Pengertian Internet Lengkap Beserta Sejarah, Fungsi dan Manfaat Internet Yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian Internet, Intranet, Fungsi & Sejarah Internet Terlengkap, Tuhan menciptakan dunia lama bernama alam, tapi Leonard Kleinrock menciptakan dunia yang baru bernama Internet. Bisa jadi begitulah kira-kira ketika kita berbicara soal perkembangan internet saat ini. Internet menjelma menjadi dunia baru dimana di dalamnya ada identitas-identitas baru, kebutuhan primer baru, tempat tinggal baru, alamat baru dan seterusnya yang semuanya berbasis internet.

Di dunia nyata, anda boleh bernama Nisa tapi di Internet nama itu berubah. Anda bisa menggantinya dengan Nisa Muach, Afriyah, RendiD dan lainya yang anda suka. Nama Nisa hanya ada di dunia nyata, sedang di Internet, anda adalah sosok yang lain di dunia yang berbeda.

Internet menyediakan segalanya dan tanpa anda sadari, anda tak lagi hidup di dunia nyata. Sekarang anda hidup di dunia internet. Anda akan kehilangan gairah ketika tidak bisa terhubung internet hanya beberapa detik saja. Tanpa akses internet, kehidupan anda tak pernah benar-benar hidup. Dan dari internet, cakrawala pengetahuan anda terbuka kemudian indentitas baru anda tercipta.

Sama seperti kehidupan di dunia, ada banyak hal yang tidak anda tahu tentang dunia. Di Internet juga demikian, ada banyak hal yang tidak anda ketahui tentang internet. Pertanyaan mendasar mengenai apa itu internet saja belum tentu semua penguna internet tahu. Apalagi bagaimana internet terbentuk? Apa manfaat dan dampaknya bagi kehidupan? Untuk itu, tak ada salahnya kita bahas satu persatu.

Daftar Isi

Pengertian Internet dan Definisi Internet Secara Umum

Pengertian Internet Dan Definisi Internet

Apa itu internet? Jika anda ditanya demikian, jawabanya pasti beragam. Ada yang menjawab secara terminologi dan ada yang menjawab internet secara etimologi. Secara etimologi internet berasal dari kata interconnection networking. Atau ada pula yang menyebut internet itu berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti “antara”.

Sedang menurut terminologi internet bisa didefinisikan sebagai jaringan komunikasi global yang memiliki sifat terbuka dan menghubungkan seluruh jaringan komputer di dunia ini dengan berbagai jenis dan tipe komunikasi, baik satelit, telepon dan lain sebagainya.

Nah kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), internet didefinisikan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet vmelakukan hubungan melalui jaringan internet.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, internet itu seperti hanya sebuah jaring laba-laba yang menyelimuti dunia ini, dimana ia terhubung berkat adanya titik-titik penghubung (node). Node ini bisa berupa komputer atau peralatan lainya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Leonard Kleinrock

Leonard Kleinrock – Bapak Internet

Setelah memahami internet menurut terminologi dan etimologi, selanjutnya kita pahami internet menurut pendapat para ahli. Ada beberapa tokoh dan ilmuwan yang pernah mengungkapkan pendapatnya tentang apa itu internet.

1. Onno W. Purbo

Nama pertama yang mendefinisikan internet adalah Purbo (dalam Prihatna, 2005), ia menjelaskan bahwa Internet itu adalah sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail

2. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Pengertian internet berikutnya yang juga cukup bisa memberi gambaran pada kita mengenai internet muncul dari nama Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003). Bagi mereka Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung.

3. Allan (2005)

Allan juga pernah mendefinisikan mengenai apa itu internet. Menurut dia bisa didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan untuk membaca berbagai protokol komunikasi tertentu seperti Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

4. Randall & Latulipe

Randall & Latulipe juga memberikan gambaran tentang apa itu internet. Bagianya internet adalah suatu jaringan global yang terdapat dalam komputer. Jadi, internet sama seperti sebuah jaringan global yang mencakup beberapa jaringan komputer.

5. Kayo, Mori, dan Takano (1996)

Kayo, Mori, dan Takano (1996) juga ikut memberikan definisi mengenai internet. Bagi mereka internet punya tiga keistimewaan, pertama kebebasan internet, kedua lebih dinamik Ketiga, internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif.

6. Supriyanto (2006)

Berikutnya ada nama Supriyanto (2006), ia mengatakan bahwa internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer lewat jaringan dunia dengan memanfaatkan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit menggunakan protokol standar, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)

7. O’Brien (2003)

Pengertian internet menurut ahli terakhir datang dari O’Brien. Baginya internet bisa diantikan sebagai sebuah jaringan komputer yang akan terus berkembang pesat dari masa ke masa untuk berbagai macam kepentingan. Mulai dari bisnis, pendidikan, hingga ke pemerintahan yang dapat saling berhubungan.

Dari berbagai pengertian internet menurut para ahli di atas, kita dapat simpulkan bahwa pada intinya, internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan banyak perangkat teknologi di dunia. Bagaimana dengan intranet?

Pengertian Intranet

Pengertian Intranet

Selain internet, ada satu lagi nama yang populer dan kerap disandingkan dengan internet, yaitu intranet. Lalu apa itu intranet?

Intranet bisa didefinisikan sebagai sebuah jaringan yang sifatnya privat, hanya menghubungkan komputer-komputer tertentu dalam satu jaringan dengan menggunakan protokol – protokol TCP/IP. Intranet biasanya digunakan untuk kepentingan satu organisasi atau satu perusahaan.

Bisa dibilang kalau internet itu versi publik, maka intranet adalah versi privat. Ia hanya menghubungkan jaringan dengan sifat yang terbatas. Hanya komputer-komputer tertentu saja yang bisa mengakses jaringan intranet. Penggunaan protokol pada intranet sebagai sarana untuk pengalamatan, dan juga untuk routing paket data antar pengguna.

Intranet biasanya digunakan oleh organisasi tertentu untuk urusan tertentu juga. Misalnya saja untuk memudahkan pertukaran data dan informasi antar pengguna. Intranet mulai banyak diperkenalkan ke publik pada tahun 1995.

Perbedaan Internet dan Intranet

Dari pengertian internet dan intranet di atas, kita dapat menarik kesimpulan. Bahwa ada pebedaan antara internet dan intranet. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu sama-sama menghubungkan antar komputer dan bisa menjadi sarana bertukar informasi antar komputer.

Tetapi keduanya saling bertolak belakang soal cara kerjanya. Berikut perbedaan antara internet dan intranet:

1. Internet bersifat terbuka, Intranet bersifat lebih tertutup

Perbedaan pertama antara intranet dan internet terletak pada sifatnya. Internet memiliki sifat yang terbuka, siapapun bisa terhubung ke internet dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan ijin akses dari server.

Sementara pada intranet sifatnya lebih tertutup. Antar komputer yang bisa mengakses hanya yang diberikan ijin oleh server. Antar komputer atau pengguna bisa mensetting siapa saja yang bisa mengakses data dan mentransfer data. Jadi tingkat keamanan intranet lebih terjaga.

2. Internet punya jangkauan tak terbatas, intranet luas namun terbatas

Internet punya jangkauan jaringan yang sangat luas atau bahkan tak terbatas, sehingga internet bisa diakses dari manapun tak terbatas negara dan dunia. Sementara intranet punya jaringan yang luas namun terbatas pada lingkup tertentu saja. Misalnya dalam lingkup perusahaan, lingkungan dan sebagainya.

3. Internet komputer servernya tidak hanya satu, intranet biasanya servernya hanya satu

Karena mampu menanpun banyak komputer dalam jaringan yang tidak terbatas, maka internet tidak hanya memiliki satu server saja, melainkan ada banyak. Sedang intranet, biasanya hanya membutuhkan satu komputer server saja.

Itulah perbedaan antara internet dan intranet. Meski bertolak belakang soal cara kerja, keduanya memiliki peranan yang penting dalam perkembangan teknologi sampai dengan saat ini.

Sejarah Singkat Internet

SEJARAH INTERNET

Perkembangan proyek arpanet tahun 1977

Cikal bakal terbentuknya dunia baru bernama internet tak bisa lepas dari Advanced Research Projects Agency atau ARPA (AS) pada tahun  1957, yang memiliki misi untuk mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi untuk menghubungkan komunitas sains sekaligus juga untuk keperluan militer. Saat itu sedang terjadi perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Saat itu pula militer Amerika geram akibat meluncurkan sputnik dari Uni Soviet.

  1. Berawal dari pada packet switching ARPA. tahun 1960, ARPA menemukan packet switching. Inilah penemuan terbesar pertama yang sangat mempengaruhi perkembangan internet. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah ke dalam paket yang lebih kecil, dimana masing-masing paketnya mampu melalui berbagai jalur alternatif jika ada jalur rusak untuk mencapai tujuan tertentu.
  2. 1969 Lahirlah ARPANET. Selain itu, Packet switching juga bisa membuat jaringan dapat digunakan bersamaan. Dari situ kemudian ARPA menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) menggantikan circuit switching.
  3. Departemen Pertahanan Amerika Serikat kemudian mendemonstrasikan ARPANET pada hardware dan software komputer berbasis UNIX. Inilah untuk pertama kali komunikasi dalam jarak tak terhingga melalui saluran telepon bisa dilakukan.
  4. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan pada akhirnya semua standar yang ditentukan dalam proyek ARPANET menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol).
  5. Pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan ke publik. Tidak lama setelah perkenalanya ke publik, proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah. Banyak universitas di negara Amerika ingin bergabung dan membuat ARPANET kesulitan mengaturnya. Karena itu, kemudia ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk militer dan “ARPANET” baru untuk non-militer. Gabungan kedua dikenal dengan nama DARPA Internet atau Internet saja.
  6. Penciptaan E-Mail pada tahun 1972. Setelah proyek jaringan ARPANET berhasil, Roy Tomlison tahun 1972 menambahkan sistem surat elektronik E-Mail ke dalam ARPANET. Sejak saat itu icon @ diperkenalkan dan diresmikan untuk pengembangan email.
  7. Tahun 1973, ARPANET masuk Inggris. Setahun kemudian, jaringan ARPANET masuk ke University College di London, Inggris. Menurut catatan sejarah, itulah komputer pertama di luar amerika yang bergabung dengan ARPA net.
  8. Tahun 1979 Kelahiran USEnet dan tahun 1981 lahirlah Video Phone. Newsgroup pertama yang lahir di dunia dengan teknologi internet adalah USEnet yang diciptakan oleh Tom Triscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin di tahun 1979. Lalu tahun 1981, France Telecom memperkenalkan video link, yang saat ini dikenal dengan nama Video Call.
  9. Tahun 1982 Lahirlah Protokol jaringan internet. Ketika sudah banyak komputer di dunia yang terhubung dengan jaringan, muncullah ide untuk membuat standar tertentu agar tiap komputer bisa saling mengakses data di dalam sebuah jaringan. Untuk itu kemudian meresmikan Transmission Control Protocol (TCP) dan juga IP (Internet Protocol).
  10. Tahun 1988 Internet Chat muncul. Tahun 1988, sudah banyak komputer yang terhubung ke ARPANET. Jumlahnya sudah lebih dari 10 ribu komputer, maka saat itulah Jarko Oikarinen memperkenalkan istilah IRC atau Internet Relay Chat. Inilah awal dimana user komputer dapat berkomunikasi dan chatting kepada user komputer lain.
  11. Tahun 1990 www, dan browser lahir. Lalu pada tahun 1990, muncullah browser dan www (world wide web) hasil pengembangan dari Tim Bernes Lee. Melalui Browser dan www lah, user dalam mengakses situs dan halaman dalam internet sudah terdaftar dalam jaringan.
  12. Tahun 1992 virtual shopping bermunculan. Internet terus berkembang pesat, sampai akhirnya tahun 1992, banyak situs internet dikembangkan, salah satunya adalah Yahoo. Selain itu situs e-retail, yang merupakan cikal bakal dari e-commerce juga banyak yang lahir di tahun ini.

Bagaimana Dengan Sejarah Internet di Indonesia? Lain di dunia lain di Indonesia, untuk pertama kali internet diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1983. Adalah Joseph F.P Luhukay yang memperkenalkan internet di Universitas Indonesia, saat itu ia memberi nama UInet. Maka tak salah bila kelahiran internet pertama di Indonesia berada di gedung UI.

Baru setelah itu, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan pengembangan dan memperluas jaringannya hingga ke IPB, ITB, UGM, ITS, dan juga Universitas Hasanudin.

