Pengertian Cloud Storage Beserta Fungsi, Contoh dan Kelebihan Kekurangannya

Pengertian Cloud Storage,- Teknologi yang berkembang saat ini mungkin tak pernah kamu pikirkan bisa sampai sejauh ini. Apa-apa yang dahulu hanya menjadi kreasi tuhan, kini coba dikreasikan pula oleh manusia dengan teknologi. Ruang penyimpanan misalnya, kini kita bisa menyimpan segala hal di ruang maya bernama internet. Istilah ini kemudian di kenal dengan sebutan Cloud Storage atau penyimpanan berbasis awan (internet).

Bagi sebagian orang mungkin sudah pernah dengar apa itu Cloud Storage? Namun, sebagian orang juga masih ada yang asing untuk mendengar sebutan Cloud Storage. Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi semakin pesat, sehingga manusia dituntut untuk mengetahui dan mengerti mengenai kemajuan peradaban. Hal ini agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman.

Salah satunya dengan mengerti bahkan menggunakan Cloud Storage. Nah, apa itu Cloud Storage? Yuk, simak pengertian, fungsi, contoh, sejarah serta kelebihan dan kekurangan Cloud Storage pada penjelasan berikut ini.

Pengertian Cloud Storage

Kita dapat mengerti pengertian Cloud Storage dari kata pembentuknya, yakni Cloud dan Storage. Cloud jika diterjemahkan berarti awan. Awan dalam dunia teknologi adalah simbol dari internet. Sedangkan Storage berarti penyimpanan atau media penyimpanan. Jika kedua kata ini digabung, maka Cloud Storage bisa didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data digital dengan cara memanfaatkan server virtual.

Cloud Storage merupakan salah satu teknologi baru yang digunakan untuk menyimpan data. Dengan menggunakan cloud storage, kamu tidak memerlukan piranti keras berupa hard disk, flashdisk, ataupun CD. Cukup menggunakan komputer ataupun gadget yang kamu gunakan dengan layanan internet, kamu dapat menyimpan dan mengakses file milikmu.

Lebih jelasnya, bahwa cloud storage merupakan sebuah media penyimpanan yang dalam penggunaannya membutuhkan jaringan internet. Cloud storage akan cocok bagi kamu yang kerjanya berkaitan dengan desain web, dimana kamu membutuhkan file berupa gambar, huruf, tutorial, dan lain-lain yang jika disimpan di Flashdisk kurang efisien. Apalagi jika flasdhisk kamu ketinggalan, maka menggunakan cloud storage merupakan pilihan tepat buat kamu.

Fungsi Cloud Storage

Setelah mengetahui pengertian cloud storage, tentu kamu sudah mengetahui fungsi yang dimiliki cloud storage ini. Ada tiga fungsi yang akan kamu rasakan dalam menggunakan cloud storage sebagai tempat penyimpanan file-file kamu, antara lain yaitu:

1. Kolaborasi

Kolaborasi disini dimaksudkan bahwa cloud storage dapat digunakan sebagai wadah untuk menjalin kerja sama di lingkungan perkantoran. Dengan cloud storage antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain dapat saling bertukar ide dan pikiran, yang hal ini dapat membuat pekerjaan yang dilakukan cepat selesai dan juga lebih efektif.

2. Back-up data penting

Membuat salinan data dengan menyimpannya di media penyimpanan yang aman merupakan hal yang harus dilakukan bagi setiap orang, apalgi jika data-data tersebut merupakan data penting. Hal ini dilakukan agar jika suatu hari nanti data tersebut dibutuhkan informasinya, dapat mudah ditemukan dengan tepat.

Menyimpan data-data penting tersebut dapat kamu lakukan dengan menggunakan alat elektronik, berupa PC, laptop, harddisk eksternal, dan laon sebagainya. Namun, penggunaan media penyimpanan dengan barang elektronik mudah rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kerusakan dan ancaman virus yang dapat membahayakan bagi data kita, kamu perlu mengungah data-data penting kamu pada cloud storage.

Dengan menggunakan layanan cloud storage, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data-data penting yang kamu miliki. cloud storage ini sangat berguna untuk para eksekutif kantoran, mahasiswa tingkat akhir, serta pelajar-pelajar lain.

3. Alat berbagi

Selain sebagai tempat penyimpanan data atau file, cloud storage juga berfungsi sebagai alat untuk berbagi file. Kamu dapat membagikan file yang kamu miliki kepada orang lain, karena layananan ini memiliki layanan sharing seperti 4shared ataupun Mediafire uang berfungsi sebagai alat berbagi guys.

Sejarah Singkat Cloud Storage

Cloud storage telah diperkenalkan sejak tahun 1960 an, yakni John McCarthy. Ia adalah seorang insinyur dari teknik komputer MIT. Pada waktu itu, memang sistem cloud storage belum diterapkam pada jaringan internet, tetapi diterapkan pada jaringan infrastruktur berupa listrik dan air.

Kemudian John mulai membuat konsep akan menggabungkan sistem tersebut pada sistem komputasi awan. Perkembangan sistem cloud kemudian mulai dikenalkan oleh perusahaan modern eCommerce Amazon mulai pada tahun 2000 an. Dan akhirnya perusahaan inilah yang menjadikan jembatan dan mengenalkan penggunaan cloud storage.

Contoh Cloud Storage

iCloud merupakan Salah satu contoh Cloud Storege

Berikut ini adalah beberapa contoh cloud storage yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan sering kita pakai sebagai media penyimpan data atau file kita, antara lain:

  • Dropbox
  • Google Drive
  • Sky Drive
  • Box
  • sugarSync
  • iCloud
  • Amazon Cloud Drive

Dari contoh-contoh cloud storage diatas, yang biasa digunakan dan banyak dipakai adalah dropbox, google drive, sky drive. Nah, pilihlah sesuai kebutuhan kamu untuk menyimpan file-file penting yang kamu miliki.

Kelebihan dan kekurangan Cloud Storage

Setelah kita membicarakan mengenai pengertian, fungsi, sejarah dan juga contohnya. Hal terkahir yang perlu kamu ketahui mengenai cloud storage yaitu kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan cloud storage sebagai media penyimpanan data atau file yang kamu miliki antara lain: 1)memudahkan dan mempercepat akses data, karena kita dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun yang kita mau; 2) adanya cadangan data yang telah kita simpan; dan 3) biaya penyimpanan lebih murah, jika dibandingkan harus membeli perangkat keras khusus untuk menyimpan data.

Sedangkan untuk kelemahannya yakni, kegiatan berbagi file atau data dapat tertanggu jika koneksi internet yang kita miliki sangat lamban atau tidak stabil. Hal inilah yang membuat pemakai cloud storage sangat bergantung pada koneksi internet.

Itulah yang bisa saya jelaskan terkait dengan pengertian Cloud Storage dan lainya, semoga bisa membantu kamu memahaminya dengan lebih baik. Perlu diingat, kita bisa memanfaatkan media penyimpanan ini baik secara gratis maupun secara berbayar.

Ada pertanyaan atau komentar?