Pengertian Handphone, Sejarah dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Handphone, Sejarah dan Fungsinya Lengkap,- Sadar tidak sadar, kebutuhan primer manusia tidak hanya sebatas pada sandang, papan dan pangan. Kebutuhan utama manusia sangat tergantung akan manusia itu sendiri. Satu manusia dengan manusia lainya tidak bisa diukur dengan satu standar yang sama terkait dengan kebutuhanya. Inilah yang namanya teori relativitas.

Sama juga dengan kebutuhan komunikasi. Ada yang menganggapnya sebagai kebutuhan primer, ada yang menganggap kebutuhan sekunder dan bahkan ada yang meletakkanya hanya sebatas kebutuhan tersier saja. terlepas dari itu semua, komunikasi itu penting dilakukan manusia untuk memenuhi kodratnya sebagai manusia. Dan salah satu alat paling sukses memfasilitasi proses komunikasi manusia adalah handphone.

Pengertian Handphone

Handphone merupakan produk teknologi kekinian yang terus mengalami inovasi dari waktu ke waktu. Meski demikian, fungsi utama handphone tetaplah sama. bahkan fitur standar handphone jaman dulu masih tetap digunakan. Dari asal katanya, handphone dibentuk dari dua suku kata: hand yang berarti tangan dan phone yang berarti suara.

Jika didefinisikan, handphone berarti suatu piranti atau perangkat elektronik yang bisa dibawa kemana saja untuk media komunikasi jarak jauh tanpa memerlukan kabel (nirkabel/wireless). Tentu saja untuk bisa berkomunikasi jarak jauh dua arah, handphone memerlukan dukungan berbagai perangkat lain. Termasuk ketersediaan jaringan.

Wikipedia menyamakan handphone dengan frasa telepon genggam atau telepon seluler (ponsel). Untuk definisinya sendiri, handphone (HP) berarti sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang punya beragam kemampuan, tetapi untuk kemampuan dasarnya tak berbeda dengan telepon konvensional, tetapi bisa dibawa kemana-mana dan tidak perlu pula disambungkan ke jaringan telepon.

Sejarah Handphone

Sekarang ke bagian berikutnya, tentang sejarah handphone. Tidak mungkinkan barang yang dahulu masuk dalam kategori barang mewah ini tiba-tiba bisa dimiliki semua orang.

Handphone ditemukan oleh seorang bernama Martin Cooper sekitar tahun 1973. Ia tercatat sebagai karyawan Motorola. Sehingga tak salah bila banyak yang menyebut kalau handphone adalah hasil karya tim devisi Motorola. Tapi ide pertama pembuatan handphone berasal dari Cooper yang mengharapkan ada alat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana.

Maka lahirlah DynaTAC sebagai model pertama handphone. Sejak saat itu, muncullah handphone dengan berbagai tipe dan merk. Tetapi semuanya bisa dikategorikan dalam beberapa generasi. Khususnya bila melihat dukungan teknologi jaringan di dalamnya:

1. Generasi 0

Handphone generasi 0, Sumber Wikipedia

Adalah sebuah handphone karya Galvin Manufactory Corporation (sekarang dikenal dengan Motorola) yang lahir saat mengembangkan portable Handie-talkie SCR536. Inilah sebuah alat yang digunakan untuk komunikasi di medan perang dunia II. Generasi 0 berarti pada saat itu, dukungan jaringan handphone masih 0-G.

2. Generasi 1

Handphone generasi 1, Sumber Wikipedia

Generasi kedua atau yang disebut pula dengan 1G. Jika dilihat dari bentuknya, 1G lah yang layak disebut handphone pertama sebenarnya. Inilah handphone hasil karya  Martin Cooper pada tahun 1973. handphone ini menggunakan teknologi analog yang kemudian dikenal dengan istilah AMPS yang menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz sekaligus juga beroperasi di 800 Mhz Band.

3. Generasi II

Handphone generasi II, Sumber Wikipedia

Setelah handphone generasi 1G hasil karya Martin Cooper beredar, banyak yang coba melakukan penelitian demia membuat handphone yang lebih sempurna. Hasilnya generasi 2 atau 2G muncul sekitar tahun 1990-an. Generasi ini muncul di amerika serikat dengan dukungan teknologi CDMA, dan muncul di eropa dengan teknologi GSM. Perbedaan paling mencolok dibading generasi sebelumnya ada pada sinyal analog yang telah diganti dengan sinyal digital. Bahkan handphone generasi ini telah dilengkapi pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS.

