Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis Data, Fungsi Data dan Contohnya)

Tentu sudah tidak asing lagi kan mendengar kata data. Ya, ketika mendengar kata data biasanya langsung terbesit dalam benak kamu bahwa data merupakan sekumpulan angka, atau bahan-bahan yang penting sebagai sumber dari sebuah informasi.

Dari yang terlintas pada benak kamu itu adalah benar, dan juga dapat dikatakan bahwa itu pengertian data dari berbagai macam pandangan orang-orang. Nah, biar lebih jelas dan mantap mengenai apa itu data, bagaimana jenis-jenisnya, serta apa fungsi dan contohnya. Yuk, langsung saja simak penjelesan berikut ini.

Pengertian Data

Data berasal dari kata bentuk jamak yaitu datum (bahasa latin) yang memiliki arti sesuau tang diberikan. Sedangkan menurut istilah data berarti merupakan sekumpulan informasi atau keterangan-keteterangan yang di dapatkan dari kegiatan pengamatan, informasi yang terkandung dalam data itu bisa berupa angka, lambang, symbol, ataupun sifat.

Data ini perlu di olah agar menghasilkan suatu informasi yang benar adanya, oleh karena itu jika kamu telah memperoleh sebuah data, kamu belum dapat mengambil kesimpulan ataupun mengetahui secara jelas apa isi dari informasi yang terkandung dalam sebuah data tersebut. Karena data itu masih berupa barang mentah, kalau di ibaratkan sebagai bahan-bahan dalam membuat makanan.

Nah, untuk menghasilkan suatu makanan yang jelas dan lezat, maka perlu dimasak dengan ditambahkan bumbu dan menggunakan alat yang tepat pula. Hal ini sama saja dengan data (bahan mentah).

Pengertian Data Menurut Para Ahli

 

Setelah kamu mengetahui pengertian data dari asal kata dan pengertian secara umum, berikut ini pengertian data menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

1. Kristanto

Kristanto mengartikan data sebagai suatu fakta. Kemudian dijelaskan pula bahwa fakta tersebut didapat dari suatu objek tertentu yang dapat mengurangi tingkat ketidakpastian terhadap suatu keadaan ataupun kejadian.

2. Zulkifli AM

Menurut Zulkifli A M, menyatakan bahwa suatu bukti atas kejadian ataupun sebuah keterangan yang masih mentah (belum diolah) sehingga belum dapat menghasilkan sebuah informasi yang jelas

3. Anhar

Anhar menyatakan data dalam bahasa Inggris yaitu think known or assumed yang artinya bahwa data adalah sesuatu yang dianggap atau diketahui.

4. Arikunto

Menurut Arikunto menyatakan bahwa data adalah sebuah fakta yang berupa aangka-angka yang disusun untuk dijadikan sebuah informas yangi penting.

Dari pengertian menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa data adalah sekumpulan bahan untuk dijadikan suatu informasi yang berupa (angka, fakta, dan lain sebagainya) yang harus diolah agar menghasilkan suatu informasi yang berguna terhadap suatu kejadian atau keadaan.

Jenis-Jenis Data

Data ini ada banyak jenisnya, baik dilihat dari sifaatnya, sumbernya ataupun waaktu pengambilannya. Apa saja jenis-jenis data tersebut? Yuk, mari kita lihat ulasan berikut ini.

1. Data berdasarkan sumbernya

Data berdasarkan sumbernya, dibagi lagi menjadi dua, yaitu:

  • Data primer, yang dimaksud dengan data primer adalah data yang di peroleh dengan cara langsung mendatangi sumber data tersebut. Data primer juga disebut dengaan data baru dan asli. Biasanya data primer ini didapatkan dari pengisian kuesioner atau angket bagi orang yang sedang melakukan penelitian.
  • Data sekunder, yang dimaksud dengan data sekunder adalah data yang di dapatkan dari sumber data yang telah ada. Misalnya di perpustakaan, mengambil dari jurnal ataupun laporan, dan lainnya.

