Pengertian Autobiografi

Pengertian Autobiografi – Anda pernah mengetahui perjalanan hidup tokoh ternama? Biasanya dari mana anda dapatkan? Banyak dari kita akan menjawab dari buku. Memang saat ini banyak penulis.

Ia mengambil materi untuk buku dari perjalanan hidup seseorang. Orang yang paling sering diceritakan kisah hidupnya adalah tokoh ternama.

Beberapa kategori orang ternama adalah Pengusaha, Artis, Politikus dan Tokoh-Tokoh yang menginspirasi. Walaupun tidak semua tokoh dibuatkan autobiografinya.

Tujuan dari penulisan buku autobigrafi adalah untuk mengenalkan perjalanan hidup tokoh tersebut. Bahwa kesuksesan yang mereka raih. Tidak bisa dikatakan instan. Banyak perjuangan yang harus dilakukan sebelum menjadi sukses.

Manfaat terbesar dari sebuah buku autobiografi tentu bagi pembaca. Seseorang yang membaca buku tersebut. Ia memiliki keinginan untuk sukses.

Seperti tokoh yang ada dalam buku tersebut. Pengalaman yang ada bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi pembaca. Bagaimana cara untuk menjadi sukses seperti mereka.

Baca juga : 12 Contoh Autobiografi Diri Sendiri dan Tokoh (Singkat, Padat, Jelas)

Jika kita ingin menjadi seorang penulis autobiografi. Tentu kita harus pandai menulis. Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat. Kalimat ini yang akan dikumpulkan menjadi sebuah buku. Kita pun harus memahami terlebih dahulu inti penulisan dari autobiografi.

Pengertian Autobiografi

Pengertian Autobiografi
Pengertian Autobiografi via pexels

Arti Autobiografi Menurut KBBI

Pengertian autobiografi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri.

Definisi Autobiografi Secara Etimologis

Kata Autobiografi atau otobiografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘autos’ yang berarti sendiri dan ‘bios’ yang artinya hidup dan ‘graphein’ yang artinya menulis. Sehingga secara singkat pengertian autobiografi secara etimologis adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya (atau dalam zaman moderen, ditulis bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”).

Pengertian Autobiografi Secara Umum

Autobiografi merupakan sebuah perjalanan hidup seseorang. Dimana orang tersebut menjadi subjek dalam tulisan didalamnya. Sebuah tulisan autobiografi akan menulis dengan jelas. Perjalanan hidup seseorang. Baik sebagai tokoh nasional, pengusaha, pemangku agama dan motivator.

Dalam sebuah autobiografi penulis akan menceritakan kisah hidup. Mulai dari dilahirkan hingga usia beliau saat ini. Cerita ini akan diambil langsung dari sumbernya. Yakni seseorang yang dijadikan objek pada buku tersebut. Sebuah perjalanan merintis sebuah karier atau usaha.

Kesedihan dan kesempitan yang dihadapi selama masa perjuangan. Bahkan hingga cerita yang sangat menyentuh hati karena terlalu kasihan. Namun memang seperti inilah isi dari sebuah autobiografi.

Walaupun terkadang ada rahasia yang tidak diunggah di dalamnya. Tetapi tidak mengurangi kehidmatan dalam membaca autobiografi seseorang. Banyak pelajaran yang didapatkan. Akan bermanfaat bagi pembacanya.

Tujuan penulisan autobiografi

Sebenarnya apa yang menjadi tujuan penulis untuk menuliskan Autobiografi seorang tokoh. Kita akan menjelaskan tujuan penulisan Autobiografi :

  1. Memperkenalkan dengan lebih detail kepada masyarakat umum. Mengenai perjalanan hidup seorang tokoh.
  2. Sebagai media berbagi pengalaman dan pelajaran kehidupan dari tokoh tersebut. Dengan kisah yang penuh inspiratif menjadikan masyarakat dapat melihat sisi perjuangan sang tokoh.
  3. Penulisan autibiografi sebagai media promosi seseorang.
  4. Menjadikan seorang tokoh lebih identik dengan profesinya.

