Pengertian Biografi

Contoh Biografi

Pengertian Biografi – Pernahkah Anda membaca buku yang berisi biografi seseorang. Buku tersebut berisi mengenai perjalanan hidup dari lahir hingga meninggal.

Walaupun ada juga biografi yang ditulis saat tokohnya masih hidup. Membuat biografi seseorang bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Kita harus mencari berbagai informasi mengenai tokoh yang akan kita tulis.

Membuat sebuah tulisan biografi akan menuntut penulis agar mampu mendeskripsikan sang tokoh dengan baik. Jangan sampai mendapatkan informasi yang keliru mengenai tokoh tersebut.

Karena jika ada kesalahan saat sudah dicetak, tentu akan memakan biaya cukup besar untuk memperbaikinya. Selain itu dapat menimbulkan complain dari tokoh tersebut.

Baca juga : 34 Contoh Biografi Singkat

Pengertian Biografi

Contoh Biografi
Pengertian Biografi

Menurut definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian biografi adalah riwayat hidup seseorang yang dituliskan oleh orang lain. Jika melihat dari bahasa asalnya, biografi merupakan bahasa Yunani. Terdiri dari dua kata yakni bios yang artinya Makhluk hidup. Sedangkan kata graphien artinya tulis.

Secara lengkap pengertian biografi adalah sebuah tulisan yang berisi perjalanan hidup seseorang. Mereka yang ditulis biografinya biasanya adalah orang terkenal atau dianggap penting. Banyak hasil karya yang mereka ciptakan.

Sehingga layak untuk dituliskan biografinya. Isi dari sebuah biografi lebih kompleks karena tidak hanya berisi sebuah informasi mengenai seseorang. Di dalamnya terdapat sebuah cerita perjalanan hidup yang penuh lika-liku.

Sebuah biografi juga dihasilkan oleh seorang penulis sehingga bahasa yang digunakan lebih enak dibaca. Kadang terdapat intrik-intrik didalamnya yang membuat pembaca lebih tertarik.

Baca juga : Contoh Autobiografi

Struktur Teks Biografi

Pengertian Biografi
Pengertian Biografi

Secara umum teks biografi memiliki tiga struktur utama yaitu :

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal dari sebuah teks biografi. Di dalamnya penulis akan menjelaskan secara detail mengenai orang yang di tuliskan dalam biografi tersebut. Penjelasan dibagian ini meliputi latar belakang keluarga, pendidikan dan sejarah sang tokoh.

2. Peristiwa atau Masalah

Ini merupakan bagian inti dari sebuah biografi. Pada bagian ini penulis akan menuliskan seluruh kejadian serta peristiwa penting yang dialami sang tokoh. Berbagai peristiwa dalam kehidupan sang tokoh ditulis dengan lengkap. Tentu semua yang ditulis disini atas persetujuan sang tokoh. Inilah mengapa peristiwa atau masalah menjadi bagian utama teks biografi.

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup. Di sini penulis akan menuliskan pandangannya terhadap tokoh yang dikisahkan. Pada bagian ini sifatnya optional sehingga kadang kita temukan biografi yang tidak memiliki reorientasi.

Kaidah Kebahasaan Biografi

Pengertian Biografi
Kaidah Kebahasaan Biografi

Seperti apa kaidah kebahasaan biografi, berikut penjelasannya :

  • Pronomina, sebuah teks biografi memiliki “siapa” (partisipan) melakukan “apa” (peristiwa) di suatu waktu dan tempat. Dalam teks biografi yang menjadi partisipan adalah sang tokoh yang diceritakan pengalaman hidupnya.
  • Pengacuan, adalah sebuah kalimat pengganti yang bertujuan memberikan penegasan pada kalimat sebelumnya.
  • Partisipan manusia merupakan orang yang ikut serta dalam suatu cerita dan berperan sebagai tokoh lain.
  • Konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang memperlihatkan urutan sebuah kejadian. Dapat berupa kata-kata saat ini, lalu, ketika dan kemudian.
  • Kalimat simpleks atau dikenal dengan kalimat tunggal. Kalimat ini terdiri dari satu verba utama yang menggambarkan sebuah peristiwa.

Ciri Ciri Biografi

Contoh Biografi
Ciri Ciri Biografi

Seperti sebuah tulisan lainnya, biografi pun memiliki ciri-ciri yang menjadikannya mudah dikenali yaitu :

  • Pola dan strukturnya terdiri dari orientasi, peristiwa dan reorientasi.
  • Fakta-fakta yang ada disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.
  • Isi didalamnya merupakan sebuah peristiwa kehidupan tokoh yang dinarasikan.
  • Biografi hanya dibuat untuk orang-orang atau tokoh yang memiliki karya yang bermanfaat. Ataupun mereka yang memiliki pengaruh dalam kehidupan.

Manfaat Biografi

Pengertian Biografi
Manfaat Biografi

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari biografi seseorang yakni :

  • Meneladani sikap dan perilaku tokoh.
  • Mempelajari makna hidup tokoh didalamnya.
  • Mempelajari perjuangan hidup tokoh didalamnya.
  • Meneladani perjuangan sang tokoh.

Tujuan Penulisan Biografi

Pengertian Biografi
Tujuan Penulisan Biografi

Biografi dibuat berdasarkan cerita hidup orang yang telah berhasil. Tentu ada tujuan yang ingin disampaikan penulisnya. Adapun tujuan dari biografi yakni :

  • Mengajak pembaca meneladani sikap dari tokoh didalamnya.
  • Berbagi pengalaman hidup yang bermanfaat kepada pembaca.
  • Mengajak pembaca untuk meneladani kehidupan sang tokoh.

Isi Biografi yang Baik

Isi Biografi yang Baik
Isi Biografi yang Baik

Membuat sebuah biografi orang terkenal tidaklah mudah. Kita harus menggunakan tata bahasa yang mudah dibaca. Hasil tulisan kita mudah dipahami oleh pembaca. Lantas bagaimanakah untuk dapat membuat biografi yang baik.

Memasuki dan Memahami Kehidupan Narasumber

Menulis sebuah biografi berarti kita harus memasuki dan memahami kehidupan narasumber. Upaya ini memiliki manfaat untuk membuat tulisan yang berkesan. Dengan ikut memahami berarti jiwa kita seperti menyatu dan berada di posisi narasumber.

Tulisan yang kita hasilkan akan lebih mengalir. Pembaca akan merasa seolah-olah menjadi sang tokoh. Pada kondisi tertentu pembaca akan dibawa merasakan hal yang dialami. Kadang ikut merasa senang dan ketika sedih akan terbawa sedih.

Menentukan Gagasan

Untuk menghasilkan tulisan biografi yang baik. Sebagai penulis kita harus memiliki gagasan terlebih dahulu. Gagasan disini adalah inti pokok cerita yang akan diangkat.

Mendapatkan sebuah gagasan untuk menulis didapatkan dengan berdiskusi bersama sang tokoh. Biarkan sang tokoh menceritakan kisah hidupya. Kita bisa menarik kesimpulan dari cerita tersebut, dibagian mana yang akan kita angkat.

Mengangkat Cerita yang Mengagungkan

Kelebihan sebuah biografi yang baik adalah dari isi tulisannya. Pilihlah cerita yang benar-benar mengagungkan. Sebuah cerita yang tidak didapatkan dari orang lain.

Kita tentu pernah membaca biografi tokoh ternama. Semua tulisan akan fokus menceritakan sesuatu yang benar-benar mengangungkan. Inilah yang akan membuat pembacanya menjadi tertarik untuk membacanya.

Cara dan Langkah Menulis Biografi

Apa saja cara dan langkah untuk menulis biografi :

Menentukan Target Tokoh yang Akan di Tulis

Sebelum memulai tentukan tokoh yang akan ditulis. Anda bisa melihat dari kebermanfaatan sang tokoh, hasil karya atau popularitasnya saat ini. Pilihan anda akan menentukan hasil tulisan nantinya.

Dalam penentuan target tokoh dapat dilakukan dengan melihat tren. Ketika akan memasuki fase pemilihan presiden. Anda dapat membuat biografi mengenai calon-calon yang akan bertarung. Atau ketika selesai sebuah kejuaraan olahraga seperti piala dunia. Maka atlit yang bersinar dapat kita buat biografinya.

Mengkonfirmasi Kepada Sang Tokoh

Ketika sudah menemukan tokoh yang akan kita tulis. Maka kita harus mengkonfirmasi kesediannya untuk dituliskan kisah hidupnya. Jika beliau bersedia maka dapat kita lanjutkan, namun jika tidak bersedia dapat diganti.

Konfirmasi ini juga sebagai langkah awal kita meminta informasi dari sang tokoh. Karena dalam perjalanan pembuatan tulisan kita akan berhubungan dengannya. Selain itu dengan meminta izin di awal diharapkan dapat tercipta keakraban.

Menentukan Judul Biografi

Buatlah judul tulisan yang menarik. Judul akan menarik seseorang untuk membacanya. Terkadang dalam penulisannya kita perlu sedikit hiperbola. Seperti contoh Biografi Politik BJ Habibie Dari Malari sampai Reformasi.

Judul yang menimbulkan keinginan orang untuk membacanya. Karena daya tarik judulnya seperti magnet yang menarik besi. Anda pun harus benar-benar memikirkan judul tersebut.

Melengkapi Data dan Informasi

Mulailah untuk melengkapi semua data dan informasi yang diperlukan. Langkah pertama Anda bisa mengambil dari sumbernya langsung. Tokoh yang diceritakan merupakan sumber data dan informasi. Anda bisa mulai mendapatkan info mengenai perjalanan hidupnya.

Ketika belum merasa cukup dengan yang sudah didapatkan. Anda dapat mencari sumber data dan informasi lainnya. Baik melalui buku, media cetak dahulu ataupun melalui kerabat sang tokoh. Cara ini akan menambah perbendaharaan sumber data anda.

Meminta Saran Tokoh dan Orang Lain Saat Sudah Selesai

Ketika semua tulisan anda sudah selesai. Maka berikan hasil tulisan tersebut ke sang tokoh. Mintalah pendapat mengenai tulisan tadi. Selain itu upayakan meminta pendapat orang lain. Sebagai pembanding atas hasil karya anda.

Demikian pembahasan pengertian biografi menurut KBBI, secara umum, dan secara etimologis selengkapnya. Selain itu juga dijelaskan tentang ciri-ciri biograf dan struktur teks biografi beserta penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.