Pengertian Dan Fungsi Google Drive

Google adalah tuan tanah di internet. Sebagai tuan tanah yang baik, google membagikan ruang pada seluruh tamu yang berkunjung ke rumahnya. Ruang tersebut bernama Google Drive. Di ruang tersebut, kamu sebagai tamu bebas berbuat apa saja. Ruang tersebut boleh kamu isi dengan sejumlah file dan dokumen sampai penuh.

Asalkan masih dalam batas tertentu, kamu bisa dapatkan secara gratis. Kalau kamu butuh ruang tambahan, kamu bisa menyewanya dari Google. Jenis file yang bisa kamu taruh di ruang bernama Google Drive tak terbatas jenisnya. Hampir semua jenis file bisa kamu simpan di dalamnya. Ruangnya pun memiliki kunci yang hanya kamu katahui sebagai pemilik.

Dari sedikit cerita di atas, bisakah kamu simpulkan apa itu Google Drive? Dan apa saja kegunaan Google Drive yang bisa kamu manfaatkan? Nah, kali ini akan dijelaskan dengan detail untukmu mengenai apa sebenarnya Google Drive beserta fungsinya agar kamu bisa memaksimalkan manfaatnya.

Pengertian Google Drive

Pengertian google drive

Google Drive merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google untuk menyimpan file atau dokumen. Layanan ini bisa kamu nikmati secara gratis maupun berbayar, bergantung pada jumlah kapasitas memori dari dokumen yang kamu simpan.

Google Drive menyediakan kapasitas memori yang bisa kamu nikmati secara gratis sebesar 5 GB. Meski begitu, kamu juga masih tetap bisa menambahkan dokumen yang ingin disimpan di Google Drive dengan menggunakan layanan berbayar.

Sementara itu menurut sumber lain seperti Wikipedia, Google Drive merupakan layanan penyimpanan dalam jaringan (daring/online) kepunyaan Google yang telah diluncurkan sejak 24 April 2012. Google Drive yang kamu lihat saat ini, sebenarnya merupakan hasil perubahan dari fitur Google sebelumnya yaitu Google Docs.

Jadi, setiap URL yang tadinya digunakan untuk mengakses Google Docs, akan dialihkan secara langsung ke menu atau fitur Goole Drive. Artinya bahwa URL docs.google.com akan digantikan dengan URL drive.google.com setelah diaktifkan.

Fungsi Google Drive

Fungsi google drive

Sebagai salah satu layanan unggulan dari Google, Google Drive tentu memiliki fungsi yang bisa kamu manfaatkan. Karena itulah, sudah banyak orang yang kemudian menggunakannya. Kamu tidak hanya bisa memanfaatkan Google Drive untuk menyimpan data saja, melainkan ada banyak fungsi lain yang dimiliki Google Drive.

Agar kamu tahu apa saja fungsi yang dimiliki Google Drive, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini. Beberapa fungsi dari Google Drive yang harus kamu tahu antara lain:

1. Menyimpan Data

Menyimpan file atau dokumen, merupakan fungsi utama yang paling menonjol dari Google Drive. Kamu bisa menyimpan file dalam bentuk apa saja, seperti foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video, dan lain sebagainya.

Data yang bisa kamu simpan di Google Drive merupakan data yang dibuat melalui menu Google Drive secara langsung. Kamu juga bisa menyimpan dokumenmu yang kamu buat dengan menggunakan aplikasi lain di luar Google Drive.

2. Membuat dan Mengedit Dokumen

Selain digunakan untuk menyimpan data, Google Drive juga memungkinkan kamu sebagai user untuk membuat lembar kerja baru. Kamu juga bisa mengedit dokumen yang telah tersimpan di Google Drive. Kamu tetap bisa mengedit dokumen tersebut meskipun sebelumnya dokumen itu kamu buat dengan menggunakan aplikasi lainnya.

Bagi kamu yang berniat untuk membuat dokumen presentasi, kamu juga bisa membuatnya di Google Drive. Ini karena Google Drive juga punya menu untuk membuat slide presentasi yang bisa kamu akses kapan saja.

3. Mengakses Fitur Google Lainnya

Google Drive juga menyediakan link atau tautan yang memungkinkan kamu untuk mengakses fitur Google lainnya. Jadi kamu bisa mengakses berbagai layanan Google yang lain seperti Gmail, Google Browser, Google Plus, dan aplikasi Google lainnya melalui Google Drive ini.

Video dan foto yang kamu simpan dalam Google Drive akan tersimpan dan tersingkronisasi juga secara otomatis di Google Plus. Selain itu, data yang kamu buat di Google Drive juga akan tersimpan secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu lagi menyimpannya secara manual.

4. Mengakses Filemu Di mana Saja

File atau dokumen yang kamu simpan di Googe Drive bisa kamu akses menggunakan berbagai perangkat seperti telepon pintar, tablet, ataupun komputer. Jadi, di mana pun dan ke mana pun kamu pergi, kamu tetap bisa dengan bebas mengakses file-file tersebut.

Tentu saja aktivitas tadi dapat kamu lakukan jika kamu telah terhubung dengan koneksi internet. Bahkan dengan hadirnya Google Drive, kamu tidak perlu lagi repot untuk menyimpan data dalam USB ketika akan menggunakannya untuk keperluan presentasi ataupun keperluan lainnya.

5. Berbagi File dan Folder yang Kamu Miliki

Fungsi dari Google Drive yang lainnya ialah kamu bisa berbagi file atau dokumen yang kamu miliki. Melalui Gogle Drive, kamu bisa dengan cepat mengundang orang lain untuk melihat, mengunduh, serta berkolaborasi pada semua dokumen yang kamu simpan di Google Drive.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas tadi dengan bebas dan mudah tanpa harus kamu buat sebagai lampiran melalui email. Jadi serba praktis bukan jika memanfaatkan Google Drive?

6. Sinkronisasi Data dari Google Drive ke Komputer

Fungsi Google Drive yang satu ini serupa dengan fungsi Dropbox, yaitu sinkronisasi data dari komputermu. Lewat fungsi ini, kamu bida membuat dan berbagi dokumen di Google Drive yang tadinya kamu simpan dalam komputermu.

Baca juga: cara menyimpan file di google drive

Manfaat Menggunakan Google Drive

Manfaat memakai google drive

Google Drive memang memiliki banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal. Layanan Google Drive ini sangat cocok digunakan terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh layanan Google Drive diantaranya:

1. Google Drive Memberikan Kesempatan untuk Mengirim File

Kamu bisa mengirim file dengan ukuran yang cukup besar langsung dengan menggunakan Google Drive. Jadi kamu tidak perlu mengakses ataupun membuka Gmail lebih dulu. Kamu juga bisa berbagi foto, video, dan dokumen lainnya dengan orang lain yang tersimpan dalam kontakmu.

2. Akses Data Di mana Saja dan Kapan Saja

Data yang telah tersimpan di Google Drive bisa secara bebas dan leluasa kamu akses di manapun dan kapanpun kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan komputer atau perangkat lainnya dengan leluasa karena aplikasi ini telah tersedia dalam web.

3. Bisa Diakses Melalui Ponselmu

Google Drive tidak hanya tersedia pada web browser atau komputer saja, tetapi kamu juga dimudahkan karena bisa membuka dan mengaksesnya secara langsung melalui androidmu. Ini akan sangat membantumu untuk tetap bekerja meskipun sedang dalam perjalanan.

4. Google Drive Tersinkronisasi dengan Web Browser Sehingga Pengguna Bisa Melakukan Pencarian

Karena telah tersinkronisasi dengan web broswer, kamu juga bisa melakukan pencarian dengan fitur Google Drive. Mode ini memudahkan pengguna terutama untuk tindakan pencarian (browsing).

5. Berbagai Macam Format File Dapat Diakses dengan Google Drive

Berbagai format file yang kamu miliki tetap bisa kamu akses dengan Google Drive. Termasuk diantaranya ialah file dengan format adobe photoshop psd, adobe ilustrator ai, dan tipe file yang lainnya.

6. Google Drive Punya Fitur Optical Character Recognition untuk Mengenali Kata

Optical character recognition (OCR) merupakan fitur dari Google Drive yang berfungsi untuk mengenali kata atau ekspresi pada file yang discan dan tersimpan di Google Drive. Misalnya saja bila kamu ingin mencari nama sebuah kota pada sebuah halaman majalah yang kamu scan dan disimpan dalam Drive.

Fitur Google Drive yang Diberikan Bagi Penggunanya

Fitur google drive

Beberapa fitur yang bisa kamu nikmati pada layanan Goole Drive ini diantaranya:

1. Dokumen Bebas

Melalui Google Drive kamu dapat dengan bebas dan leluasa menyimpan dokumen jenis apa saja. Kamu bahkan bisa menikmati layanan penyimpanan gratis di Google Drive hingga 15 GB loh. Selanjutnya jika kamu ingin menambah kapasitas penyimpanan datamu di Google Drive, kamu bisa menikmatinya secara berbayar.

2. Unggah Hingga 30 Jenis File

Google Drive mendukung penyimpanan sekaligus menampilkan hingga 30 jenis file populer. Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa mengunggah film ke Google Drive dan sekaligus memutarnya di browsermu. Tentu saja ini bisa kamu lakukan di mana saja kamu berada.

3. Berbagi File, Folder, ataupun Seluruh Isi Drive

Google Drive juga memungkinkan kamu untuk berbagi sebuah file, folder, atau bahkan seluruh isi Drive yang kamu miliki pada orang lain. Sebenarnya ini merupakan fitur berbagi sederhana yang tersedia di Google Drive. Kamu hanya perlu mengklik kanan pada sebuah file, dan selanjutnya pilih “share”.

Bila kamu mengklik tombol “share” tersebut, selanjutnya kamu bisa menentukan opsi dari tombol “share” itu sendiri. Selain itu, jika kamu berniat memberikan akses pada orang lain untuk melihat seluruh isi Drivemu, kamu bisa mengklik tombol dengan orang dan tanda plus yang terletak di bagian atas.

4. Memanfaatkan Google Goggles

Google Goggles ini merupakan teknologi yang dibangun oleh Google pada aplikasi Google Drive. Melaui fitur ini, kamu bisa mencari foto menggunakan bar pencarian. Tidak hanya itu saja, fitur ini juga memungkinkan kamu juga bisa mencari teks pada dokumen yang dipindai.

Namun sayangnya setelah dilakukan beberapa pengujian, fitur yang satu ini tidak benar-benar dapat diandalkan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika kamu tetap mencoba memanfaatkan fitur ini. Tentu saja ini bisa lakukan jika kamu perlu bantuan dalam menemukan file atau foto.

5. Berkolaborasi pada Video, Foto, dan Lainnya

Fitur kolaborasi dari Google Drive ini saat ini telah tersedia untuk semua jenis file. Sebagai contoh, kamu bisa mengunggah video ke Google Drive sekaligus juga berbagi dengan video tersebut dengan orang lain. Kamu juga bisa membahas tentang video tersebut melalui kolom komentar yang tersedia.

6. Install Aplikasi Pihak Ketiga

Pengembang pihak ketiga telah membuat aplikasi yang bekerja sama dengan Google Drive. Misalnya saja seperti Pixir, yang memungkinkan kamu bisa mengedit foto yang telah kamu unggah. Selain itu aplikasi lain seperti HelloFax juga membuat kamu bisa mengirim Faks dengan bebas.