2. Data berdasarkan sifatnya

Data berdasarkan sifatnya ini dibagi lagi menjadi 2, yakni:

  • Data kuantitatif, yaitu data yang berupa bilangan ataupun angka-angka. Sedangkan,
  • Data kualitatif, adalah data yang berupa pernyataan verbal, gambar, ataupun simbol-simbol.

3. Data berdasarkan waktu pengambilannya

Jenis data yang terakhir, adalah data berdasarkan waktu pengambilannya, dimana data ini juga dibagi menjadi 2 yakni:

  • Data berkala, yaitu data yang dijumpai pada saat melakukan survey. Misalnya data survey penduduk dalm satu tahun terkahir.
  • Data cros section, yang dimaksud dengan data cros section adalah data yang diperoleh setelah menyelesaaikan kegiatan tertentu. Misalnya data nilai UN siswa yang diperoleh setelah pelaksanaan ujian Nasional.

Fungsi Data

 

Suatu data tentunya memiliki beberapa fungsi atau kebermanfaatan, fungsi data tersebut antara lain:

1. Sebagai dasar perencanaan

Adanya data yang valid maka seseorang atau sebuah organisasi dapat membuat perencanaan atas dasar data yang telah dimilikinya. Karena data-data terseebut berisi mengenai suatu fakta terkait kejadian yang perlu dianalisis dengan benar.

2. Alat pengendali suatu aktivitas

Kenapa data berfungsi sebagai alat pengendali? Karena dengan adanya dat yang real atau asli dan benar, maka dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menjalankan atau mengendalikan suatu aktivitas, hal ini tentunya untuk meminimalisir jalanya aktivitas dari ketidaksesuaian visi dan misi yang telah  ditetapkan.

3. Sebagai bahan pengambilan keputusan

Data juga berfungsi sebagai bahan pengambilan keputusan, karena dengan adanya data maka seseorang atau tingkatan manajemen tertinggi dalam sebuah perusahaan dapat membuat dan mengambil keputusan untuk melanjutkan jalannya organisasi. Karena dengan data tersebut juga dapat diketahui langkah apa yang harus dibuat agar keputusan yang diambil tidak merugikan pihak-pihak yang terlibat.

4. Alat evaluasi

Fungsi data yang terkahir yakni data sebagai alat evaluasi, fungsi ini biasanya diperoleh  dari riset atau penelitian yang telah dilakukan terhadap suatu objek. Dengan adanya hasil data yang telah diolah, maka pimpinan atau manajemen puncak dapat mengevaluasi kinerja atau objek yang telah diteliti tersebut ke arah yang lebih baik lagi demi tercaoainya tujuan yang telah ditetapkan.

Contoh Data

Agar kamu lebih jelas mengenai apa itu data, berikut contoh data dan pengimplementasiannya:

  1. Misalnya seorang akuntan akan membuat laporan keuangan, oleh karena itu si akuntan tersebut perlu melihat record transaksi perusahaan agar dapat menhasilkan laporaan keuangan yang jelas. Record transaksi perusahaan inilah contoh dari suatu data. Karena record transaksi perusahaan belum mengandung suatu informasi yang berguna.
  2. Contoh data yang kedua, yaitu misalnya rekap presensi karyawan PT X yang mana ada seorang atau lebih karyawannya yang tidak hadir selama 10 hari dalam satu bulan. Rekap presensi karyawan tersebutlah salah satu contoh data.

Nah itulah hal-hal yang berkaitan dengan data. Pengertian data bisa saja berubah makna bila kita kaitkan dengan komputer atau menjadi data komputer. Data itu diperoleh dari sejumlah penelitian. Kamu bisa baca tulisan lain soal metode pengumpulan data. Bila masih bingung, silakan tulis di kolom komentar.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *