Pengertian Infrastructure As A Service (Iaas), Cara Kerja dan Contoh layanan IaaS

Kamu yang tidak tertarik dengan dunia teknologi komputer dan internet barang kali akan cukup sulit untuk memahami beberapa konsep yang ada di komputer dan intenet. Sebab memang ada beberapa konsep dalam dunia komputer dan internet yang seolah-olah abstrak. Salah satunya adalah Infrastructure As A Service atau yang diakronimkan menjadi Iaas. Saya mungkin bisa meddefinisikannya, tetapi saya tidak menjamin kamu bisa seketika langsung memahaminya.

Oke, ketika kamu menyimpan data, mengirim pesan, menerima pesan, mengunduh video dari internet, pernahkah kamu berfikir dimana data yang kamu ambil tersebut sebenarnya tersimpan? Data-data tersebut sebanarnya juga tersimpan di komputer yang bekerja secara virtual yang kemudian disebut dengan nama komputasi awan.

Salah satu layanan yang menyediakan komputasi awan yang bisa kamu gunakan untuk keperluan pribadi atau perusahaan adalah Infrastructure As A Service. Jadi ini semacam layanan yang menyediakan jasa secara abstrak tetapi bisa bekerja secara real time (sepanjang waktu). Untuk lebih jelaskan, berikut saya akan jelaskan pengertian Infrastructure As A Service dan contohnya.

Pengertian Infrastructure As A Service (iass)

Pengertian Infrastructure As A Service (iass)

Iaas merupakan layanan yang menyediakan paket komputer virtual secara langkap, artinya didalam komputer itu ada CPU, RAM, Storage atau Disk serta dilengkapi pula dengan jaringan internet, address IP, bandwitch, keseimbangan beban, jaminan online realtime dan keamanan dalam satu unit layanan IaaS (komputer).

Seluruh komponen tersebut bisa kamu gunakan untuk menyusun cloud computing sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan menggunakan IAAS, kamu bahkan bisa menginstall sistem informasi yang bisa kamu pasang di komputer virtual kamu. kamu bisa instal OS baik itu windows, linux, unix, ubuntu dan seterusnya.

Jadi bisa dibayangkan kalau layanan Iaas itu sama dengan layanan menyewa komputer pada umumnya tetapi hanya ada dalam dunia virtual. Kamu tidak bisa melihatnya secaa fisik, tapi kamu bisa mengoperasikan layaknya komputer pada umumnya. Bagi orang awam, teknologi ini sangat aneh tapi bagi orang yang mengerti dunia IT sudah sering menggunakan layanan ini mengingat manfaatnya ada banyak sekali.

Kelebihan iaas

Kelebihan iaas

Nah dibanding dengan menggunakan layanan komputasi awan lainya, menggunakan Iaas memiliki beberapa kelebihan tersendiri, berikut beberapa kelebihan Iaas:

1. Cocok untuk Ecommerce

Jika kamu mempunyai toko online, penting untuk kamu menjamin bahwa layanan toko online kamu bisa berjalan secara real time dan tidak ada gangguan dalam proses loading. Iass bisa menjamin itu semua. Iaas sangat cocok untuk membangun toko online dengan pengunjung besar dan stabil. Iaas akan menjamin citra toko onlinemu selalu baik.

2. Hemat Biaya

Dengan layanan ini kamu bisa dengan mudah menghapus biaya infrastruktur yang besar dan biaya investasi peralatan yang semakin mahal. Rata-rata kamu bisa menghemat hingga 30 persen lebih murah bila dibanding dengan menggunakan layanan hosting biasa.

3. Cocok untuk Analisis Data

Penyedia layanan ini bisa membantu kamu untuk menganalisa data, serta membantumu dalam perencanangan infrastruktur yang kamu butuhkan. Baik pula untuk menetapkan kebijakan kedepanya.

4. Fleksible untuk Kebutuhan Enterprise

Dengan layanan in kamu bisa membangun kerjsama dan mendapatkan keuntungan untuk menjalankan beberapa bisnis aplikasi dan mendapat keuntungan berbagai keperluan enterprise kamu. Seperti online hosting, dan aplikasi lainnya.

Contoh Penyedia Layanan iaas

Contoh Penyedia Layanan iaas

Di era modern seperti ini sudah banyak yang menawarkan layanan Infrastructure as a service ini. Layanan ini dimiliki oleh beberapa perusahaan yang sudah cukup lama bergerak di bidang IT dan sudah siap dalam perkembangan zaman di era milenia seperti saat ini. Berikut beberapa perusahaan yang menyediakan Infrastructure as a serviv:

1. Telkom- Telkom Cloud

Telkom merpakan perusahaan yang berada di Indonesia dan sudah memiliki dan menyediakan layanan cloud computing Infrastructure as a service. Kamu bisa menggunakan layanan dari telkom jika kamu ingin memiliki komputasi awan.

Produk dari dalam negeri ini sudah banyak digunakan oleh sebagian perusahaan besar di Indonesia mauoun di mancanegara, mereka memilih produk ini untuk melayani komputer pusat dalam mengolah data dari berbagai banyak data  lainnya. Bukan tidak hanya perusahaan saja yang mnggunakan layanan komputasi awan ini, melainkan sudah banyak pengguna individu pula.

2. Amazon, Inc – Amazon EC2

Perusahaan terbesar yang terkenal ini juga mempunyai layanan komputasi awan dan menyediakan berbagai macam kebutuhan komputasi untuk melayani pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Siapa yang tdak mengenal perusahaan ini? Perusahaan yang mempunyai segalanya dalam berbagai layanan. Anak cabang dari perusahaan Amazon yang menangani layanan komputasi awan Infrastructure as a service adalah Amazon EC2.

Selain dua penyedia layanan Iaas di atas, masih ada banyak lagi perusahaan yang juga menyediakan layanan Iaas. Kamu cukup pilih yang menurut kamu paling kredibel.

Bagaimana Cara Kerja IAAS?

Cara kerja Iaas sebenarnya sama seperti bila kamu menjalankan komputer biasa, hanya saja kamu tidak bisa melihat komputernya secara fisik. Meskipun seperti itu, kamu bisa mengendalikan komputer tersebut. Spesifikasi Komputer tersebut ditetapkan berdasarkan harga sewa, jadi jika kamu ingin menggunakan komputer dalam dunia Iaas, kamu harus menyewanya terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu harus mengintall sistem operasi yang kamu inginkan, ingin linux atau windows silahkan saja. Penyedia layanan sudah menyediakan dan kamu tinggal memilihnya saja. hanya saja tidak semua penyedia jasa Iaas menyedikan OS secara lengkap. Terkadang hanya beberapa saja.

Bagaimana? sampai disini bisa kamu pahami pengertian Iaas di atas? jika tidak saya rasa lebih baik kamu kontak salah satu penyedia layanan Iaas lalu pesan paket Iaas, pasti kamu akan langsung memahaminya.

Ada pertanyaan atau komentar?