Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol Flowchart Lengkap!!!

Simbol flowchart – Ketika saya berkumpul dengan teman-teman kuliah saya dari jurusan pendidikan elektro, saya sering sekali mendengar mereka berbicara soal flowchart. Mereka kerap membicarakan ini ketika mereka baru saja mendapatkan job pembuatan website atau aplikasi. Maklum saja, beberapa teman kuliah saya bekerja freelance sebagai programer.

Waktu itu saya bingung, maklum saya baru masuk ke dunia teknologi. Flowchart baru pertama kali saya dengar, maka saya sangat bingung mendefinisikan apa itu flowchart. Berbeda dengan sekarang ini. kali ini saya bisa menjelaskan apa itu pengertian flowchart beserta fungsi dan simbolnya.

Pengertian Flowchart

pengertian flowchart

Dalam membangun sebuah system, tahap awal yang musti kamu lakukan adalah perancangan system. Namun sebelum menuangkannya ke dalam program yang nyata, ada baiknya kamu membuat rancangan logis dari system tersebut. Suatu alat yang dapat membantu kamu kali ini bernama flowchart. Dengan menggunakan flowchart, kamu dapat menguraikan berbagai aktifitas yang terjadi.

Flowchart adalah gambar atau bagan yang mengidentifikasikan urutan dan hubungan antar proses beserta perintah yang dijalankan. Flowchart disini juga merupakan algoritma dari urutan program yang ibaratkan dalam bentuk symbol. Tentunya symbol-simbol ini mempunyai makna tersendiri terhadap proses tertentu.

Jadi dapat dikatakan bahwa flowchart adalah langkah awal dalam proses pembuatan program. Dimana nantinya diterjemahkan oleh programmer menjadi kode-kode program yang membentuk suatu system yang dapat membantu mengatasi masalah.

Fungsi Flowchart

fungsi flowchart

Setelah mengetahui pengertian flowchart diatas, sebenarnya kita sudha bisa membuat kesimpulan sendiri mengenai apa itu fungsi flowchart. Tetapi untuk lebih lengkap, saya akan menjelaskan apa saja fungsi flowchart. Flowchart lengkapnya mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:

1. Memastikan program mempunyai alurnya sendiri

Flowchart akan membantu seorang programmer melihat alur atau pola saat akan membuild program/ aplikasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya multifungsi dari program computer yang sedang dibuat dan dapat bekerja secara optimal

2. Melihat keseluruhan program

Dengan menggunakan flowchart juga akan membantu kamu melihat keseluruhan rangkaian program secara universal. Dengan begitu kamu akan lebih mudah melihat rancangan suatu program bagi siapapun.

3. Melihat proses sebuah program saat dijalankan

Masih berkaitan dengan fungsi flowchart sebelumnya. Flowchart juga dapat kamu gunakan untuk melihat proses-proses yang terjadi saat program dijalankan. Itu berarti bahwa kamu dapat melihat penjelasan dari setiap proses tersebut. Contohnya ketika kamu membuat aplikasi neraca keuangan yang didalamnya terdapat input penjualan. Nah dengan menggunakan flowchart, kamu akan melihat bagaimana input penjualan yang diperoleh lengkap dengan darimana data tersebut didapatkan.

4. Pedoman dalam menyusun atau membangun sebuah aplikasi

Fungsi flowchart yang terakhir adalah menjadi pedoman dalam penyusunan/ pengembangan sebuah aplikasi. Sebenarnya hampir mirip dengan fungsi flowchart pada umumnya, dimana program flowchart juga dapat digunakan buat kamu yang penasaran dengan alur/ proses sebuah program.

Simbol-Simbol Flowchart

Untuk bisa menggunakan sistem flowchart dengan baik, maka kamu harus menguasai simbol-simbol yang ada pada program flowchart. Berikut simbol yang ada dalam flowcart dan fungsinya:

1. Kelompok Flow Direction Symbol

simbol flowchart

2. Kelompok Processing Symbols

simbol flowchart2

3. kelompok Input-Output Symbol

simbol flowchart3

Simbol-simbol di atas penting untuk kamu pahami. Sebab jika kamu tidak memahami berbagai simbol di atas, kamu tidak akan pernah bisa membuat flowchart dengan baik. Lantas apa tujuan membuat flowchart?

Tujuan Membuat Flowchart

Jika ditanya apa itu tujuan membuat flowchart, maka jawabanya beragam. Hal ini karena tujuan pembuatan flowchart sangat tergantung dengan si pembuat. Tetapi yang pasti tujuan utama program flowchart ini adalah untuk menggambarkan suatu tahapan sederhana menyelesaikan masalah menggunakan symbol-simbol standar.

Jadi jika digunakan oleh seorang programer yang baru saja mendapatkan project pembuatan aplikasi atau website, maka flowchart yang ia buat berguna untuk memperjelas alur kerja pembuatan aplikasi atau website. Teman-teman saya sering melakukan hal ini.

Tetapi jika pengguna membuat flowchart untuk membuat program yang akan ia ajukan untuk pendanaan, secara otomatis tujuan pembuat flowchart adalah untuk mendapatkan atau membujuk calon investor aplikasi atau program.

Jenis-Jenis Flowchart dan Perbedaanya

Flowchart digunakan oleh para programer untuk memperjelas program atau aplikasi yang akan dibuat. Jenis program atau aplikasi yang beragam juga menuntut pembuatan flowchart yang berbeda-beda. Karena itu, jenis flowchart tidak hanya satu. Melainkan beragam. Mengenal jenis flowchart akan membantu kamu memahami mana jenis flowchart yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Minimal ada tiga jenis flowchart, yaitu:

  1. Flowchart Sistem (System Flowchart), yaitu jenis flowchat yang biasanya digunakan untuk menunjukan proses pekerjaan dalam system.
  2. Flowchart Dokumen (Document Flowchart), yaitu jenis flowchart yang digunakan untuk menggambarkan proses laporan dan formulir lengkap beserta tembusaannya.
  3. Flowchart Skematis yang disebut juga dengan Schematic Flowchart, adalah jenis flowchart yang biasanya digunakan untuk menggambarkan prosedur/ proses dalam system.
  4. Flowchart Program (Program Flowchart), jenis flowchart ini umumnya menjadi bagan alir yang menggambarkan tahapan proses suatu program.
  5. Flowchart Proses (Peocess Flowchart), jenis flowchart yang terakhir ini biasanya digunakan untuk melihat prosedur dalam proses produksi.

Setelah mengenal flowchart lebih dalam apa pendapat kamu? Apakah masih ragu untuk menggunakannya atau tidak? Dengan menggunakan flowchart pekerjaanmu akan lebih mudah dan sederhana. Selain pada ranah program atau aplikasi, flowchart juga bisa kamu gunakan untuk berbagai bidang lainya. Misalnya saja untuk kegiatan

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas mengenai pengertian flowchart beserta fungsi dan simbol flowchart lengkap. Semoga menambah khasanah pengetahuanmu dan see you.

Ada pertanyaan atau komentar?