Pengertian ISP Beserta Fungsi, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Teknologi kian berkembang pesat dari waktu ke waktu dengan tujuan pengembanganya adalah menghubungkan segala alat dengan internet. Hal ini tentu sejalan dengan kenyataan bahwa internet adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Dengan adanya internet, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai hal secara cepat dan sedikit biaya.

Salah satu kebutuhan dasar bila kita ingin mendapatkan koneksi internet adalah dengan berlangganan ISP. Lalu apa itu ISP? Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan lebih detail tentang pengertian ISP, fungsi, jenis, serta contohnya secara lengkap.

Pengertian ISP

Wifi merupakan salah satu jenis ISP

ISP atau singkatan dan gabungan dari tiga kata Internet Service Provider. Bila didefinisikan ISP adalah penyedia jasa layanan internet yang dipergunakan untuk media informasi serta komunikasi secara global. Jika diartikan kata perkata, ISP merupakan penyedia layanan internet.

ISP dibutuhkan setiap orang untuk dapat terhubungkan ke internet. Tanpa adanya penyedia jasa layanan internet ini, maka pengguna internet tidak akan dapat mengakses internet melalui media apapun.

Di Indonesia, ISP dijuluki sebagai PIJI atau penyelenggara Jasa Internet. Pemilik maupun penyelenggara ISP ini biasanya perusahaan-perusahaan besar yang begerak dalam bidang telekomunikasi. Kebanyakan perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet ini merupakan perusahaan penyedia layanan telepon. Keterkaitan kedua bidang ini yang menjadikan bidang usaha ini lebih mudah saat dijalankan bersama-sama.

Fungsi ISP

Dari pengertian ISP yang dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan jika ISP ini pada dasarnya berfungsi untuk menyediakan layanan akses internet. Selain itu, ada beberapa fungsi-fungsi ISP lainnya yang perlu kamu ketahui:

  1. Fungsi utama ISP adalah menyediakan layanan internet, dimana ISP memiliki kemampuan menentukan user yang terhubungkan dengan gateaway internet terdekat.
  2. ISP memudahkan user mengakses seluruh informasi-informasi dari World Wide Web atau WWW
  3. Dengan ISP, akan memungkinkan pengguna dapat melakukan percakapan via suara melalui layanan internet
  4. Pengguna juga dapat menikmati layanan surat elektronik seperti email menggunakan ISP
  5. Memberikan layanan proteksi kepada pengguna sehingga terhindar dari bahaya penyebaran virus dengan memberikan anti virus.

Cara Kerja ISP

Indihome merupakan salah satu contoh ISP paling terkenal di Indonesia

Untuk bisa mengakses internet, maka pengguna harus berlangganan terlebih dahulu ke ISP. Pengguna bisa menikmati layanan ISP dengan modem, kabel, maupun wireless.

Setelah terhubung, maka nantinya ISP akan memenuhi permintaan dengan meneruskan data ke jaringan internet yang sesuai dan kemudian akan diterjemahkan outer. Router ini lah yang menentukan rute permintaan ke tujuan yang diinginkan.

Jenis ISP

Untuk lebih mengenal ISP, kita juga harus mengenal jenis ISP. Jenis ISP ada 5, yaitu:

1. Dial-Up Conection

Merupakan koneksi yang menuju ke jaringan internet, sifatnya semnetara dimana pengguna internet tidak terkoneksi terus menerus di dalam sebuah jaringan. Pengguna hanya akan dibebankan biaya berdasar pada lama waktu penggunaan saat terhubung ke jaringan internet.

2. Dedicated Communication

Merupakan koneksi yang sifatnya menetap, yaitu pengguna dapat terhubung ke internet selama 24 jam penuh dalam 7 haru. Jenis koneksi ini biasanya digunakan banyak perusahaan-perusahaan yang  memiliki komputer dan karyawan dalam jumlah banyak.

3. Hotspot

Jenis layanan  internet yang tidak menggunakan kabel sepertipada dial-up. Hotspot biasanya sering digunakan dalam tempat-tempat umum seperti bandara, mall, café, dan lainnya.

4. Wireless

Sama seperti hotspot, wireless adalah jenis layanan internet yang tidak menggunakan kabel. Layanan internet ini sama sekali tidak dipungut pada biaya telepon namun dibebankan tariff pemakaian internet.

5. Mobil Acces

Layanan yang dipergunakan untuk mengakses jaringan internet kapanpun dan dimanapun, mudah hanya melalui smartphone saja. Layanan ini dikhususkan bagi pengguna smartphone yang mendukung teknologi ini, baik itu GSM ataupun CDMA.

Contoh ISP

contoh ISP

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis perusahaan yang berawal dari menyediakana layanan telepon namun kini juga menjadi penyedia layanan internet atau ISP, apa saja contohnya? Berikut ini penjelasannya.

1. Indihome – Telkom Speedy

Indihome merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT. Telkom Indonesia, yang mana menawarkan layanna Triple Pay yaitu internet rumah, telepon rumah, serta TV interaktif. Saat ini ISP sudah menggunakan kecanggihan teknologi dari Fiber Optic sehingga memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan teknologi yang menggunakan coaxial cable.

2. FirstMedia atau FastNet

First media didirikan pertama kali pada tahun 1994 sebagai Broadband Multimedia. First media menawarkan berbagai layanan Tripley Pay, mencakup layanna jasa internet yang memiliki kecepatan tinggi tanpa batas, TV Kabel Digital, serta komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan kapasitas besar (DataComm)Saat ini First media menggunakan layanan yang mengoperasikan teknologi menggunakan jaringan kabel Hybrid Fiber- coaxial yang memiliki frekuensi 870 MHz.

3. Biznet

Penyedia layanan jasa telekomunikasi dan multimedia ini menawarkan layanan internet, layanan jaringan (network), pusat data, dan layanan hosting serta cloud computing. Di tahun 2000, Biznet Network hanya didirikan untuk fokus dalam pasar dunia korporat. Namun kini Biznet juga mengoperasikan layanan dengan jaringan Fiber Optic tercanggih serta memiliki data center yang terbesar yang ada di Indonesia.

4. Centrin

Merupakan ISP milik PT. Centrin Online yang sudah berdiri pada tahun 1987, menggunakan nama Centrin Utama. Perusahaan ini menawarkan layanan untuk akses internet yang menggunakan infrastruktur yang canggih, salah satunya yaitu memberikan koneksi dengan kecepatan mencapai 160 Mbps untuk ke Backbone Internasional.

5. MNC Play Media

Didirikan pada bulan Januari 2003 oleh MBC Kabel Mediacom (MKM) yang memiliki fokus utama dalam memberikan layanna jaringan yang menggunakan Fiber Optic. Bbeberapa layanan yang ditawarkan MNC ini adalah layanan internet yang memiliki koneksi super cepat bahkan hingga 100 Mbps, televisi kabel, dan layanan lainnya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai ISP beserta fungsi, cara kerja, jenis, dan contoh-cotohnya secara lengkap. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagikamu semua. Bila masih ada yang perlu diulas, silakan tulis di kolom komentar.

Ada pertanyaan atau komentar?