Pengertian Hub Beserta Fungsi dan Cara Kerja Hub

Pengertian Hub Beserta Fungsi dan Cara Kerja Hub – Sampai dengan saat ini, banyak yang memanfaatkan flashdisk, HDD eksternal atau  CD untuk bertukar data. Tapi cara tersebut nyatanya sudah mulai ketinggalan jaman. Cara yang lebih baru adalah dengan memanfaatkan media penyimpanan berbasis awan atau yang lebih dikenal dengan nama cloud storage.

Media penyimpanan berbasis awan jauh lebih praktis dan modern. Tingkat keamanannya juga lebih baik. Walaupun memang, metode ini jauh lebih cocok untuk kepetingan dalam skala besar seperti di perusahaan atau kantor ketimbang untuk keperluan pribadi.

Untuk bisa saling bertukar data komputer dari satu pengguna komputer ke banyak pengguna lainya, maka dibutuhkan sebuah alat. Alat tersebut bernama Hub atau dikenal pula Network Hub. Lantas sebenarnya alat seperti apa ini? mari kita awali pembahasan dengan mengenal pengertian Hub.

Pengertian Hub

pengertian hub dan fungsi hub

Hub atau network hub bisa didefinisikan sebagai alat atau perangkat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dengan catatan komputer-komputer tersebut berada dalam satu jaringan yang sama. Tiap-tiap komputer atau perangkat yang terhubung bisa saling bertukar informasi.

Mengutip apa yang disampaikan oleh Wikipedia, Hub adalah sebuah peranti jaringan komputer, dimana piranti ini memiliki fungsi untuk menghubungkan tiap-tiap peranti memanfaatkan kabel Ethernet dalam satu petak jaringan (network segment).

Sampai dengan saat ini, Hub terus mengalami perkembangan. Jumlah penggunanya terus mengalami peningkatan meninggalkan media transfer data portable. Sekilas cara kerja Hub mirip seperti Switch. Hanya saja, Hub tidak mengenal port spesifik yang menjadi tujuan pembagian data. Hub akan membagian data ke seluruh perangkat yang terhubung dengan port hub.

Fungsi Hub

Dari pengertian Hub sebenarnya sudah bisa kita simpulakan soal apa itu fungsi Hub. Hub berfungsi sebagai alat yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan. Tiap komputer yang terhubung dengan Hub akan saling bertukar data.
fungsi hub

Fungsi utama HUB adalah menjadi alat yang menerima sinyal dari komputer sekaligus juga sebagai titik pusat dari seluruh komputer yang terhubung yang kemudian membagikan data ke seluruh komputer pula. Jika diperinci, fungsi Hub antara lain:

  1. Hub berfungsi sebagai penyambung dan konsentrator antar komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan sehingga membentuk topologi jaringan.
  2. Berfungsi sebagai media penguat sinyal kabel UTP
  3. Hub berfungsi sebagai media yang memiliki peran untuk memfasilitasi menambahkan workstation ataupun penambahan dari penghilangan
  4. Hub juga bisa berfungsi sebagai penambah jarak network yang dapat difungsikan sebagai repeater juga
  5. Hub bisa menyediakan atau memberi fasilitas fleksibel serta dengan support interface yang berbeda. Misalnya Ethernet, Toket ring serta FDDI)
  6. Menerima signal dari satu komputer ke komputer lain untuk kemudian di bagikan.
  7. Hub bisa berfungsi sebagai sebuah jaringan yang sederhana dimana ia bisa menghubungkan beberapa komputer dalam satu grup lokal IP.

Selain itu, Hub berfungsi juga untuk memisahkan jaringan yang tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan dengan jaringan yang membutuhkan tenaga listrik tambahan.

Cara Kerja Hub   

cara kerja hub

Bagaimana cara kerja Hub? Setelah membaca penjelasan terkait dengan pengertian hub hingga fungsi hub, saya rasa kita sudah memiliki gambaran awal terkait dengan cara kerja Hub.

Ketika ada beberapa komputer terhubung ke satu Hub, maka hub akan membagi data satu komputer ke komputer yang lain. Caranya, ketika ada paket yang masuk ke Hub dari salah sati port, maka secara otomatis Hub akan membagi paket tersebut ke port-port yang lain. Port inilah yang menyambung ke komputer.

Hub juga membagi bandwidth ke tiap-tiap port. Artinya ketika Hub hanya digunakan oleh satu PC, maka akan memperoleh akses bandwidth yang maksimum. Tetapi jika ada banyak komputer yang terhubung, maka Hub akan membagi bandwidth sesuai dengan jumlah komputer yang terhubung. Hub hanya memiliki satu buah domain collision dan bekerja pada lapisan Physical.

Jenis Hub   

jenis jenis hub

Nah perlu kamu tahu, perangkat hub ini tidak hanya memiliki satu jenis saja. Jenis Hub secara umum dibedakan menjadi 3. Ada Hub aktif, Hub pasif dan Intelegent Hub.

  • HUB aktif. Bisa didefiniskan sebagai hub yang memiliki kemampuan memperkuat sinyal pada sebuah jaringan. Hub ini disebut pula dengan repeat. Biasanya HUB aktif ini akan sangat berguna bila digunakan untuk menghubungkan dua unit komputer atau lebih yang memiliki jarak cukup jauh.
  • HUB pasif. Jika Hub aktif memperkuat signal, maka Hub pasif hanya membagikan sinyal transmisi. Signal transmisi tersebut berasal dari port port komputer yang terhubung dalam jaringan.
  • Intelligent hub. Beda dengan dua hub sebelumnya, intelegent Hub merujuk pada Hub yang dilengkapi dengan fungsi tambahan yang berguna. Karena berbagai fungsi tambahan inilah, intelegent Hub dapat melakukan pengaturan dan pemeriksaan sendiri pada arus pergerakan data dalam hub tersebut

Kelebihan Dan Kekurangan Hub

Memilih menggunakan Hub dibanding dengan model jaringan lainya, tentu saja memiliki beberapa keutungan dan kekurangan tersendiri. Kalau keuntungan menggunakan HUB, misalnya:

  • Hub memungkinkan pengguna melakukan atap-drop pada percakapan dengan memanfaatkan protokol jaringan atau yang biasa disebut sebagai “sniffer.
  • HUB itu tergolong sebagai Layer 1 dalam OSI model (physycal layer)
  • HUB juga memiliki banyak port sehingga bisa menghubungkan banyak komputer.
  • HUB melakukan sharing pada jaringan yang sama dengan mempertimbangkan jumlah komputer yang terhubung.

Sementara kalau kekurangan Hub adalah: HUB tidak memiliki kemampuan untuk membaca paket data, tidak mampu mengenali sumber dan tujuan data, serta kecepatan komunikasi harus dibagi dengan komputer lain.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.