Pengertian, Macam, Teknik Dan Cara melakukan Lay Up Dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket, ada salah satu jenis tembakan yang wajib dikuasai setiap pemain. Yakni Lay Up. Lay up dilakukan dalam jarak dekat sehingga kemungkinan bola masuk begitu besar. Meskipun tembakan jarak dekat, namun untuk melakukannya diperlukan sejumlah teknik agar bola tidak meleset.

Nah, bagi yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam permainan basket, berikut ulasan tentang lay up hingga bagaimana teknik dan cara melakukannya.

Pengertian Lay Up

pengertian lay up

Lay up atau lengkapnya lay up shoot merupakan teknik lemparan bola ke dalam ring basket. Teknik ini kerap dilakukan untuk tembakan jarak dekat agar pemain bisa mendapatkan angka. Tiap pemain basket diharuskan menguasai teknik tembakan ini. Latihan rutin tentu saja wajib dilakukan agar bisa menguasainya.

Gerakan lay up shoot dilakukan dengan melempar bola ke arah ring. Gerakan tersebut dilakukan dengan badan melayang dan bola dilempar menggunakan salah satu tangan. Lay up shoot dinilai memiliki keakuratan yang besar. Sebab jarak lemparannya begitu dekat dengan ring basket. Meski begitu bukan berarti mudah.

Lakukan latihan gerakan dribble pada garis free throw. Setelah itu lanjutkan dengan latihan melompat satu kaki dengan kaki bergantian. Jika lompatan sudah cukup dekat dengan ring, lanjutkan dengan melompat setinggi mungkin disertai menembakkan bola ke dalam ring.

Macam-macam Lay Up

Lay up terdiri atas dua macam. Yakni Reserve Lay-Up dan Power Lay-Up dimana masing-masing teknik memiliki definisinya tersendiri. Yakni:

  • Reserve lay-up. Yakni teknik yang biasanya dilakukan jika seorang pemain ada di bawah ring atau jaraknya begitu dekat dengan ring. Posisi tersebut sangat memungkinkan pemain untuk melakukan lay-up biasa. Pada teknik ini, pemain akan menggunakan sisi yang berlawanan dengan lay-up ketika menembakkan bola.
  • Power lay-up. Merupakan teknik menembak bola dengan kedua tangan. Jarak tembakannya pun cukup dekat dengan ring.

Teknik dan Cara Melakukan Lay Up

Ada beberapa tenik dalam lay up. Masing-masing berbeda cara melakukanya.

1. Lay Up dengan Tangan Kanan

  • Pertama-tama lakukanlah dribble bola dari garis tembakan bebas.
  • Ketika berlari mendekati ring, tambahkan kecepatan lari kamu.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan melakukan tolakan kaki dan lompatlah dengan tumpuan kaki kiri.
  • Ketika melompat, angkat lutut sebelah kanan. Kemudian tembakkan bola dengan tangan kanan.
  • Pada saat melakukan tembakan, arahkan ke titik strategis. Yakni pada sebelah kanan persegi papan pantul. Titik tersebut sangat sempurna dalam meredam pantulan bola sehingga kemungkinan masuk ke ring sangat besar.

2. Lay Up dengan Tangan Kiri

  • Pertama-tama, lakukanlah dribble bola dimulai dari garis tembakan bebas.
  • Pada saat mendekati ring, tingkatkan kecepatan lari kamu.
  • Lanjutkan lari dengan tolakan kaki dan lompatlah dengan tumpuan kaki kanan.
  • Ketika melompat, angkat lutut sebelah kiri.
  • Tembakanlah bola dengan tangan kiri.
  • Nah, ketika melakukan tembakan, sebaiknya arahkan ke titik strategis. Yakni pada sebelah kiri persegi papan pantul. Seperti halnya lay up dengan tangan kanan, area papan pantul sebelah kiri juga bermanfaat meredam pantulan bola sehingga kemungkinan masuk ke ring sangat besar.

Agar kedua teknik tersebut bisa kamu kuasai secara maksimal, usahakan rilekskan tubuh ketika melakukannya. Jika tubuh sedikit kaku atau tegang, maka bola yang ditembakkan akan kurang sempurna. Bahkan akan jauh dari sasaran yang diharapkan.

Tips Meningkatkan Kemampuan Lay Up

Memang untuk menguasai teknik satu ini mesti terus berlatih secara rutin. Sebab meski terlihat mudah, tetapi tanpa latihan akan sulit. Apalagi ketika bermain basket, ada tim lawan yang menghalangi lay up yang bakal kamu lakukan.  Berikut sejumlah tips agar kemampuan teknik lay up kamu meningkat:

1. Jumping

Diperlukan lompatan yang relatif tinggi untuk mengarahkan bola ke papan agar bisa masuk ring. Jumping akan memungkinkan kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan langkah-langkah lainnya tanpa melakukan pelanggaran traveling violation.

2. Latihan di Titik Strategis

Jika kamu berada di posisi sebelah kanan ring, arahkan bola ke sisi kanan persegi papan pantul. Begitu pula ketika kamu berada di kiri ring. Posisi tersebut merupakan titik strategis dimana kemungkinan bola masuk ke ring lebih besar. Terus berlatih akan membuat kamu lebih peka mengenali dimana titik strategis dalam menembak.

3. Berlatih Langkah Kaki

Bagi pemula bisa berlatih tanpa bola terlebih dulu. Tujuannya agar bisa lebih leluasa mengatur langkah kaki untuk lay up shoot. Setidaknya agak kamu punya refleks yang bagus soal diposisi mana kamu akan melakukan lay up.

4. Latihan Menaikkan Lutut dan Tangan

Selain melompat, berlatihlah menaikkan lutut dan tangan pada sisi tubuh yang sama. Hal ini sanat berguna ketika kamu merasa kesulitan mengatur lutut dan tangan secara bersamaan. Latihan tersebut juga sangat bermanfaat untuk merileks-kan tubuh sehingga gerakan lay up berhasil.

5. Berlatihlah hingga Otot-Otot Mengingat Gerakannya

Pada dasarnya lay up merupakan gerakan yang akan menjadi alami setelah kamu terbiasa melakukannya. Tubuh pun harus mengingat apa yang mesti dilakukannya. Dengan terus berlatih, kamu tidak akan perlu lagi berpikir kaki mana yang harus dilangkahkan dan kaki mana yang harus digunakan untuk melompat.

Secara otomatis, kamu hanya tinggal melakukannya. Kamu bisa merasakan seberapa cepat kamu bisa mendekati keranjang. Dan dari titik mana kamu harus mulai melangkah dan melompat. Latihan lay up juga bisa dilakukan ketika dalam permainan kamu sedang dijaga atau langsung ketika menerima operan jauh.

Perlu diperhatikan, jangan melakukan lay up terlalu keras. Karena bola bisa saja melewati papan atau bahkan sama sekali tidak mencapai ring. Pastikan pula kamu tidak melangkah terlalu jauh hingga tepat di bawah ring. Hal ini juga berpotensi menyebabkan tembakan kamu meleset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.