Tidak hanya dau contoh aplikasi tadi, aplikasi lain seperti DocuSign juga bisa membuat kamu bisa menandatangani suatu dokumen resmi. Kamu bisa menginstall aplikasi-aplikasi tersebut dalam Google Drive. Aplikasi-aplikasi ini bisa kamu dapat dengan mengatur penyetingannya, yaitu Google Drive> Settings> Manage Apps> Get More Apps.

Menu pada Google Drive

Tampilan menu google drive

Bila kamu baru saja mendaftar dan akan menggunakan Google Drive, maka pada tampilan yang muncul akan tersedia beberapa menu yang bisa kamu pilih. Menu-menu yang ada di Google Drive antara lain:

  • Menu Baru. ini merupakan menu yang disediakan oleh Google Drive jika kamu akan membuat file baru atau menambahkan file baru dari perangkat lain.
  • Drive Saya. Melalui menu Drive Saya, kamu bisa melihat, membuka, dan mengakses kembali dokumen-dokume yang telah kamu simpan dalam Google Drive.
  • Menu Komputer, pada Google Drive dimaksudkan jika kamu hendak mengsinkronisasikan komputermu dengan Google Drive.
  • Dibagikan dengan Saya. Pada menu ini kamu akan bisa melihat berbagai file yang telah dibagikan kepadamu.
  • Menu Terbaru, tentu saja berisi dokumen-dokumen yang baru saja kamu tambahkan, baru kamu buat, ataupun dokumen yang baru kamu terima dari orang lain.
  • Menu berbintang, bisa kamu manfaatkan untuk memisahkan dokumen yang kamu favoritkan dari dokumen lain yang tersimpan dalam Drivemu.
  • Sampah, merupakan salah satu menu yang berisi dokumen yang kamu tidak kamu perlukan lagi atau kamu anggap sebagai spam.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, Google Drive juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada banyak sekali Kelebihan dari Google Drive yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  1. Kamu bisa memanfaatkan Hard Google untuk menyimpan berbagai file dalam satu tempat. Dengan begini kamu bisa mengorganisasikan banyak data dalam satu tempat dan lebih rapi.
  2. Bisa mengunggah atau mengunduh file ke Hard Google langsung dari perangkatmu
  3. Membuat file folder yang tersedia secara offline, sehingga kamu bisa mengaksesnya bahkan jika kamu sedang tidak tersambung pada internet
  4. Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format file “rich text” dan melakukan perubahan pada Spreadsheet secara cepat
  5. Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Doc dan Google+. Selain itu juga Google Drive terintegrai dengan aplikasi online lainnya seperti Pixir Image Editor, Slide Rocket, AutoCad WS, Floor Planner, dan lainnya.
  6. Melalui fitur sharing dan aplikasi client, kamu bisa berbagi dan bekerja sama dengan teman
  7. Dan satu lagi kelebihan google yang tak bisa dianggap sebelah mana, bisa jadi tempat untuk backup data secara online.

Sementara itu, selain kelebihan yang jumlahnya banyak, Google Drive juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut adalah:

  • Keamanan Privasi dan Data. Google menjadi pemegang otoritas terhadap file-file yang disimpan di Google Drive. Jadi jika ada orang lain yang menginputkan kata kunci yang cocok dengan filemu, maka filemu bisa dilihat oleh orang tersebut.
  • Ketergantungan pada Jaringan Internet. Keberadaan Google Drive juga bisa menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan dengan internet. Nah apapun jenis ketergantungan, itu tidak baik. Kecuali ketergantungan pada Yang Maha Kuasa.

Kini kamu sudah memahami bahwa ada tanah gratis yang dibagikan oleh Google dengan segala fasilitas di dalamnya bernama Google Drive. Terserah kamu apakah akan memanfaatkanya atau tidak. Yang perlu kamu pahami, memiliki akun Google Drive ada banyak sekali manfaatnya.

Ada pertanyaan atau komentar?