Pengertian Algoritma Beserta,Tujuan, Fungsi, Manfaat, Sifat, Ciri Lengkap

3 min read

Bagi mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam pasti sudah tidak asing lagi dengan kata algoritma. Segala jenis tugas harus menggunakan algoritma yang jelas dan terstruktur. Mulai dari apa yang dipunyai, cara yang digunakan atau proses yang dilakukan sampai tujuan akhir yang ingin dicapai. Algoritma memang memberikan kemudahan bagi seseorang dalam menjelaskan sebuah langkah dan tujuan.

Sama juga pada bahasa pemrograman, algoritma juga menempati posisi yang sangat penting. Hampir-hampir tidak ada bahasa pemrograman yang lepas dari algaritma. Permasalahanya, sudah tahukan kamu apa itu algoritma? Lewat tulisan ini, saya akan membahasnya. Saya juga akan melengkapinya dengan berbagai fungsinya dan contoh penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Algoritma

Ada banyak definisi tentang algoritma yang sekarang bersarang di piikiran kamu. Dari semua itu, saya ingin mempermudah pemahaman kamu bahwa pengertian algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari langkah-langkah tersetruktur, dituliskan secara matematis serta dapat berupa grafik, gambar, tulisan  atau simbol untuk menyelesaikan suatu masalah dengan berbantuan komputer.

Jadi, sebelum mengaplikasikan algoritma kita sudah harus paham konsep dasarnya, yaitu menyelesaikan masalah dimulai dari mana, dengan cara apa dan mencapai tujuan apa. Sehingga saat algoritma dituangkan ke dalam bahasa pemrograman seperti visual basic, pascal, C, dan lain-lain kamu sudah tidak lagi kebingungan apa yang harus dilakukan.

Di matematika, kamu bisa menemukan contoh algoritma misalnya menghitung nilai x dari persamaan x = 19y + 9 :

1) Memulai

2) Menentukan besarnya nilai y

3) Menghitung nilai x = 19y + 9

4) Menyelesaikan

Di sini saya harus main-main dengan logika matematika. Jangan salah, ilmu matematika di sini sangat berguna saat kamu ingin menerapkan algoritma untuk bisa menjadi programmer yang handal.

Tujuan dan Fungsi Algoritma

Konsep dasar algoritma adalah memecahkan suatu masalah. Sudah jelas kalau tujuan dan fungsi dari algoritma berkaitan dengan pemecahan masalah secara lebih rinci dan terstruktur. Secara lebih jelas dapat saya uraikan bahwa tujuan adan fungsi algoritma adalah:

  • Memecahkan program yang sulit
  • Membuat program besar menjadi lebih sederhana
  • Dapat digunakan berkali-kali untuk memecahkan suatu permasalahan,
  • Memudahkan programmer untuk membuat program.
  • Meminimalisir kesalahn.

Karena algoritma itu terstruktur, maka kita bisa melihat alur algoritma untuk menemukan kesalahan. Selain itu program algoritma juga akan didokumentasi dengan mudah, terstruktur dan rapi sehingga akan sangat mudah dipahami oleh programmer atau mahasiswa lain.

Manfaat Algoritma

Algoritma juga berkaitan dengan pola pikir manusia untuk menyelesaikan masalah. Saya dan teman-teman saya dalam menyelesaikan masalah juga berbeda. Karena berkaitan dengan alur. Bahasa pemrograman juga sama. Saya dan teman-teman bisa jadi berbeda proses mnyelesainya.

Meski sama-sama dimulai dengan kata start dan diakhiri kata end. Algoritma di sini bermanfaat untuk membantu berpikir secara sistematis dan terstrukur untuk menyelesaikan masalah. Membuang hal-hal yang tidak diperlukan dan fokus untuk mencari solusi dari permasalahan yang saya hadapi.

Sifat Algoritma

Algoritma juga bisa diartikan sebagai alur berpikir untuk menyelesaikan masalah. Sehingga tidak ada batasan penggunaan bahasa atau simbol yang digunakan. Terserah saya, terserah kamu asal masalah selesai.

