Pengertian Card Reader, Fungsi dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian Card Reader,- Untuk mempermudah kinerja manusia dibuatlah teknologi yang lebih inovatif dibanding sebelumnya. Kita bisa bandingkan perjalanan mesin ketik dari yang sangat sederhana, hingga menjadi sosok bernama komputer. Begitu pula alat untuk akses sebuah memori, kini telah ada yang namanya card reader.

Bagi kamu yang punyaperangkat elektronik dengan media penyimpanya bernama memori card, kamu pasti tahu apa itu card reader. Alat inilah yang punya peranan penting ketika kamu ingin melihat isi memori card kamu di komputer.

Pengertian Card Reader

Card Reader bisa didefinisikan sebagai perangkat keras (hardware) komputer yang fungsi utamanya adalah sebagai media pengakses (pembaca) memori card. Bisa pula menyebut card reader sebagai perangkat kecil yang punya fungsi membaca kartu media portabel melalui sambungan USB.

Kalau Wikipedia memberi definisi card reader atau lengkapnya memory card reader sebagai Pembaca kartu memori. Alat ini memilifi fungsi untuk membaca kartu memori yang umumnya menggunakan sambungan USB di komputer.

Perlu kamu ketahui bahwa card reader itu memiliki kemampuan untuk menerima satu atau lebih jenis kartu media. Misalnya saja SD, xD atau CompactFlash. Bila secara komputer kamu tidak memiliki card reader secara built-in, maka kamu butuh yang namanya card reader jika ingin transfer data dari memori card ke hard drive atau juga sebaliknya.

Untuk kecepatan aksesnya sendiri, card reader bisa diandalkan. Kecepatan bacanya hingga mencapai rata-rata 37.4MB/s sementara untuk kecepatan menulis rata-rata mencapai 17. 6MB/s. Jadi sudah cukuplah bisa kamu andalkan.

Fungsi Card Reader   

jenis card reader all in one

   

Dari penjelasnya sudah sangat jelas apa itu fungsi memori card. Memori card berfungsi sebagai media perantara yang memiliki kemampuan untuk membaca memori. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi card reader:

1. Media Penghubung dan Pembaca

Card reader memiliki kemampuan untuk menghubungkan kartu memori dengan komputer melalui sambungan USB. Misalnya saja kamu punya data yang tersimpan di memori card handphone, kamera atau lainya. Maka kamu bisa lihat data yang ada di dalam memori tersebut di komputer. Cukup kamu ambil memori card-nya, lalu pasang di slot card reader lalu hubungkan kabel Usb card reader ke komputer. Data yang tersimpan di memori card, bisa pula kamu hapus, copy dan lainya.

2. Penyimpan Data

Card reader juga bisa berfungsi sebagai media penyimpan data. Syaratnya harus ada kartu memori yang terpasang di card reader. Jadi kalau hanya kartu memori saja, tentu kamu tidak bisa memindahkan data dari komputer ke memori card. Card reader disini akan berperan sebagai media penyimpanan.

Dibanding dengan lainya, menggunakan card reader sama artinya tidak memerlukan perangkan asli untuk mengakses isi memori card dan menghemat daya baterai.

Lalu apa keuntungan atau manfaat card reader?

Manfaat adalah apa yang kamu dapat setelah merasakan fungsinya. Dengan hanya membawa card reader dan memori card, kamu bisa menyimpan data dan juga memindahkan data dari satu komputer ke kompuiter lain. kamu juga bisa memindahkan data atau menyimpanan data atau mengedit data dari satu media digital ke komputer atau sebaliknya. Tentu ini sangat berguna untuk kehidupan orang-orang jaman sekarang.

Apalagi ukuranya yang kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana tanpa memerlukan ruang yang besar.

Cara Kerja Card Reader

Lalu bagaimana cara kerja card reader? Card reader bekerja dengan cara yang sederhana:

  • Ketika kamu menghubungkan card reader dengan memori card terpasang di dalamnya, komputer langsung mengaksesnya. Seketika itu pula, card reader akan langsung mengirimpkan sinyal listrik ke memori card lewat kontak yang berada di ujung casing kartu.
  • Sama seperti cara kerja yang ada pada memori solid-state, memori card juga menggunakan rangkaian transistor dalam merekam data. Transistor inilah yang mewakili data biner, yang tidak lain adalah bentuk basic semua file komputer.
  • Kemudian bila arus listrik dari kartu pembaca USB mampu melewati transistor, maka bagian tersebut akan dibaca jadi 1 (satu). Sementara kalau tidak mampu melewati transistor, maka akan dikembalikan jadi 0 (nol). Pembaca kartu akan mengirimkan hasilnya ke program komputer.

Jenis Card Reader

Kalau kamu masih ingat, dulu card reader itu hanya punya kemmapuan untuk membaca satu jenis memori saja. misalnya hanya SD saja atau CF saja. berbeda dengan saat ini, kamu bisa dengan mudah menemui card reader yang bisa menakses berbagai macam memori card atau yang disebut multi card reader. Sehingga menurut tipenya, card reader dibagi menjadi:

  • Single slot yang sering pula disebut dengan card reader 2in1, 3in1, 5in1 dan seterusnya. Sebagaimana namanya, jenis card reader ini hanya punya satu lubang dan hanya bisa membaca satu jenis memori tertentu saja, misalnya T-Flash, Nokia, MMC, SD Card, RSMMC dan RSMMCDV.
  • Multi slot atau card reader yang punya empat lubang/slot. Jenis ini, sering pula disebut sebagai Ia juga dikenal dengan sebutan 9in1, 12in1, 15in1 dan seterunya. Hanya saja untuk saat ini lebih akrab disebut dengan “All in One”. Hal ini karena jenis kartu ini bisa untuk banyak jenis memori card, mulai dari Memory Stick Duo (SD), CF, XD, Stick Pro Duo, MicroDrive, Secure Media dan lain-lain.

Untuk sekarang ini, kebanyakan pengguna card reader lebih memilih card reader jenis multi slot. Karena jenis ini bisa digunakan untuk beragam jenis memori. Sehingga satu card reader bisa untuk banyak kartu.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.