Pengertian Bangsa, Ciri-Ciri, Unsur, dan Faktor Pembentuk Bangsa

Banyak orang menganggap bangsa sama artinya dengan negara. Sebenarnya antara bangsa dan negara memiliki pengertian yang berbeda. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, wajib kiranya paham bagaimana pengertian bangsa secara lengkap.

Tak sekedar pengertiannya. Ciri-ciri dan unsur lain dalam faktor pembentuk bangsa juga wajib kita ketahui. Berikut uraian selengkapnya.

Pengertian Bangsa

Bangsa (nation) secara umum berarti suatu kelompok manusa dengan kesamaan keturunan, budaya, bahasa, ideologi, sejarah, serta wilayah tertentu dengan kehendak yang sama untuk bersatu.

Kata bangsa dapat digunakan untuk menyebut kelompok karena adanya adat istiadat, ras, bahasa, serta agama. Faktor-faktor tersebut juga yang menjadi pembeda antar bangsa.

Sederhananya, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai bangsa jika dianggap memiliki asal muasal keturunan yang sama.

Berbeda dengan negara yang memiliki arti sebagai wadah organisasi untuk menampung serta melayani bangsa-bangsa di dalamnya, tentu pengertian bangsa dan negara dapat dibedakan secara lebih jelas.

Definisi Bangsa Secara Umum

Secara umum, pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki identitas bersama. Berupa kesamaan bahasa, agama, budaya, sejarah, serta ideologi.

Umumnya sekelompok manusia juga akan dianggap sebagai bangsa jika memiliki asal-usul keturunan yang sama.

Pengertian Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis

Jika merujuk pada definisi ini, bangsa dibedakan menjadi dua. Yakni secara etnis dan kultural. Bangsa secara etnis merupakan sekelompok manusia dengan ras dan keturunan yang sama dan tinggal di wilayah tertentu. Selain itu, secara fisik pun memiliki ciri-ciri yang sama.

Sedangkan secara kultural, bangsa merupakan sekelompok manusia dengan budaya yang sama. Mata pencaharian, bahasa, dan unsur-unsur lainnya juga memiliki kesamaan latar belakang.

Pengertian Bangsa Dalam Arti Politis

Bangsa dalam arti politis merupakan sekelompok manusia yang berpaham dan berideologi sama dalam sebuah organisasi kekuasaan negara. Misalnya saja bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia diikat oleh satu wilayah hukum, undang-undang, serta wilayah nasional yang berlaku.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1. Otto Van Bauer

Menurutnya, bangsa merupakan bentuk persatuan kelompok manusia dengan karakter serta perangai yang sama. Faktor terbentuknya pun dikarenakan adanya perasaan senasib.

2. Benedict Anderson

Bangsa merupakan komunitas politik yang berada dalam suatu wilayah yang batasannya jelas serta memiliki kedaulatan.

3. Ernest Renant

Bangsa adalah sekelompok manusia dengan perasaan bahwa dirinya bersatu karena senasib dan sependeritaan di masa lampau. Kemudian sekelompok tersebut memiliki cita-cita masa depan yang sama.

4. Hans Kohn

Bangsa merupakan sekelompok manusia yang sifatnya majemuk namun bersatu karena proses perjuangan sejarah. Suatu bangsa terbentuk serta memiliki ciri khas. Misalnya adanya persamaan bahsa, ras, wilayah, adat, serta agama.

5. Joseph Stalin

Menurutnya, bangsa merupakan sebuah komunitas rakyat yang kondisinya stabil serta terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, ekonomi, wilayah, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya yang sama.

Arti Bangsa Menurut KBBI

Bangsa dapat pula diartikan sebagai sekumpulan manusia yang terikat karena dasar kesatuan bahasa serta kebudayaan. Dalam arti umum juga menempati wilayah tertentu di muka bumi.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bangsa merupakan sekelompok masyarakat yang memiliki kesamaan keturunan, bahasa, adat, serta sejarahnya. Kesamaan tersebut juga menjadikannya berpemerintahan sendiri.

Unsur-Unsur Pembentuk Bangsa

Suatu bangsa yang sudah terbentuk pasti memiliki beberapa unsur penting yang mendukung terbentuknya. Beberapa unsur tersebut adalah:

  • Memiliki sekelompok manusia dalam suatu wilayah tertentu.
  • Memiliki keinginan untuk bersatu di tiap anggota kelompoknya.
  • Memiliki kehendak membentuk pemerintahannya sendiri.
  • Ada faktor psikologis yang membuat timbulnya perasaan senasib, sepenanggungan, sehingga memiliki tujuan serta cita-cita yang sama.
  • Kesamaan budaya, bahsa, karakter, dan unsur lain yang membedakannya dengan bangsa selainnya pun dimilikinya.

