Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Contoh Aplikasi Lengkap

Di era modern ini, penggunaan teknologi dalam wujud produk elektronik semakin maju pesat. Hampir-hampir tak ada kehidupan manusia yang tidak dihubungkan dengan yang namanya perangkat elektronik. Salah satunya adalah menggunakan smartphone, menggunakan smartphone tentu tidak dapat berjalan dengan sempurna tanpa adanya aplikasi. Karena aplikasi inilah yang membuat smartphone memiliki beragam fungsi menarik.

Kita bisa menonton video, berkat aplikasi youtube. Kita bisa browsing berkat aplikasi browser. Kita bisa melakukan apa saja dengan aplikasi. Main game, edit foto, menulis dan seterunya semua bisa dilakukan oleh aplikasi. Oleh karena itu aplikasi amatlah penting. Pertanyaanya: tahukah kamu apa itu aplikasi? Kali ini saya akan mencoba menguraikanya lengkap dengan fungsi, contoh dan klasifikasinya.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Aplikasi berasa dari bahasa inggris app sebagai komponen penting yang harus ada pada smartphone ini dikembang dengan bahasa pemograman. Pada umumnya, aplikasi ini dibentuk agar dapat menjalan perintah dari pengguna sebagai masukan agar dapat mengeluarkan hasil yang diinginkan. Ada banyak pengertian aplikasi dari beberapa ahli, antara lain sebagai berikut:

1. Jogiyanto (1999:12)

Aplikasi adalah suatu intruksi atau pernyataan yang terdapat pada suatu perangkat keras baik komputer ataupun smartphone yang di buat sedemikian rupa agar dapat mengolah sebuah masukan (input) menjadi keluaran (output).

2. KBBI (1998:52)

Aplikasi adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengolah data dengan aturan dan ketentuan tertentu serta dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu.

3. Rachmad Hakim S

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah, mengatur, dan menjalankan tujuan tertemtu biasa disebut dengan aplikasi.

Dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas mengenai aplikasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang digabungkan pengunaannya dengan perangkat keras yang akan menjalankan perintah atau intruksi dari penggunanya dalam mengolah kata, mengolah angka, dan lain sebagainya.

Fungsi Aplikasi Di Berbagai Bidang Kehidupan

Aplikasi ini diciptakan tentunya memiliki fungsi atau kebermanfaatannya sendiri, lalu apa saja fungsi aplikasi dalam kehidupan? Berikut lima fungsi aplikasi dalam bidang kehidupan, antara lain:

1. Pendidikan

Dalam bidang pendidikan aplikasi dapat dijadikan sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran, contohnya aplikasi Microsoft power point. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih aktif dan interaktif. Karena dengan menggunakan aplikasi seprti MS power point ini suasana kelas akan menjadi lebih hidup.

2. Kedokteran

Tidak hanya dalam bidang pendidikan, ada juga aplikasi yang berkembang dalam bidang kedokteran. Seperti aplikasi yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit.

3. Bisnis

Tujuan utama dalam bisnis, yakniuntuk mendapatkan keuntungan. Nah, aplikasi juga berperan dalam kegiatan bisnis. Misalnya saja, dengan adanya aplikasi penghitung keuntungan baik dengan aplikasi MS Excel ataupun lainnya, besarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan akan lebih cepat diketahui dibandingkan dengan dihitung secara manual. Sehingga tidak membuang-buang waktu yang ada.

4. Ilmu Pengetahuan

Fungsi aplikasi berikutnya yaitu aplikasi memiliki fungsi dalam bidang ilmu pengetahuan, dimana dengan adanya aplikasi kita dapat memperoleh informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Sehingga hal ini dapat membantu kamu dalam memperluas ilmu pengetahuan yang kamu miliki guys.

5. Militer

Fungsi yang terkahir yaitu dalam bdiang militer. Tidak hanya dalam bidang pendidikan, bisnis atau[un kedokteran aplikasi ini bermanfaat. Namun, dalam bidang militer aplikasi juga memiliki peranan yang amat penting. Misalnya aplikasi yang digunakan untuk mengontrol pesawat. Dengan begitu pekerjaan dan hasilnya akan lebih maksimal dibandingankan dengan cara yang manual.

Contoh Aplikasi

Jenis aplikasi di internet ada banyak. Untuk pengguna android, biasanya tersedia di Play Store. Sedang untuk penggunan iPhone, tersedia di Appstore. Beberapa contoh aplikasi, antara lain:

  1. Aplikasi internet, yaitu aplikasi yang memudahkan kamu dalam mengakses internet, seprti yahoo, gmail, google, dan lainnya.
  2. Aplikasi perkantoran, yakni aplikasi yang digunakan dalam bidang perkantoran dan mempercepat pekerjaan, seprti MS Office.
  3. Aplikasi grafis, yakni aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengeditan pada foto ataupun membuat desain, contohnya adobe photoshop.
  4. Aplikasi programming, yaitu aplikasi yang khusus untuk membuat program atau software tertentu, seperti visual basic, Delphi 7, danlainnya.
  5. Aplikasi multimedia, yaitu aplikasi yang mendukung untuk menghasilkan sebuah informasi berupa teks, video, dan audio. Contohnya adalah winamp, music media player, dan lain-lain.
  6. Aplikasi games, yaitu aplikasi yang berisi sebuah permainan, dan digunakan untuk hiburan semata.

Selain beberapa jenis aplikasi di atas, masih ada banyak lagi jenis aplikasi lainya berdasarkan kegunaanya. Kamu bisa menemukan lebih banyak lagi.

Klasifikasi Aplikasi

Demi mempermudah mengenal aplikasi, maka aplikasi biasanya diklasifikasikan menjadi tujuh klasifikasi macam, yaitu:

  1. System software, perangkat lunak inilah yang akan mengelola serta mengendalikan jalannya operasi internal pada sistem komputer.
  2. Real time software, yaitu perangkat lunak yang betugas menganalisa, mengamati, serta mengendalikaan kejaidan pada dunia nyata saat sedang terjadi.
  3. Business software, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur sistem keuangan, dimana pengelolaan uang menjadi hal yang sangat fundamental bagi sebagaian masyarakat.
  4. Engineering and scientific software, perangkat lunak ini berfungsi untuk membantu dalam pengembanan teknologi dan dalam kegiatan penelitian.
  5. Artificial intelegency software, yakni aplikasi yang digunakan untuk membantu memecahkan sebuah masalah yang bersifat non algoritmik, yang mana tidak sesuai dengan perhitungan dan analisis secara langsung.
  6. Web based software, merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengantarkan pengguna pada akses internet secara langsung.
  7. Personal computer software, perangkat lunak yang terakhir ini merupakan perangkat pengguna resmi dan juga pribadi, yang telah banyak digunakan sejak dua decade terakhir ini.

Nah itulah beberapa hal berkaitan dengan aplikasi yang bisa saya bahas. Jika kamu sudah bisa memahami hal di atas, setidaknya kamu memiliki dasar untuk memahami apa itu aplikasi. Tapi jika masih ada pertanyaan, silakan kamu tulis dalam kolom komentar.

Ada pertanyaan atau komentar?