Manfaat Autobiografi

Sebagai sebuah tulisan yang berisi perjalanan kehidupan. Autobiografi tentu memiliki manfaat diantaranya :

1. Sebagai Sarana Pembelajaran Bagi Pembaca

Ketika anda membuat autobiografi. Maka aka nada orang yang membaca. Tulisan yang anda buat jika memiliki sebuah makna. Akan menjadi pembelajaran bagi pembacanya. Jika anda adalah seorang pengusaha. Maka dalam autobiografi anda akan menceritakan perjalanan bisnis anda.

Mulai dari merintis usaha dari nol. Bagaimana perjuangan anda membangun sebuah bisnis. Tentu berbeda jika anda adalah seorang profesional. Perjalanan karir anda dari awal hingga saat ini. Akan menjadi sebuah pelajaran bagi orang yang membacanya.

2. Menjadi Evaluasi Diri Bagi Anda

Sebagai orang yang menulis autobiografi. Dalam tulisan anda akan dimasukkan beberapa kesalahan dalam kehidupan yang telah dijalani. Ini merupakan media bagi anda mengevaluasi diri. Dampak dari kesalahan itu tentu ada. Bahkan bisa saja dampaknya sangat besar. Moment inilah yang menjadi dasar untuk evaluasi diri Anda.

3. Mengajarkan Orang Lain Kebaikan

Perjalanan kesuksesan seseorang akan menjadi sebuah pelajaran bagi orang lain. Itulah mengapa dalam autobiografi ada banyak pelajaran kebaikan. Karena orang yang membuat autobiografi adalah orang yang sukses dan berhasil. Tentu ia ingin banyak orang berhasil dengan membaca autobiografinya. Menginspirasi banyak orang dengan kebaikan.

4. Menyadarkan Akan Pentingnya Mempelajari Masa Lalu

Setiap orang memiliki masa lalu. Baik ataupun buruk masa lalunya tentu akan menjadi pembelajaran untuk orang lain. Ia akan menceritakan minimal pada anak-anaknya.

Tentu jika masa lalu itu buruk. Ia akan mengajarkan kepada anaknya untuk tidak menirunya. Namun jika masa lalunya baik ia akan bercerita berharap sang anak dapat mengikutinya.

5. Sebagai Penanda Profesionalitas Anda

Ketika anda membuat autobiografi. Maka didalamnya terdapat pengalaman-pengalaman anda. Ini akan menjadi penanda bahwa anda adalah seseorang yang profesional dibidangnya. Keprofesionalitas anda akan terisi didalam autobiografi yang dibuat. Serta menunjukkan tingkat kemahiran anda dalam bidang tertentu.

Ciri-Ciri Autobiografi

Sebagai sebuah hasil karya tertulis. Autobiografi memiliki beberapa ciri sebagai penanda. Berikut ini beberapa ciri-ciri autobiografi :

  • Sebuah autobiografi akan menuliskan seseorang dari sudut pandang orang tersebut.
  • Didalamnya menerangkan detail diri seseorang. Kebanyakan memuat data diri seseorang.
  • Autobiografi merupakan tulisan yang ditulis oleh orang tersebut maupun penulis lain. Isi penulisan ini mengenai perjalanan kehidupan seseorang. Sumber penulisannya diambil dari orang tersebut.
  • Materi yang terdapat dalam autobiografi. Akan menceritakan perjalanan hidup seseorang. Mulai dari saat dia masih kecil hingga besar. Menceritakan pengalaman dia dalam meraih kesuksesan.
  • Penulisan Autobiografi akan dimasukkan hal-hal positif saja. Bertujuan untuk membangun pencitraan. Dimana pencitraan ini dibuat agar sang tokoh terkenal dimasyarakat.
  • Autobiografi juga akan menjelaskan prestasi dari sang tokoh. Prestasi yang di peroleh selama perjalanan hidupnya. Semua prestasi diangkat untuk mengenalkan sang tokoh kepada masyarakat.

