Pengertian Intranet Beserta Manfaat dan Perbedaannya dengan Internet

Pengertian Intranet,- Sejak internet mengikat banyak hal, dunia seolah ada di dalam mode yang baru. Segala hal yang kita lakukan hampir-hampir tak bisa lepas dari internet. Kitapun diakui atau tidak, sangat tergantung dengan internet. Mencari informasi, bertukar kabar, sampai berhubungan dengan rekan kerja, semuanya dilakukan melalui jaringan internet.

Internet punya cakupan yang sangat luas. Beberapa orang atau perusahaan mungkin ingin memiliki internet sendiri dengan cakupan yang lebih sempit dimana pertukaran data dan data masuk bisa diatur. Mulai dasi siapa yang bisa menggunakan, hingga penggunaanya untuk apa saja. Maka lahirlah yang namanya intranet.

Beberapa dari kamu mungkin familiar dengan kata intranet, beberapa bahkan ada yang terbiasa menggunakanya sehari-hari. Tapi apa pengertian intranet? Sudah kah kamu memahaminya? Berikut saya jelaskan secara lengkap hal-hal yang berkaitan dengan intranet sampai dengan contoh penggunaanya dalam kehidupan.

Pengertian Intranet

Saya mulai dari pengertian intranet. Sederhananya intranet adalah internet yang punya cakupan lebih sempit. Kalau internet itu dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan publik, maka intranet hanya untuk kebutuhan privat. Bisa untuk satu perusahaan, satu instansi, atau satu organisasi.

Intranet adalah sebuah jaringan privat yang dihubungkan dengan protokol-protokol TPC. Bisa dibilang, intranet adalah jaringan internet versi pribadi. Protokol-protokol pada intranet bertujuan untuk sarana pengamatan sekaligus juga untuk routing paket data antar pengguna.

Nah menurut wikipedia, intranet itu adalah jaringan privat yang menggunakan protokol intenet. Sehingga untuk bisa membangun intranet dibutuhkan komponen yang sama dengan untuk membangun jaringan internet. Yaitu terdiri dari protokol Internet, klien dan server.

Dilihat dari sejarah intranet, ia pertama kali diperkenalkan kepada publik sekitar tahun 1995. Dahulu para penjual intranet menjualnya langsung kepada perusahaan yang membutuhkan informasi dalam bentuk web.

Manfaat Intranet

Kalau kamu pernah menggunakan intranet, kamu pasti sudah tahu betul bagaimana manfaat intranet untuk kehidupan kita. Intranet hadir memberikan jawaban atas isu penyusupan dan penyadapan data yang terjadi pada jaringan umum. Sehingga menerapkan internet berarti menerapkan sistem keamanan yang lebih baik.

Pada intranet, pengguna bisa menerapkan firewall dan enkripsi tersendiri sehingga bisa membuat sistem keamanan yang lebih memadai. Setidaknya kalau intranet ini digunakan oleh perusahaan, intranet bisa memberikan manfaar berupa:

  • Memungkinkan perpaduan data dan email internal serta eksternal perusahaan yang mudah.
  • Memungkinkan penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras secara bersamaan. Sehingga akan menghemat biaya maupun teknologi penyimpanan. Ini juga akan mempermudah sumber-sumber yang masuk ke perusahaan.
  • Memudahkan komunikasi antar anggota dalam perusahaan tersebut.

Manfaat intranet memang sangat berkaitan dengan siapa pemakaian. Kalau pemakainya adalah perusahaan, maka manfaatnya akan berbeda dengan bila pemakainya adalah intitusi pendidikan. Tetapi apapun itu, pada dasarnya intranet bisa memberikan keuntungan dan manfaat berupa:

  • Peningkatan Produktivitas kerja. Intranet memudahkan antar anggota saling berkomunikasi sekaligus juga mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan sangat mudah dan cepat, sehingga nantinya akan meningkatkan produktivitas kerja tiap anggota.
  • Pemanfaatan waktu. Kapan kamu butuh informasi? Intranet menjawabnya. Kamu tak perlu menghabiskan waktumu hanya untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Hal ini tentu akan membuat waktu kamu jadi lebih efisien. Kamu bisa mendapatkan informasi secara aktual dan uptodate.
  • Intranet sama dengan internet, ia juga sangat bermanfaat untuk membangun komunikasi antar anggota. Di organisasi, internet akan mempermudah komunikasi antarbagian baik horizontal ataupun vertikal.
  • Operasi dan manajemen. intranet juga bisa digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Dan semua itu bisa dilakukan dengan proses yang cepat.

Selain itu, keberadaan intranet juga bisa mengubah budaya kerja yang selama ini terbangun. Intranet membuat proses kerja menjadi lebih cepat, dan efisien.

Perbedaan Internet Dan Intranet

Internet adalah jaringan yang menghubungkan semua komputer dengan sifat terbuka. Intranet juga merupakan jaringan yang menghubungkan komputer, tetapi dengan sifat yang dibatasi dan tertutup. beberapa fungsi dari keduanya adalah sama, misalnya keduanya bisa berfungsi sebagai media komunikasi.

Tetapi diantara keduanya juga menyimpan perbedaan. Berikut beberapa perbedaan mendasar antara internet dengan intranet.

Internet:

  • Internet memiliki sifat terbuka, itu artinya setiap piranti di dunia ini bisa terhubung dengan internet. Bahkan prosesnya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa memerlukan ijin dari server.
  • Internet memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan hampir tak ada batasanya. Itu artinya semua komputer di dunia ini bisa mengakses internet.
  • Internet memiliki komputer server yang tidak hanya satu. Mengapa? Sebab sifatnya yang terbuka dan tidak terbatas, maka tidak mungkin bila komputer server internet hanya satu.

Pengertian tentang internet lebih jelas, bisa kamu baca di:

Lantas bagaimana dengan intranet?

Intranet:

  • Kebalikan dari internet, maka intranet memiliki sifat tertutup. itu artinya antar komputer dan antar pengguna bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat dan saling mentransfer data. Sifat inilah yang diunggulkan oleh intranet karena bisa menjamin tingkat keamanan yang lebih baik dibanding internet.
  • Hanya saja, jangkauan intranet tidak seluas jangkauan internet. Apalagi, jangkauan intranet juga memiliki sifat terbatas. Artinya hanya terbatas pada perusahaan, organisasi, atau instansi tertentu saja.
  • Jumlah komputer server intranet biasanya hanya ada satu. Hal ini untuk memudahkan kontrol sekaligus juga mengingat lingkup jaringan intranet yang terbatas. Hanya saja, hal ini bisa menyebabkan terjadinya overload bila transfer data dilakukan secara bersamaan.

Baik internet maupun intranet memiliki peranan yang penting dalam kehidupan ini. kita bahkan bisa melihat banyak contoh penggunaan intranet saat ini yang begitu bermanfaat.

Contoh Intranet

Beberapa conton intranet yang bisa dengan mudah kita temui misalnya ada di Kementerian Industri (Kemenperin), Pendidikan dan instansi lainya. khusus dalam bidang pendidikan, sangat mudah kita temukan bila sedang ke perpustakaan. Di perpustakaan, intranet digunakan untuk: katalog online yang hanya bisa diakses seluruh ruang perpustakaan, Informasi sistem service dan Sistem sirkulasi online.

Perlu dipahami, bahwa penggunaan intranet ini sangat tergantung dengan organisasi atau instansi yang menggunakan. So, cukup lah apa yang saya jelaskan soal pengertian intranet, manfaat dan juga contoh penggunaanya. Semoga bisa kamu pahami.

12 Situs Nonton Drama Korea Gratis dan Terbaru

Pesona drama korea memang luar biasa. Ceritanya yang menyayat hati, tragis, romantis dan terkadang berakhir manis bagaikan magis untuk penikmatnya. Apalagi dibalut dengan alur...
litalia
5 min read

12 Browser Tercepat Dan Ringan Dengan Fitur Menarik

Kita tentu sepakat bahwa internet adalah kebutuhan primer, terkhusus bagi generasi millennial. Hampir tidak ada yang bisa lepas dari internet sepanjang hari. ya, memang...
litalia
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.