Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Komponen Motherboard Komputer

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponen Motherboard Komputer,-Motherboard atau yang biasa disebut dengan mainboard atau MoBo merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam komputer.  Tanpa adanya motherboard, beberapa komponen dalam komputer seperti RAM, Hard Disk, Power Supply, Processor serta komponen lainnya tidak dapat terhubung antara komponen satu dengan komponen yang lainnya.

Agar kamu bisa tahu banyak tentang motherboard yang ada pada komputer, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan pengertian, fungsi, jenis serta komponen dalam motherboard secara lengkap.

Pengertian Motherboard

Motherboard atau yang biasa dikenal dengan mainboard (Mobo) atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai papan utama/papan induk. Motherboar bisa didefinisikan sebagai perangkat dalam komputer yang berbentuk rangkaian papan Printed Circuit Board (PCB) bersama dengan komponen elektronika, dan chip controller yang berperan mengatur lalu lintas data yang ada pada sistem komputer.

Berkat adanya motherboard, komponen-komponen utama dalam komputer dapat saling bekerja dan berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah rangkaian sistem, contohnya Central processing Unit (CPU), Hard Disk dan Memory Card.

Selain terdapat komponen elektronika, dalam motherboard juga terdapat slot serta port yang berperan untuk memasang atau menghubungkan hardware komputer lainnya. Motherboard juga sering dinamakan sebagai tubuh komputer karena menghubungkan semua hardware dalam kompuer menjadi sebuah sistem komputer yang saling terhubung.

Secara spesifik motherboard mengacu pada PCB dengan kemampuan pengembangannya. Motherboard memiliki banyak komponen elektronik yang terhubung dengannya.

Fungsi Motherboard

Motherboard dalam komputer berfungsi sebagai penyedia jalur untuk semua komponen komputer serta peripheral yang ada dalam komputer supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Jadi Motherboard lah yang akan menghubungkan seluruh komponen yang ada di dalam komputer sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Motherboard juga menawarkan koneksi yang dapat kamu gunakan untuk mengkoneksikan komputer bersama komponen pendukung komputer lain, contohnya TV tuner card. Dengan adanya kemampuan ini menjadikan komputer bisa kamu upgrade sesuai kebutuhan kamu.

Jenis-jenis Motherboard

Motherboard dalam sistem komputer terbagi menjadi beberapa jenis yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

1. Motherboard AT/AT Baby

Motherboar yang pertama adalah motherboard AT (dikenal dengan nama AT Baby). Motherboard ini adalah jenis motherboard yang lama dan sudah tidak digunakan lagi saat ini karena sudah tidak cocok dengan hardware komputer yang ada saat ini.

Jika dibandingkan dengan motherboard ATX selaku motherboard penerusnya, motherboard yang pertama ini memiliki banyak kekurangan diantaranya: mudah panas dan ukurannya yang besar.

2. Motherboar ATX

Motherboard yang kedua adalah jenis Advance Technology Extended (ATX). Motherboard standar yang banyak dipakai oleh komputer di seluruh dunia ini adalah penerus dari motherboard AT yang mempunyai banyak kekurangan.

Motherboard ATX terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu meliputi:

  • Standar ATX. Adalah jenis motherboard ATX standar yang banyak dipakai oleh laptop dan komputer. Motherboard ini memiliki panjang 305 mm serta lebar 244 mm.
  • Micro ATX. Micro ATX memiliki bentuk yang micro yang lebih kecil daristandar ATX dan ATX lainnya. Micro ATX berukuran 244 mmx 244 mm, dan dengan ukuran yang kecil ini micro ATX cocok digunakan oleh notebook.
  • Flex ATX. Flex ATX adalah pengembangan dari micro ATX. Motherboardini menyediakan fleksibilitas ketika merancang komputer sehingga komputer dapat dapat didesain sesuai kebutuhan.
  • Mini ATX. Motherboard ini berukuran kecil layaknya micro PCX. Mini ATX berukuran panjang 284 mm dan lebar 208 mm. Motherboard ini banyak dipakai untuk PC kecil dan notebook kecil.

