Pengertian Keadilan [ Menurut Para Ahli dan Secara Umum ]

Pengertian Keadilan

Dimana-mana banyak orang menggaungkan kata keadilan. Ada yang menuntut penegakan keadilan, ada yang menyebut tidak adil dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kamu apa itu keadilan? Jangan-jangan kamu yang sering berucap keadilan ternyata juga tak paham soal keadilan itu sendiri.

Pengertian Keadilan Secara Umum

Secara umum keadilan dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang ideal dan benar secara moral terhadap satu hal, baik itu orang ataupun benda. Dengan kata lain keadilan adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya, dalam hal ini tidak harus disamaratakan, melainkan dikondisikan sesuai dengan subjeknya.

Pengertian Keadilan Menurut KBBI

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, keadilan adalah suatu sifat dalam hal ini berupa perbuatan, perlakuan, dan lain sebagainya yang bersifat adil. Keadilan sendiri berasal dari dasar kata ‘adil’ yang dapat diartikan sama berat, berpihak kepada yang benar, dan tidak sewenang-wenang (sepatutnya).

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

Pengertian keadilan juga dikemukakan oleh para ahli. Berikut adalah beberapa ahli yang mengeluarkan pendapatnya terkait pengertian dari kata keadilan.

1.  Aristoteles

Aristoteles mengemukakan dua pendapat mengenai keadilan. Pertama keadilan adalah suatu tindakan yang memberikan satu hal kepada seseorang, dimana sesuatu itu memang merupakan hal dari orang tersebut.

Pengertian kedua dari keadilan adalah kelayakan dalam perbuatan manusia. Kelayakan tersebut berada pada titik tengah di antara kedua ujung yang cukup ekstrem, sehingga hasilnya tidak berat sebelah dan juga tidak memihak salah satu ujungnya.

2. Plato

Plato berpendapat bahwa keadilan adalah sikap mematuhi semuah hukum serta perundangan yang berlaku. Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa keadilan merupakan suatu hal yang berada di luar batas kemampuan manusia biasa dan bersumber dari perubahan dalam lingkup masyarakat, sehingga keadilan dapat terwujud dengan kembali pada struktur aslinya.

3. Thomas Hubbes

Menurut Thomas Hubbles, keadilan merupakan suatu keadaan yang di dalamnya terdapat sebuah perjanjian. Dimana isi dari perjanjian tersebut dijalankan berdasarkan aturan yang berlaku tanpa bersifat berat sebelah.

4. W.J.S. Poerwadarminto

Pendapat W.J.S. Poerwadarinto cukup sederhana, tetapi tepat pada sasaran. Ia menyatakan bahwa keadilan adalah suatu kondisi yang tidak berat sebelah, bersifat sepatutnya, dan juga tidak sewenang-wenang.

Pengertian Keadilan Menurut Alkitab

Pengertian keadilan di dalam Alkitab tidak dijelaskan secara tersurat, melainkan tersirat dalam beberapa bagian. Salah satunya pada Mazmur 82:3 yang berisi bahwa keadilan adalah suatu hal yang harus diberilan kepada anak yatim, orang sengsara, dan juga orang yang kekurangan.

Macam-Macam Keadilan

Ada cukup banyak macam-macam keadilan yang dikenal. Pembagian tersebut juga didasarkan pada beberapa tinjauan. Berikut adalah macam-macam keadilan serta pengertiannya.

Macam-Macam Keadilan Secara Umum

Secara umum, keadilan dapat dibagi menjadi 6 macam. Berikut adalah keenam keadilan secara umum.

  • Iustitia Communicativa (Keadilan Komunikatif)

Keadilan komunikatif adalah keadilan yang diberikan kepada seseorang berdasarkan apa yang memang menjadi bagian dari orang tersebut. Bagian tersebut juga didasarkan pada hak yang diperoleh pada objek tertentu

  • Iustitia Distributiva (Keadilan Distributif)

Keadilan distributif adalah keadilan yang diberikan kepada masing-masing individu berdasarkan apa yang menjadi dari suatu subjek. Keadilan ini memandang berdasarkan proporsionalitas antara jasa, kecakapan, dna kebutuhan.

  • Iustitia Legalis (Keadilan Legal)

Keadilan legak adalah suatu keadilan yang didasarkan pada undang-undang yang berlaku demi mencapai kebaikan bersama, dalam hal ini objek dari keadilan ini adalah masyarakat yang mendapat perlindungan undang-undang

  • Iustitia Vindicativa (Keadilan Vindikatif)

Keadilan vindikatif merupakan suatu keadilan terkait pemberian hukuman atau denda berdasarkan kejahatan atau pelanggaran yang telah dilakukan oleh objek yang akan memperoleh keadilan.

  • Iustitia Protektiva (Keadilan Protektif)

Keadilan protektif adalah keadilan yang diberikan kepada individu sebagai bentuk penjagaan ataupun perlindungan terhadap individu tersebut yang bertujuan untuk menghindarkannya dari tindakan sewenang-wenang yang bisa saja dilakukan oleh pihak lain.

  • Iustitia Creativa (Keadilan Kreatif)

Keadilan kreatif adalah suatu keadilan yang diberikan kepada masing-masing individu sesuai dengan bagiannya, dalam hal ini bagian adalah suatu kebebasan yang berfungsi untuk menciptakan suatu kreativitas dari individu tersebut dalam berbagai aspek kehidupan.

Macam-Macam Keadilan Menurut Aristoteles

Berikut adalah macam-macam keadilan yang diungkapkan oleh Aristoteles. Ada lima jenis keadilan menurut pandangan Aristoteles.

  • Keadilan Komunikatif

Keadilan komunikatif merupakan suatu keadilan dengan memberikan apa yang menjadi hak setiap orang berdasarkan hak yang dimiliki oleh orang tersebut dalam suatu objek tertentu. Artinya keadilan ini diberikan tanpa memandang jasa dari orang tersebut.

  • Keadilan Distributif

Keadilan distributif merupakan suatu keadilan dengan memberikan hak individu dari masing-masing orang dengan melihat jasa-jasa yang telah diberikan oleh orang tersebut. Artinya apa yang diberikan kepada individu mempunyai takaran yang seimbang dengan apa yang ia lakukan.

  • Keadilan Kodrat Alam

Sesuai dengan namanya, keadilan kodrat alam adalah keadilan yang diberikan atau diberlakukan terhadap individu berdasarkan dengan hukum alam.

  • Keadikan Konvensional

Keadilan konvensional merupakan keadilan yang berlangsung ketika seseorang berhasil mematuhi peraturan perundang-undangan yang diberlakukan.

  • Keadilan Perbaikan

Keadilan perbaikan adalah suatu keadilan yang terjadi ketika seseorang melakukan pelanggaran dengan mencemarkan nama baik dari orang lain.

Itulah pengertian keadilan. Dengan tahu arti dan maksud keadilan, kamu yang bicara keadilan tak perlu lagi ragu menggaungkanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.