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Autobiografi

Autobiografi merupakan sebuah tulisan yang dibuat untuk menceritakan pengalaman hidup seseorang. Penulis autobiografi biasanya adalah diri mereka sendiri. Bisa juga menggunakan penulis. Namun sang penulis memposisikan dirinya sebagai orang pertama.

Jika kita perhatikan dalam penulisan autobiografi lebih muncul perasaan saat membacanya. Karena dalam proses penulisan sang tokoh benar-benar merasakan hal yang terjadi.

Penulisan autobiografi dapat dilakukan tanpa izin sang tokoh. Bahan penulisannya didapat langsung dari tokoh tersebut. Jadi ingatan sang tokoh sangat diperlukan.

Ada pula orang yang menulis autobiografi menggunakan gaya penulisan sastra. Tujuannya agar pembaca terbawa suasana yang terjadi.

Biografi

Biografi hampir mirip dengan autobiografi. Penulisan biografi dilakukan oleh penulis. Ia sudah mendapatkan izin dari sang tokoh. Penulis memposisikan dirinya sebagai orang ketiga.

Sumber penulisan terlebih dahulu digali mulai dari tokoh tersebut, keluarga, kolega, sahabat, bahkan hingga saingan sang tokoh.

Setelah semua bahan terkumpul barulah sang penulis mulai menulis. Karena memang ditulis oleh penulis. Maka biografi lebih nyaman di baca. Gaya bahasanya pun lebih formal. Menjadikan orang tertarik untuk membacanya. Biografi biasa memuat tokoh-tokoh terkenal.

Jenis-Jenis Autobiografi

Autobiografi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis :

  1. Autobiografi Kritik
    Autobiografi jenis ini merupakan sebuah tulisan yang dibuat sebagai kritikan kepada rezim yang totaliter. Tulisan yang bercerita kekejaman mereka. Tokoh utamanya adalah pemimpin yang berkuasa saat itu maupun masa lampau.
  2. Autobiografi Fiksi
    Sesuai dengan namanya, maka tokoh dalam autobiografi ini adalah fiksi. Tokoh ini sengaja dibuat sebagai objek tulisan. Biasanya dapat menjadi tokoh jahat ataupun tokoh baik. Autobiografi ini sengaja dibuat sebagai bagian dari cerita. Kita mengenal beberapa tokoh fiksi yang sengaja dibuatkan autobiografinya.
  3. Autobiografi Tokoh Tidak Dikenal
    Biasanya autobiografi ini dibuat oleh orang-orang yang tidak terkenal. Mereka sengaja membuat autobiografi untuk mempopulerkan diri mereka. Ada tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan autobiografi ini.
  4. Autobiografi Palsu
    Autobiografi ini hampir sama seperti autobiografi fiksi. Hanya tokohnya dibuat tidak sama dengan aslinya. Tujuannya untuk menjelaskan tentang suatu penderitaan seseorang. Bisa penderitaan dari korban perang, atau korban rezim yang zolim.
  5. Autobiografi Sensasional
    Autobiografi ini dibuat berdasarkan tokoh atau selebritas yang fenomenal. Banyak selebriti atau tokoh ternama. Mereka membuat autobiografi untuk mendekatkan mereka dengan fansnya.

Struktur Autobiografi

Autobiografi terdiri atas 5 struktur, diantaranya:

Latar Belakang Keluarga

Bagian ini menceritakan mengenai latar belakang keluarga seperti tempat serta tanggal lahir, nama kedua orang tua, keluarganya serta asal daerahnya.

Latar Belakang Pendidikan

Bagian ini menceritakan tentang riwayat pendidikan sang tokoh. Mulai dari pendidikan saat kecil hingga pendidikan terakhirnya. Didalamnya juga dilengkapi dengan nama-nama sekolah.

Latar Belakang Karier

Bagian ini menceritakan mengenai karier sang tokoh. Baik sebagai usahawan maupun profesional. Diceritakan dari awal hingga ia mencapai kesuksesan.

