Pengertian Komputerisasi Beserta Manfaat Komputerisasi Lengkap

Segala hal bisa diselesaikan dengan cepat an efisien berkat hadirnya komputer. Dari situ kemudian mucul istilah komputerisasi. Sebuah istilah yang mengacu pada tindakan yang tidak bisa dipisahkan dari komputer. Bahkan berkat adanya komputerisasi, cara berfikir, bertindak dan mengambil keputusan sekarang ini berbeda dengan jaman dahulu.

Lantas, tahukah kamu apa itu komputerisasi sebenarnya? Kali ini kita akan coba mendiskusikanya. Sekaligus saya juga akan kita bahas mengenai apa pengertian komputerisasi dari berbagai sisi, manfaat komputerisasi serta perbedaan komputerisasi dengan komputer.

Pengertian Komputerisasi

Definisi komputerisasi adalah proses menggantikan atau meningkatkan pekerjaan manusia dengan bantuan komputer dan teknologi komputasi. Ini melibatkan penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk otomatisasi tugas, analisis data, penyimpanan informasi dan pengambilan keputusan.

Komputerisasi juga bisa diartikan sebagai masa dimana pengolahan data manual diganti dengan menggunakan alat bantu komputer.

Tentu saja hal ini dilakukan karena komputer jauh lebih bisa diandalkan dalam mengolah perhitungan yang rumit, komunikasi, pembukuan, pembuatan grafik, dan sebagainya.

Bidang-bidang yang selama ini sudah masuk dalam era komputerisasi adalah:

  • Bidang Perhotelan
  • Bidang Pemerintahan
  • Bidang Perbankan
  • Bidang Telekomunikasi
  • Bidang Pendidikan
  • Bidang Penggajian
  • Pemasaran
  • Inventaris, dan
  • Bidang lainnya

Manfaat Komputerisasi

Pada intinya, seperti yang saya jelaskan tadi bahwa komputerisasi adalah proses mengolah data menggunakan komputer. Lantas apa manfaatnya? Jelas manfaatnya hampir dengan manfaat yang diberikan oleh komputer. Berikut beberapa manfaat komputerisasi:

1. Mengubah pekerjaan manual menjadi digital

Komputer adalah alat yang hanya bisa memproses data digital. Beruntung, data dan pekerjaan manual bisa kita ubah menjadi jada digital untuk kemudian bisa kita selesaikan menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Bahkan hasil pekerjaan komputer jauh lebih akurat dibanding bila dikerjakan secara manual.

2. Mempermudah Pekerjaan

Kamu bisa lihat beberapa contoh bagaimana era komputerisasi mengubah dunia. Pada bidang industri misalnya, sistem payroll bisa dengan mudah melakukan pernilaian pada karyawan. Karyawan bisa dinilai dengan mudah bagaimana kinerjanya selama satu bulan, termasuk juga absensinya. Tentu saja hal ini akan mempermudah HRD dan manager menentukan kebijakan peningkatan kualitas karyawan, termasuk juga gajinya.

Bidang lain yang tak lagi bisa terpisahkan dengan era komputerisasi adalah pemerintahan dan instansi. Berapa banyak instansi pemerintah yang memanfaatkan komputer dalam setiap bidang pekerjaanya? Hampir semuanya. Bahkan tak ada lagi yang tidak.

Ketika pemerintah melakukan survei misalnya, seluruh data bakal dimasukkan ke komputer dan diproses dengan komputer. Penyimpanan datanya juga dilakukan di komputer.

3. Manfaat lainya

Selain dua manfaat utama di atas, komputerisasi juga masih memiliki banyak manfaat lainya. diantaranya:

  • Mempermudah proses pengolahan data
  • Hasil pengolahan data lebih akurat dan sistematis
  • Menghindari kesalahan dalam penggolahan data keuangan
  • Mudah dalam penyimpanan data setelah diolah
  • Bisa dilakukan penambahan data secara berkala

Perbedaan Komputer dan Komputerisasi

Sampai disini, seharusnya kamu sudah paham apa perbedaan antara komputerisasi dengan komputer. Tetapi untuk memperkuat pemahaman kamu, saya akan memberikan perbedaan diantara keduanya secara lebih mendetail.

  • Komputer adalah alat pengolah data yang bekerja secara elektronik. Alat ini mampu bekerja dengan tingkat keakuratan dan ketelitian yang tinggi. ia bahkan bisa bekerja dengan sangat baik sekalipun melibatkan manusia dalam kondisi yang minimum, sebagaimana yang diungkapkan oleh Darwin Sitompul di buku “Pengenalan Komputer dan Dasar-Dasar DOS”.
  • Komputer adalah alat penting dalam pengolahan data, inilah yang dikatakn oleh John J. Longkutoy di buku Pengenalan Komputer.

Sedangkan komputerisasi adalah proses perubahan dari yang awalnya manual menjadi otomatis. Untuk bisa mengubah proses yang awalnya manual menjadi otomatis, maka dibutuhkan perangkat komputer. Sehingga komputerisasi bisa terjadi bila ada yang namanya komputer.

Karena komputerisasi melibatkan komputer di dalamnya, maka keduanya menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan. Diantara komputer dan komputerisasi menjadi dua istilah yang saling terkait. Keduanya bahkan saling berdekatan. Komputerisasi adalah prosesnya, sedangkan komputer adalah alatnya.

Hanya saja, meskipun komputerisasi memberikan manfaat yang luas biasa untuk pekerjaan kita. Bahkan membuat pekerjaan menjadi lebih akurat, efisien dan efektif, bukan berarti semua hal harus dibuat komputerisasi. Harus ada hal-hal yang dibatasi dari penggunaan komputerisasi.

Seringkali, ada beberapa pekerjaan yang justeru jika dilakukan secara manual menjadi lebih efektif. Bahkan jika seluruh pekerjaan di dunia ini hanya menggunakan komputerisasi tanpa melibatkan unsur manusia salam sekali hanya akan menghasilkan dampak negatif saja.

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih telah memberi tahu kami!
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari Jurnalponsel.com, pastikan untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Litalia. (). Pengertian Komputerisasi Beserta Manfaat Komputerisasi Lengkap. Diakses pada , dari https://www.jurnalponsel.com/pengertian-komputerisasi/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.