Pengertian Komputer, Fungsi, dan Jenis Komputer Lengkap

Di zaman modern yang serba canggih ini, komputer bukanlah barang yang asing lagi. Mendengar kata komputer saja, siapapun langsung paham barang semacam apa itu.

Komputer sepertinya sudah menjadi elemen penting yang dibutuhkan banyak orang dari belahan dunia manapun. Sampai akhirnya mampu hadir di setiap rumah warga dunia dengan desain yang minimalis ketimbang zaman dulu.

Era modern yang mendorong teknologi semakin canggih menjadikan alasan komputer ini berkembang dari tahun ke tahunnya. Masyarakat pun merasa dengan adanya komputer, pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Tapi, apa kalian sudah paham apa pengertian komputer, sejarah, manfaat, sampai jenis-jenisnya? Kalau masih belum yakin, berikut ulasannya

Pengertian Komputer Secara Umum

Sebenarnya, kata komputer berasal dari bahasa Yunani yaitu Computare yang memiliki arti hitung atau menghitung. Mulanya kata ini dipakai untuk menyebut orang-orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, kemudian kata komputer tersebut berangsur dialihkan pada alat yang digunakan untuk menghitung.

Ada beberapa pakar yang berpendapat mengenai definisi komputer. Tetapi secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa komputer merupakan alat elektronik yang digunakan untuk memproses data dan menghasilkan output berupa informasi yang akan disampaikan pada penggunanya.

Sejarah Singkat Komputer

Nah, bagaimana sejarah panjang perjalanan komputer?

Tahun 1822, komputer dicetuskan oleh Charles Babbage yang merupakan seorang pakar matematik. Awal mulanya, komputer generasi pertama yang dibuat Charles ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga membutuhkan ruang yang cukup besar pula. Selain itu, tentunya membutuhkan daya yang juga besar untuk menjalankan sistemnya.

1. Generasi pertama

Komputer generasi pertama yang berhasil diciptakan bernama electronic numerical integrator and computer (ENIAC) pada 1946. Komputer ini merupakan komputer yang cukup besar dengan 18.000 tabung vakum, berat 27 ton, 5 juta titik solder, 70.000 resistor, dan membutuhkan daya sebesar 160kW. Huwoh, amazing!

Pengertian Komputer

Electronic numerical integrator and computer (sumber gambar: www.id.wikipedia.org)

Kemudian, John Von Neuman mampu membuat desain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan inovasi utamanya adalah membuat memori yang dapat menampung program dan data. Adanya memori tersebut akan membuat komputer yang berhenti sesaat dapat menyimpan data atau program tertentu secara otomatis dan pengguna dapat melanjutkan pekerjaannya kembali.

Selanjutnya, tahun 1951, komputer komersial dibuat oleh Remington Rand dan dikenal dengan sebutan Universal Automatic Computer I (UNIVAC I).

2. Generasi kedua

Tahun 1948 menjadi awal perubahan berbagai alat elektronik seperti televisi, radio, dan komputer karena ditemukannya transistor. Adanya transistor ini membuat tabung vakum tergantikan. Pergantian ini membuat ukuran alat elektronik terutama komputer menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

pengertian komputer dan gambarnya

IBM (Sumber gambar: www.id.wikipedia.org)

Namun, transistor ini baru digunakan di komputer pada tahun 1956. Selain itu, ada pula penemuan lain, yakni pengembangan memori inti magnetik yang membuat komputer generasi kedua lebih cepat, kecil, hemat, dan bisa diandalkan daripada komputer generasi pertama.

Ada dua merk komputer yang menjadi komputer awal di generasi kedua yakni Strech dari IBM dan LARC dari Sprey-Rand. Namun, komputer tersebut tidak populer karena memiliki harga yang terlalu tinggi.

Kemudian awal tahun 1960-an, IBM mengeluarkan lagi produk bernama IBM 1405 yang akhirnya diminati oleh kalangan industri dan digunakan untuk kebutuhan informasi keuangan. Pada tahun 1965, hampir seluruh industri besar sudah menggunakannya. Pada generasi ini muncul dua bahasa pemrograman yaitu Common Business Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).

3. Generasi ketiga

Pada komputer generasi ketiga sudah menggunakan teknologi sirkuit terpadu yang memiliki ribuan transistor dan ditempatkan di bagian silikon. Konsep multi pemrograman mulai dikembangkan dan beberapa pengguna telah bersedia untuk berbagi mesin, istilahnya kemitraan masa.

Komputer generasi ini dianggap lebih hemat dibandingkan menggunakan disk magnet serta lebih kuat. Bahasa pemrograman pun menjadi berkembang, yakni BASIC dan Pascal.

4. Generasi keempat

Generasi ini masih menggunakan sirkuit, namun dengan skala yang lebih besar atau disebut juga integrasi skala besar (Large Scale Integration atau LSI). Komputer generasi ini menggunakan mikro pemrosesan pada satu serpihan. Dengan pengenalan penyimpanan virtual, program pada komputer yang memiliki ukuran beberapa kali ukuran memori mesin tetap dapat dilaksanakan. Pada generasi ini pun bermunculan pengenalan penyimpanan virtual, seperti CDROM. Sehingga, memori utama komputer menjadi lebih besar dan efisien.

5. Generasi kelima

Komputer generasi ini adalah yang sudah paling canggih dari sebelum-sebelumnya. Lebih murah, lebih cepat, dan lebih hebat. Komputer sudah dapat melaksanakan tugas secara paralel.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian komputer juga diajukan oleh beberapa ahli. Definisi komputer yang diajukan oleh beberapa ahli yang akan dibahas di sini, semakin memperkaya arti dari komputer itu sendiri. Beberapa definisi yang diajukan oleh para ahli antara lain:

1. Pengertian Komputer Menurut Donald H. Sanders

Komputer menurut Donald H. Sanders memiliki artian sebagai suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat dan secara otomatis menerima, menyimpan, dan memproses data input, serta menghasilkan ouput di bawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam ruang penyimpanannya.

2. Pengertian Komputer Menurut Elias M. Award

Elias M. Award menjelaskan pengertian komputer secara sederhana. Menurut dia, komputer merupakan sebuah alat hitung untuk memproses data, yang disajikan dalam bentuk data digital dan analog.

3. Pengertian Komputer Menurut Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy juga mengajukan definisi komputer. Komputer menurut Jhon J. Longkutoy didefinisikan sebagai suatu alat pemecah persoalan atau sebuah mesin pengolah data yang mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

4. Pengertian Komputer Menurut Larry Long dan Nancy Long

Pengertian komputer juga diajukan oleh Larry Long dan Nancy Long. Menurut mereka, komputer merupakan alat hitung yang dapat menjalankan perintah program seperti masukkan (input), keluaran (output), perhitungan, dan beberapa operasi logis.

5. Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer

Sementara itu, pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer ialah suatu alat elektronik yang dapat menerima dan memproses masukkan, menyimpan perintah-perintah, dan menghasilkan luaran berupa informasi.

6. Pengertian Komputer Menurut V.C. Hamacher

Pendapat lain tentang pengertian komputer juga disampaikan oleh V.C. Hamacher. Dia mendefinisikan komputer sebagai mesin hitung elektronik yang bisa menerima masukkan digital secara cepat, memprosesnya sesuai program yang tersedia, serta menghasilkan luaran dalam bentuk informasi.

7. Pengertian Komputer Menurut William M. Fouri

Tidak hanya keenam ahli yang telah disebutkan di atas, Willian M. Fouri juga mengajukan pendapat tentang pengertian komputer. Komputer menurut dia adalah suatu alat yang bisa memproses data, melakukan perhitungan dengan cepat seperti perhitungan aritmetika dan operasi logika yang tidak melibatkan manusia.

Ketujuh definisi dari komputer yang diajukan oleh para ahli tersebut, menunjukkan ada banyak versi dari pengertian komputer itu sendiri. Namun secara umum dapat ditarik kesimpulan mengenai apa sebenarnya definisi komputer. Komputer secara general, dapat didefinikan sebagai mesin elektronik yang digunakan untuk memproses data serta menghasilkan luaran (output) berupa informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

Fungsi dan Manfaat Komputer

Jika ditanya secara umum mengenai fungsi dan manfaat komputer pasti sebagian besar orang akan menjawab bahwa komputer dapat memudahkan pekerjaan, alat komunikasi, alat menyimpan data, dan hiburan. Eits, tapi ternyata tidak hanya itu. Ada beberapa fungsi dan manfaat komputer yang perlu kalian lihat lagi. Let’s check this!

1. Memudahkan Pekerjaan

fungsi komputer bagi kehidupan manusia

Beberapa pekerjaan yang harus kita kerjakan memang terkadang butuh melibatkan komputer. Misalnya saat kita akan membuat dokumen yang perlu diketik. Dahulu, kita harus menggunakan mesin tik, yang lebih rumit karena jika ada hasil ketikan yang salah, maka sudah pasti kita harus mengulangnya kembali dari awal. Komputer hadir untuk memudahkan kerja kita, karena dengan menggunakan komputer kita dapat dengan mudah dokumen yang dibuat jika terdapat kesalahan yang sedikit atau bahkan banyak sekalipun.

