Pengertian MacOS Beserta Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan MacOS yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian MacOS Beserta Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan MacOS,- Sistem Operasi merupakan salah satu perangkat wajib yang harus ada pada komputer agar bisa digunakan. Dari sekian banyak sistem operasi, ada beberapa yang paling populer. Salah satu yang terkenal dengan sistem operasinya yang ekslusif adalah Macintosh Operating System atau yang akrab diakronimkan MacOS.

MacOS merupakan sistem operasi saingan utama Windows pada perangkat berbasis dekstop. Keduanya sering diperdebatkan untuk menentukan siapa yang paling hebat. Hanya saja kerap berakhir tanpa kesimpulan karena keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah kali ini, kita tidak akan perdebatkan keduanya. Kita hanya akan membahas mengenai apa pengertian MacOS, sejarah serta kelebihan dan kekuranganya.

Pengertian MacOS

   

MacOS merupakan salah satu jenis sistem operasi pada komputer yang khusus digunakan untuk untuk mengoperasikan Notebook Apple Macintosh buatan Apple Computer. Menurut catatan sejarah, untuk pertama kalinya Macintosh diperkenalkan ke publik pda Januari 1984 melalui iklan Super Bowl.

Tetapi sebenarnya, cikal bakal hadirnya Macintosh jauh sebelum perkenalan itu. Macintosh merupakan perangkat piranti pertama yang menggunakan sistem antarmuka grafis GUI (Graphical User Interface). Karena itu banyak yang menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh Apple adalah langkah yang revolusioner dalam dunia PC.

Nah kalau menurut Wikipedia, macOS yang sebelumnya disebut OS X merupakan antarmuka grafikal sistem operasi hasil buatan dan pengembangan Apple Inc. OS ini digunakan pada Macintosh. Orang-orang hebat yang berada di balik popularitas Macintosh adalah Bill Atkinson, Andy Hertzfeld dan Jef Raskin.

Secara umum, Sistem Mac OS dibedakan menjadi 2 bagian. Ada MacOS Klasik dan ada MacOS X.

  • Mac OS Klasik mengacu pada MacOS yang pertama kali dikeluarkan pada tahun 1984 hingga MacOS 9. OS ini dikenal sebagai salah satu sistem OS yang tidak bisa menggunakan sembarang command line tetapi sudah menggunakan user interface (UI) sepenuhnya. Sayangnya, OS ini kerap dikritik karena menggunakan cooperative multitasking.
  • Mac OS X adalah generasi MacOS lanjutna dari MacOS 9, huruf X mewakili angka 10 (dalam romawi). Pada MacOS X ini terdapat banyak pembaharuan yang revolusioner, misalnya saja OpenStep, BSD Unix, dan Mac OS 9. Bahkan Mac OS X ini memiliki memori layaknya Unix serta pre-emptive multitasking.

Dibanding dengan generasi MacOS klasik, MacOS X memiliki keunggulan pada bagian memori yang lebih baik dalam melakukan pengisian.

Sejarah MacOS   

Sejaran MacOS dimulai dari pendirian Apple oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada 1 april tahun 1976. Ketiganya bekerjasama untuk membuat produsen komputer ternama di dunia. Steve Wozniak adalah ahli hacker elektronik, sedang Steve Jobs adalah ahli video game. Produk pertama yang diberi nama Apple I adalah ciptaan Steve wozniak.

System 1

Tahun 1984 untuk pertama kalinya MacOS dirilis dengan nama System 1. Kehadiranya menjadi gebrakan OS pada waktu itu. MacOS hadir sebagai OS yang revolusioner karena berhasil menjadi satu-satunya OS yang sepenuhnya menggunakan GUI. Baru setelah itu, OS lain ikutan menggunakan GUI. System 1 masih menggunakan prinsip satu aplikasi satu waktu dan belum bisa multitasking.

System 2

Satu tahun berikutnya MacOS keluar dengan System 2 tepatnya pada April 1985. System 2 sudah dilengkapi dengan Finder 4.1 dan Mini Finder sehingga bisa membuka aplikasi lebih cepat. Hebatnya lagi, System 2 telah mampu melakukan screenshot dan shutdown pada menu komputer.

System 3

Tahun 1986, Apple merilis MacOS System 3 untuk MacPlus. System 3 telah dilengkapi dengan Finder 5.1 sehingga bisa berjalan dengan lebih cepat dibanding dengan generasi sebelumnya. Sistem 3 ini diupdate sebanyak dua kali, tepatnya pada Juni 1989 keluar System 3.2, dan System 3.3 pada Januari 1987.

System 4

Ditahun yang sama tepatnya pada 1987, MacOS merilis System 4 menggunakan finder 5.4. system ini bisa dijalankan pada Mac dengan kapasitas RAM 512k dan yang lebih tinggi. MacOS System 4 ini juga mengalami pembaharuan dengan keluarnya System 4.1 menggunakan Finder 5.5.

System 5

Tak puas dengan MacOS sebelumnya, Apple merilis System 5 di tahun yang sama 1987 menggunakan Finder 6.0. pada generasi ini, kemampuan OS sudah bisa melakukan copy paste lebih mudah. Pada System 5 ini pula, Apple pertama kali mengenalkan fitur multitasking dari MultiFinder.

System 6

Pada Juni 1988, rilislah System 6 dengan sistem operasi yang lebih stabil. Bahkan System 6 bisa dijalankan dengan sangat cepat. Hebatnya lagi, System 6 sudah bisa melakukan Floppy Disk meski hanya memakai 300-400 kb RAM.

