Pengertian, Kelebihan, Fungsi dan Manfaat Dropbox Lengkap

Belakangan media penyimpanan data digital yang tampak secara fisik atau konvensional tak lagi begitu menarik. Media-media seperti flashdisk, memori, harddisk, cd dan sebagainya tak lagi mendominasi. Ada media baru yang lebih diminati. Terutama di negara-negara dengan kecepatan internet stabil. Media penyimpanan virtual berbasis cloud lah pilihannya.

Dibanding dengan media konvensional yang bisa saja rusak atau hilang, media berbasis cloud dinilai jauh lebih aman. Apalagi media penyimpanan berbasis cloud bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Asal ada koneksi internet, kita bisa berbagi data digital di media cloud dengan sangat mudah.

Tak bila bila saat ini ada banyak sekali media menyimpanan berbasis cloud. Yang paling terkenal mungkin google drive dan iCloud. Tetapi ada yang cukup menarik yakni Dropbox. Lantas apa itu Dropbox, kelebihan dan kekurangannya bila dibanding dengan media penyimpanan yang lain?

Pengertian Dropbox

Pengertian Dropbox

Dropbox merupakan layanan yang menyediakan penyimpanan data digital berbasis cloud yang sekaligus bisa kita gunakan untuk menyingkronkan data dengan perangkat lain yang sama-sama menggunakan dropbox. Jika kamu menggunakan drop box kamu akan lebih mudah untuk menjaga keamanan data kamu.

Dengan sistem yang terdapat di dropbox kamu bisa melakukan backup ke berbagai perangkat atau kamu bisa mengakses data dimanapun dan kapanpun. Kemampuan ini sebenarnya sama dengan beberapa media penyimpanan cloud lainya, sebut sama gmail atau yahoo mail yang sama-sama punya kemampuan singkronisasi juga.

Tak jauh berbeda dengan layanan penyimpanan berbasis cloud yang lain, kamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis dengan dibatasi kapasitas datanya. Kamu bisa membuka layanan dropbox melalui website dropbox.com.

Setelah kamu mengakses website dropbox.com, kamu harus membuat akun terlebih dahulu bila ingin memanfaatkan fasilitas dalam dropbox. Cara untuk membuatnya sangat gampang. Kamu bisa baca tulisan saya degan judul:

Kalau kamu sudah punya akun di dropbox, kamu bisa menyimpan berbagai jenis file. Baik itu untuk menyimpan dokumen, menyimpan gambar, video, audio, rar, dan lain sebaginya. Caranya juga sangat gampang. Hanya drag and drop saja.

Fungsi dan Keunggulan Dropbox

Fungsi Dropbox

Kebanyakan pengguna memanfaatkan dropbox sebagai media penyimpanan berbasis cloud secara gratis. dan memang itulah fungsi utama dropbox. Meski demikian ada beberapa fungsi lain yang bisa kita temukan di dropbox. Misalnya saja:

1. Menyimpan dan Mengamankan File

Dengan dropbox kamu bisa menyimpan data yang penting dan menjaga keamanan file kamu. Karena sebagian dari pengguna dropbox memanfaatkannya untuk menyimpan file supaya beberapa perangkat keras tidak lemot dalam pengoperasiannya.

Kamu juga bisa mengamankan data kamu dengan layanan online ini. Kamu bisa menyimpan data kerjaan yang penting dengan layanan ini, jadi jika nanti hilang, kamu bisa mengunduhnya secara online lagi di dropbox.

2. Berbagi Video

Layanan ini juga akan mempermudah kamu dalam berbagi video dan mengirim video, tetapi layanan ini bukan seperti youtube.  Kamu bisa berbagi dengan teman atau orang yang kamu sukai atau inginkan saja. kamu bisa mengupload video yang ingin kamu bagikan kepada orang yang ingin kamu beri

3. Dimana Saja Bisa Mengakses Data

Kamu bisa mengakses data kamu dari mana saja dan kapan saja, jika kamu mempunyai layanan online penyimpanan media seperti ini. Hanya dengan menggunakan koneksi internet yang tersedia  kamu bisa mengupload file yang baru, menyimpan data yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu mengisi username dan password kamu.

4. Untuk Memback Up Foto Penting

Kamu pasti mempunyai kenang-kenangan foto yang kamu simpan di flashdisk atau di harddisk komputer kamu. Mungkin kenangan dari waktu zaman wisuda, kelulusan atau foto yang menurut kamu kenangan indah. Kamu bisa menyimpannya dalam dropbox ini dan mengamankan data dalam bentuk foto, sehingga kamu tidak khawatir kehilangan foto dalam layanan ini.

5. Memudahkan Pekerjaan Bersama

Jika kamu memakai layanan untuk menyimpan data, kamu lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan bersama dengan temanmu tanpa adanya tabrakan data. Fitur yang terdapat di dropbox tidak hanya sebagai alat prnyimpan data file saja melainkan menghubungkan file kamu dengan teman kamu atau beberapa perkerja lainnya.

6. Adanya Jaminan Keamanan

Kamu tidak perlu kawatir tentang data kamu yang sudah tersimpan di layanan penyimpanan online yang ada di dropbox. Layanan ini memiliki program khusus bagi penggunanya yang mampu menjaga keamanan data dan semua file yang tersimpan disana dan selalu menjaga keamanan saat mengakses. Kamu  juga tidak perlu khawatir dengan virus yang akan menyerang penyimpanan kamu disini

Fungsi lain dropbox bisa saja sebagai media mengamankan segala kenangan hidup kita dengan seseorang. Mengingat tiap pengguna memiliki akun beserta password yang sulit diketahui oleh orang lain. Jadi sangat aman menyimpan data di dropbox.

Kelebihan dan Kelemahan Dropbox

Dropbox  merupakan media layanan yang  berfungsi sebagai penyimpan data secara online. Semua sistem dan layanan pasti lah mempunyai kelebihan dan kelemahan masing- masing, berikut kelebihan dan kelemahan dropbox:

Kelebihan:

  1. Tidak hanya digunakan untuk menyimpan data saja, tapi juga bisa digunakan untuk sharing data baik individu maupun kelompok
  2. Dropbox mempunyai akses yang fleksible sebagai media penyimpan data
  3. Proses menginstall dropbox sangat mudah dan mudah diaplikasikan dalam beberapa sistem windows, Mac, dan linux

Kekurangan:

  1. Hanya memiliki kapasitas storage yaitu 2GB saja, dan itu terbilang sangat kecil
  2. Jika ingin ruang penyimpanan yang besar, harus memiliki akses ke versi berbayar, itu salah sat kekurangan dropbox tersebut.

Itulah yang bisa saya jelaskan terkait dengan pengertian dropbox, fungsi dan manfaatnya serta kelebihan dan kekurangan. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis dalam kolom komentar.

12 Situs Nonton Drama Korea Gratis dan Terbaru

Pesona drama korea memang luar biasa. Ceritanya yang menyayat hati, tragis, romantis dan terkadang berakhir manis bagaikan magis untuk penikmatnya. Apalagi dibalut dengan alur...
litalia
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *