Pengertian Sistem Komputer, Fungsi dan Komponen-komponen Sistem Komputer

4 min read

Kamu tentu saja sudah tahu komputer. Meski bila ditanya apa itu komputer, bisa jadi kamu masih kesulitan menjelaskanya. Pada zaman seperti sekarang ini komputer menjadi salah satu teknologi yang sudah sangat dekat dengan kita.

Ada banyak sekali kegiatan manusia yang saat ini dipermudah oleh hadirnya komputer. Mulai dari pekerjaan yang sederhana seperti kasir di toko hingga pekerjaan yang kompleks sekalipun. Komputer mampu menyelesaikanya.

Mungkin kamu juga sudah pernah mendengar sistem komputer. Sistem komputer tidak sama persis dengan komputer itu sendiri. Walaupun memang, dalam sistem komputer pasti melibatkan komputer di dalamnya. Namun banyak orang yang salah mengartikannya menjadi hal yang sama.

Padahal komputer dan sistem komputer memiliki perbedaan. Dimana sih perbedaaannya? Untuk memahami hal tersebut tentu kita harus paham dulu apa itu sistem komputer dan elemen penyusunnya sehingga bisa dikatakan sebagai sebuah sistem.

Pengertian Sistem Komputer

pengertian sistem komputer

Sistem komputer merupakan kombinasi dari komponen komputer yang bekerjasama membentuk sebuah sistem untuk melakukan tugas tertentu. Adanya banyak komponen yang bekerja secara bersama itulah yang kemudian bisa membuat komputer bekerja seperti apa yang dikehendaki penggunanya sebagai sebuah sistem.

Kombinasi dan juga kerjasama dari berbagai komponen yang ada itulah yang membentuk sistem komputer. Untuk bisa dikatakan sebagai sebuah sistem, masing-masing komponen penyusun harus memiliki peran yang jelas, saling terhubung dan tidak terpisahkan.

Menurut wikipedia:

Sistem komputer diartikan sebagai sebuah jaringan elektronik yang saling bekerjasama, terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan tugas tertentu. Tugas itu bisa berupa menerima input, menyimpan perintah-perintah, memproses input, dan menyediakan output yang melibatkan komputer di dalamnya.

Sistem komputer tentu saja berbeda dengan komputer itu sendiri. Komputer sendiri merupakan perangkat yang sudah terhubung menjadi satu. Biasanya terdiri dari input, output, dan prosesor. Perangkat kerasnya seperti monitor, keyboard, CPU, dan sebagainya itulah yang akhirnya kita kenal sebagai komputer. Ini sangat berbeda dengan yang disebut dengan sistem komputer.

Biar tahu lebih dalam tentang apa itu komputer, silakan baca tulisan saya yang ini: Pengertian Komputer, Fungsi, dan Jenis Komputer Lengkap

Sisitem komputer sendiri tidak memiliki wujud fisik yang bisa kamu lihat dan juga kamu sentuh keberadaaannya. Itu karena seperti yang sudah saya jelaskan bahwa sistem komputer itu sendiri merupakan kombinasi dari berbagai perangkatnya. Ingat, sistem komputer adalah kombinasi perangkat yang bekerjasama, tapi bukan merupakan perangkat komputer saja.

Kesimpulan:

Maka dari itu, sistem komputer bisa dikatakan sebagai sebuah konsep yang abstrak dan tidak memiliki wujud. Akan tetapi, meskipun tidak memiliki wujud, berjalannya sistem komputer merupakan hal yang sangat penting untuk pengoprasian komputer.

Pengertian sistem komputer menurut para ahli

sistem komputer menurut para ahli

Tidak terlalu banyak para ahli yang mengungkapkan tentang apa itu sistem komputer. Banyak ahli lebih focus pada komputer seperti Jhon J. Longkutoy pernah mengatakan bahwa komputer itu bisa diartikan sebagai alat atau mesin pemecah persoalan, pengolah data yang dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga berguna bagi usernya.

Fungsi Sistem Komputer

Fungsi Sistem Komputer

Sistem komputer memiliki peran yang sangat vital bagi berlangsungnya penggunaan komputer. Oleh karena itu, penting juga bagi kamu untuk mengetahui fungsi sistem komputer. Dengan mengetahui fungsi sistem komputer maka kamu akan tahu betapa pentingnya keberadaan sistem komputer ini. Berikut ini fungsi sistem komputer:

1. Input data

Fungsi input merupakan fungsi memasukkan data dari penngguna ke komputer.jadi ketika pengguna memasukkan sebuah perintah, maka sistem akan bekerja untuk membuat perintah yang kamu masukkan sebagai data dapat di proses oleh komputer.

2. Proses data

Fungsi proses adalah dimana sistem mengolah data yang simasukkan ke dalam komputer. Jadi setelah data yang kamu masukkan diterima oleh komputer, maka komputer dengan segala sistem yang ada di dalamnya akan mengolah perintah yang kamu berikan.

3. Menghasilkan data

Fungsi ini setelah data di proses, sistem komputer akan mengahasilkan data baru dari data yang diproses tersebut. Fungsi ini merupakan fungsi lanjutkan dari proses pengolahan data. Jadi setelah data diolah oleh komputer, akan ada komponen lain yag menghasilkan data untuk ditampilkan.

4. Menyimpan data

Setelah data dihasilkan, selanjutnya data tersebut dapat disimpan agar bisa dibuka kembali lain waktu. Ini bertujuan untuk membuah data yang kamu masukkan aman dan masih bisa kamu gunakan di kemudian hari.