2. Input

manfaat komputer

Fungsi input yang dimaksud di sini ialah bahwa komputer dapat menerima data atau informasi dari sumber luar. Misalnya seperti hasil ketikkan kita dari keyboard atau bahkan data dan informasi dari komputer lain.

3. Memproses Data/ Processing

Salah satu fungsi utama dari komputer adalah melakukan pemrosesan. Bagian yang diproses oleh komputer ini meliputi berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input. Selanjutnya data data terseut tersimpan pada memori internal komputer untuk kemudian diproses agar menghasilkan informasi baru yang nantinya akan dikirim ke perangkat output.

4. Output

Input yang telah diproses tadi, kemudian akan menghasilkan informasi untuk menjalankan fungsi output. Selanjutnya akan muncul hasil yang bisa digunakan oleh pengguna komputer atau perangkat lainnya.

5. Media Penyimpanan/ Storage

Media Penyimpanan/ Storage

Komputer dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan berupa informasi (storage). Penyimpanan informasi ini dapat ditempatkan pada bagian yang berbeda-beda, bergantung keperluan informasi yang akan digunakan. Informasi tersebut dapat disimpan pada memori utama komputer, atau dapat juga disimpan dalam memori tambahan dari komputer tersebut.

Klasifikasi informasi yang tersimpan juga dapat dibedakan berdasarkan pada data pengguna dan data instruksi. Data instruksi ini yang biasanya kerap kita kenal dengan sebutan program atau perangkat lunak (software) komputer.

6. Pengendali/ Controlling

Bagi beberapa perusahaan atau instansi besar, kehadiran komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengontrol dan mengendalikan beberaa sistem tertentu. Biasanya fungsi komputer yang satu ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh pabrik-pabrik, hotel, dan beberapa perusahaan lainnya.

Beberapa contoh pemanfaatan komputer sebagai pengendali (controlling) diantaranya seperti mengontrol kamera pengawas (cctv), mengontrol pengoperasian mesin robot di pabrik, termasuk mengontrol jalannya eskalator, serta mengatur sistem jaringan dan kontrol mekanisme di pabrik. Contoh fungsi pengontrollan dari komputer lainnya seperti pengontrolan pencahayaan lampu studio rekaman,  pengontrolan editing video, dan pengontrolan tata lampu lalu lintas di jalan.

7. Memindahkan Data

Komputer juga memiliki fungsi sebagai alat untuk memindahkan data. Data yang dipindah di sini bisa berupa data yang berasal dari satu komputer ke perangkat lain, atau data dari perangkat lain yang dipindahkan ke komputer.

8. Sarana Hiburan

pengertian komputer secara lengkap

Komputer juga dapat berfungsi sebagai sarana hiburan. Ada banyak variasi hiburan dari komputer yang bisa kita peroleh. Diantaranya kita bisa mendengarkan lagu, menonton siaran pertandingan atau suatu acara yang disiarkan secara langsung (live streaming), bermain game baik secara offline maupun online,  saling berinteraksi dengan teman melalui fitur chatting room atau Webcam, serta menonton beberapa film favorit kita.

9. Sarana Komunikasi

Komputer dapat kita manfaatkan sebagai sarana berkomunikasi masa kini yang efektif. Ada banyak alternatif cara berkomunikasi dengan komputer yang dapat kita pilih. Mulai dari saling bertukar surat elektronik (email), mengobrol via teks singkat dengan memanfaatkan fitur chatting, saling berbagi gambar atau file tertentu, bahkan saling berkomunikasi melalui video call, sehingga kita bisa saling menatap satu sama lain.

10. Sebagai Alat Pendidikan

fungsi komputer secara umum

Pada zaman dahulu fasilitas dan sumber belajar hanya terbatas pada buku-buku yang tersedia di sekolah atau perpustakaan terdekat saja. Namun kini, dengan semakin berkembanganya teknologi, hadirnya komputer semakin memudahkan kita semua.

Kita bisa dengan mudah mengakses berbagai sumber belajar melalui komputer dari berbagai sumber, bahkan yang berada di luar jangkauan nasional sekalipun. Ada berbagai sumber belajar yang bisa diakses dari segala bidang seperti kesehatan, ekonomi, sains, kebudayaan, ilmu sosial, bahasa, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang tertarik dengan dunia desain grafis, melalui komputer anda juga bisa memulai karya-karya besar desain anda melalui komputer. Anda dapat belajar desain grafis dengan memanfaatkan beberapa software yang tersedia di komputer. Misalnya saja seperti Corel Draw, Photoshop, Autocad, dan lain-lain.