Perkembangan Internet Saat Ini

Sampai dengan saat ini, internet terus mengalami perkembangan baik di Indonesia maupun di dunia. Perkembanganya mulai dari penggunaan jaringan nirkabel (media akses), jaringan internet pada smartphone (media akses dan OS), dan juga peningkatan kecepatan akses data dalam internet.

1. Media akses jaringan internet

Perkembangan Internet Saat Ini

Dahulu dial up menjadi pilihan terbaik media akses terbaik dan utama yang banyak dipilih para pengguna internet. Meski masih banyak di jual oleh penyedia jasa internet, menjadikan dial up mulai tersisih. Dial up mulai tergantikan dengan media akses lainya yang lebih menjanjikan kualitas dan harga yang lebih kompetitif.

Untuk pengguna internet yang berasal dari korporasi misalnya, media dedicated Leased Line atau wireless lebih banyak dipilih ketimbang dial up. Kebanyakan mereka memilih jenis akses ini karena kantor bisa terhubung dengan tingkat reliability yang lebih tinggi. Bahkan pada gedung perkantoran di Jakarta, fiber optic adalah pilihan pertama sebagai media penghubung ke Internet.

Beda cerita untuk kalangan pribadi, media akses berupa wireless yang disediakan dari para operator selular menjadi pilihan utama agar bisa terhubung ke jaringan internet. Hal ini tentu tak lepas dari sisi kemudahan akses internet menggunakan media akses wireless dari operator.

Di beberapa tempat umum, layanan hotspot wi-fi gratisan maupun berbayar menjadi pilihan utama untuk akses internet. Di area perumahan, koneksi internet yang disediakan oleh penyedia layanan TV kabel juga bisa jdi pilihan utama akses internet.

Beberapa daerah juga mengusung jaringan internet berupa RT/RW net sebagai bagian dari infrastruktur swadaya masyarakat. Kecepatan akses internetnya juga beragam, mulai dari 57 Kbps hingga satuan terbesar Mbps.

2. Konten Dalam Internet Makin Beragam

manfaat internet

Dahulu, konten dalam internet sifatnya sangat terbatas. Informasi yang disampaikan biasanya hanya bersifat satu arah. Beda dengan perkembangan internet sekarang ini, beragamnya konten menjadi salah satu alasan mengapa kita semakin nyaman mengakses internet.

Berbagai Forum, layanan e-mail, dan berbagai macam portal tersedia menghias di dalam internet, termasuk juga Blog. Di Indonesia, blog malah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Eksistensi para blogger Indonesia bahkan termasuk yang diperhitungkan di dunia.

Penyedia konten yang di akses dari dua search engine, Google dan Yahoo masih menempati posisi teratas. Meski demikian, bukan berarti media baru tak bisa berkompetisi. Sebut saja Detik.com, Kompas.com dan lainya menjadi media yang sering dikunjungi dari Indonesia.

3. Social Networking Makin Diminati

Social Networking Makin Diminati

Beberapa penyedia layanan chatting menjadi begitu populer di dunia dan Indonesia. Yahoo Messenger mungkin masih menjadi media chating yang paling diminati di dunia. Tapi Facebook Messenger menjadi salah satu media social networking yang diminati masyarakat terkhusus di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, jumlah pengguna aktifnya mencapai 2 milyar dalam sebulan.

Hampir semua kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, kalangan professional hingga ibu rumah tangga dan artis serta kalangan politik banyak menggunakan facebook messenger sebagai salah satu media untuk sosial networking mereka.

Beberapa media lain seperti Instagram, WhatsApp, Telegram dan lainya juga terus mengalami perkembangan. Meski beberapa juga ada yang ditinggalkan penggunanya. Di dalam negeri social networking juga berkembang, sebut saja Kaskus, Fupei, Koprol adalah beberapa contoh sosial networking buatan anak negeri.

4. Terminal OS Makin Diminati

Terminal OS Makin Diminati

Setelah era komputer, akses jaringan internet melalui laptop pernah begitu menyenangkan. Tetapi seiring dengan perkembangan, laptop juga semakin ditinggalkan. Terutama bila sudah berada di luar rumah.

Beberapa waktu yang lalu laptop pernah dibawa ke kafe-kafe untuk mengakses jaringan internet. Tetapi karena ukuranya yang terlalu besar dan berat di bawa, laptop ditinggalkan. Meski ada netbook dengan harga yang lebih terjangkau dan ukuran yang lebih kecil, pesona smartphone ternyata lebih menggiurkan.

produk pertama datang dari Nokia, sebelum akhirnya disingkirkan oleh BlackBerry, Android, Iphone, Windows Mobile Devices merupakan pilihan yang bisa digunakan untuk terkoneksi ke Internet kapanpun dimanapun. Meski demikian, smartphone sifatnya hanya pelengkap yang menggantikan desktop dan laptop ketika laptop dan dekstop tak bisa dibawa secara efisien.

Bagaimana dengan Perkembangan Internet Di Indonesia? Saat ini Internet di Indonesia juga semakin berkembang pesat. Terutama internet yang bisa diakses melalui berbagai OS di smartphone. Hampir bisa dipastikan semua kalangan masyarakat memiliki smartphone, tetapi tidak dengan laptop dan komputer. Laptop dan dekstop hanya dianggap sebagai pelengkap untuk pekerjaan dan sekolah saja.

Perkembangan yang bisa jadi fenomena besar di Indonesia saat ini adalah menjamurnya e-commerce yang sepenuhnya memanfaatkan jaringan internet. E-commerce di Indonesia bahkan hapir menyebabkan seluruh toko offline gulung tikar jika tak ikut berinovasi dalam internet.

Hampir semua usaha dan bisnis dibuatkan blog dan website sebagai pelengkap dan tempat menunjukkan identitas pada klientnya. Kompetisi dunia usaha tak lagi ada di dunia nyata, tetapi di dunia internet. Pemerintah juga semakin sadar betul dengan internet. Kesadaranya ditujukkan dengan banyaknya sosial networking sebagai upaya berhubungan dengan publik.

Kedepan, mungkin internet akan menggubah segalanya. Segala hal harus bisa terhubung dengan internet bila ingin tetap bertahan di dunia ini, Internet of things.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN AKSES INTERNET

Sudah kita bicarakan pengertian internet, bagaimana perkembanganya dari masa ke masa, kini tiba saatnya kita bicara soal apa saja yang mempengarui atau jadi faktor cepat tidaknya akses internet.

Biasanya katika kamu membeli modem, pertanyaan pertama yang kerap kamu tanyakan ke penjualnya adalah berapa kecepatan akses modem tersebut. Padahal, kecepatan akses jaringan internet ari modem hanyalah satu faktor saja yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Selain itu, masih ada faktor lain yang tak kalah penting.

1. Bandwidth

Bandwidth
Hal pertama yang menentukan cepat tidaknya akses internet kamu terletak pada Bandwidth (lebar pita). Bandwidth adalah besaran untuk memperlihatkan seberapa banyak data yang dapat ditangkap koneksi melalui sebuah network dalam waktu tertentu. Bisa juga didefinisikan sebagai lebar saluran data (pita) yang dapat dilewati oleh data-data yang di transfer dalam jaringan internet.

Yang perlu anda pahami, banyak pelaku besarnya ukuran bandwidth biasanya tidak bisa anda gunakan secara maksimal. Misalnya saja, anda menggunakan telkom speedy dengan kecepatan akses bandwidth 328 Kbps. Kemudian kamu gunakan untuk download file sebesar 64Kb, seharusnya anda bisa download file hanya dalam waktu sekedip mata atau satu detik.

Tetapi nyatanya tidak demikian, anda masih membutuhkan waktu download selama 4 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya adan miliki bukanya 328 Kbps, melainkan hanya 64 kb/4 detik = 16 kbps.

2. Server Proxy

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN AKSES INTERNET

Proxy server atau komputer server atau program komputer yang bertugas menyimpan sementara (cache) file html server lain, ia bertugas melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy server juga bertugas menyimpan alamat-alamat pelanggan. Keberadaan server proxy membuat pelanggan dapat mengakses konten internet jadi lebih cepat.

Mengapa bisa begitu? Sebab dengan menyimpan halaman web yang sering dikunjungi, pelanggan tak perlu lagi loading ke server website, tetapi cukup ke server proxy ISP. Dengan begitu, server proxy akan menghemat bandwidth karena pelanggan tak perlu terkoneksi langsung ke website yang sering tuju.

3. Backbone

Hal berikutnya yang mempengaruhi kecepatan akses internet terletak pada Backbone atau saluran yang menghubungkan jaringan ISP dengan internet. Biasanya para penyedia jasa ISP menyewa backbone dari perusahan lain dan menggunakannya bersama dnegan ISP lain. Hal ini karena untuk membuat Backbone membutuhkan dana yang besar.

4. Jenis Koneksi Internet yang Digunakan

Jenis Koneksi Internet yang Digunakan
Faktor berikutnya adalah jenis koneksi yang anda gunakan. Apakah dalam mengakses internet, anda menggunakan jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, atau 4G LTE, dan bahkan menggunakan jaringan Wi-Fi. Biasanya jenis koneksi internet yang memiliki kecepatan cukup baik dan stabil adalah 4G. Lebih baik lagi Wi-Fi, karena umumnya memiliki akses yang lebih cepat dan juga juga stabil. Jadi buat anda yang ingin akses internet lebih baik, sangat direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi.

5. Platform yang Digunakan

Berikutnya terletak pada platform yang anda gunakan untuk akses jaringan internet. Dalam sebuah perangkat, entah itu smartphone, laptop atau komputer, pasti terdapat processor, RAM, harddisk dan lainya yang berperan penting dalam menentukan kinerja perangkat.

Makin bagus komponen perangkat, makin cepat pula akses internetnya. Sederhanya, pasti ada perbedaan bila anda akses internet melalui laptop dan melalui smartphone.

6. Banyaknya Pengguna pada Saat Bersamaan

Banyaknya Pengguna pada Saat Bersamaan
Sederhananya begini, bayangkan saja untuk bisa masuk ke sebuah perangkat, internet membutuhkan sebuah jalan masuk. Bagaimana bila jalan tersebut ada banyak pengguna yang menggunakan? Sudah pasti jalan menjadi lambat. Begitulah kira-kira internet. Makin banyak pengguna yang menggunakan, makin lambat pula aksesnya.

Bahkan jika dalam satu perangkat kamu membuka banyak situs saja, kecepatan internet dalam perangkat kamu makin lambat. Itulah mengapa ada jam-jam sibuk dimana internet memiliki kecepatan yang lambat dan ada waktu dimana internet memiliki akses kecepatan yang baik.

7. Lokasi

Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet berikutnya terletak pada lokasi dan posisi. Hal ini terkait dengan jaringan signal yang dipasang oleh pihak penyedia layanan internet. Makin banyak titik-tik signal internet, makin cepat pula akses internet.

Sebaliknya, semakin sedikik titik – titik akses internet, biasanya di lingkungan pedesaan dan terpencil, makin susah pula akses jaringan intenetnya. Itulah mengapa pada setiap lokasi memiliki akses internet yang berbeda.

Fasilitas Dan Layanan Yang Terdapat Pada Internet

Jika sudah bicara soal fasilitas dan layanan yang ada di internet, kita-kira apa yang anda pikirkan? Mungkin anda akan memikirkan media sosial, website, blog dan sebagainya. Memang itu adalah beberapa fasilitas dan layann yang terdapat pada internet. Tetapi selain itu, masih ada banyak lagi. Saya hanya akan mengulas beberapa diantaranya saja. Tidak semuanya.

1. Word Wide Web (www):

Word Wide Web (www)
Layanan dan fasilitas yang hampir pasti kamu gunakan setiap kali kamu akses internet. Tetapi belum tentu kamu menyadari bahwa kamu menggunakan layanan ini. WWW merupakan fasilitas dalam internet yang berisi database terdistribusi. Layanan internet ini paling banyak digunakan dan paling cepat perkembangan teknologinya, tetapi terkadang tidak disadari keberadaanya. Terutama untuk mereka yang tidak terlalu memperhatikan internet.

Www menggunakan sejumlah link hypertext (hyperlink) yang berguna untuk merujuk dan mengambil halaman web tertentu dari server. Halaman web bisa saja berisi suara, animasi, text, gambar, dan program perangkat lunak lainya.

2. E-mail

Email atau Electronic Mail adalah layanan dan fasilitas dalam internet yang sangat mempengaruhi perkembangan internet. Ia bertugas mengirim dan menerima pesan dari komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Dengan layanan email, kita bisa mengirim segala jenis file. Penyedia layanan emal juga ada beragam, ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang email, Silakan kamu baca: Pengertian Email, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Cara Kerja Email

3. Mailing list


Internet juga punya Mailing list, yaitu sebuah forum diskusi yang menghubungkan antar pengguna e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke email masing-masing untuk kemudian saling memberikan respon. Salah satu meiling list yang populer adalah Yahoo Groups.