Algoritma juga tidak tergantung pada bahasa pemrograman. Yang jelas saya dapat menerapkan algoritma pemecahan masalah yang saya pikirkan pada seluruh bahasa pemrograman.

Ciri Algoritma

Ada lima ciri utama dari algoritma yang harus saya ketahui. Yaitu input, proses, output, instruktur yang jelas dan tujuan akhir. Tanpa saya sadari banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang saya selesaikan menggunakan algoritma. Salah satu contoh dalam kehidupan nyata yang menggunakan algoritma tanpa disadari adalah saat ingin membersihkan lantai rumah yang kotor.

1. Input

Input ini berupa permasalahan yang dihadapai dan hendak dicarikan solusinya. permasalahan lantai rumah yang kotor dan mulai memikirkan cara untuk membersihkan. Algoritma mempunyai input 0 atau lebih

2. Proses

Proses berupa langkah-langkah atau rencana apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan akhir. Prosesnya adalah mulai mengambil sapu, menyiapkan kain pel dan air, hingga tujuan akhirnya adalah lantai yang rumah yang bersih. Minimal algoritma memiliki satu output

3. Output

Output berupa solusi atau tampilan akhir yang akan diperoleh. Dalam permasalahan lantai yang kotor output berupa lantai rumah yang bersih. Output yang dihasilkan algoritma minimal satu output.

4. Instruktur yang dimiliki jelas dan tidak memiliki arti ganda

agar tidak terjadi kesalahan dalam output yang dihasilkan, instruktur harus jelas. Misal menyapu dan mengepel. Instrukturnya jelas yaitu menyapu untuk membersihkan sampah-sampah dan debu, dan mengepel agar lantai bersih.

5. Harus ada tujuan akhir yang dicapai (stoping role).

Program akan berhenti saat tujuan akhir dicapai. Setelah tujuan akhir berupa lantai yang bersih telah dicapai maka program pembersihan lantai akan berhenti.

Contoh Penggunaan Algoritma Dalam Kehidupan

Nah, bagi mahasiswa matematika, ilmu komputer, dan fisika pasti pernah mengambil mata kuliah wajib pemrograman komputer. Biasanya diajari membuat program paling sederhana. Sebelum membuat program diajari membuat algoritma berpikir. Mulai dari membuat tulisan langkah awal, proses sampai tujuan dari permasalahan, grafik, diagram hingga dituangkan dalam bahasa matematika.

Salah satu program sederhana yang pertama  kali dibuat adalah program kalkulator menggunakan bahasa pemrograman pascal. Inputnya berupa bahasa pemrograman yang diawali start lalu proses penambahan perintah operasi hingga end. Output-nya berupa program dari kalkulator sederhana.

Setelah yang sederhana bisa, kita bisa mengembangkan kalkulator sederhana mulai dari tampilan hingga membuat aplikasi kasir hingga transaksi di bidang ekonomi dalam jangkauan besar. Mulai dari pascal yang masih sederhana berupa kata-kata perintah dan digunakan dalam lingkup kecil, visual basic (vb) yang sudah mempertimbangkan visual sampai jejaring luas, hingga database yang bisa terhubung luas sehingga bisa diakses secara mudah.

Cara Kompres Video

Cara Kompres Video,- Video menjadi salah satu media paling menarik di komputer. Banyak kenangan yang disimpan dan bentuk video. Maklum saja, media ini bisa...
litalia
2 min read

Pengertian Android, Sejarah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Android, Sejarah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya ,- Membandingkan dua raksasa penguasa teknologi penyokong smartphone saat ini: Android dan iOS tidak akan pernah ada...
litalia
3 min read

Apa Itu Root Android, Apa Saja Fungsi, Keuntungan Dan Kerugiannya?

Apa Itu Root Android, Apa Saja Fungsi, Keuntungan Dan Kerugiannya? – Android punya segudang teknologi fantastis yang mengesankan. Kita bahkan – diakui atau tidak...
litalia
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *