Pengertian Android, Sejarah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Android, Sejarah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya ,- Membandingkan dua raksasa penguasa teknologi penyokong smartphone saat ini: Android dan iOS tidak akan pernah ada habisnya. Perdebatan panjang antar keduanya tidak pernah menemukan jawaban akhir tentang siapa yang paling hebat. Hanya yang pasti, keduanya sama-sama mengubah peta teknologi di masa depan. Khususnya android yang terjangkau untuk semua kalangan.

Dibanding dengan iOS, pengguna android jumlahnya jauh lebih banyak. Hal ini tentu tak lepas dari fakta bahwa android jauh lebih murah ketimbang iOS. Tapi iOS memang diciptakan untuk segala keeklusifan. Dan apa-apa yang ekslusif sudah pasti mahal. Tapi tahukah kamu apa itu android?

Sejarah Singkat Android

Pada mulanya android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Android Inc, yang kemudian pada tahun 2005 dibeli oleh Google Finance. Ditangan Google Finance itulah android menemukan tajinya. Setelah itu, android mulai resmi dirilis pada 5 november 2007 berbarengan dengan berdirinya Open Handset Alliance. Disisi lain Google Finance juga merilis kode-kode pada android dibawah naungan lisensi Apache.

Terdapat 2 distributor resmi android yaitu yang mempunyai dukungan penuh Google atau disebut juga dengan google mail service dan distributor yang memang benar-benar bebas dari dukungan google yang disebut juga dengan Open Handset Distribution. Smartphone pertama kali yang sudah diluncurkan dengan menjalankan sistem android yaitu HTC Dream pada tanggal 22 oktober 2008.

Pengertian Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, android adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk smartphone dan tablet. Sistemnya berbasis Linux yang dijadikan sebagai pondasi dasar dari sistem operasi Android. Selain itu android juga dirancang untuk perangkat-perangkat mobile touchscreen.

Sehingga sistem operasi yang berada di dalam smartphone dan tablet saat ini memang telah menyesuaikan spesifikasi dari kelas mulai dari low end hingga high end.

Android dikenal sebagai sistem operasi open source yang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi open source atau terbuka adalah sistem yang oleh pengembangnya diberikan ijin dan kebebasan kepada pihak manapun yang ingin mengembangkan sistem android tersebut.

Menariknya, android mempunyai segudang aplikasi dan game yang tersedia di Google Playstore, entah itu berbayar ataupun yang gratisan. Kamu bisa mendownload dan menggunakan aplikasi dan game yang ada di dalamnya sesuka hatimu.

Kelebihan dan Kekurangan Android

Setelah mengetahui apa itu pengertian android, sekarang mari kita perinci apa saja kelebihan dan kekurangan android yang sudah selayaknya kamu ketahui juga.

Kelebihan Android

Kita mulai dari kelebihan android jika dibandingkan dengan platform lainya seperti windows ataupun iOS.

  1. Android sangat User friendly, maksudnya adalah kamu dapat menggunakan sistem android dengan sangat mudah. bila dibayangkan, bisa jadi seperti sistem operasi windows yang ada di komputer atau laptop. Bahkan untuk kamu kamu yang belum terbiasa dengan smartphone, hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk mempelajari sistem android.
  2. Menggunakan sistem operasi android, akan memudahkan kamu untuk mendapatkan notifikasi dari smartphone. Caranya kamu hanya perlu mengatur beberapa akun yang kamu miliki seperti SMS, Email, voice dial dll.
  3. Keunggulan lainnya dari android yaitu terdapat dari segi tampilannya yang menarik dan tidak kalah dengan iOS. Hal ini dikarenakan sejak awal sistem android memang mengusung konsep teknologi iOS. Hanya saja android adalah versi murahnya.
  4. Sistem operasi android adalah open source yang mana kamu bisa bebas menggunakan dan mengembangkan sistem android versi milikinya sendiri. Sehingga nantinya akan banyak custom ROM yang bisa kamu gunakan.
  5. Terakhir, android adalah tempat beragam pilihan aplikasi dan game menarik yang jauh lebih banyak jika dibanding dengan iOS. Dari mulai aplikasi gratis hingga yang berbayar. Silakan kamu kunjungi Google Playstore untuk menikmati seluruh aplikasi dan game yang tersedia. Untuk game android terbaik, silakan baca: 25 Game Android Gratis Terbaik, Unduh dan Download Game Gratis Android

Kekurangan Android

Selain kelebihan, tentu saja android memiliki beberapa kelemahan. Berikut diantaranya:

  1. Terlalu sering mengalami peningkatan versi. Jika dibanding dengan iOS yang cenderung lambat beralih ke versi berikutnya, android jauh lebih cepat. Padahal untuk mengupdate versi lama ke versi berikutnya bukan pekerjaan mudah. sebagai pengguna hp, kamu harus menunggu rilis resmi dari vendor hp untuk update android terbaru tersebut. Untuk beberapa pengguna, ini adalah hal yang merugikan.
  2. Dengan menggunakan android akan membuat smartphonemu lebih cepat kehilangan daya baterai. Apalagi jika kamu sering menyalakan paket data dan widget serta beberapa aplikasi yang berjalan berlebihan. Untuk mengantisapasi hal tersebut kamu bisa mengurangi aktifitas yang ada pada smartphonemu.
  3. Android menyebabkan smartphonemu sering lemot atau lag. Hal ini berkaitan dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat selular seperti RAM atau prosessor. Meskipun demikian, jika sistem android tidak bersahabat dengan aplikasi yang kamu miliki, akan berdampak pada leletnya penggunaan smartphonemu. Sehingga akan lebih baik jika kamu menyimpan aplikasi yang penting-penting saja di smartphonemu.

Selain itu, untuk bisa menikmati update android terbaru terkadang kita juga harus membali perangkat yang baru. Sebab umumnya, perangkat hanya menerima pembaharuan android satu atau dua tingkat di atasnya.

Daftar Versi Android

Seperti yang pernah disinggung sedikit sebelumnya, bahwa nama-nama android ini sangat unik karena menggunakan nama-nama makanan, yaitu.

  • Android versi 1.0 Apple Pie
  • Android versi 1.1 Banana Bread
  • Android versi 1.5 Cupcake
  • Android versi 1.6 Donut
  • Android versi 2.0 Éclair
  • Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yogurt)
  • Android versi 2.3 Gingerbread
  • Android versi 3.0 Honeycomb
  • Android versi 4.0 Ice Cream Sandwitch
  • Android versi 4.1 Jelly Bean
  • Android versi 4.4 Kitkat
  • Android versi 5.0 Lollipop
  • Android versi 6.0 Marsmellow
  • Android versi 7.0 Nougat
  • Android versi 8.0 Oreo

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu pengertian android beserta kelebihan dan kekurangannya. Mungkin itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, silakan cantumkan dalam kolom komentar.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Macam-Macam Versi Android Beserta Gambar dan Penjelasannya

Di Indonesia bahkan dunia ada dua kelompok besar pengguna smartphone. Mereka adalah pecinta iOS dan sisanya adalah pecinta Android. Jika dibuat perbandingan, jumlah pengguna...
litalia
5 min read

Pengertian Gadget, Fungsi dan Contoh Macam-Macam Gadget

Kalau saya menyebut kata gadget, kamu pasti sudah terbayang barang seperti apa itu. Kemungkinan besar kamu juga sudah terbiasa menggunakanya. Kamu mungkin terbiasa menggunakan...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *