Pengertian Email, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Cara Kerja Email

Pengertian Email – Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai lini kehidupan. Termasuk bagaimana cara berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Dahulu, komunikasi kita lakukan dengan tata muka dan menyampaikan pesan kita lakukan dengan berkirim surat.

Tapi berkat jaringan internet, kita bisa bertatap muka mesti tak ditempat yang sama. kita juga bisa mengirim pesan hanya dalam hitungan detik melalui jaringan email. Dan untuk kali ini, jurnalponsel tertarik mengulas segala hal tentang email. Kita awali pembahasan dengan apa itu email.

Pengertian Email dan Sejarah Singkat Email

Kamu mungkin sangat akrab dengan nama email, tapi tahukah kamu apa itu email? Email (Elektronik Mail) atau yang dalam bahasa Indonesis diterjemahkan sebagai Surat Elektronik adalah sarana menyampaikan surat (pesan) melalui media internet.

Pengertian Email dan Sejarah Singkat Email

Medianya bisa berupa smartphone atau komputer yang penting terhubung dengan jaringan internet. Menariknya, email jauh lebih dahulu digunakan sebelum internet digunakan secara luas. Walau memang saat itu email masih dalam fungsi yang sangat sederhana.

Awalnya email hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna komputer dengan memanfaatkan jaringan LAN (Local Area Network). Adalah John Vital yang pertama kali menemukan software untuk pengaturan Email pada 1975, sejak saat itu email bisa menyebar luas dan populer.

Sementara untuk program email yang bisa digunakan pertama kali adalah Eudora yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada 1988. Lalu pada 1991, bersamaan dengan ditemukanya WWW (World Wide Web), Email makin tersedia secara luas dan dapat dinikmati secara gratis. Saat itu tampilanya juga sudah userfriendly.

Fungsi dan Manfaat Email

Setelah tahu apa itu email, lalu apa fungsi dan manfaat email? Email memiliki beragam fungsi dan manfaat. Tergantung dari sudat pandang mana kita melihat email. Email bisa pula didefinisikan sebagai alamat resmi kita di dunia maya. Melalui email, kita bisa bergabung diberbagai media sosia, mengirim berbagai file dan lainya.

Nah dari sekian banyak fungsi dan manfaat email, ada beberapa yang paling utama, yaitu:

1. Untuk melakukan pengiriman pesan

Fungsi utama email adalah mengirim dan membalas pesan. Email jauh lebih efisien jika dibanding dengan mengirim pesan melalui kertas. Bahkan dari sekian banyak media pengirim pesan di internet, mengirim pesan melalui email dianggap jauh lebih sopan dan formal.

fungsi email pengiriman pesan

Bersama dengan pesan yang kita kirim, kita bisa pula melampirkan berbagai jenis file. Mulai dari video, foto, dokumen dan lain sebagainya. Cukup hanya dengan memiliki satu akun email, kita bisa lakukan semuanya. Jadi jika kamu belum memiliki akun email, silakan buat terlebih dahulu.

Jika kamu belum tahu bagaimana cara membuat email, silakan baca tulisan berikut:

Sementara kalau kamu tidak tahu bagaimana cara mengirim lampiran dengan email, silakan baca:

2. Untuk memiliki akun sosial media

Fungsi dan Manfaat Email

Meski kita bisa menggunakan nomor hp untuk mendaftarkan diri disebuah media sosial, tetapi mendaftarkan diri dengan email dinilai jauh lebih aman. Bahkan media sosial seperti facebook, bbm, twitter, dan lainya lebih dulu mengenal email sebagai cara mendaftar sebelum dikenal pula dengan nomor hp.

Bahkan satu-satunya cara untuk bisa mengakses Play Store di Hp android adalah dengan memiliki akun email terlebih dahulu. Jika kamu tertarik membuat media sosial facebook dan BBM dengan memakai email, silakan baca:

3. Untuk mendaftar Paypal

Yang tak kalah penting, email adalah sarana yang bisa kita gunakan untuk mendaftarkan diri di PayPal. Apa itu Paypal? PayPal adalah rekening online yang diakui secara internasional. Melalui PayPal kita bisa transfer ke berbagai negara di dunia dan satu-satunya cara untuk mendaftarkan diri di PayPal adalah memiliki email terlebih dahulu.

kegunaan email

Selain tiga fungsi utama di atas, tentu saja masih ada banyak fungsi email lainya. misalnya untuk akun di ponsel, Play Store dan lain sebagainya.

Jenis dan Cara Kerja Email

Barangkali email yang kamu kenal adalah Yahoo mail dan Gmail. Padahal Yahoo mail dan Gmail adalah jenis Web based mail. Sementara untuk jenis-jenis email yang sebenarnya bukanlah itu. Jenis email terdiri dari:

1. Pop Mail (email berbasis POP)

Pop Mail atau E-mail berbasis POP (Post Office Protocol) adalah email yang menggunakan server pop. Cara kerja jenis email ini adalah dengan menyimpan semua email pengguna ke sebuah server di direktori penyimpanan. Ketika pengguna menghubungi server, email akan secara otomatis dikirim ke computer client.

jenis email

 

Begitu juga ketika pengguna mengirim email, maka e-mai akan terkirim ke server pop terlebih dahulu untuk selanjutnya diteruskan ke alamat e-mail yang dituju. Sederhananya, ini adalah email dari komputer ke komputer lain dengan basis POP. Jenis email ini contohnya: Eudora, MS Outlook Express, Netscape Communicator, Pegasus dll.

Kalau ibarat orang mengirim surat, suratnya sudah diantar pak pos ke rumah kamu. Jadi untuk membuka surat yang kamu terima, kamu tidak perlu datang ke kantor pos lagi, beda dengan Gmail atau Yahoo mail yang mengharuskan kamu ke kantor pos lagi (login ke mail.google.com).

2. Web based mail ( e-mail berbasis web)

Mungkin ini adalah jenis yang paling akrab untuk kamu. Web based e-mail merupakan jenis layanan e-mail dalam bentuk halaman web. Jadi kamu yang ingin mengakses jenis email ini harus terlebih dahulu masuk ke web penyedia jasa email tersebut. Termasuk juga bila ingin memeriksa email masuk dan mengirim pesan email.

jenis email

Untuk jenis email Web based e-mail contohnya adalah yang biasa kita gunakan, misalnya Yahoo mail, Gmail, Hotmail, Microsoft (Outlook.com) dan lain sebagainya.

3. Email Forwarding

Dari namanya E-mail forwarding kita mungkin bisa menebak jenis email apa ini., E-mail forwarding merupakan email yang memberikan layanan untuk meneruskan e-mail yang diterima, ke alamat e-mail tujuan. Biasanya, jenis email ini sangat bermanfaat untuk yang suka gonta ganti email.

Sederhanya, kamu memiliki banyak akun email, tetapi kamu ingin bila ada pesan masuk ke salah satu akun email kamu, kamu berharap pesan tersebut masuk ke email utama kamu. misalnya kamu punya akun email: [email protected], [email protected]  dan seterusnya sampai [email protected]

Kamu bisa mengatur semua pesan yang masuk ke [email protected] sampai dengan [email protected] diteruskan pula secara otomatis ke alamat email utama kamu, misalnya [email protected]

Dengan begini, kamu seharusnya sudah tahu tentang apa itu email, fungsi dan manfaatnya serta jenis dan cara kerjanya. Semoga kamu bisa memanfaatkan email dengan baik.

Ada pertanyaan atau komentar?