Pengertian IBM Beserta Sejarah IBM dan Produk-Produk IBM

Pengertian IBM Beserta Sejarah IBM dan Produk-Produk IBM ,- Saya pernah menjelaskan pada beberapa tulisan sebelumnya yang berkaitan dengan pengertian komputer. Bahwa komputer adalah piranti yang terdiri dari beberapa perangkat, utamanya perangkat lunak dan perangkat keras. Kedua perangkat ini tidak mungkin bisa ada jika tidak ada yang memproduski.

Sebelum dilakukan produksi pada sebuah perangkat komputer, tentu terlebih dahulu harus ada pengembangan. Nah salah satu perusahaan yang melakukan produksi perangkat komputer sekaligus juga melakukan penelitian dan pengembangan sendiri adalah IBM.

Buat kamu yang tertarik dengan dunia teknologi, seharusnya tahu betul apa itu IBM. Tapi buat kamu yang belum tahu, tenang saja. Saya akan mengulasnya disini. Mulai dari pengertian IBM sampai dengan sejarah terbentuknya IBM sekaligus juga produk-produk IBM.

Pengertian IBM

pengertian IBM

Kenalan dulu dengan pengertian IBM. Jika ditilik dari asal kata IBM meka kamu akan menemukan International Business Machines Corporation yang kemudian disingkat dengan IBM. Inilah perusahaan yang bergerak dalam bidang penelitian, pengembangan, produksi dan pejualan perangkat komputer. Baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak komputer.

Menurut catatan sejarah, perusahaan teknologi terbesar di dunia ini telah berdiri sejak 16 Juni 1911 yang menetapkan markasnya di Armonk, New York, Amerika Serikat sana.

Sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia, IBM memiliki banyak sekali perusahaan besar sebagai pusat-pusat pengembangan. Sebut saja perusahaan IBM Research yang letaknya ada di belahan utara dunia, dimana setengahnya ada di luar Amerika Serikat, memiliki delapan laboratorium riset. Juga ada divisi PC IBM yang berpusat di Republik Rakyat Tiongkok.

IBM sendiri sebenarnya merupakan perusahaan gabungan dari beberapa perusahaan besar, yaitu:

  • The Tabulating Machine Company
  • The Computing Scale Corporation
  • The International Time Recording Company
  • The Bundy Manufacturing Company

Banyaknya perusahaan milik IBM sebanding dengan jumlah karyawan dan tenaga ahli yang dimiliki. Tercatatat di tahun 2004 saja, jumlah pekerja IBM mencapai 330.000 pegawai di seluruh dunia dan dengan pendapatan hingga 96 miliar US Dolar di tahun yang sama.

Beragam prestasi banyak ditorehkan oleh para pegawai IBM, sebut saja lima Medali Teknologi Nasional dari Amerika, empat Penghargaan Turing, dan lima Medali Sains Nasional Amerika, dan juga banyak lagi yang berasal dari luar Amerika.

Sampai dengan saat ini IBM terus berkembang dan masih menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia. Terutama karena banyaknya dukungan ahli di dalamnya. Tercatat, IBM telah memiliki banyak konsultan dan teknisi dilebih dari 170 negara. Memiliki banyak laboratorium pengembangan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi.

Nah untuk beberapa produk IBM yang terkenal dan sangat laku di pasaran, kamu bisa lihat Mainframe yang keluar tahun 1960-an, RA/6000, AS/400 dan IBM PC yang keluar tahun 1980-an) lalu ada juga PowerPC CPU tahun 1990-an.

Sejarah Terbentuknya IBM  

Produk IBM, Hard disk drive

 

Untuk mempermudah membahas sejarah terbentuknya IBM, saya akan kelompokkan bagaimana perkembangan IBM dari tahun ke tahun. Pengelompokan ini bukan tanpa alasan, melainkan karena ada beberapa tahun di mana IBM mengalami masa surut. Pada saat itu, perkembangan IBM hampir tak tercatat oleh sejarah.

Priode Tahun 1880—1929

IBM berdiri sejak tahun 1911, tetapi cikal bakal keberadaanya sudah ada sejak tahun 1880-an. IBM telah berhasil menemukan beberapa teknologi komputer. Dimulai dari:

  • Julius E. Pitrap yang berhasil menemukan timbangan berbasis komputer pada tahun 1885.
  • Dilanjutkan oleh Alexander Dey yang berhasil menemukan dial recorder pada tahun 1888.
  • Lalu ada Herman Hollerith yang berhasil menemukan Mesin Tabulasi Elektrik serta Williard Bundy dengan alat pengukur waktu kerja karyawan yang ditemukan pada tahun 1889.

Charles Ranlett Flint pada tahun 1911 kemudian mengumpulkan semua penemuan di atas dalam satu perusahaan bernama Computing-Tabulating-Recording. Hanya saja, perlu kamu tahu: seluruh teknologi di atas awalnya tidak dikaitkan dengan komputer, melainkan untuk mesin tabulasi dan pemotong keju.

Tiga tahun berikutnya, Flint merekrut Thomas J. Watson untuk memimpin perusahaan. Empat tahun dibawah pimpinan Watson, Computing-Tabulating-Recording meraup keuntungan mencapai US$ 9 juta.

Maka pada tahun 1924 Computing-Tabulating-Recording (C-T-R) berubah nama menjadi IBM.

Priode Tahun 1953-1965

Periode perkembangan IBM kemudian terjadi pada tahun 1953 hingga 1965. Pada saat itu juga terjadi beberapa penemuan hebat. Diantaranya:

  • Ketika tahun 1953, IBM memperkenalkan komputer pertama ke publik. Dan setahun kemudian secara resmi memasarkanya.
  • Dilanjutkan dengan dikembangkanya bahasa program ilmiah Formula Translation atau yang terkenla dengan FORTRAN oleh IBM pada tahun 1957.
  • Tahun 1964 , Komputer hasil produksi IBM mencapai kejayaan, tepatnya setelah berhasil membantu NASA melakukan rekan jejak astronot Mercury.

Kemudian pada tahun 1965 IBM secara resmi mengalihkan markas, dari sebelumnya di New York City, pindah ke Armonk.

Priode Tahun 1981-Sekarang

Di tahun-tahun berikutnya, IBM terus melakukan penelitian dan pengembangan bidang komputer, hasilnya pada tahun:

  • 1981, IBM secara resmi mengeluarkan produk PC (Personal Computer) pertamanya, setelah sebelumnya pada tahun 1977 Apple mengeluarkan PC pertamanya.
  • 2002 IBM bahkan berhasil membeli bagian konsultasi PwC (PricewaterhouseCoopers). Inilah kantor jasa professional terbesar di dunia.

Setelah itu, IBM juga terus melakukan berbagai inovasi. Hasilnya IBM menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan hak panen terbesar dari pemerintah Amerika Serikat.

Produk-Produk IBM

Produk IBM, ATM

IBM adalah perusahaan teknologi komputer. Sudah banyak produk yang dihasilkan sangat bermanfaat untuk dunia. Beberapa produk IBM misalnya:

  • Automated teller machine (ATM)
  • Magnetic stripe card
  • Mesin virtual
  • Scanning tunneling microscope
  • Floppy disk
  • Dynamic Random Access Memory (DRAM)
  • Basis data relasional
  • Hard disk drive
  • Electronic keypunch
  • Reduced instruction set computing
  • Universal Product Code (UPC)
  • SABRE airline reservation system
  • Watson artificial intelligence

Di indonesia sendiri keberadaan IBM diawali pada tahun 1937 ketika Watson Bedriffsmachine Java NV beroperasi. Saat itu, perusahaan ini berhasil membuat mesin pemprosesan data untuk perusahaan kereta milik pemerintah di Bandung. Lantas pada tahun 1953, perusahaan ini berubah nama menjadi IBM Indonesia Ltd, NV.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.