Elemen/Komponen Utama Pada Sistem Komputer

Sistem komputer sendiri memiliki berbagai komponen utama yang sangat penting keberadaannya demi berjalannya sistem komputer yang baik. Tanpa keberadaan salah satu komponen utama ini tentu saja sistem komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, kamu juga perlu mengetahui komponen utama apa saja yang harus dimiliki suatu sistem komputer agar suatu sistem komputer dapat terwujud.

Elemen utama pada sistem komputer dibagi setidaknya menjadi tiga bagian. Berikut ini elemen utama yang harus dimiliki sistem komputer:

1. Brainware (User)

Elemen/Komponen Utama Pada Sistem Komputer

Brainware atau bisa kita sebut perangkat otak adalah manusia atau pengguna komputer itu sendiri. Brainware bisa pula disebut sebagai user. Jadi, ketika kamu menggunakan sebuah komputer maka sebenarnya kamu yang menjadi pengguna komputer itu sendiri juga menjadai bagian dari sistem komputer tersebut. Saat kamu mengetiki di Microsoft word, atau mungkin bermain game misalnya, maka kamu menjadi brainware dari komputer tersebut.

Maka dari itu, brainware secara sederhana bisa kita sebut sebagai pengguna komputer tersebut. Keberadaan brainware menjadi sangat penting karena tentu saja komputer tidak mungkin berjalan sendiri tanpa dioprasikan oleh pengguna.

2. Hardware

Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah perangkat yang memiliki wujud fisik. Perangkat ini adalah berbagai benda komputer yang anda gunakan. Misalnya monitor, mouse, keyboard, dan CPU. Semua komponen tersebut merupakan bagian dari elemen hardware komputer.

Hardware pada sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:

  • Processing Unit (CPU)
    Processing Unit atau CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pusat pengolahan data dan mengontrol semua perangkat internal ataupun eksternal yang terhubung pada komputer. Jadi bisa dikatakan perangkat ini merupakan otak dari komputer. CPU akan melakukan komunikasi dengan komponen input, output dan storage untuk melaksanakan data atau perintah yang di masukkan.
  • Input Unit
    Input Device adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contohnya adalah:
    1. Keyboard
    2. Pointing Device
    3. Mouse
    4. Touch screen
    5. Digitizer Grapich Tablet
    6. Scanner
    7. Microphone
  • Output Unit
    Output Device adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menampilkan informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan di sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), gambar, suara atau berupa video.. Contohnya antara lain adalah :
    1. Monitor
    2. Printer
    3. Speaker
  • Storage Unit
    Instruksi yang telah dimasukkan pada sistem komputer melalui input unit selanjutnya akan simpan di unit storage sebelum benar-benar mengalami pemrosesan. Begitu juga dengan hasil dari data yang telah selesai diproses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada Storage Unit sebelum dipindahkan pada Output Unit. Storage Unit terbagi menjadi dua yaitu:
    1. Internal Storage
    2. External Storage

3. Software

sistem komputer

Software sendiri juga dikenal sebagai perangkat lunak. Disebut perangkat lunak karena tidak seperti hardware, software tidak memiliki bentuk fisik. Bisa dikatakan software adalah perangkat yang berisi perintah atau intruksi yang bisa dipahami komputer.

Software dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis kategori, misalnya seperti:

  • Operating System (Sistem Operasi)
    Sistem Operasi komputer merupakan program dasar komputer yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Bisa juga dikatakan sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk melakukan kontrol perangkat keras yang memungkinkan terjadinya interaksi antara perangkat keras dengan jenis software yang lain. Contoh sistem operasi komputer misalnya:
    1. Microsoft Windows
    2. Linux
    3. Mac OS
  • Program Aplikasi (Aplication Program)
    Program aplikasi adalah kategori software yang dipakai untuk membantu pekerjaan pengguna komputer untuk mengolah berbagai macam data. Perangkat lunak umumnya dinstall sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer tersebut. Contoh adalah
    1. Microsoft Excel
    2. Microsoft Word
    3. Microsoft Access
    4. Photo Shop
    5. Web browser
    6. Game dan masih banyak yang lain
  • Utility Program (Program Tambahan )
    Utility Program atau software adalah software yang mempunyai fungsi untuk menjaga dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhadapan langsung dengan hardware. Contohnya antara lain:
    1. Data recovery,
    2. Disk Defragmenter
    3. Sceensever
    4. Backup
    5. anti-virus dan lain-lain.
  • Language Program (Bahasa Pemerograman )
    Language Program adalah bahasa yang dipakai oleh pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, bisa juga dikatakan sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain PHP, Java, Python dan lain-lain.

Akhirnya, lengkap sudah apa yang bisa saya jelaskan mengenai sistem komputer. Jika dilihat dari komponen penyusunnya, maka yang membedakan sistem komputer dengan komputer adalah user atau Brainware.

Jadi pada sistem komputer, kita sebagai pengguna masuk ke dalam sistem. Tanpa adanya perintah yang diberikan oleh pengguna, sistem komputer tidak akan bisa berjalan.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Ketahui Penyebab Beserta Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat

Laptop, alat canggih yang rasa-rasanya dimiliki hampir setiap orang. Fungsinya yang beragam membuat piranti ini begitu penting keberadaanya. Mulai dari pelajar, karyawan, pengusaha, dan...
litalia
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *