Pengertian Informasi Dan Contohnya Lengkap

Dalam era modern yang dipenuhi dengan kemajuan teknologi dan pertukaran informasi yang semakin pesat, peran informasi dalam kehidupan manusia menjadi semakin penting.

Informasi, dalam berbagai bentuknya, telah menjadi pondasi bagi pengambilan keputusan, pembelajaran, komunikasi, dan banyak aspek lainnya dalam masyarakat.

Informasi merupakan aset berharga, tetapi tidak semua informasi memiliki nilai yang baik. Sebagai penerima informasi, tugas kita adalah mampu memilah dan membedakan antara informasi yang bermanfaat dan yang tidak memiliki arti.

Etimologi

Kata “informasi” berasal dari bahasa Latin “informatio,” yang merupakan bentuk verbal dari kata kerja “informare”1. Kata ini terdiri dari dua elemen: “in” yang berarti “masuk” atau “ke dalam,” dan “formare” yang berarti “membentuk” atau “mengubah bentuk.”

Dengan demikian, secara etimologis, “informasi” berarti “proses memasukkan atau mengubah bentuk” dari suatu data atau pengetahuan menjadi sesuatu yang bermakna dan dapat dimengerti.

Pengertian Informasi

Sajian Informasi Konvensional dalam Bentuk Koran Cetak

Definisi Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diolah dan disusun sehingga memiliki makna atau relevansi bagi penerima informasi.

Informasi dapat berupa teks, gambar, suara, atau data dalam berbagai bentuk yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan atau pengetahuan.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai arti kata “informasi,” kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Menurut Prabowo, dalam jurnal Ekonomi dan Bisnis, mengemukakan bahwa informasi adalah hasil pengolahan data dari satu atau lebih sumber, yang selanjutnya diolah, sehingga memberikan nilai, arti, dan manfaat.

2. Menurut Mulyani, dalam jurnal Metode Analisis dan Perancangan Sistem, mengemukakan bahwa informasi adalah data yang telah mengalami proses pengolahan dan ditujukan kepada pihak-pihak, baik individu, organisasi, atau siapa pun yang memerlukannya.

3. Menurut Anggraeni dan Irviani, dalam pengantar sistem informasi, dijelaskan bahwa informasi merupakan sejumlah data atau fakta yang dikelola atau diproses sedemikian rupa sehingga memiliki arti bagi penerimanya.2

4. Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

5. Menurut Abdul Kadir yang didapat dari McFadden dkk, menyebutkan bahwa informasi itu merupakan data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga bisa untuk meningkatkan pengetahuan seseorang

Fungsi Informasi 

Google Gudangnya Informasi

Informasi memainkan peran kunci dalam kehidupan manusia, terutama di era informasi saat ini. Terdapat tujuh fungsi utama dari informasi, berikut selengkapnya:

1. Sumber Berita: Informasi berperan sebagai sumber berita yang disampaikan melalui berbagai media pemberitaan, termasuk televisi, radio, situs web, dan portal berita daring.

2. Sumber Pengetahuan Baru: Meskipun informasi mungkin telah umum diketahui oleh orang lain, namun informasi tersebut dapat menjadi sumber pengetahuan baru bagi individu yang belum pernah mengaksesnya sebelumnya.

3. Memberikan Kepastian: Informasi yang akurat dan valid dari sumber yang dapat dipercaya memberikan kepastian, memungkinkan individu untuk membuat keputusan dengan keyakinan dan kecermatan.

4. Hiburan: Informasi tidak selalu harus bersifat serius; ia juga dapat disampaikan dalam bentuk hiburan, dengan narasi yang menarik dan didukung oleh gambar, foto, atau video.

5. Alat untuk Menyosialisasikan Kebijakan: Informasi yang benar dan tepat digunakan sebagai alat efektif untuk menyosialisasikan kebijakan, memastikan pemahaman yang baik sebelum kebijakan tersebut diterapkan.

6. Alat untuk Memengaruhi Masyarakat: Informasi bukan hanya bermanfaat bagi penerima, tetapi juga bagi penyampai informasi. Informasi yang kuat dan benar dapat memengaruhi masyarakat, memotivasi mereka untuk mendukung produk tertentu atau pemimpin yang diusulkan.

7. Dasar dalam Menyampaikan Opini: Di era media sosial, setiap orang dapat menyampaikan pendapatnya dengan mudah. Namun, opini yang kuat dan berdampak positif adalah yang didasarkan pada informasi yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

Jenis Jenis Informasi

Informasi dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis berdasarkan berbagai kriteria, seperti sifatnya, bentuknya, atau penggunaannya. Berikut beberapa jenis informasi yang umum:

1. Informasi Berdasarkan Sifatnya:

  • Informasi Kualitatif: Informasi yang tidak dapat diukur dengan angka dan lebih bersifat deskriptif, seperti pandangan, pendapat, atau deskripsi.
  • Informasi Kuantitatif: Informasi yang dapat diukur dalam bentuk angka, seperti data statistik, ukuran, atau jumlah.

2. Informasi Berdasarkan Sumbernya:

  • Informasi Primer: Informasi yang diperoleh langsung dari sumber pertama, seperti hasil penelitian atau wawancara.
  • Informasi Sekunder: Informasi yang diperoleh dari sumber yang sudah ada, seperti buku, jurnal, atau laporan.

3. Informasi Berdasarkan Bentuknya:

  • Informasi Teks: Informasi dalam bentuk tulisan atau teks, seperti buku, artikel, atau dokumen.
  • Informasi Visual: Informasi dalam bentuk gambar, grafik, atau ilustrasi.
  • Informasi Audio: Informasi dalam bentuk suara atau rekaman audio.
  • Informasi Multimedia: Kombinasi dari berbagai bentuk informasi, termasuk teks, gambar, suara, dan video.

4. Informasi Berdasarkan Tujuannya:

  • Informasi Ilmiah: Informasi yang dihasilkan dari penelitian ilmiah dan digunakan untuk peningkatan pengetahuan dalam bidang tertentu.
  • Informasi Bisnis: Informasi yang berkaitan dengan operasi bisnis, termasuk data penjualan, laporan keuangan, dan analisis pasar.
  • Informasi Berita: Informasi yang disampaikan melalui media berita atau jurnalisme, yang mencakup berita aktual, laporan investigatif, atau liputan peristiwa.

5. Informasi Berdasarkan Isinya:

  • Informasi Teknologi: Informasi tentang perkembangan teknologi, produk, atau inovasi.
  • Informasi Kesehatan: Informasi tentang kesehatan fisik dan mental, penyakit, pengobatan, dan perawatan.
  • Informasi Pendidikan: Informasi tentang pembelajaran, kurikulum, dan metode pendidikan.
  • Informasi Hiburan: Informasi yang memberikan hiburan, seperti film, musik, atau seni.

Jenis-jenis informasi dapat bervariasi tergantung pada konteks dan bidang kehidupan yang bersangkutan. Informasi memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan kita, baik dalam pengambilan keputusan, pembelajaran, komunikasi, atau hiburan.

Konsep Dasar Informasi

Konsep dasar informasi tidak dapat dipisahkan dari definisi informasi itu sendiri, yang menggambarkan bahwa informasi adalah hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang memiliki manfaat bagi penerimanya. Data merupakan dasar informasi, yang merepresentasikan kenyataan tentang peristiwa yang terjadi pada titik waktu tertentu.

Informasi mengalami siklus di mana data mentah diolah dengan metode tertentu untuk menghasilkan informasi yang kemudian disampaikan dan digunakan untuk pengambilan keputusan, menciptakan data baru.

Namun, informasi dapat mengalami bias karena berbagai alasan, seperti kesalahan dalam pengumpulan, pengukuran, pemrosesan, penyimpanan, atau koreksi data.

Informasi yang bias tidak akan memberikan hasil yang akurat. Untuk memastikan kualitas informasi, ditandai dari tiga ciri berikut ini.

  • Akurat: Informasi harus didasarkan pada fakta yang sesungguhnya, bukan isu, dugaan, atau opini yang menyesatkan.
  • Tepat Waktu: Informasi harus sampai pada waktu yang tepat, karena informasi usang seringkali tidak bermanfaat lagi, terutama untuk pengambilan keputusan.
  • Relevan: Informasi harus bermanfaat dan relevan secara langsung bagi penerimanya.

Selain akurasi, informasi harus memiliki nilai. Informasi dikatakan bernilai jika manfaatnya lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya. Hal ini dapat diukur melalui analisis cost-effectiveness atau cost-benefit analysis.

Hal yang tak kalah penting dalam konsep informasi adalah umur informasi, yaitu seberapa lama informasi tersebut memiliki nilai, memberikan manfaat bagi penggunanya.

Berkaitan dengan umur ini, informasi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu

  • Conditional Information: Informasi yang mengacu pada titik waktu tertentu.
  • Operating Information: Informasi yang menyatakan perubahan dalam periode waktu tertentu.

Contoh Informasi

Jika kamu masih belum paham mengenai pengertian informasi, saya berikan sebuah contoh sederhana. Misalnya hari ini kamu menerima surat, di dalam surat itu ada pemberitahuan bahwa kamu diterima di sebuah perusahaan X. Tentu saja kamu diterima bekerja di perusahaan itu merupakan sebuah informasi.

Begitu juga ketika kamu menerima surat pemutusan kerja. Maka informasi yang kamu terima adalah sekarang kamu tak lagi bekerja di perusahaan X.

Agar uraian di atas menjadi lebih jelas, berikut ini beberapa contoh informasi mengenai beberapa peristiwa:

  • Pertandingan sepak bola antara Turki melawan Indonesia di ajang Piala Dunia 2026 berakhir dengan skor 7-0 untuk kemenangan Indonesia.
  • Indonesia berhasil menjadi juara umum OLIMPIADE 2026 dengan 250 medali emas.
  • Pada pukul 06.00 WIB telah terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan Gatot Subroto yang melibatkan 5 buah kendaraan. Peristiwa tersebut menyebabkan kemacetan yang sangat parah.

Q: Bagaimana cara mendapatkan informasi?
A:
Cara memperoleh informasi adalah dengan mewawancarai narasumber, membaca buku, menonton berita, atau mencari di internet.

Nah untuk mendapatkan informasi yang berkualitas kita wajib menyaringnya. Kita bisa gunakan indikator informasi yang berkualitas itu harus relevan, akurat, update, dan konsisten.

  1. Rocha, Luis M. dan Schnell, Santiago. The Nature of Information. Diakses 18 Oktober, 2023. ↩︎
  2. Anggraeni, E. Y. & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. ↩︎

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih telah memberi tahu kami!
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari Jurnalponsel.com, pastikan untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Litalia. (). Pengertian Informasi Dan Contohnya Lengkap. Diakses pada , dari https://www.jurnalponsel.com/pengertian-informasi/