Tiap pengguna email dapat berdiskusi apa daja melalui layanan ini, dimana materi diskusi anda nanti akan dibacaoleh pengguna email lainya yang masuk dalam satu grup dengan anda. Anggota grup bisa membaca email yang anda kirim sebagai materi dan balasan diskusi sekaligus anggota grup juga bisa memberikan tanggapa atas materi diskusi.

4. FTP (File Transfer Protokol)

Layanan internet berikutnya adalah FTP (File Transfer Protocol) yaitu layanan yang memungkinkan pengguna internet menghubungkan komputer ke komputer server FTP. Pengguna komputer dapat mengambil data dari komputer server dengan cara mendownload file-file yang disediakan komputer FTP server.

Untuk dapat mengambil data dari komputer FTP server, komputer pengguna (komputer client) harus mengetahui alamatnya. Alamat FTP di awali dengan FTP sama seperti alamat web yang diawali dengan HTTP. Nah untuk dapat mendownload file, komputer FTP server harus terdapat program aplikasi FTP server, sedang komputer client harus menggunakan program aplikasi FTP client.

5. E-Commerce

E-Commerce
Salah satu layanan dan fasilitas di Internet yang mengalami perkembangan belakangan ini. Padahal cikal bakal lahirnya e commerce telah ada sejak tahun 90-an. E-Commerce adalah layanan internet yang bisa digunakan untuk kegiatan dan kepentingan ekonomi.

Melalui e commerce yang lebih akrab disebut toko online siapa saja bisa berjualan dan membeli apapun yang dengan melalui smartphone saja. Dengan adanya e commerce, kita tidak perlu lagi pergi ke toko hanya untuk berbelanja, kita tinggal membuka situs e commerce untuk membeli barang secara online.

Baca Juga: 15+ Aplikasi Jual Beli Online Paling Populer dan Terpercaya di Indonesia

6. E-Banking, E-Learning, dan E-Goverment dan seterusnya

Fasilitas dan layanan internet, hampir menyentuh seluruh layanan kehidupan. perkembanganya ditandai dengan lahirnya beberapa program dengan simbol E (Elektronik). Misalnya saja ada E-Banking, E-Learning, E-Govermment dan seterusnya.

E-Banking menjadi layanan dan fasilitas internet yang terus mengalami perkembangan dengan baik. Melalui fasilitas dan layanan internet ini, kita bisa melakukan proses transfer uang hanya dengan memanfaatkan jaringan internet. Transfer bisa dilakukan secepat kilat tanpa harus ke luar rumah. Di Indonesia hampir semua bank memiliki fasilitas dan layanan ini. Bahkan proses transfernya sudah bisa dilakukan melalui ponsel.

Jika E-Banking dimanfaatkan untuk layanan bank, maka E-Learning digunakan untuk proses pendidikan, dan E-Goverment digunakan untuk layanan pemerintakan.

7. VOIP (Voice Over Internet Protocol)

fasilitas telepon gratis
VOIP adalah layanan yang perkembanganya semakin pesat akhir-akhir ini. terutama untuk ponsel smartphone, VOIP menjadi fasilitas internet paling diunggulkan. Dengan VOIP, kita bisa berbicara dengan pengguna lain melalui telepon secara gratis.

VOIP hanya membutuhkan koneksi internet, sehingga tak lagi dibutuhkan pulsa untuk melakukan aktivitas telpon. Bahkan seiring perkembangannya, selain dalam bentuk suara, kita juga bisa telfon dalam bentuk video.

8. Search engine (mesin pencari)

Layanan dan fasilitas yang hampir pasti digunakan semua pengguna internet setiap hari. Search engine atau mesin pencari adalah layanan internet yang memungkinkan pengguna mencari situs, foto, aryikelm gambar dan lainya dnegan cepat. Beberapa search engine yang populer adalah Google, Yahoo, FAST search, Altavista, Excite, dan sebagainya.

Selain beberapa fasilitas dan layanan di atas, masih ada banyak sekali layanan yang diberikan oleh internet. Sebut saja blog, media sosial dan seterunya.

Istilah-istilah Internet dan Fungsinya

 

Istilah-istilah Internet dan Fungsinya
Dalam internet ada beberapa istilah yang sangat umum dan biasa kita sebut setiap kali menggunakan internet. Tetapi apakah kita benar-benar memahami istilah tersebut? Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia, beberapa istilah dalam internet menghasilkan arti yang tidak relevan.

Misalnya saja cookie yang berarti roti. Di Internet, cookie bukanlah roti. Karena hampir semua kata dalam internet adalah kata serapan, maka ada baiknya kita memahami tiap istilahnya. Berikut beberapa istilah populer dalam internet, yang sebaiknya anda ketahui:

  • Archie, yaitu alat yang yang digunakan oleh FTP untuk pengindeks-an arsip, dengan archive anda bisa melakukan pencarian yang spesifik. Penggunaan alat ini pertama kali dilakukan oleh oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990.
  • BITNET, yaitu jaringan yang berfungsi untuk point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Sederhananya, ia akan mengolah pesan email dari masuk hingga di kirim ke komputer tujuan.
  • Browser, yaitu program aplikasi yang biasa kita gunakan untuk mengakses, menampilkan dan menjelajahi berbagai hal yang ada di internet, khususnya informasi.
  • Cache, yaitu cara yang digunakan oleh jaringan untuk mempercepat transfer data dengan jalan menyimpan data yang telah diakses sebelumnya oleh pengguna. Karena pernah di akses, maka proses pengambilan data yang sama akan lebih cepat
  • Client, yaitu komputer yang memiliki tugas untuk menerima data dan informasi yang diolah oleh Server user. Client biasanya digunakan oleh user.
  • Download, adalah proses pengambilan data dari internet (komputer server) melalui alamat tertentu untuk kemudian disimpan ke komputer
  • Domain Name, identitas atau nama yang menjadi sebuah alamat web di internet.
  • FAQ atau Frequently Asked Question adalah bentuk informasi yang menyajikan pertanyaan beserta jawabanya. FAQ ditujukkan untuk mempermudah pengguna menguasai permasalahan yang dihadapi di internet.
  • Freeware yaitu program di internet yang dibagikan secara gratis, dimana setiap orang diperbolehkan untuk mengambil program tersebut.
  • Gateway yaitu perangkat baik berupa komputer, router atau program lainya yang bisa bertindak sebagai sistem perantara ke jaringan lainnya.
  • Hacker yaitu orang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan internet, dan keahlian tersebut digunakan untuk menembus, merusak, atau menyalahgunakan suatu jaringan komputer (termasuk internet).
  • Host yaitu komputer yang biasanya menggunakan sistem operasi multi user dimana pemakainya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan host lain yang berada dalam satu jaringan.
  • Homepage adalah halaman utama atau halaman depan yang ditampilkan sebuah website.
  • HTML atau Hyper Text Markup Language adalah bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan.
  • ISP (Internet Service Provider) adalah penyedia jasa layanan koneksi internet.
  • Plugin adalah program khusus yang biasanya ditambahkan pada webbrowser untuk membantu webbrowser menampilkan animasi, 3D object, program interaksi, tertentu dengan baik.
  • POP atau Post Office Protocol yaitu protokol yang berguna untuk mengambil e-mail yang tersimpan pada server di internet atau ISP.
  • Protokol adalah sejumlah aturan yang mengatur layanan tertentu.
  • Script adalah kumpulan perintah yang disusun menggunakan bahasa komputer tertentu misalnya saja bahasa Java, CGI/Perl, VisualBasic, dan seterusnya. Tujuanya untuk melakukan program interaktif dalam sebuah webpage.
  • Server adalah komputer yang memiliki tugas melayani pembagian dan pengolahan informasi yang dibutuhkan oleh Client. Server dikendalikan oleh admin.
  • Shareware adalah program komputer yang terdapat di internet dan dapat di download secara gratis. Kita bisa menggunakan program ini dalam jangka waktu terntentu secara gratis dan untuk berikutnya harus membayar.
  • Spam atau sampah, yaitu sebuah pesan masuk ke email yang tidak diinginkan pemilik email, entah itu berupa iklan, pesan berantai dan sebagainya.
  • Upload adalah proses pengunggahan data dari komputer atau platform yang digunakan user ke internet.
  • User adalah pengguna komputer (termasuk juga internet).
  • Virus adalah program yang berbahaya bila masuk ke komputer, ia dapat merusak program lain di dalam komputer. Virus jenisnya ada beragam.
  • Voice-mail adalah pesan yang dikirim dalam bentuk suara.
  • Web browser adalah program aplikasi dalam komputer yang memiliki fungsi untuk berselancar di dunia internet.
  • Webmaster seseorang yang bertanggungjawab memelihara dan membuat situs tertentu.

Nah itulah beberapa istilah dan kata yang sangat umum kita temui dalam dunia internet, semoga bisa kamu pahami.

Fungsi/Manfaat Menggunakan Internet

fungsi internet

internet yang terus mengalami perkembangan dan mengambil banyak sisi kehidupan kita, tentu membawa manfaat yang beragam. Antar pengguna internet tentu akan merasakan manfaat yang berbeda setelah adanya internet.

Tetapi bagi saya yang lahir ketika internet hanya bisa diakses oleh sebagian orang hingga saya sendiri menjadi bagian yang terlibat dalam dunia internet, merasakan beberap amanfaat. Berikut beberapa manfaat menggunakan internet yang umum dirasakan hampur semua pengguna.

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Perbanyak wawasan dengan internet
Karena internet, kita bisa mendapatkan banyak sekali wawasan dengan satu sumber. Dengan hanya memiliki perangkat yang bisa mengakses internet, kita bisa tahu apa yang terjadi di negara ini dan apa yang terjadi di dunia. Segala bentuk tutorial tersedia, baik dalam bentuk teks maupun video.

Kita bisa belajar apa saja dari Youtube. kita bisa mengetahui segalanya dari website. Internet menjadi sumber bacaan paling lengkap di dunia. Asal bisa terhubung ke internet, kita bisa lakukan apa saja.

2. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat

Dahulu boleh jadi komunikasi hanya dilakukan dengan cara bertemu di tempat dan ruang yang sama. Lalu berkembang jaringan telepon yang memungkinkan kita saling berbicara melaluinya. Tapi sejak ada internet, kita bisa berbicara tidak hanya suaranya saja. Melainkan juga videonya.

Boleh jadi, kita ada di tempat dan ruang yang berbeda. Tapi kita bisa saling berbicara dan melihat apa yang sedang kita lakukan. Biaya yang digunakan untuk komunikasi melalui jaringan internet juga sangat murah. Dari internet, kita semakin mudah berkomunikasi, termasuk pada orang-orang yang baru kita kenal.

3. Mudahnya Belanja dan Jual Barang di Internet

Mudahnya Belanja dan Jual Barang di Internet
Layanan sekaligus manfaat yang terus mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Berkat internet, kita bisa berbelanja sekaligus menjual barang dengan sangat mudah. Pertemuan antara penjual dan pembeli bisa dilakukan melalui jaringan internet. Tak perlu lagi datang ke toko untuk membeli dan menjual barang. Cukup buka perangkat yang terhubung ke Internet, semua bisa dilakukan.

Terlebih, membeli barang di internet selain mudah, juga dengan harga yang biasanya jauh lebih murah jika dibandingka melalui toko offline. Masuk akallah, sebab dengan internet, kita tak perlu membuka toko untuk jual barang. Juga, ketika menjual barang di internet, harga yang kita dapat juga lebih kompetitif. Karena kita langsung bertemu dengan orang yang benar-benar membutuhkan.

4. Internet sebagai Wahana Hiburan

Internet juga bisa berfungsi sebagai wahana hiburan. Bosan dengan pekerjaan, kita bisa buka Youtube lalu melihat berbagai film dan video lucu lainya. kita jugabisa mendengarkan musik melalui internet. Beberapa layanan hiburan dari internet banyak tersedia, entah itu yang berbeyar atau yang gratisan.

Tak hanya sampai disitu, kita juga bisa main game online android terbaik di intenet. Ada banyak game online yang bisa kita mainkan. Baik yang game online gratis mapun yang berbayar. Di Play store, anda bisa dapatkan semuanya. Semua ada berkat internet.

5. Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah

Manfaat Menggunakan Internet
Kalau hanya untuk megirim foto, file atau video, perlukah bertemu langsung? Jelas tidak. Cukup gunakan fasilitas yang ada pada internet. Misalnya kirim File Lewat Yahoo Mail, atau bisa juga kirim file melalui email gmail da lainya. yang pasti, berkat internet, semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Kita bahkan bisa berbagai apapun kepada siapapun yang bahkan tidak kita kenal. Misalnya berbagai resep, berbagai tutorial, dan lainya. Kita bisa bagikan melalui media sosial atau blog. Membuat akun facebook bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja.

Kita juga bisa membuat akun Youtube untuk berbagai berbagai jenis video ke publik. Kalau suka nulis, kita juga bisa bagian berbagai hal melalui blog pribadi. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat blog gratis dna berbayar. Semua tinggal pilih saja.

6. Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan

Masih soal peranan internet dalam menyebarkan infromasi. Melalui internet, kita bisa mendapatkan banyak informasi, termasuk juga informasi pekerjaan. Kita bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan dari internet. Melalui berbagai situs penyedia informasi lowongan pekerjaan, kita jadi lebih mudah menemukan perusahaan yang membutuhkan jasa kita.

Bagi perusahaan, keberadaan internet untuk rekrutment karyawan juga memiliki posisi yang sangat penting. Sebab dengan adanya internet, perusahaan bisa mendapatkan karyawan dari berbagai wilayah yang benar-benar memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

7. Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis
Dalam berbagai dunia bisnis, saat ini internet memiliki peranan yang sangat penting. Mulai dari tahap periklanan, sampai dengan tahap promosi. Banyak usaha baru yang lahir an berkembang pesat berkat internet. Bisnis-bisnis semakin maju dan mendapatkan keuntungan besar juga berkat adanya internet.

Para penggunajasa bisa mendapatkan penyedia jasa yang terbaik dengan harga yang lebih kompetitif juga berkat internet. Karena internet, dunia usaha semakin maju dan berkembang pesat.

8. Hadirnya Banyak Profesi Baru

Ada hal menarik yang perlu dicermati sejak internet semakin menguasai banyak lini kehidupan. Salah satunya adalah munculnya berbagai profesi baru yang sebelumnya tidak pernah kita kenal. Sebut saja developer, web builder, vlogger, blogger, ghost writer, Youtuber dan seterusnya adalah profesi-profesi yang lahir sejak adanya internet.

Dahulu profesi semacam itu tak pernah ada. Tapi sekarang profesi itu banyak digeluti oleh anak muda yang kreatif. Walaupun memang, hadirnya profesi baru yang semakin beragam juga menghilangkan beberapa profesi lainya.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Selain memiliki fungsi dan manfaat internet yang begitu beragam, internet juga memiliki dampak positif dan negatif. Memang hadirnya apapun di dunia ini selalu memiliki dua dampak, positif-negatif. Sebuah dampak yang tidak pernah bisa dipisahkan, bahkan saling melengkapi.

Dampak Positif Dari Internet

Nah untuk dampak positif internet tentu ada bayak sekali, sebagaimana manfaat dan fungsi internet di atas. Kali ini saya akan sebutkan beberapa dampak positif internet.

1. Memangkas Jarak dan Waktu

Dampak positif hadirnya internet adalah memangkas jarak dan waktu. Maksudnya bukan jarak dan waktu untuk kita saling bertemu ya, melainkan jarak da waktu untuk kita melakukan segala aktivitas. Melalui internet, kita bisa melakukan banyak hal menjadi lebih cepat, efisien dan menghemat waktu. Dalam sehari, kita bisa melakukan lebih banyak hal ketimbang sebelum adanya  internet.

Misalnya saja, kita tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuka kampus, mencari sebuah lokasi, mencari infromasi, mencari alamat, dan seterusnya. Hanya dengan mengakses internet, segala pertanyaan semacam ini bisa langsung terjawab.

2. Mempermudah Berhubungan

Dampak positif internet berikutnya adalah memudahkan kita untuk saling berhubungan, terutama menjalin komunikasi. Dengan begini hubungan pertemanan bisa dilakukan meski tak lagi di tempat yang sama. kita jadi tidak kehilangan kontak dengan teman kita yang jauh.

Kita masih bisa bertanya kabarnya dan bagaimana keadaanya yang lagi jauh di sana. Kita bahkan bisa mengetahui aktivitasnya. Dengan internet, jumlah teman jadi semakin banyak dan tidak terbatas pada tempat tertentu saja.

3. Mempermudah Segala Urusan

Ada banyak hal yang semakin mudah berkat internet. Butuh mengobrol dengan teman, cukup buka jaringan internet. Ingin menyampaikan kabar, cukup buka internet. Ingin layanan ojek dan taksi, cukup buka internet, pada penyedia layanan ojek dan taksi akan datang ke rumah. Butuh beli tiket hotel dan pesawat, bisa dilakukan melalui internet.

4. Menambah Lapangan Kerja Baru

Dampak positif berikutnya sejak hadirnya internet adalah keberagaman dalam jenis pekerjaan semakin meningkat. Ada banyak jenis usaha dalam bidang internet yang bisa ditekuni, misalnya saja jadi blogger, vlogger, youtuber dan seterusnya.

Bisa juga jadi desainer website, admin media sosial, online shop, dan masih banyak lagi. Setiap orang yang punya keahlian, bisa mempromosikan dirinya lewat internet. Dan para pencari tenaga ahli juga bertebaran di Internet.

5. Individu yang Lebih Berkembang

Banyaknya informasi yang ada di internet juga berdampak baik pada tiap individu asalkan bisa mengolah dan memanfaatkanya dengan baik. Tiap individu jadi punya kesempatan untuk mengembangkan dirinya jadi lebih baik dan terus berkembang.

Jika kita ingin belajar sesuatu, kita bisa pelajari dari internet. Sengan begini, tiap individu jadi semakin berkembang dan terus maju berkat adanya internet. Hal-hal yang tak bisa kita pelajari dari dunia nyata, bisa kita pelajari dari internet. Dari internet, kita juga bisa menjadi ahli.

Dampak Negatif Dari Internet

Setiap dampak positif pasti dilengkapi dengan dampak negatif. Keduanya bagai dua sisi yang tak mungkin bisa dipisahkan. Lalu apa dampak negatif hadirnya internet?

1. Mudah Informasi Palsu Tersebar

Bagi mereka yang tidak bertanggungjawab, keberadaan internet menjadi sarana yang paling tepat untuk menyebarkan berita palsu dan fitnah atau yang lebih dikenal dengan istilah HOAX. Tujuanya bisa beragam, bisa untuk mengancam seseorang, menakuti seseorang, menghancurkan bisnis orang lain, menjelekkan orang dan lain sebagainya.

Meski sebetulnya cukup mudah untuk mengantisipasi apakah berita itu palsu atau tidak, tetapi kebanyakan orang lebih suka mempercayai berita yang terlihat menarik dan langsung menyebarkanya melalui internet. Akibatnya, berita palsu sangat mudah tersebuar kemana saja dan kepada siapa saja.

2. Barang Terlarang Jadi Mudah Beredar

Hadirnya jual beli online yang memanfaatkan media internet juga berdampak pada penyebaran barang-barang terlarang jadi mudah di dapat dan dikonsumsi. Lewat internet, siapa saja bisa menjual barang-barang yang sebenarnya melanggar hukum. barang-barang terlarang tersebut misalnya narkoba, senjata ilegal, barang tanpa ijin eksport, senjata ilegal dan seterusnya.

3. Mengecilnya Ruang Privasi

Dampak negatif internet berikutnya adalah mengecilnya ruang privasi. Orang jadi semakin mudah mencari tahu dan masuk ke urusan orang lain yang sebenarnya bukan urusanya. Orang juga jadi lebih mudah menghakimi seseorang.

Semakin lama, semakin mengecil ruang privasi seseorang karena internet. Memang beberapa orang menganggap privasi tak terlalu penting, tapi sebagian lagi menganggap privasi adalah urusan pribadi yang tak boleh dicampuri.

4. Risiko Pertengkaran Semakin Meningkat

Resiko pertengkaran sejak hadirnya internet jadi semakin meningkat. Terutama pada beberapa waktu tertentu dan anehnya melibatkan seseorang yang bahkan tidak pernah bertemu sebelumnya. Sebut saja pertengkaran aibat pemilu yang masuk ranah internet, dan lainya. Tiap pendukung calon saling menjatuhkan dan menjelekkan calon lainya.

5. Dampak Negatif Pada Kesehatan Manusia

Internet ternyata juga berdampak pada kesehatan manusia. entah itu kesehatan psikologi, mental dan juga kesehatan organ tubuh. Pada taraf kesehatan psikologi, seseorang bisa saja sangat kecanduan pada internet. Hanya dalam beberapa menit saja tidak mendapat akses ke internet, ia akan merasa sangat gelisah.

Lalu pada kesehatan mental, intenet menyebabkan seseorang jadi lebih pendiam, tak suka berhadapan dengan orang di dunia nyata dan lainya. Hal ini karena ia mengganggap bahwa dunia sebenarnya adalah dunia internet, bukan dunia nyata.

Pada kesehatan organ tubuh, internet sangat rawan menyerang kesehatan mata. Ini memang bukan dampak langsung hadirnya internet. Tetapi internet hanya bisa diakses dengan media yang terhubung ke internet, dan media itu memiliki layar. Layar inilah yang akan menyebabkan terganggungnya kesehatan organ mata.

6. Melemahnya Hak Cipta Akan Suatu Karya

Internet juga menyebabkan banyak karya mudah di bajak. Informasi dan hak cipta tak lagi dihargai sejak hadirnya internet. Banyak pembajakan pada berbagai karya. Sentah itu film, musik, buku, sofware dan lainya. Padahal untuk menghasilkan karya tersebut, butuh usaha keras dan penuh dengan pengorbanan.

Pencegahan Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Internet

Pencegahan Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Internet
Ada dampak positif dan ada dampak negatif internet. Tapi untuk dampak negatif, ada baiknya bila kita lakuka pencegahan. Berikut beberapa cara mencegah dampak negatif internet:

1. Lakukan Verifikasi Pada Informasi Yang Anda Terima

Melalui internet, seseorang bisa menyebarkan segala informasi yang baik dan buruk. Termasuk juga yang tidak benar. Dari sinilah kita sebagai pengguna internet yang baik, ada baiknya bila tak langsung membagikan setiap informasi yang masuk. Lebih baik, lakukan verifikasi kebenaran informasi tersebut. Anda bisa melakukan pencarian di mesin pencari (search engine).

2. Bersosialisasi dengan Cerdas

Anda bisa mendapatkan berbagai karakter teman di internet, begitu juga musuh. Anda bisa mendapatkan muduh bahkan pada mereka yang tidak pernah anda temui sebelumnya. Untuk itu, setiap ada yang kira-kira akan membuka peluang permusuhan, lebih baik hindari. Anda lebih baik menjaga tutur kata ketika menggunakan internet, hal ini sangat penting untuk menghindari permusuhan melalui internet.

3. Berhati-Hati dalam Membeli Sesuatu

Jika anda ingin menggunakan fasilitas internet untuk membeli produk atau menjual produk, pastikan bahwa anda melakukanya dengan hati-hati. Lebih baik membeli pada toko online yang sudah terverikasi baik ketimbang membeli pada toko online baru yang belum terbukti, sekalipun dengan harga yang sedikit lebih mahal.

4. Berhenti Mengakses Internet

Memang bukan berarti berhenti total dalam mengakses internet. Tapi berhentilah mengakses internet dalam waktu-waktu tertentu, misalnya ketika tubuh anda butuh istirahat, ketika berada di jalanan dan lainya, termasuk ketika dengan orang terdekat anda. ingat, tubuh anda butuh istirahat dan orang lain di dunia nyata butuh perhatian anda.

5. Cobalah Menikmati yang Bukan Bajakan

Dampak negatif paling mencolok lainya yang hadir setelah berkembangnya internet semakin pesat adalah pembajakan, hak cipta semakin sedikit di hargai. Padahal untuk membuat sebuah karya itu tak mudah. so, mulai dari sekarang berhentilah menikmati yang bajakan dan cobalah menikmati yang bukan bajakan. Usahakan untuk selalu menghargai karya orang lain.

Kesimpulan

Itu lah segala hal yang berkaitan tentang internet, mulai dari pengertianya ditinjau dari berbagai sumber dan pandangan, perbedaanya dengan intranet, apa saja yang ada di dalam internet dan apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan internet dan lainya.

Semoga dengan begini, anda semakin bijak dalam menggunakan internet. Ingat bahwa segala sesuatu punya dampak baik dan buruk. Silakan anda yang putuskan, mau memilih dampak yang mana yang akan anda gunakan. Salam.

Ada pertanyaan atau komentar?