Pengertian Input dan Output Beserta Contohnya Lengkap

Komputer hanya bisa bekerja bila ada perangkat input (input device) yang berfungsi untuk memasukkan perintah untuk kemudian di proses dan hasil akhirnya akan ditampilkan oleh perangkat output (output device). Tanpa adanya input dan output, komputer hanyalah mesin tak berguna.

Baik input ataupun output merupakan bagian komputer yang masuk dalam sistem mikroprocessor. Keduanya memiliki fungsi yang sama pentingnya. Jika salah satunya tidak ada, maka bisa dipastikan tidak akan bisa bekerja. Masalahnya, tahukan kamu apa itu input dan output dalam sistem komputer? Tulisan ini akan mengulas keduanya lengkap dengan contoh.

Pengertian Input dan Output

Pengertian Input dan Output

Input atau lebih lengkapnya input device merupakan perangkat masukan yang dipasang sesuai port masing-masing yang berfungsi untuk memasukan data dan mentransfer data dari luar ke mikroprocessor yang berupa signal data maintance atau signal input. Biasanya signal input berupa data yang masuk dalam mikroprocessor.

Sederhanya perangkat input adalah perangkat untuk memasukkan perintah atau data yang akan diproses oleh komputer. Sedangkan Output device merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan data yang bisa dilihat, didengar, ataupun dipahami.

Output device bisa menghasilkan suara, gambar, video maupun teks, tergantung dengan jenis perangkat outputnya. Fungsi dari output adalah menerima olahan data dari mikroprocessor CPU komputer berupa tulisan, suara, gambar dan lainya.

Baik input dan output biasanya diberi simbol I/O, yang berarti Input/Output.

Contoh Perangkat Input dan Output Komputer

Untuk memahami apa itu input device dan apa itu output device, lebih mudah kalau kita lihat perangkat-perangkat yang masuk dalam jenisnya masing-masing. Berikut beberapa contoh input ataupun output device.

A) Perangkat Input

Perangkat input ini ada banyak jenisnya, tetapi yang paling umum kita temui saat menggunakan komputer misalnya:

1. Keyboard

Contoh Perangkat Input

Keyboard merupakan bagian dari input device, yang berfungsi memasukan perintah berupa karakter atau kombinasinya. Keyboard adalah papan ketik yang terdiri dari jajaran tombol huruf A-Z dan tombol angka dari 0-9, serta tombol perintah seperti F1 sampai F 9, Ctrl, Shift, dan masih banyak lagi. Jenis keyboard ini ada beragam sesuai dengan perkembanganya. Tetapi yang paling umum adalah keyboard QWERTY.

2. Mouse

mouse

Mouse juga bagian dari input device. Mouse berguna untuk menggerakan kursor atau pointer pada layar monitor  yang kamu miliki.

3. Joystick

joystick

Joystick juga bagian dari input device, meskipun joystick digunakan hanya untuk bermain game dan tidak bisa digunakan untuk hal yang lainnya.

4. Scanner

scanner

Perangkat device ini sama seperti mesin foto copy yang berfungsi untuk mengcopy teks, gambar dalam bentuk digital. Scanner memiliki beberapa macam yaitu Flatbed Scaanner, PSC Scanner, Handy Scanner

5. Light Pen

light pen

Light pen merupakan perangkat device yang berguna untuk menggambar grafis atau teknis di komputer.  Komputer akan membaca light pen dengan sensor yang dimiliki. Biasanya seorang teknisi yang mempunyai light pen.

Selain lima input device di atas, masih ada jenis yang lainya. untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca di: Pengertian Input Device, Fungsi dan Contohnya Lengkap

B) Output Device

Data atau perintah yang telah diproses oleh komputer akan ditampilkan oleh output device. Berikut beberapa contoh output device:

1. Printer

contoh perangkat output komputer

Printer merupakan bagian dari output device yang berguna untuk mencetak hasil dari proses atau perintah dalam bentuk kertas. Kamu pasti sudah mengenal prnter, dan hingga saat ini printer berkembang mengikuti zaman. Contoh printer yang saat ini digunakan adalah : Printer Ink jet, Printer Laser Jet, dan Printer Dot Matrik.

2. Monitor

monitor

Komputer tak akan pernah bisa dipisahkan dengan yaang namanya “monitor”. Monitor merupakan bagian dari output device yang berguna untuk menampilkan beberapa macam data yang ingin diketahui oleh para pengguna komputer. Data yang ditampilkan pada monitor merupakan olahan data yang berada di perangkat penyimpanan, kemudian di proses oleh processor.

Rancangan monitor dulu cuma dapat memperlihatkan data DOS sebab sistem operasi yang ada baru kenal DOS. Akan tetapi saat ini telah ada rancangan GUI di mana pemakai lebih di mudahkan dalam menjalankan komputernya, sebab manfaat serta pemrosesan data di perlihatkan dengan gambar.

3. Speaker

speaker

Speaker termasuk output device yang berfungsi mengeluarkan data berupa suara yang telah diolah oleh processor dengan format tertentu. Biasanya speaker selalu digunakan di warnet, dn tempat tempat yang menyewakan komputer untuk bermain game. Di era modern seperti sekarang ini, speaker sudah mempunyai spek yang berbeda-beda  dan lebih cangih. Mulai merk terkenal hingga merk lokal menawarkan berbagai macam speaker.

4. Projector

projector

Projector merupakan bagian dari perangkat luar yang berfungsi untuk menampilkan data atau gambar kepada audience. Projector biasanya ada di ruang meeting, ruang rapat, ruang kelas yang ada di sekolah maupun di perusahaan perusahaan besar. Di era modern seerti sekarang ini projecctor semakin canggih dan sangat di butuhkan untuk presentasi.

5. Ploater

ploater

Ploater merupakan output device pada komputer dengan cara kerja yang sama seperti printer. Bedanya, ploater itu digunakan untuk mencetak kertas yang punya ukuran sangat besar seperti kertas A1, A2 dan juga A3. sehingga umumnya plotter ini digunakan untuk mencetak peta atau poster dan banner. Kamu juga bisa membuat MMT dengan plloater ini.

6. Headset/Headphone

headset

Headset juga termasuk output untuk mendengarkan data berupa suara atau visual dari komputer bagi para pengguna komputer. Biasanya headset digunakan di Internet agar saat kita memainkan musik atau menonton film tidak menganggu pengguna lain.

Selain beberapa perangkat output di atas, masih ada beberapa jenis lainya. untuk lebih lengkapnya silakan kamu baca tulisan berjudul: Pengertian Output Device Beserta Fungsi dan Contoh Output Device lengkap

Saya rasa cukup sampai disini ulasan kita kali ini yang membahas soal pengertian input dan output beserta contohnya lengkap. jika masih ada yang belum dipahami, silakan tulis dalam kolom komentar.

Ada pertanyaan atau komentar?