System 7

Pada 13 Mei 1991 menjadi terakhir kalinya System diperkenalkan dengan merilis System 7 yang melakukan perubahan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Misalnya saja, pada OS ini pengguna bisa melakukan share file pada hardisk memanfaatkan sistem jaringan.

1997 Pertama Kali MacOS diperkenalkan Lewat MacOS 7.6

Inilah untuk pertama kalinya MacOS diperkenalkan dan tidak lagi menggunakan nama System. Meski sebenarnya ini adalah System 7.6 tetapi lebih dikenal sebagai MacOS 7.6.

MacOS 8 dan MacOS 9

Setelah keberhasilan peluncuran MacOS 7.6, keluarlah Mac OS 8 pada 1997. Respon publik luar biasa, terutama karena MacOS ini memiliki pembaharuan yang sangat canggih bila dibanding dengan generasi sebelumnya. Buktinya Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam kurun waktu enam bulan saja selepas peluncuran. Dua tahun berselang setelah MacOS 8, keluarlah MacOS 9.

Cheetah (MacOS X)

Baru pada tahun 2000, MacOS mengeluarkan generasi terbarunya, MacOS X. Inilah salah satu MacOS yang mengalami peningkayan performa dibanding yang sebelumnya. Hal ini menjawab kebutuhan publik yang menginginkan sistem operasi yang lebih canggih dan lebih cepat serta dengan tingkat keamanan yang baik.

Puma (MacOS X 10.1) dan Jaguar (MacOS X 10.2)

Setalh berikutnya MacOS keluar dengan versi terbarunya Puma (Mac OS X 10.1) pada 2000 dan Jaguar (Mac OS X 10.2) pada tahun 2002. Keduanya memiliki dukungan pembaharuan terutama pada bagian perangkat dan media seperti halnya DVD, printer, CD, MP3, dan kamera digital.

Era Panther (MacOS X 10.3) dan Tiger (MacOS X 10.4)

Secara berturut-turut pada tahun 2003 dan 2005, MacOS keluar dengan versi pembaharuanya. Ada Mac OS X 10.3 dan Mac OS X 10.4. keduanya sudah dilengkapi dengan fitur iChat AV, Finder akses sekali klik, serta dengan tampilan Expose. Khusus untuk Mac OS X 10.4 meraih sukses dengan angka penjualan 2 juta kopi dalam waktu enam bulan.

Leopard (MacOS X 10.5) dan Snow Leopard (MacOS X 10.6) Meluncur

Tahun 2007 dan 2009 secara berurutan keluarlah Mac OS X 10.5 yang diberi nama Leopard dan Mac OS X 10.6 dengan nama Snow Leopard meluncur. Keduanya mengalami pembahruan pada bagian fitur Cover Flow di Finder dan Time Machine.

Integrasi iOS dan Mac Lewat Lion (Mac OS X 10.7)

Inilah untuk pertama kal iOS dan Mac bisa terintegrasi dengan baik, tepatnya lewa Mac OS X 10.7 yang diberi nama Lion. Mac ini bisa terintegrasi dengan seluruh perangkat iOS seperti iPad, iPod Touch, dan Apple TV.

Mountain Lion (Mac OS X 10.8) dan Mavericks (Mac OS X 10.9)

Berikutnya keluarlah Mountain Lion dan OS Mavericks yang sudah memiliki dukungan berbagai fitur media sosial seperti iMessage, iCloud, dan lainya seperti Twitter. Khusus untuk OS Mavericksmengalami peningkatan pada bagian peningkatan Finder, ketahanan baterai, power users dan integrasi iCloud.

Yosemite (Mac OS X 10.10)

Setelah OS Mavericks ada nama MAC OS X dengan nama Yosemite. OS ini menggunakan user interface OS X. Bahkan pada bagian Grafis skeuomorphism berganti menjadi desain grafis datar serta efek tembus kabur.

Era El Capitan (Mac OS X 10.11) Hingga Saat Ini

Akhir tahun 2015, dirilislah El Capitan menggantikan nama Yosemite. Inilah generasi OS penerus sekaligus penyempurna OS X Yosemite. Baru kemudian setelah OS X ini dirilislah OS X 10.7.5 yang diberi nama macOS Sierra. Dan saat ini telah keluarlah OS X 10.8 yang diberi nama macOS High Sierra.

Kelebihan dan Kekurangan MacOS

MacOS digadang-gadang oleh para penggemarnya sebagai OS yang paling sempurna. Hal ini tak lepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh MacOS. Diantaranya:

  • Tingkat kestabilan MacOS jauh lebih baik dibanding dengan OS lain karena menggunakan UNIX
  • Mac OS diakui sebagai OS dengan tingkat ekslusifitas yang luar biasa, sehingga kualitas dan support kedepannya lebih terjamin dibanding OS lainya.
  • Tingkat keamanan jauh lebih baik, entah itu keamanan dari gangguan virus, Spyware dll. Selain itu, juga aman dari pembajakan.
  • Tampilan MacOS bisa dibilang sempurna, karena memang didesain khusus untuk Macbook saja.

Meski memiliki banyak kelebihan, tentu saja kita tak bisa menutup mata bahwa MacOS tetaplah memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan MacOS misalnya ia tidak bisa digunakan untuk perangkat lain kecuali perangkat dari Apple, tidak cocok untuk pekerjaan berat, bahkan tidak cocok untuk main game. Selain itu MacOS juga tidak memiliki dukungan software sebanyak windows dan harganya relatif mahal.

Ada pertanyaan atau komentar?