Pengertian Dan Teknik Cara Menggiring Bola Basket

Bola basket merupakan salah satu permainan bola yang banyak diminati, terutama di Amerika sana. Pamornya lebih prestisius dibanding sepakbola. Hal ini tak lepas dari karakteristik permainan bola basket yang lebih kompetitif karena tempo permainannya relatif lebih cepat.

Ada banyak teknik permainan bola basket yang harus diperhatikan oleh semua pemainnya. Salah satu teknik paling penting dalam permainan bola basket yaitu teknik menggiring bola basket atau dribbling.

Pengertian Menggiring Menggiring Bola (Dribbling)

Pengertian Menggiring Menggiring Bola (Dribbling)

Berbeda dengan sepak bola, bola dalam bola basket digiring dan dimainkan dengan menggunakan tangan. Tujuanya untuk membawa bola ke depan atau ke area lawan sebelum memasukkanya ke dalam keranjang. Teknik menggiring atau dribbling dilakukan dengan cara memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau bergantian.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggiring bola adalah kontrol dan melindungi bola agar tidak direbut oleh anggota tim lawan. Pemain bola basket juga bisa memanfaatkan tubuhnya untuk melindungi bola tersebut. Selain itu, juga harus diperhatikan:

  • Kontrol jari tangan yang baik agar bola bisa terarah dengan baik. terutama agar bola yang dipantulkan bisa dikontrol dengan baik dan tidak terlepas atau direbut oleh pemain lawan.
  • Posisi tubuh tetap rendah atau agak membungkuk untuk mengatur keseimbangan tubuh. Tujuanya agar bola tidak terlepas dan lawan tidak bisa merebutnya.
  • Posisi kepala tetap tegak agar bisa mengetahui arah lawan sehingga bola tidak bisa direbut. Sekaligus juga untuk mengetahui posisi anggota tim sebelum memutuskan untuk mencetak angka sendiri atau mengopernya pada anggota tim.

Dribbling dalam basket itu ada aturanya sendiri. Ada batasan waktu yang harus dipatuhi oleh pemain. Tidak boleh pemain memegang bola tanpa memantulkanya ke lantai.

Baca juga : Istilah Dalam Permainan Bola Basket

Teknik Cara Menggiring Bola Basket

Teknik cara menggiring bola basket yang tepat harus diperhatikan pemain. Tujuanya agar bola yang digiring pemain tidak mudah lepas sehingga direbut oleh pemain lawan. Selain itu juga agar tidak terjadi pelanggaran dan kesalahan dalam bola basket. Berikut teknik cara menggiring bola dalam bola basket tersebut.

1. Teknik Menggiring Bola Basket atau Dribbling Rendah

Teknik menggiring rendah biasanya dilakukan saat ingin menggiring bola demi menghindari anggota tim lawan. Tujuannya yaitu untuk melindungi bola agar tidak bisa direbut oleh tim lawan. Cara menggiring bola basket atau dribbling rendah yaitu:

  • Kaki dibuka selebar bahu dengan salah satu kaki berada di depan kaki lainnya
  • Lutut agak dibengkokkkan supaya badan bisa agak condong ke depan
  • Pantulkan bola basket menggunakan tangan pada ketinggian di antara lutut dan pinggang pemain
  • Bawa bola sambil bergerak maju, ke kanan, atau ke kiri sesuai dengan arah yang dituju sambil berjalan atau berlari

2. Teknik Menggiring Bola Basket atau Dribbling Tinggi

Teknik menggiring bola tinggi biasanya dilakukan saat posisi pemain jauh dari jangkauan anggota tim lawan. Cara menggiring bola basket atau dribbling tinggi yaitu:

  • Kaki dibuka selebar bahu dengan posisi kedua kaki sejajar
  • Pantulkan bola di sebelah kiri apabila menggunakan tangan kiri, dan sebaliknya
  • Pantulan bola menggunakan tangan dengan posisi tangan rileks saat mendorong bola. Jari-jari tangan tetap terbuka disertai sentakan di akhir gerakan
  • Bola dipantulkan dengan ketinggian di antara pinggang dan bahu pemain
  • Bawa bola sambil bergerak maju, ke kanan, atau ke kiri sesuai dengan arah yang dituju sambil berjalan atau berlari

3. Teknik Spin Dribble

Teknik cara menggiring bola berikutnya adalah teknik spin dribble yang dikenal juga dengan nama reverse dribble atau roll dribble. Menggiring bola basket menggunakan teknik spin dribble memang agak sulit. Untuk itu, pemain harus banyak berlatih agar memiliki kemampuan yang cukup.

Teknik ini dilakukan dengan cara mengganti arah bola dan memantulkan bola secara bergantian dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Memantulkan bola dengan teknik ini harus dilakukan dengan cepat saat mendorong bola dan berputar mengelilingi pemain lainnya di lapangan.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Basket

4. Teknik Between The Legs Dribble

Teknik lanjutan berikutnya untuk menggiring bola dalam permainan bola basket yaitu teknik between the legs dribble. Teknik ini dilakukan dengan menempatkan bola berada di depan kaki pemain. Karena teknik ini cukup sulit, untuk bisa melakukannya pemain harus banyak berlatih.

Between the legs dribble dilakukan dengan cara memindahkan bola basket secara bergantian dari satu tangan ke tangan yang lainnya melewati celah di antara kaki pemain. Teknik ini dilakukan jika pemain sedang dijaga dengan ketat oleh pemain tim lawan atau jika ingin mengganti arah.

5. Teknik Behind the Back Dribble

Teknik menggiring bola basket berikutnya yang membutuhkan kemampuan khusus yaitu teknik behind the back dribble. Teknik ini memang cukup sulit sehingga untuk bisa melakukannya pemain harus banyak berlatih.

Behind the back dribble menempatkan bola basket di belakang tubuh pemain. Tujuannya agar bola tersebut tidak mudah dijangkau dan direbut oleh pemain tim lawan. Bola awalnya dibawa ke bagian belakang tubuh, lalu dipantulkan ke depan tubuh pemain.

Selanjutnya, bola tersebut diterima oleh tangan pemain yang satunya. Teknik ini juga bisa dilakukan saat pemain ingin mengganti arah agar bisa terbebas dari jangkauan pemain tim lawan.

6. Teknik Crossover Dribble

Menggiring bola basket juga bisa dilakukan dengan teknik cara crossober dribble yang dilakukan dengan gerakan pemain pada posisi menyilang. Hal ini dilakukan untuk bisa mengecohkan pemain tim lawan.

Dengan gerakan yang menyilang, pemain tim lawan akan merasa kesulitan untuk menebak arah bola yang dibawa. Sehingga, teknik ini cocok dilakukan untuk pemain yang sedang dalam posisi bertahan.

Baca juga : Permainan Bola Voli

Permainan bola basket bukanlah permainan yang sederhana. Ada banyak teknik cara menggiring bola basket yang bisa dipelajari agar meningkatkan kemampuan pemain.

3 Replies to “Pengertian Dan Teknik Cara Menggiring Bola Basket”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.