Pengertian GPS Beserta Manfaat GPS dan Komponen GPS

Di era milenial sekarang ini, teknologi berkembang begitu pesat lengkap dengan fitur-fitur yang sangat canggih dan dengan berbagai sistem digital. Dengan berkembanganya teknologi, cara berfikir dan mengambil tindakan yang dilakukan manusia jadi lebih mudah dan makin mengefesiensikan waktu. Walaupun memang tak bisa dipungkiri juga ada dampak positif-negatifnya. Salah satunya teknologi yang sangat berpengaruh pada hidup manusia adalah sistem navigasi atau GPS.

Bersama dengan populernya teknologi Virtual Reality, ada satu teknologi lagi yang ikut terdongkrak berkat game Pokemon Go. Apa lagi kalau buka GPS. Teknologi ini memiliki peran yang sangat vital dalam proses pencarian Pokemon. Tanpanya, pemain tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan.

Dalam dunia nyata, sistem navigasi atau GPS berfungsi untuk mengetahui posisi seseorang. Jadi tak hanya untuk dunia permainan saja. Dengan menggunakan sisitem ini kamu akan lebih mudah melakukan komunikasi atau mengetahui lokasi seseorang dengan cepet. Tapi tahukah kamu apa itu pengertian GPS?

Pengertian GPS

Ada beragam definisi GPS itu, untuk mempermudahnya saya akan memberikan beberapa batasan terkait dengan apa yang disebut dengan GPS.

Pertama; GPS merupkan system untuk menentukan letak permukaan bumi dengan menggunakan bantuan signal satelit. Inilah fungsi awal dari sebuah GPS, ia awalnya hanya digunakan untuk menentukan letak permukaan bumi dan semua itu bisa dilakukan berkat adanya signal satelit. Tetapi definisi ini tidak lagi berlaku bila kita melihat perkembangan GPS sekarang ini.

Kedua; GPS adalah sistem untuk menentukan posisi secara instan. Definisi ini ada di buku berjudul “Location Based Service”, GPS diartikan sebagai sistem navigasi yang menggunakan satelit untuk menunjukkan posisi secara instan. Dengan kecepatan dan informasi waktu di hampir seluruh dunia dalam kondisi apapun.

Ketiga; GPS itu akronim dari Global Positioning System yang berfungsi berkah bantuan satelit. Disini kamu dapat mengetahui posisi dan letak permukaan bumi, sekaligus juga letak teknologi yang terhubung dengan GPS.

Manfaat GPS

GPS dibuat oleh Amerika Serikat dengan biaya sangat besar. tak hanya pembuatan, pengoperasian serta perawatannya juga menghabiskan biaya tak sedikit. Mengapa tetap dilakukan? Tentunya bukan semata-mata tanpa manfaat. Karena ada banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan dari sistem navigasi GPS bagi masyarakat seluruh dunia. Nah manfaat GPS adalah:

1. Bagi Militer

Ternyata GPS dapat dimanfaatkan untuk mendukung pertahanan militer lho. Tak hanya itu, dengan GPS kamu dapat memantau pergerakan musuh dan melemparkan bom tepat pada sasaran saat perang.

2. Buat Navigasi

Saat kamu berkendara, system GPS sangat membantu. Dengan menggunakan GPS Tracker membuat perjalananmu semakin nyaman karena arah dan tujuan dapat terdeteksi dengan mengirim posiis kendaraan yang sudah diterjemahkan dalah bentuk peta digital.

3. Untuk Sistem Informasi Geografis

Manfaat GPS berikutnya adalah untuk SIG atau Sistem informasi geografis. Hal yang paling umum bisanya adalah menggunakan GPS dalam proses pembuatan peta, mengukur jarak, serta menjadi referensi pengukuran wilayah tertentu.

4. Pada Sistem Pelacakan Kendaraan

Sebenarnya manfaat ini mirip dengan navigasi. Bedanya jika pada navigasi penerima signal GPS akan menampilkan titik koordinatnya, maka dalam manfaatnya sebagai ssitem pelacakan kendaraan GPS maka pelacakan alat tampil dan koordinatnya berada dalam lokasi yang berbeda.

5. Pemantau Gempa

Selanjutnya adalah sebagai pemantau gempa. Hingga saat ini teknologi GPS tengah gencar-gencarnya dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan ketelitian yang lebih akurat. Dengan begitu GPS dapat memantau pergerakan tang di bumic sehingga para pakar akan dapat memperkirakan kemungkinan terjadinya gempa dalam suatu wilayah.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan GPS. Tentu saja masih ada banyak manfaat lainya.

Komponen GPS

satelit merupakan komponen utama GPS

Dalam pembuatan system GPS, pasti dibutuhkan komponen-komponen pendukung yang dapat mendukung cara kerjanya. Sama halnya dengan system lai, komponen pendukung untuk menjalankan system GPS ini antara lain.

1. Satelit

Satelit merupakan komponen utama yang sangat penting dimiliki oleh GPS. Dengan menggunakan satelit, posisi permukaan bumi dapat diketahui dengan jelas. Hal ini membuat GPS dapat menampilkan gambar lokasi dengan detail yang jelas dan akurat ketika satelit berfungsi dengan baik.

Satelit memancarkan signal ke beberapa pengontrol agar GPS dapat digunakan secara maksimal. Kemudian semua data yang dihasilkan satelit akan disimpan dan disampaikan ke receiver.

2. Pengontrol

Komponen selanjutnya adalah pengontrol. Pengontrol disini mempunyai fungsi yang sangat besar karena harus memantau kondisi satelit setiap saat. Pengendalian satelit sepenuhnya dipegang oleh komponen pengontrol ini.

Nah dengan dilakukannya pengontrolan satelit secara berkala dapat mengetahui kondisi terkini agar informasi yang dihasilkan satelit dapat diterima oleh pengontrol. Jadi bisa kebayang dong bagaimana besarnya peran pengontrol dalam system GPS.

3. Receiver

Komponen terakhir pada GPS adalah receiver. Receiver ini bertugas untuk mengolah data yang dihasilkan satelit. Data dan informasi ini selanjutnya akan diterjemahkan dalam bentuk letak, posisi serta koordinat suatu wilayah yang dapat diakses melalui samartphone.

Receiver adalah komponen terakhir untuk melihat seberapa kuat kemampuan satelit memberikan kemudahan bagi kita. Tentu jika dicermati peran receiver ini sangat penting karena memproses data dan informasi yang diterima dari satelit agar dapat diakses oleh penggunanya.

Sistem GPS mempunyai manfaat dan komponen yang penting dijadikan visualisasi yang bisa diakses menggunakan smartphone. Oleh karena itu GPS sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan menggunakan GPS, aktifitas kamu akan semakin mudah dan terbantu terutama untuk pencarian tempat/ lokasi.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian GPS beserta manfaat GPS dan komponen GPS. Jangan pernah menggunakan sistem ini dalam hal-hal yang negatif. Lebih baik untuk hal yang produktif.

Ada pertanyaan atau komentar?