11. Sarana Informasi

Berbagai informasi yang kita butuhkan juga dapat kita peroleh dengan memanfaatkan komputer. Melalui komputer kita dapat mengakses aneka macam informasi. Misalnya infomasi mengenai pendidikan, hiburan, perjalanan dan wisata, infromasi tentang produk tertentu, pekerjaan, berita, ramalan cuaca, lalu lintas, kesehatan, politik, ekonomi dan perdagangan, serta informasi di bidang bisnis dan usaha yang kita butuhkan.

12. Sarana Usaha

fungsi komputer adalah

Selain berbagai macam fungsi komputer yang telah disebutkan tadi, komputer juga bisa digunakan sebagai sarana untuk usaha. Anda bisa menggunakan komputer untuk memulai mengembangkan usaha sesuai dengan passion yang dimiliki. Sebagai contoh dengan membuka rental komputer atau warnet, membuat usaha percetakan, video editing, sablon, servis komputer, desain arsitektur, desain grafis dan periklanan, desain website, kursus komputer, dan masih banyak jenis usaha lainnya.

13. Dimanfaatkan di Bidang Transportasi

Tidak kalah penting, komputer juga dapat dimanfaatkan di bidang transportasi. Kehadiran komputer di bidang transportasi utamanya berkaitan dengan pengaturan navigasi untuk beberapa moda transportasi yang kita tumpangi. Adanya pengaturan navigasi ini, dapat meminimalisasi terjadinya salah jalur, kesalahan teknis, hingga kecelakaan transportasi.

Jenis-jenis Komputer

Jangan sebutkan merek ya ketika ditanya soal jenis-jenis komputer. Tapi sebutkan beberapa jenis komputer yang ditinjau dari berbagai sisi, seperti:

1. Ditinjau dari ukuran, komputer ada beberapa jenis:

  • Mikro computer. Ini biasanya disebut juga juga dengan personal computer (PC) atau dekstop computer karena hanya digunakan oleh satu pengguna.
  • Mini computer. Untuk mini computer, dapat digunakan secara bersama, dengan maksimal 64 pengguna.
  • Mainframe computer. Dapat digunakan secara bersama, lebih dari 64 pengguna.

2. Ditinjau dari penggunaannya

Kalau kamu tinjau dari penggunaanya, atau untuk apa komputer ini dan itu, ada dua jenis:

  • Special purpose computer. Biasanya digunakan untuk mengolah data pada hal yang lebih spesifik seperti accounting inventory, automatic banking system, dan lain-lain.
  • General purpose computer. Biasanya digunakan tidak pada hal yang khusus melainkan bisa digunakan untuk mengolah data apapun, misalnya PC untuk kebutuhan pendidikan, penelitian, dan lainnya.

3. Ditinjau dari jenis data yang diolah

Kamu juga bisa membedakan komputer dari jenis data yang diolah, ada tiga jenis:

  • Analog computer. Komputer ini bekerja dengan menerjemahkan keadaan fisik menggunakan data kualitatif, seperti kecepatan, temperatur, panas, yang disebut dengan alat ukur. Contoh: speedomete, voltmeter, thermometer, dan sebagainya.
  • Digital computer. Komputer ini bekerja dengan dasar perhitungan aritmatik menggunakan data kuantitatif, seperti menghitung angka yang digunakan untuk bisnis atau scientific data processing. Contoh: kalkulator, dan sebagainya.
  • Hybrid computer. Komputer ini bekerja dengan dasar perhitungan aritmatik serta logik dengan menyajikan data berupa angka yang merupakan kombinasi data kualitatif dan kuantitatif. Contoh: alat simulasi penerbangan, dan lainnya.

Begitulah ulasan panjang tentang pengertian komputer sampai ke jenis-jenisnya yaa. Sudah cukup paham kan? Sekali lagi yang penting ketika ditanya jenis komputer, yang kamu sebutkan bukanlah merek.

Lalu mana komputer terbaik sampai dengan saat ini? jenis komputer terbaik sampai dengan saat ini tentu saja sesuai dengan kebutuhan kamu. kalau saat ini kamu butuh digital komputer, tentu analog komputer bukanlah yang terbaik untuk kamu.

Ada pertanyaan atau komentar?