di platform android.

Sekarang ini, Microsoft PowerPoint lebih banyak digunakan pada program berbasis dekstop. Terutama pada OS Microsoft Windows ataupun digunakan pada MacOS milik Apple Macintosh. Padahal awal-awal kemunculanya, Microsoft PowerPoint ini digunakan pada sistem operasi Xenix.

Sesuai dengan perkembanganya, program yang banyak digunakan oleh kalangan pelajar hingga kantoran mulai dari pebisnis, siswa, para pendidik dan trainer ini telah beberapa kali mengalami perubahan nama dan versi. Ada Microsoft Office System 2003, yang kemudian berganti menjadi Microsoft Office PowerPoint. Dan terakhir pada 15 berubah menjadi PowerPoint saja.

Fungsi dan Manfaat Microsoft PowerPoint

Sesuai dengan tujuan diciptakanya program Microsoft Powerpoint, ada beberapa fungsi dan manfaat yang bisa kita peroleh dari program ini terutama untuk kegiatan presentasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut fungsi Microsoft Powerpoint.

  • Fungsi Microsoft Powerpoint yang utama adalah membuat bahan dan proses presentasi menjadi lebih mudah, hal ini karena bahan dalam Microsoft Powerpoint dibuat dalam bentuk slide ke slide.
  • Model slide yang ada di dalam Microsoft Powerpoint mempermudah pengguna dalam mengatur materi yang akan disampaikan selama proses presentasi.
  • Microsoft Powerpoint juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam memasukkan gambar ataupun video dalam bahan presentasinya. Sehingga membuat tampilan presentasi jadi semakin menarik dan tampak hidup.
  • Microsoft Powerpoint menyimpan materinya dalam bentuk softcopy, tentu saja ini mempermudah pengguna dalam mengakses ataupun membagikan materi yang akan dan telah disampaikan.

Selain beberapa fungsi Microsoft Powerpoint sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahan presntasi yang dibuat di Microsoft Powerpoint juga bisa dibuka di smartphone. Sehingga akan memudahkan siapa saja membaca dan membagi materinya.

Ada fungsi, tak akan lengkap bila tidak disebutkan manfaatnya. Manfaat adalah apa yang di dapat setelah memaksimalkan fungsi yang ada. Salah satu manfaat utama adanya Microsoft Powerpoint adalah membuat audien lebih mudah memahami apa yang disampaikan dan tertarik dengan presentasi yang dilakukan.

Hal ini karena dengan Microsoft Powerpoint, kita bisa menambahkan berbagai atribut pelengkap dalam presentasi. Misalnya saja memasukkan gambar, gif, video, audio dan lain sebagainya.

Kelebihan & Kekurangan Microsoft PowerPoint

Seperti halnya dengan program lainya, tentu saja Microsoft Powerpoint memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Dua sisi ini selalu berjalan beriringan sebagai pelengkap. Ada kekurangan tentu ada kelebihan.

Kelebihan Microsoft Powerpoint

  • Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi. Coba bandingkan dengan program aplikasi lainya, mana ada yang bisamembuat bahan presentasi sepowerfull Microsoft Powerpoint? Kamu bahkan bisa membuat bahan presentasi hebat hanya dalam hitungan menit dengan program ini.
  • Dilengkapi Beragam Tools. Bandingkan juga dengan beragam program lain, misalnya PDF, Corel dan lain-lain. Mana ada yang lebih hebat dari Microsoft Powerpoint soal kelengkapan fitur untuk presentasi. Maklum saja, sebab program ini memang ditujukan untuk membantu proses presentasi.
  • Template Bervariasi. Di dalam Microsoft Powerpoint, kita bisa dengan mudah menemukan beragam Template. Dengan begini, kamu tak perlu bersusah payah dalam membuat tampilan lebih menarik dan hidup. Sudah ada beragam Template siap pakai yang bagus-bagus.
  • Dapat Diexport ke PDF. Yang tak kalah menarik tentu saja hasil pembuatan bahan yang kita lakukan di Microsoft Powerpoint, nyatanya juga bisa di eksport ke PDF. Sehingga bisa dibuat dalam selembaran pegangan.
  • Memiliki Fitur Kolaborasi. Membuat bahan presentasi dalam waktu bersamaan lalu hasil akhirnya digabung jadi satu? Semua mungkin dilakukan di Microsoft Powerpoint.

Selain beberapakelebihan di atas, Microsoft Powerpoint juga memiliki hal menarik lainya. Misalnya adanya Fitur Cloud Service dan Fitur Authoring Sangat Advanced

Kekurangan Microsoft Powerpoint

Meski ada banyak kelebihan Microsoft Powerpoint, bukan berarti menutup kemungkinan adanya kelemahan. Setidaknya ada tiga kelemahan utama Microsoft Powerpoint:

  1. Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi. Inilah kelemahan yang kerap dikeluhkan para pengguna Microsoft Powerpoint. Beralih dari versi 2010 ke versi 2007, maka sangat mungkin file yang dibuat di 2010 tidak bisa dibuka.
  2. Harga Terlalu Mahal. Untuk pemilik usaha kecil, mahasiswa atau pelajar, harga yang ditawarkan oleh Microsoft untuk paket microsoft office cukuplah mahal.
  3. Tergolong Program yang Berat. Untuk bisa mengoperasikan Microsoft Powerpoint dengan baik, komputer harus didukung dengan spesifikasi yang cukup baik. Pclama biasanya akan sulit mengoperasikan program ini.

Sejarah singkat microsoft power point

Secara sederhana saya akan jelaskan bagaimana program ini tercipta. Awalnya, Microsoft Powerpoint digunakan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin untuk presentasi perusahaan bernama Forethought, Inc.

Setelah itu, Microsoft Powerpoint dianggap memiliki banyak manfaat, maka dirilislah PowerPoint versi 1.0 dirilis pada 1987. Saat itu, komputer yang mendukung adalah Apple Macintosh. Awalnya tak seperti sekarang, melainkan masih dengan warna hitam/putih. Baru setahun kemudian muncul Powerpoint dengan dukungan beragam warna.

Setelah itu, versi terbaru Microsoft Powerpoint terus bermunculan. Terutama setelah Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc. dan hingga kini, versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2013.

Pengertian Router Beserta Fungsi dan Cara Kerja Router Pada Jaringan…

Pengertian Router Beserta Fungsi dan Cara Kerja Router Pada Jaringan Komputer – Internet adalah kebutuhan pokok di jaman modern. Hampir setiap hari, kita pasti mengakses...
litalia
2 min read

Pengertian Harddisk Beserta Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Harddisk Pada…

Pengertian Harddisk – Salah satu perangkat keras komputer yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Harddisk atau dapat kita sebut dengan...
litalia
3 min read

Pengertian VRAM Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenis VRAM

Pengertian VRAM, Fungsi dan Jenisnya – Terkadang kita tidak menyadari bahwa ada salah satu komponen penting dalam komputer atau laptop yang sering kita sepelekan, sebut...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *