Pengertian Kabel USB OTG, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihannya

Mesin ketik menghilang sejak ditemukan komputer. Dan kini, smartphone android mulai mengambil peran komputer dalam beberapa bagian. Hadirnya beberapa perangkat aksesoris pada android semakin membuat kinerjanya melampaui batas awal penciptaanya. Tak terkecuali juga dengan kabel USB OTG.

Awalnya Google memperkenalkan Android Honeycomb 3.0. Pada saat itu, diperkenalkan pula fitur Host Mode, fitur inilah yang memungkinkan android memiliki fungsi layaknya komputer. Hanya saja, untuk bisa memanfaatkan fitur ini, android harus terhubung dengan kabel USB OTG.

Kamu mungkin sudah pernah menggunakan kabel USB OTG. Biasanya digunakan untuk menghubungkan android dengan flashdisk. Tetapi selain itu sebenarnya masih ada banyak fungsi lainya. Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas lebih dalam.

Pengertian kabel USB OTG

kabel USB OTG

Seperti biasa, saya memulai pembahasan dengan menjelaskan pengertianya terlebih dahulu. Tujuanya, agar kita tidak mengalami miskonsepsi.

Kabel USB OTG atau  Universal Serial Bus On The Go adalah kabel yang memiliki fungsi utama menghubungkan flashdisk dengan android. tak sekadar menghubungkan, USB OTG juga bisa digunakan untuk transfer data dari flashdisk ke android. Bahkan sesuai dengan perkembangannya saat ini, kita bisa memanfaatkan kabel USB OTG untuk beberapa kegiatan unik lainya.

Saya akan jelaskan pada bagian fungsi kabel USB OTG ditulisan ini.

Yang pasti, menurut penggunaanya, kabel USB OTG awalnya hanya ditemukan pada komputer untuk menghubungkanya dengan flashdisk. Tetapi kini, dirasa yang butuh terhubung dengan flashdisk tidak hanya komputer, tetapi juga Hp. Maka dibuatlah kabel USB OTG yang bisa menghubungkan hp dengan flashdisk.

Hanya saja perlu dipahami bahwa tidak semua merk hp memiliki kemampuan untuk terhubung dengan flashdisk menggunakan kabel USB OTG. Selain karena ketidakcocokan slot pada hp juga karena kernel android yang digunakan. Bahkan beberapa hp harus dilakukan rooting atau instal software tambahan untuk bisa terhubung dengan USB OTG.

Kalau kamu lihat di pasaran, kamu akan menemukan beberapa jenis kabel USB OTG. Setidaknya ada:

  • USB OTG Adapter. Meski masuk sebagai jenis kabel USB OTG, tapi USB OTG Adapter itu tidak memiliki kabel. Melainkan hanya port usb dengan usb type micro b. Ukuranya kecil sehingga rawan hilang. Harganya paling murah dibanding jenis kabel USB OTG lainya.
  • USB OTG Cable. Inilah jenis USB OTG yang didukung dengan kabel. Cirinya menggunakan port USB Type A atau Type Micro B atau Type C, lengkap dengan kabel. Kekurangannya biasanya kalau kabel rusak, USB OTG ini otomatis tidak bisa digunakan. Untuk harga, sedikit lebih mahal dibanding jenis pertama.
  • Multi USB OTG. Inilah kabel USB OTG yang multifungsi, biasanya menggunakan 2 hingga 3 port USB Type Aatau Type Micro B atau bahkan Type C. Kabel USB OTG ini bisa kamu gunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat termasuk Mouse, Keyboard, ataupun Flashdisk sekaligus. Hanya saja, harga kabel USB OTG ini lebih mahal dibanding yang lain.

Fungsi Kabel USB OTG

Sekilas saya telah menjelaskan beberapa fungsi kabel USB OTG. Utamanya, kabel ini berfungsi untuk menghubungkan android dengan flashdisk. Tetapi selain itu, ternyata juga masih ada banyak fungsi lainya. Misalnya:

  1. Menambah Memori Smartphone. Kita bisa menggunakan Kabel USB OTG untuk menambah kapasitas penyimpanan android. Caranya tinggal pasang kabel USB OTG ke android dan hubungkan dengan flashdisk. Flashdisk inilah yang akan berperan sebagai memori internal.
  2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless. Melalui fitur host mode, kamu juga bisa menggunakan Kabel USB OTG untuk menghubungkan android ke mouse atau keyboard. Jadi kamu bisa ngetik di hp pakai keyboard.
  3. Menyalakan Kipas Angin. Yang lebih menarik, ternyata kamu juga bisa menggunakan android untuk menyalahan kipas angin. Tentu saja, kipas yang kamu gunakan haruslah kipas mini.
  4. Menyalakan Lampu Darurat. Bahkan kamu juga bisa menyalakan lampu LED ke USB OTG yang terhubung ke android. jadi android makin multifungsi ya.
  5. Membaca Data Menggunakan Card Reader. Dahulu cardreader digunakan untuk membaca memori hp ke komputer, tapi sekarang kamu bisa baca memori hp tanpa perlu memasangnya di slot memori. Bahkan kamu juga bisa baca memori kamera DSLR.
  6. Mengubah Smartphone Jadi Power Bank,. Mengubah hp jadi powerbank? Nyatanya mungkin-mungkin saja. Kamu bisa menggunakan kabel USB OTG untuk menghubungkan satu hp dengan hp lainya. kamu bahkan bisa mengisi daya Action Cam hingga MP3 Player.
  7. Membaca Data di Harddisk Eksternal. Jelas untuk yang ini harus dilakukan oleh hp android dengan spesifikasi tinggi. maklum saja, namanya harddisk, tentu isi datanya pasti banyak.
  8. Menghubungkan Portabel CD Player. Punya portabel CD Player? Kamu juga bisa membacanya menggunakan android lho. lagi-lagi medianya adalah menggunakan konektor USB OTG.
  9. Menghubungkan Eksternal Webcam. Webcam juga bisa dihubungkan dengan android. semua berkah kabel USB OTG.
  10. Menghubungkan LAN ke Smartphone. Yang tak kalah menarik, kabel USB OTG juga bisa membuat hp android kamu terhubung ke LAN.
  11. Terhubung dengan Joystick. Siapa bilang main game dengan Joystick dengan hp android tak bisa dilakukan. Berkah kabel USB OTG, semua mungkin-mungkin saja dilakukan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan berkat adanya kabel USB OTG. Sangat bermanfaat bukan?

Kelebihan dan Kekurangan kabel USB OTG

Multi USB OTG

Bicara soal kelebihan kabel USB OTG, tentu saja tak bisa lepas dari sejumlah fungsi yang dimiliki oleh kabel USB OTG. Yang pasti, sejak adanya kabel ini, ada banyak peran komputer yang bisa diambil oleh hp android. Sehingga hidup jadi semakin simpel dan sederhana.

Meski demikian, kabel USB OTG juga bukan tanpa kekurangan. Terutama karena tidak semua kabel USB OTG cocok pada semua hp. Sehingga kabel USB OTG kurang fleksibel. Bahkan bagi hp dengan RAM kecil, menghubungkannya dengan kabel USB OTG bisa membuat kinerja Hp melambat.

Penting juga diingat, bila hp kamu hubungkan dengan kabel USB OTG dengan flashdisk berkapasitas besar atau bahkan harddisk, maka bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *