Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet dan Internet Lengkap

Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet dan Internet Lengkap,- Mau kamu akui atau tidak, sebagai bagian dari masyarakat modern pasti kamu tak bisa lepas dari jaringan komputer. Pekerjaan, kuliah, hingga komunikasi biasa kamu lakukan melalui jaringan komputer. Meski biasa kamu gunakan, apakah kamu tahu apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan komputer lainya.

Jaringan itu didesain untuk dapat berbagai sumber daya seperti CPU dan printer, berkomunikasi seperti mengirim surel dan chat, mengakses informasi seperti mengakses website. Dengan manfaat yang beragam tersebut, jaringan komputer nyatanya memiliki beberapa bentuk, diantaranya LAN, MAN, WAN, Intranet dan Internet. Lantas apa pengertian masing-masing bentuk jaringan komputer tersebut?

Pengertian LAN

Contoh Jaringan LAN sederhana

Saya mulai dari LAN terlebih dahulu. LAN merupakan akronim dari Local Area Network. Jaringan yang satu ini menghubungkan komputer dalam cakupan wilayah yang sempit. Cara untuk membuat jaringan komputer yang satu ini cukup sederhana. Bisa menggunakan Hub, Switch, kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Router, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan nyata, penggunaan jaringan LAN bisa kamu temukan pada jaringan di sekolah, kampus, perusahaan, Warnet, maupun rumah-rumah.

  • Jaringan LAN biasanya dipilih karena memiliki banyak keunggulan, terutama untuk penggunaan dalam skala kecil. Biayanya lebih irit dan perawatanya juga lebih mudah. Transfer data juga bisa dilakukan dengan cepat di jaringan LAN karena wilayahnya yang sempit.
  • Hanya saja, jaringan LAN tidak cocok untuk berkomunikasi ke luar jaringan dan cakupan transfer data juga tidak begitu luas.

Kebanyakan jaringan LAN menggunakan switch dengan kecepatan transfer data dari 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Biasanya LAN dibentuk dari teknologi Ethernet atau teknologi 802.11b (Wi-fi)

Pengertian MAN

Contoh Jaringan MAN sederhana

Berikutnya saya jelaskan mengenai MAN yang merupakan akronim dari Metropolitan Area Network. Nah berbeda dengan LAN yang menghubungkan komputer dalam skala jaringan yang sempit, maka MAN menghubungkan komputer dalam skala jaringan yang lebih luas. Teknologi yang digunakan juga lebih canggih bila dibanding dengan LAN.

Disebut MAN atau Metropolitan Area Network karena jenis jaringan Komputer ini umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu kota ke kota lainya. Bisa juga untuk menghubungkan jaringan komputer antar kota. Nah untuk kamu yang ingin membuat jaringan MAN, kamu butuh operator telekomunikasi yang bisa berperan sebagai penghubung antar jaringan komputer.

Contoh penggunaan jaringan MAN adalah jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah. Bisa juga jaringan mall-mall modern yang bisanya saling terhubung satu sama lain meski letaknya beda kota.

  • Keuntungan menggunakan jaringan MAN terletak pada skala jaringan yang cukup luas. Sehingga berkomunikasi bisa dilakukan dengan lebih efisien. Juga jaringan MAN mempermudah proses berbisnis serta keamanan jaringan cukup baik.
  • Hanya saja, MAN cukup banyak memakan biaya operasional, seringkali menjadi target Cracker demi keuntungan pribadi dan memperbaiki masalah dalam jaringan MAN biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Meski demikian, jaringan MAN sering jadi pilihan untuk kebutuhan bisnis karena jaringan dalam kota ini memiliki kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN yang memiliki jangkauan hingga 10 sampai 50 km.

Pengertian WAN

Contoh jaringan WAN sederhana

Selain LAN dan MAN, ada juga yang disebut dengan WAN atau Wide Area Network. Jaringan WAN pada dasarnya adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan komputer lainya dengan cakupan yang lebih luas dan dengan teknologi yang lebih canggih lagi bila dibandingkan dengan jaringan LAN ataupun MAN.

Teknologi jaringan WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara atau bahkan antar benua. Jaringan WAN ini bisa terdiri atas banyak jaringan LAN dan MAN sekaligus. Karena luasnya jaringan, WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah ataupun melewati jalur bawah laut untuk membentuk jaringan.

  • Keuntungan utama menggunakan jaringan WAN terletak pada cakupan wilayahnya yang sangat luas, sehingga tukar menukar data bisa dilakukan dengan mudah dan terarah. Selain itu juga bagus untuk mengembangkan bisnis.
  • Hanya saja, karena cakupan wilayahnya yang sangat luas, biaya operasional WAN jadi begitu mahal. Selain itu juga sangat rentan terhadap pencurian data. Biaya perawatan jaringan WAN juga berat.

Pengertian Intranet

Selain LAN, MAN dan WAN, kita juga akrab dengan nama intranet. Secara sederhana intranet bisa didefinisikan sebagai jaringan yang hanya bisa digunakan oleh pihak internal saja. misalnya pihak internal perusahaan, kantor ataupun warnet. Intranet ini memanfaatkan jaringan komputer berbasis protokol TCP atau IP, alamat IP, klien dan juga server. Bisa pula dipahami bahwa itranet adalah jaringan internet versi pribadi atau jaringan internet versi perusahaan.

Secara umum, manfaat yang bisa didapat dari intranet sama dengan yang bisa kita dapat dari internet. Hanya saja, tingkat keamanan intranet jauh lebih baik bila dibanding dengan internet. Hal ini karena intranet cakupanya lebih sempit.

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komputer yang paling luas dan paling besar di dunia. Ia menghubungkan seluruh komputer yang ada di dunia. Di belahan dunia manapun kamu tinggal, kamu bisa terhubung dengan jaringan internet. Selama bisa terhubung dengan jaringan internet itupula, kamu bisa terhubung dengan seluruh komputer di dunia yang terhubung dengan internet. Di dalam internet ini terdapat informasi yang bergerak secara statis dan dinamis.

Untuk lebih memahami tentang apa itu internet, kamu bisa baca tulisan saya: Pengertian Internet Lengkap Beserta Sejarah, Fungsi dan Manfaat Internet Yang Perlu Kamu Ketahui

Nah itulah pengertian LAN, MAN, WAN, Internat dan Intranet. Semoga dengan begini, pemahaman kamu mengenai dunia jaringan jadi lebih baik dan tak perlu salah sebut lagi.

Ada pertanyaan atau komentar?