Pengertian IPTEK Beserta Manfaat, Contoh dan Dampak Penerapan IPTEK

Keberadaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK dimulai sejak keberadaan manusia di bumi. Manusia purba pada jaman dahulu telah memiliki banyak ilmu pengetahuan tentang situasi dan kondisi di alam. Mesir kuno adalah negara yang tercatat sebagai negara paling maju yang melakukan kegiatan di bidang ilmu pengetahuan.

Pada jaman dahulu terjadinya banjir di Sungai Nil membuat banyaknya perubahan yang terjadi seperti berkembangnya sistem almanak, geometri, dan kegiatan penelitian yang lebih berkembang. Banyak sekali kegiatan yang sifatnya keilmuan yang dilaksanakan secara rutin dan mulai diikuti oleh orang-orang babilonia dan orang-orang yang beragama hindu demi perkembangan ilmu pengetahuan pada masa itu.

Meski keberadan IPTEK bersama dengan keberadaan manusia, tetapi nyatanya banyak diantara kita yang bingung mendefinisikan apa itu IPTEK. Untuk itu melalui artikel ini saya akan jelaskan soal apa itu IPTEK, bagaimana perkembangan dan dampaknya.

Pengertian IPTEK      

Teknologi transportasi yang semakin maju berkat IPTEK

Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi atau yang akrab disebut IPTEK adalah suatu tempat yang menjadi sumber informasi yang tentunya dapat menambah wawasan dan menambah ilmu pengetahuan seseorang khususnya di bidang teknologi dari waktu ke waktu. IPTEK bisa pula diartikan sebagai ilmu yang mempelajari berbagai informasi dan pengetahuan tentang berbagai teknologi.

Tujuan dari adanya IPTEK adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan manusia serta membantu mempermudah pekerjaan manusia dalam kegiatan sehari-hari. Bukti dari adanya IPTEK bisa kita lihat dari komputer, laptop, handphone, motor, mobil, printer dan lain sebagainya.

Perkembangan IPTEK bersinergi dengan kemajuan peradaban manusia. Dulunya IPTEK adalah sebuah kebudayaan yang dilakukan secara rutin dan di jaman sekarang ini berkembang menjadi suatu alat yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Manusia yang memiliki jiwa untuk berkarya pastinya tidak akan berhenti untuk terus mengembangkan IPTEK dan terkadang dengan banyak kelebihan yang dimiliki IPTEK membuat sebuah perubahan yang terjadi di kalangan masyarakat baik perubahan secara positif maupun negatif.

Manfaat IPTEK   

Kereta makin canggih berkat IPTEK

Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan IPTEK yang semakin maju membawa banyak sekali perubahan di dunia. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari perkembangan IPTEK. Misalnya saja:

1. Mempermudah kita mendapatkan segala hal

Kita bisa dengan mudah mendapatkan banyak hal. Barang-barang yang sulit kita dapatkan di satu daerah bisa dengan mudah kita dapatkan melalui belanja online. Ini adalah bukti nyata pekembangan IPTEK. Media komunikasi juga bisa dengan murah dan mudah kita dapatkan. Bandingkan dengan jaman dahulu dimana IPTEK tidak sehebat sekarang ini.

2. Membantu penyelesaian permasalahan manusia

Umumnya manusia memiliki masalah yang sama, yakni bagaimana memenuhi kebutuhan manusiawi. Kemajuan IPTEK menjawab semuanya. Kebutuhan untuk hidup lebih sehat bisa kita dapatkan dari kemajuan teknologi kedokteran yang begitu pesat. Kemajuan untuk memenuhi pangan bisa kita dapatkan pula dari berbagai teknologi pertanian yang semakin canggih.

3. Kehidupan menjadi lebih maju

Dibanding dengan masa primitif, masa sekarang sudah sangat berbeda jauh. Dari segi berpakaian, bagaimana memenuhi kebutuhan pangan, bagaimana berkomunikasi, bagaimana pengobatan dilakukan, bagaimana pangan dipenuhi, bagaimana mengorganisasikan manusia, sejauh ini semuanya menuju ke arah yang lebih maju. Tentu hal itu tak lepas dari perkembangan iptek saat ini.

4. Mempermudah dan Mengoptimalkan bisnis

Memulai bisnis bisa kita lakukan tanpa modal dan di rumah. Kita hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat yang menunjang koneksi. Bisa menggunakan hp yang kini menjadi barang murah dan bisa pula menggunakan laptop atau komputer. Asal ada internet dan barang yang bisa terkoneksi internet bisnis bisa kita lakukan dan bisa kita optimalkan.

5. Komunikasi menjadi lebih mudah

Untuk berkomunikasi dahulu dilakukan dengan mendatangi kediaman seseorang dan berkomunikasi langsung. Tetapi saat ini berbeda, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda tempat dengan sangat mudah. Kita bahkan bisa saling bertatap muka sekalipun tidak di tempat yang sama. Inilah kekuatan IPTEK yang mengagumkan.

Contoh IPTEK

Banyak sekali contoh IPTEK yang bermanfaat untuk kehidupan kita saat ini. Sebut saja:

  • Teknologi internet
  • Teknologi smartphone, laptop, komputer, smartwatch dan piranti-piranti lain yang terhubung dengan internet.
  • Sistem detoksifikasi surya yang bisa mengahsilkan air bersih
  • Media komunikasi seperti TV, Radio dan lainya.
  • Teknologi dalam bidang kedokteran seperti hanya kontrasepsi, operasi CT Scan, dalam bidang padangan pangan dan pertanian juga tak kalah banyak seperti traktor dan lainya.
  • Berbagai perangkat elektronik dan transportasi seperti pesawat terbang, kereta api, dan sebagainya.

Banyaknya hasil perkembangan IPTEK membawa banyak manfaat. Hanya saja, perkembangan IPTEK juga membawa dua dampak: negatif dan positif.

Dampak negatif dan positif dari IPTEK

kerusakan alam terjadi akibat IPTEK

Sampai dengan saat ini, banyak sekali pro dan kontra mengenai kemajuan dan perkembangan Iptek di indonesia hal ini sangat berkaitan dengan kegiatan anak-anak yang cenderung berubah total. Contohnya pada jaman dulu banyak anak-anak berkumpul dan bermain bersama-sama di suatu tempat. Tetapi di jaman sekarang hal itu jarang terjadi, karena anak jaman sekarang lebih memilih untuk bermain games di hp dan warnet dari pada bermain besama teman-temannya.

Memang selain membawa dampak positif sebagaimana manfaat IPTEK, nyatanya IPTEK juga membawa dampak negatif. Beberapa dampak negatif IPTEK yang paling nyata misalnya:

  • Perubahan tata nilai yang tidak semuanya baik, malah ada yang menghilangkan jati diri sebuah bangsa.
  • Terjadinya kesenjangan sosial yang kaya semakin kaya yang miskin semakin terpuruk. Hal ini karena penguasaan teknologi yang berbeda.
  • Merosot dan rusaknya lingkungan alam, seperti hanya kemerosotan kualitas dan kuantitas sumber daya alam, terjadinya pencemaran oleh limbah dan bahan berbahaya di lingkungan, meningkatnya lapisan gas co2 dan kenaikan suhu bumi, adanya hujan asam, adanya lubang lapisan ozon, adanya bencana alam banjir dan lainya.

Selain itu perkembangan IPTEK nyatanya juga meningkatkan tingkat kenakalan remaja dan kriminalitas. Walaupun memang semua itu tergantung dari bagaimana kita menyikapinya.

Ada pertanyaan atau komentar?