4. Generasi III

Handphone generasi III, Sumber Wikipedia

Berikutnya muncul handphone generasi 3 atau yang disebut pula dengan 3G. Handphone ini sudah didukung dengan jaringan yang luas termasuk layanan internet yang sama baiknya dengan video call. pada handphone 3G, ada 3 standar yaitu: Wideband-CDMA, Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), dan CDMA 2000. Perbedaan dibanding generasi sebelumnya terletak pada masuknya sistem operator ke hp sehingga menciptakan fitur yang semakin lengkap.

5. Generasi IV

Inilah generasi yang paling banyak digunakan saat ini, siapalagi kalau bukan Fourth Generation (4G). Generasi handphone ini menawarkan pengalam menggenggam hp yang begitu sempurna. Ada pendekatan baru yang kemudian diintegrasikan dengan teknologi nirkabel termasuk Wireless Broadband (WiBro), wireless LAN, 802.16e, CDMA, Bluetooth, dan lain-lain. Dibanding generasi sebelumnya, jelas generasi ini lebih unggul jauh.

Fungsi Handphone

Handphone ada bukan sekadar sebagai barang hiasan semata. Ada banyak alasan mengapa dicipatakan. Kita bisa melihat alasan itu dari fungsi handphone. Berikut beberapa fungsi handphone:

1. Komunikasi Antar Manusia

Ini adalah fungsi handphone yang utama. Sejak pertama kali ide pembuatanya dicetuskan oleh Martin Cooper, handphone mamang diciptakan untuk menciptakan alat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. melalui handphone, kita bisa berkomunikasi dengan voice call, video call, mengirim pesan sms, pesan mms, dan lainya.

2. Mencari Informasi, Data, Berita dan Pengetahuan Lainya

Sejak generasi 3G, 3,5G, 4G hingga nanti yang bakal keluar 5G, fungsi handphone sebagai alat yang mempermudah kita dalam menemukan sumber informasi tidaklah bisa diubah. Kita bisa menemukan berbagai jenis pengetahuan, data, berita dan ilmu lainya hanya dengan membuka web browser. Dan semua itu bisa dilakukan di handphone.

3. Hiburan

Handphone juga bisa menjadi sarana hiburan untuk kita semua. Ada banyak multimedia bisa kita temukan dengan handphone. Kita bisa temukan video di youtube yang bisa kita akses dengan handphone. Bisa pula menemukan berbagai jenis musik dan game. Semuanya hanya ada di handphone.

Selain berbagai fungsi utama di atas, kita juga bisa menggunakan handphone untuk berbagai fungsi lainya. misalnya untuk menemukan beragam aplikasi yang membantuk manusia menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya. Handpone jugabisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, penunjuk arah, sarana berbagi informasi dan lain-lain.

DAMPAK NEGATIF ADANYA HANDPHONE

Sayangnya, keberadaan handphone yang memiliki beragam fungsi dan manfaat juga dibarengi dengan dampak negatif. Misalnya saja:

  • Lupa waktu. Kita memang sering lupa waktu bila sudah pegang handphone. Banyak hal disekitar kita lupakan hanya karena menggenggam handphone.
  • Memicu stress. Pada tingkat yang lebih parah, handphone sangat mungkin memicu stress seseorang. Misalnya saja, seseorang yang terlalu lama menunggu balasan sms, pasti cenderung bersikap agresif.
  • Handphone biasanya tak pernah kita lepaskan dari tempat tidur. Ingin tidur ya pegang handphone, mau tidur ya pegang handphone. Bisa ditebak bukan, kalau kita sedang ketergantungan dengan yang namanya handphone.

Selain tiga dampak negatif di atas, masih ada banyak dampak negatif lainya bila kita tidak bijak dalam menggunakan handphone. Sebut saja, kurangnya waktu beristirahat, beredarnya berita bohong, terciptanya gaya hidup konsumtif, munculnya cyber – bullying dan yang terparah bisa pula menyebabkan terganggunya kesehatan mata dan pemicu kanker.

Macam-Macam Versi Android Beserta Gambar dan Penjelasannya

Di Indonesia bahkan dunia ada dua kelompok besar pengguna smartphone. Mereka adalah pecinta iOS dan sisanya adalah pecinta Android. Jika dibuat perbandingan, jumlah pengguna...
litalia
5 min read

Pengertian Gadget, Fungsi dan Contoh Macam-Macam Gadget

Kalau saya menyebut kata gadget, kamu pasti sudah terbayang barang seperti apa itu. Kemungkinan besar kamu juga sudah terbiasa menggunakanya. Kamu mungkin terbiasa menggunakan...
litalia
3 min read

Pengertian dan Fungsi RAM Pada Komputer dan HP yang Perlu…

Barangkali, tulisan ini adalah tulisan yang paling sederhana. Hanya mengungkapkan apa itu pengertian RAM dan apa fungsi RAM bagi komputer serta HP. Tapi percaya...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.