Latar Belakang Prestasi

Bagian ini bercerita mengenai torehan prestasi yang didapatkan. Baik prestasi saat kecil maupun sudah besar.

Latar Belakang Hasil Karya

Bagian ini menceritakan mengenai hasil karya yang sudah dihasilkan. Baik hasil penelitian maupun hasil karya dalam kemasyarakatan.

Kaidah Kebahasaan Autobiografi

Kata Hubung atau Penghubung
Autobiografi menggunakan kata penghubung yang berfungsi menghubungkan kata satu dan lainnya. Kadang juga menghubungkan suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya.

Kata Kerja
Kata kerja digunakan dalam autobiografi sebagai padanan aktivitas yang dilakukan oleh tokoh tersebut.

Rujukan Kata
Rujukan kata merupakan kata yang digunakan sebagai rujukan. Baik pada peristiwa saat ini maupun yang lalu.

Keterangan Waktu
Berfungsi untuk menunjukkan keterangan waktu terhadap suatu peristiwa.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri

Namaku adalah Adrian Rizky Putra. Aku merupakan anak keturunan Thionghua. Lahir di Surabaya pada 11 April 1995. Kedua orang tuaku berasal dari Jakarta yang pindah ke Surabaya karena keperluan usaha. Ayahku adalah seorang pebisnis mulai dari sarang wallet hingga saat ini rumput laut.

Ayahku bernama Michael Jo dan Ibuku bernama Zuzylawati. Aku memiliki satu orang saudara yang lebih muda usianya dariku. Perbedaan umur kami adalah 5 tahun.

Aku bersekolah di SD Sinar Mulia Indonesia. Ini adalah sekolah Kristen di Surabaya. Pertemanan kami pun lebih banyak dengan teman-teman seagama. Saat SD prestasiku cukup baik. Beberapa kali aku mendapatkan nilai yang memuaskan.

Ketika lulus SD ayah menyarankanku untuk kembali bersekolah di SMI. Metode pembelajaran yang baik menjadikan alasan ayah memintaku kembali bersekolah disana. Saat SMP aku mulai tertarik dengan Ilmu Komputer.

Di Rumah sering aku membongkar-bongkar computer yang berada dirumah. Akhirnya ayahku memberikan sebuah computer bekas sebagai media percobaan.

Kesenangan ini terus berlanjut hingga SMA. Di sekolah yang sama aku kembali bersama pula dengan banyak teman yang sama. Aku memiliki ketertarikan terhadap pemrograman. Sebuah ilmu yang sangat menarik untukku.

Latihan dan belajar serius selama SMA dengan harapan mampu bersekolah ke ITB. Aku pun mengikuti banyak kursus pemrograman yang diikuti mahasiswa. Namun hal ini tidak menyurutkan semangatku belajar. Apalagi kedua orang tuaku mendukung.

Akhirnya saat yang dinanti datang. Pelaksanaan tes masuk perguruan tinggi dimulai. Besar harapanku dapat diterima untuk bersekolah di ITB. Selain ITB aku juga mengikuti tes di ITS.

Sebagai cadangan jika memang tidak diterima di ITB. Sebulan setelah tes akhirnya keluar pengumuman. Akhirnya Tuhan menghendaki aku kuliah di ITS. Ada kekecewaan sedikit dalam hidupku. Namun kedua orang tuaku menasehatiku.

Mungkin Tuhan ingin kamu dekat dengan kami pinta mereka. Aku pun kembali bersemangat menatap masa depan. Di Kampus ITS di Surabaya.

Sementara ayahku mulai berusia lanjut. Dia juga ingin agar aku meneruskan usahanya. Semoga aku dapat membagi waktu antara kuliah dan membantu ayahku.

Demikian pembahasan tentang pengertian autobiografi, Tujuan penulisan autobiografi, Manfaat Autobiografi, Ciri-Ciri dan lain lain.

2 pemikiran pada “Pengertian Autobiografi”

Tinggalkan komentar