Pengertian Informasi Dan Contohnya Lengkap

Seiring dengan perkembangan teknologi, arus informasi juga mengalami perkembangan pesat. Kalau saya boleh mengumpamakan, informasi seperti layaknya sampah. Ada banyak sekali dan harus diurai terlebih dahulu bila ingin memanfaatkan informasi yang ada.

Sebagai mana sebuah sampah, tentu ada sampah yang bisa dimanfaatkan dan ada sampah yang tak bisa lagi didaur ulang. Informasi juga demikian, ada informasi yang bisa sangat bermanfaat, berguna dan ada yang sama sekali tak ada artinya. Tugas seorang penerima informasi adalah memilah mana sampah yang bisa dimanfaatkan.

Pengertian Informasi

Sajian Informasi Konvensional dalam Bentuk Koran Cetak

Nah pada tulisan ini yang ingin saya ulas adalah soal pengertian informasi beserta contoh dan jenisnya. Saya juga akan memaparkan soal fungsi informasi. Sebelum lebih jauh membahasnya, mari kita mulai dari pengertian informasi terlebih dahulu.

  1. Secara Etimologi, Kata informasi itu di dapat dari informacion (tahun 1387) serapan dari bahasa Perancis kuno. Bisa juga dikaitkan dengan bahasa Latin informationem yang punya arti “konsep, ide atau garis besar,”.
  2. KBBI mengartikan informasi sebagai 1) penerangan; 2) keseluruhan makna; 3) pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu;
  3. Wikipedia juga memberikan definisi soal apa itu informasi. Menurutnya Informasi sama dengan pesan atau kumpulan pesan, atau bisa pula makna yang di dapat dari tafsiran sebuah pesan atau kumpulan pesan. Informasi itu bisa direkam atau ditransmisikan.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Selain menilik pengertian informasi dari beberapa hal di atas, kita juga bisa melihat pengertian informasi dari para ahli. Berikut saya paparkan beberapa pengertian informasi menurut para ahli.

  1. Abdul Kadir (2002: 31); yang didapat dari McFadden dkk (1999) menyebutkan bahwa informasi itu merupakan data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga bisa untuk meningkatkan pengetahuan seseorang
  2. Burch dan Strater juga memberi definisi soal informasi, baginya informasi adalah pengelolaan atau pengumpulan data yang berguna untuk menambah pengetahuan atau keterangan.
  3. George R. Terry memberi pendapat yang lebih sederhana, baginya informasi adalah segala data yang penting yang bisa memberikan pengetahuan yang berguna.
  4. Lani Sidharta (1995: 28) juga demikian, ia menyebut bahwa informasi adalah data yang disajikan dan berguna untuk membuat keputusan.
  5. Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), memberi definisi bahwa informasi itu merupakan data yang telah diolah untuk berguna bagi penerimanya serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan.

Informasi didapatkan dari pengalaman, pembelajaran, atau instruksi. Melihat beberapa pengertian informasi menurut para ahli di atas, kita dapat simpulkan bahwa informasi merupakan sekumpulan fakta-fakta yang telah diolah dan di sajikan dalam bentuk data sehingga berguna dan bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Fungsi Informasi 

Google Gudangnya Informasi

Sumber utama sebuah informasi adalah data. Data kemudian diolah menjadi sedemikian rupa untuk dijadikan informasi. Fungsi informasi beragam, beberapa diantaranya misalnya:

1. Sumber Pengetahuan Baru

Beberapa informasi yang sudah diolah misalnya dalam bentuk berita, laporan ilmiah, karya tulis, jurnal dan seterusnya pasti disampaikan oleh komunikator berdasarkan informasi yang valid. Dengan begitu pasti bakal menambah wawasan dan pengetahuan baru.

2. Media Hiburan

Beberapa informasi terkadang berisi sebuah kejadian yang lucu, unik dan menghibur. Buat kamu yang sedang risau barang kali ini bisa menjadi media hiburan yang tepat. Belum lagi kalau dikemas dalam bahasa yang ringan.

3. Menghilangkan Ketidakpastian

Sebagai penerima informasi terkadang kita sengaja mencari informasi. Bukan untuk menambah pengetahuan melainkan untuk memastikan kejadian tertentu. Apalagi memang ada banyak sekali informasi yang terkadang tidak valid. Maka kita butuh memastikanya.

4. Sumber Berita

Tak kalah penting adalah fungsi informasi sebagai sumber berita. Banyak kejadian dan pengetahuan di sajikan dalam bentuk informasi yang tepat sehingga bisa digunakan sebagai sumber berita. Beberapa informasi tersebut bisa kita dapat dari televisi, radio, surat kabar dan lain sebagainya.

5. Mempengaruhi Massa

Informasi seperti yang disajikan dalam bentuk petisi, berita dan lainya terkadang ditujukan untuk mempengaruhi massa. Entah itu untuk membangkitkan empati massa atau malah untuk membangkitkan kemarahan massa.

Selain beberapa fungsi informasi di atas, masih ada banyak fungsi lainya. Tergantung si pemilik informasi, mau diapakan informasinya. Misalnya saja untuk sosialisasi kebijakan, menyatukan pandapat dan lain sebagainya.

Contoh Informasi

Buku Merupakan Bentuk Informasi Paling Ilmiah Sejauh Ini

Jika kamu masih belum paham mengenai pengertian informasi, saya berikan sebuah contoh sederhana. Misalnya hari ini kamu menerima surat, di dalam surat itu ada pemberitahuan bahwa kamu diterima di sebuah perusahaan X. Tentu saja kamu diterima bekerja di perusahaan itu merupakan sebuah informasi.

Begitu juga ketika kamu menerima surat pemutusan kerja. Maka informasi yang kamu terima adalah sekarang kamu tak lagi bekerja di perusahaan X. Contoh informasi lainya juga masih ada banyak lagi.

Jenis-jenis Informasi   

Nah jika dikelompokkan informasi itu memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis informasi:

  1. Berdasarkan fungsi dan kegunaan dibedakan atas:
  • Informasi yang berguna untuk menambah pengetahuan sebut saja peristiwa, pendidikan dan seterusnya
  • Informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), sebut saja makalaha, karya ilmiah, jurnal, artikel dan lain-lain.
  1. Informasi berdasarkan format penyajian yang dibedakan atas:
  • tulisan,
  • karikatur,
  • foto,
  • lukisan abstrak
  • dan lain-lain.
  1. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa, dibedakan atas informasi di dalam negeri dan informasi dari luar negeri.
  2. Informasi berdasarkan bidang kehidupan misalnya olahraga, pendidikan, sastra, musik, budaya, dan iptek.
  3. Berdasar penyampaian bisa secara berkala, tiba-tiba, setiap saat, atau berdasarkan permintaan

Nah untuk mendapatkan informasi yang berkualitas kita wajib menyaringnya. Kita bisa gunakan indikator informasi yang berkualitas itu harus relevan, akurat, update, dan konsisten.

Tinggalkan komentar