Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk,-Flashdisk. Pasti itu adalah nama yang sangat akrab dengan kamu para kaum pelajar. Saya bahkan tak percaya bila kamu tak mengenalnya. Maklum saja, perangkat yang berukuran mini ini menjadi salah satu perangkat wajibnya kamu pelajar.

Ada banyak kegunaanya, tapi yang paling umum adalah untuk menyimpan data hasil kerja lalu mencetaknya di tempat fotocopy. Saya juga sering melakukanya semasa jadi mahasiswa.

Tapi ada beberapa hal yang tidak pernah saya pertanyakan sebelumnya kini menjadi pertanyaan, misalnya saja apa pengertian flashdisk? Apakah alat mungil itu hanya untuk menyimpan data saja? dan yang tak kalah penting apa kelebihan dan kekurangan perankat ini bila dibandingkan dengan media penyimpanan lainya.

Pengertian Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Setelah membaca beragam sumber, kini saya tahu apa itu pengertian flashdisk. Dari sumber-sumber yang saya baca, bisa disimpulkan bahwa USB flash drive atau yang lebih akrab disebut dengan flasdisk saja merupakan media penyimpanan data portable yang dapat dihubungkan ke suatu komputer atau laptop melalui port USB.

Pada awalnya, keberadaan flasdisk tidak terlalu vital karena ukurannya yang kurang dari ½ GB, bahkan lebih kecil dari ukuran CD atau DVD ROM saat ini (700 MB). Namun seiring perkembangan jaman, flashdisk menjadi wajib dimiliki semua orang untuk menunjang aktifitasnya seperti tugas kuliah dan pekerjaan. Hingga sampai saat ini flashdisk telah tersedia dengan ukuran besar yakni 64GB.

Saat ini keberadaan flashdisk memang lebih aksis ketimbang disket ataupun CD – ROM yang sudah mulai jarang ditemui. Karenanya telah tersedia beraneka ragam merk flasdisk yang membuat kamu bakalan memilih hardware satu ini ketimbang disket ataupun CD ROOM. Selain itu, ukuran flashdisk pun cenderung kecil dan simple, sehingga membuat orang-orang senang menggunakannya.

Flashdisk sendiri merupakan salah satu komponen hardware yang volatile. Dimana data yang tersimpan dalam falashdisk tidak akan hilang meskipun dicabut tanpa adanya aliran listrik. Seperti yang kamu ketahui bahwa terdapat beberapa memory internal computer terkadang data yang tersimpan akan hilang ketika listrik dimatikan.

Menggunakan flashdisk juga sangat efektif dan efisien karena data yang tersimpan dapat dirubah sesuai kebutuhan setiap saat.

Fungsi dan Manfaat Flashdisk

Setelah mengetahui pengertian flashdisk diatas, dapat diketahui bahwa flashdisk berfungsi sebagai alat untuk menyimpan beberapa data serta dapat memindahkan data dari satu tempat ke yang lain antara lain. Berikut fungsi dan manfaat flashdisk secara umum:

  1. Menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya ketika kamumenggunakan Open Office seperti untuk pengolah kata hingga database yang tersedia sebagai aplikasi portable.
  2. Flashdisk sebagai boot system operasi yang dibutuhkan untuk lebih dari sekedar menjalankan system operasi. Kamu dapat melakukan boot dari windows atau linux melalui USB flash drive.
  3. Menghubungkan jaringan nirkabel menggunakan Wireles Network Setup Wizard di Windows XP atau Windows Connect Now (WCN) agar kamu lebih cepat dan mudah menghubungkan satu komputer atau perangkat WCN-kompatibel.
  4. Manfaat flashdisk selanjutnya adalah membuat disk reset password yang berguna ketika kamu lupa password untuk account pada Windows yang bukan merupakan bagian domain. Dengan begitu kamu akan kembalai ke user account setelah melakukan reset password.
  5. Dengan menggunakan flasdisk kamu dapat meningkatkan kecepatan boot saat menjalankan Windows Vista dengan teknologi ReadyBoost sebagai memori cache tambahan hard disk.
  6. Flasdisk selain digunakan untuk menyimpan dan memindahkan dari computer satu ke yang lain, juga dapat mengelola drive. Nah kamu cukup menginstall Microsoft USB Flash Drive Manager, dengan begitu kamu sudah bisa menyalin data dari flasdisk ke drive dengan mudah.
  7. Jika kamu suka mendengarkan music, maka gunakan saja flashdisk untuk menyimpan semua jenis music yang kamu suka. Dengan begitu kamu dapat memutarnya dimanapun kamu berada seperti di kantor.
  8. Manfaat flasdisk selanjutnya adalah melindungi data dengan password. Jadi flasdisk dapat kamu gunakan untuk menyimpan data sensitive yang harus kamu lindungi menggunakan Rohos Mini Drive. Ini merupakan alat keamanan dengan membuat partisi pada drive rahasi kemudian menguncinya.
  9. Flasdisk juga dapat untuk menjalankan fungsi web lho. Dengan menggunakan flashdisk ini, kamu dapat dengan mudah menjalankan server yang mendukung PHP, Apache, Perl, dan MySQL.
  10. Manfaat flasdisk yang terakhir adalah untuk mengunci PC kamu. Caranya kamu hanya cukup menginstall Utilitas Freeware, dengan begitu kamu sudah bisa mengamankan seluruh data yang ada di PC karena secara otomatis telah terkunci.

Kelebihan dan Kekurangan Flashidisk

Seperti yang saya katakan sebelumnya, banyak user yang memiliki menggunakan flashdisk untuk berbagai keperluanya tentu tak lepas dari keunggulan flasdisk dibanding media lain. berikut beberapa kelebihan flashdisk:

  1. Kapasitas flashdisk untuk menyimpan data cukup besar, yakni 2 GB sampai 64 GB.
  2. Flashdisk mempunyai ukuran yang kecil dan cara penggunaannya simple.
  3. Flashdisk mempunyai harga yang cukup terjangkau, baik untuk anak sekolah maupun pekerja kantoran.

Selain kelebihan, flashdisk juga memiliki kekurangan. Misalnya saja Dibalik ukuran flasdisk yang kecil, kamu harus berhati-hati saat membawanya karena terindikasi kemungkinan hilang dan jatuh sangat besar. Selain itu kamu juga harus lebih waspada menaruh flashdisk ini, jangan sampai karena kamu lupa malah tidak sengaja dicuci.

Flashdisk juga mempunyai kapasistas penyimpanan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan memori eksternal, sehingga banyak orang yang masih memilih menggunakan memory eksternal daripada flasdisk untuk membackup data dalam jumlah besar.

Ada pertanyaan atau komentar?