3. Motherboard BTX

Balanced Technology Extended (BTX) merupakan jenis motherboard yang menawarkan keseimbangan pada penggunaan sistem komputer. Keunggulan tersebut dapat kamu lihat pada keunggulan BTX dalam mengatur suhu, mampu mengoptimalisasi sirkulasi udara yang ada dalam komputer serra dapat mengendalikan panas.

Dilihat dari ukuran atau dimensinya, motherboard BTX dibedakan menjadi:

  • Standar BTX. Standar BTX motherboard memiliki ukuran yang standar, yaitu dengan 325 mm dan 267 mm untuk panjang dan lebarnya. Meskipun lebih besar dari ATX standar, BTX sntadar mampu menjaga sirkulasi panas dalam komputer sehingga meminimalisir terhadinya overheating.
  • Micro BTX. Micro BTX mempunyai ukuran serta keunggulan yang sama dengan standar BTX. Bedanya, micro BTX memiliki ukuran panjang 264 mm dan lebar 267 mm.
  • Pito BTX. Motherboard ini adalah versi mini dari BTX yang memiliki ukuran lebar 203 mm dan lebar 264 mm.

4. Motherboard ITX

Information technology Extended (ITX) memiliki ukura yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis ATX dan BTX. Motherboard ini cocok untuk dijadikan motherboard pada mini PC dan PC tablet yang berukuran kecil.

Motherboard ITX dibedakan menjadi 2, yaitu:

  • Mini ITX. Merupakan format ITX dengan ukuran yang kecil yang berbentuk persegi dengan masing-masing sisi yang memiliki panjang 170 mm. Motherboard ini sangat cocok untuk tablet PC dan mini PC.
  • Nano ITX. Nano ITX memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan mini ITX, yaitu berbentuk persegi dengan ukuran masing-masing sisinya 120 mm.

Komponen-komponen Motherboard

Motherboard terdiri dari berbagai macam komponen penyusunnya, diantaranya:

1. CPU Socket

Komponen ini disebut juga sebagai Socket Prosessor merupakan socket dimana prosesor dipasang. Setiap motherboard memiliki socket prosesor yang berbeda bergantung pada jenis prosesor yang digunakan.

2. BIOS

Merupakan memori permanen tempat menyimpan data seperti tanggal dan pengaturan komputer.

3. DRAM Slot Memori

DRAM Slot Memori atau lot RAM merupakan slot yang dipakai untuk memasang RAM pada motherboard. Slot RAM memiliki jenis berbeda sesuai dengan jenis RAM yang digunakan.

4. 20-pin ATX Power Connector atau Port Power

Berfungsi sebagai penghubung konektor power dari power supply ke  motherboard.

5. Fan Header

Berperan sebagai pemberi daya pada kipas yang telah tertancap pada heatsing processor serta untuk menyediakan tegangan pada kipas processor.

6. Port Integrated Drive Electronics (IDE)

Berperan untuk menghubungkan disk drive dan CD ROM jenis IDE.

7. USB Header

Berperan sebagai penghubung antara Front USB dan motherboard.

8. Southbridge

Adalah perangkat utama yang mengatur lalu lintas data antara processor dengan sistem serta motherboard komputer.

9. Northbridge (With Cooler)

Merupakan komponen pembantu Northbridge.

10. Slot PCI x1/ PCIe x1/ PCI x16

PCI Express x16: berguna agar kartu grafik memberikan hasil yang berkualitas.

Slot PCI: untuk menempatkan berbagai kartu plug-in, dibeberapa kartu ekspansi seperti kartu jaringan, modem dan lain-lain.

PCI x1: untuk memasang aksesoris seperti TV tuner, adapter nirkabel dan lain-lain.

11. Port Serial ATA (SATA)

Berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive pada komputer seperti harddisk, CD ROM jenis SATA.

12. Slot Accelerated Graphics Port (AGP)

Untuk memasang VGA Card/kartu grafik dengan jenis AGP.

13. Battery CMOS

Merupakan tempat menyimpan memori dari chip CMOS yang terdiri dari tanggal, waktu, jenis perangkat serta pengaturan lain khusus komputer.

Nah, demikian beberapa penjelasan mengenai motherboard mulai dari pengertian Motherboard, fungsi Motherboard, jenis Motherboard hingga komponen Motherboard secara sederhana agar yang bisa penulis bagi. Semoge bermanfaat.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.