Ciri-Ciri Bangsa

Terdapat ciri khusus yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lainnya. Jika mengacu pada definisi bangsa, maka ada sejumlah ciri sebuah golongan/komunitas dapat disebut bangsa:

  1. Terdiri dari sekelompok manusia dengan rasa kebersamaan yang kuat.
  2. Memiliki nasionalitas pada tiap anggotanya.
  3. Kehendak bersama untuk membentuk dan menjalankan pemerintahannya sendiri juga dimiliki sebuah bangsa.
  4. Memiliki wilayah tertentu, namun pemerintahan sendiri belum terbentuk di dalamnya.
  5. Tidak dapat ditentukan secara pasti waktu kelahirannya. Misalnya saja suku batak yang belum diketahui secara pasti kapan mulai mendiami dan ada di nusantara.

Faktor-Faktor Pembentukan Bangsa

Terbentuknya suatu bangsa pasti dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Jika mengacu dari pengertian bangsa, maka faktor pembentukan bangsa dapat diuraiakan sebagai berikut:

  1. Primordial, yakni pandangan atau paham yang memegang teguh untuk hal-hal yang dibawa semenjak kecil. Baik itu adat istiadat, kepercayaan, maupun tradisi yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Misalnya saja kesamaan ikatan kekerabatan, bahasa daerah, adat, dan kesamaan suku bangsa.
  2. Sakral, Yakni anggapan suci atau keramat oleh masyarakat. Misalnya kesamaan agama yang dianut sehingga membentuk ideologi yang kuat.
  3. Tokoh, orang-orang tertentu yang dianggap penting dan berpengaruh dalam suatu masyarakat. Tokoh juga menjadi faktor penting pembentuk bangsa karena dijadikan sebagai panutan.
  4. Sejarah, kejadian masa lampau berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai macam peristiwa. Sejarah begitu penting sebagai faktor pembentukan bangsa karena pengalaman masa lalu mampu melahirkan solidaritas.
  5. Perkembangan ekonomi, meningkatnya perkembangan ekonomi, maka masyarakat akan saling ketergantungan sehingga membentuk suatu bangsa sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan satu sama lainnya.

Kebangsaan Indonesia

Istilah bangsa memang sering dikaitkan dengan kebangsaan Indonesia dimana latar belakangnya tidak terlepas dari sejarah panjang yang dimiliki Indonesia.

Bangsa Indonesia tumbuh dari hasil interaksi masyarakatnya secara alamiah. Karenanya, terdapat kehendak untuk tumbuh karena sejarah yang sama.

Namun, beberapa ahli juga berpendapat bahsa tidak ada suatu hal yang secara mutlak benar-benar sama. Dalam hal ini, kapan tepatnya bangsa Indonesia dilahirkan belum dapat dipastikan secara logika.

Sebab, bangsa Indonesia bertumbuh secara alami karena hasil interaksi antar masyarakatnya. Inilah yang kemudian hadir menjadi roh bangsa dibalik masyarakatnya yang majemuk.

Faktor-Faktor Pembentukan Bangsa Indonesia

Beberapa hal yang dapat menjadi dasar terbentuknya bangsa Indonesia antara lain:

  • Memiliki asal keturunan etnis yang sama
  • Pola kebudayaannya sama
  • Persamaan tempat tinggal atau yang kemudian disebut sebagai tanah air.
  • Persamaan sejarah dan memiliki cita-cita kuat di masa depan

Faktor-Faktor Pemersatu Bangsa Indonesia

Sebuah bangsa juga memerlukan faktor pemersatu agar tetap solid. Begitu pula bangsa Indonesia. Berikut beberapa faktor pemersatu serta perekat yang dimiliki bangsa Indonesia:

  • UUD 1945
  • Pancasila
  • Bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan
  • Lagu kebangsaan, Indonesia Raya
  • Bahasa pemersatu, Bahasa Indonesia
  • Memiliki satu wilayah, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
  • Berada dalam satu pemerintahan negara

Itulah penjelasan ringkas mengenai bangsa dan hal-hal yang terkait dengan pengertian bangsa itu sendiri. Semoga makin menambah pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar