Biografi Penemu Komputer yang Paling Berpengaruh di Dunia

Penemuan komputer adalah salah satu tonggak besar dalam sejarah teknologi yang telah mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi.

Di balik masing-masing langkah revolusioner dalam dunia komputasi, terdapat sejarah panjang dan kisah-kisah inspiratif dari para penemu dan pemikir visioner yang berjuang untuk membawa konsep abstrak menjadi kenyataan.

Artikel ini akan membahas beberapa tokoh kunci dalam sejarah penemuan dan pengembangan komputer yang telah memberikan sumbangan penting dalam evolusi teknologi ini.

Mulai dari Charles Babbage, yang dijuluki “Bapak Komputer,” hingga sosok-sosok seperti Ada Lovelace, Alan Turing, John von Neumann, Konrad Zuse, John Presper Eckert, John Mauchly, dan Grace Hopper, setiap tokoh ini telah meninggalkan jejak berharga yang terus memengaruhi perkembangan komputer hingga saat ini.

1. Charles Babbage (1791-1871): Bapak Komputer

penemu komputer Charles Babbage (1791-1871)
Gambar dari Indiatoday

Charles Babbage (1791-1871) adalah seorang matematikawan, ilmuwan, dan penemu asal Inggris yang dijuluki “Bapak Komputer.” Lahir pada tanggal 26 Desember 1791 di London, Inggris, Babbage dikenal karena penciptaan dan pengembangan mesin mekanis pertama yang dianggap sebagai leluhur komputer modern. Berikut adalah biografi singkat Charles Babbage:

Masa Muda dan Pendidikan

Charles Babbage berasal dari keluarga berkecukupan di London. Ia menempuh pendidikan di Trinity College, Cambridge, di mana ia mulai mengembangkan minat dalam matematika. Babbage lulus pada tahun 1814 dengan gelar Sarjana Sains, dan ia terinspirasi oleh perjalanan ke Eropa yang menyaksikan alat penghitung yang digunakan dalam perhitungan tabel matematika.

Mesin Diferensial

Pada tahun 1822, Babbage memulai pekerjaan membuat mesin yang kemudian dikenal sebagai “Mesin Diferensial.” Mesin ini adalah perangkat mekanis pertama yang dirancang untuk melakukan perhitungan matematika otomatis dengan menggunakan prinsip diferensial. Mesin ini dirancang untuk menghasilkan tabel angka matematika yang sangat akurat, terutama dalam perhitungan nautika dan astronomi.

Mesin Analitik

Selama pengembangan Mesin Diferensial, Babbage mulai memikirkan konsep yang lebih besar, yaitu “Mesin Analitik.” Mesin Analitik adalah desain komputer mekanis yang lebih canggih yang memasukkan konsep seperti memori, unit aritmatika, unit kontrol, dan program yang dapat diubah. Mesin Analitik Babbage adalah inovasi besar dalam sejarah teknologi komputer, dan meskipun tidak pernah dibangun selama masa hidupnya, konsepnya menjadi dasar bagi perkembangan komputasi modern.

Warisan dan Pengaruh

Charles Babbage wafat pada 18 Oktober 1871 di London. Meskipun banyak proyeknya tidak pernah selesai atau dibangun selama hidupnya, warisan intelektualnya sangat berpengaruh dalam perkembangan komputer. Ia dianggap sebagai “Bapak Komputer” karena kontribusinya dalam menciptakan dasar-dasar konseptual komputer modern.

Pada abad ke-20, ketika teknologi elektronik semakin berkembang, konsep Mesin Analitik Babbage dan prinsip-prinsip komputasi yang diusulkan menjadi inspirasi bagi para insinyur komputer. Namun, baru pada tahun 1991, terbukti bahwa komputer mekanis Babbage yang dirancang untuk Mesin Diferensial dapat dibangun sesuai rencana aslinya, dan sebuah replika Mesin Diferensial Babbage yang berfungsi dibangun untuk menghormati kontribusinya dalam sejarah komputer.

Tentang Charles Babbage

Lahir26 Desember 1791
London, Inggris
Meninggal18 Oktober 1871
Marylebone, London, Inggris
KebangsaanBritania Raya
LulusanPeterhouse, Cambridge
BidangMatematika
Ilmu komputer
InstitusiTrinity College, Cambridge
Dikenal SebagaiBapak Komputer

2. Ada Lovelace (1815-1852): Penulis Program Komputer Pertama

Ada Lovelace (1815-1852) Penulis Program Komputer Pertama

Augusta Ada King, Countess of Lovelace, lebih dikenal sebagai Ada Lovelace, adalah seorang matematikawan dan penulis Inggris yang hidup pada abad ke-19. Dia terkenal sebagai penulis program komputer pertama di dunia dan memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan komputer. Berikut adalah biografi lengkap tentang Ada Lovelace berserta sumber referensi:

Kehidupan Awal:

Augusta Ada Byron lahir pada 10 Desember 1815 di London, Inggris. Dia adalah anak dari Anne Isabella Milbanke dan Lord Byron, seorang penyair terkenal. Kedua orangtuanya bercerai ketika dia masih bayi, dan ibunya, Anne, yang sangat tertarik pada pendidikan dan matematika, mengambil peran penting dalam pendidikan Ada. Anne ingin memastikan bahwa putrinya tidak mengikuti jejak ayahnya yang kontroversial.

Pendidikan dan Karya:

Ada Lovelace menunjukkan bakat matematika sejak dini, dan dia mendapat pendidikan yang komprehensif dalam berbagai bidang, termasuk matematika, ilmu pengetahuan, dan musik. Dia mempelajari matematika di bawah bimbingan seorang mentor, Augustus De Morgan, yang merupakan seorang matematikawan terkenal pada masanya.

Puncak pencapaian Lovelace adalah ketika dia bekerja bersama Charles Babbage pada desain Mesin Analitik, mesin komputasi yang belum pernah dibuat saat itu. Lovelace menerjemahkan sebuah artikel tentang mesin ini dari bahasa Prancis ke bahasa Inggris dan menambahkan catatan-catatan yang panjang dan berisi pemikiran kreatif. Catatan-catatan ini menguraikan bagaimana mesin itu bisa digunakan untuk menghitung berbagai fungsi matematika dan musik, menjadikannya sebagai panduan pemrograman pertama yang pernah ada.

Warisan dan Pengakuan:

Sayangnya, mesin yang direncanakan Babbage tidak pernah selesai dibangun selama hidupnya. Meskipun begitu, Lovelace telah memberikan kontribusi penting dalam memahami potensi komputer sebagai alat pemrosesan dan kreatif. Karyanya menginspirasi banyak ilmuwan dan peneliti di masa mendatang dan menjadi dasar dari perkembangan komputasi modern.

Biografi ini merangkum perjalanan hidup dan kontribusi penting Ada Lovelace dalam sejarah komputasi. Ada Lovelace diakui sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah komputasi, dan warisannya terus memberi inspirasi dalam dunia teknologi dan pemrograman.

Tentang Ada Lovelace

Lahir10 Desember 1815 di London, Inggris
Meninggal27 November 1852, Marylebone, London, Inggris
Dikenal AtasMatematikawan Inggris Ada Lovelace, putri penyair Lord Byron, disebut sebagai “programmer komputer pertama” karena menulis algoritma untuk mesin komputasi pada pertengahan tahun 1800-an.

3. Alan Turing (1912-1954): Bapak Ilmu Komputer & Kriptografi

Alan Turing (1912-1954): Bapak Ilmu Komputer dan Kriptografi
gambar dari reddit

Alan Mathison Turing adalah seorang ilmuwan komputer, matematikawan, kriptografer, dan filsuf Inggris yang lahir pada tanggal 23 Juni 1912 di London, Inggris, dan meninggal pada tanggal 7 Juni 1954. Biografi lengkap Alan Turing adalah sebagai berikut:

Masa Awal:

Alan Turing lahir dalam sebuah keluarga kelas menengah di London. Dia menunjukkan bakat matematika yang luar biasa sejak usia dini dan saat sekolah di Sherborne School, sebuah sekolah asrama di Dorset, Inggris. Setelah lulus dari Sherborne pada tahun 1930, Turing masuk ke King’s College, Cambridge, di mana dia mempelajari matematika.

Pekerjaan Perang Dunia II:

Selama Perang Dunia II, Alan Turing bekerja untuk Government Code and Cypher School (GCCS) di Bletchley Park, Inggris. Di sana, dia memimpin upaya untuk memecahkan kode Enigma, sebuah mesin enkripsi yang digunakan oleh Jerman Nazi. Pekerjaannya dalam memecahkan kode Enigma membantu Sekutu dalam perang dan dianggap sebagai salah satu kontribusi paling penting dalam sejarah kriptografi. Turing dan timnya mengembangkan mesin komputasi elektromekanis, yang dikenal sebagai “Bombe,” untuk membantu dalam upaya ini.

Kontribusi dalam Ilmu Komputer:

Setelah Perang Dunia II, Alan Turing terus berkontribusi pada pengembangan ilmu komputer. Pada tahun 1936, dia mempublikasikan makalah tentang “mesin Turing,” yang merupakan model teoretis dari komputer yang dapat melakukan perhitungan matematika. Mesin Turing menjadi dasar dari komputasi modern dan konsep-konsep yang diperkenalkan oleh Turing dianggap sebagai dasar ilmu komputer.

Kematian:

Alan Turing meninggal pada tanggal 7 Juni 1954 akibat keracunan sianida. Meskipun ada beberapa kontroversi seputar penyebab kematiannya, mayoritas pendapat menyebutkan bahwa Turing melakukan bunuh diri dengan mengonsumsi apel yang telah dicemari sianida. Dia ditemukan meninggal pada usia 41 tahun.

Tentang Alan Turing

Lahir23 Juni 1912
Maida Vale, London, Inggris
Meninggal7 Juni 1954 (umur 41)
Wilmslow, Cheshire, Inggris
Tempat tinggalBritania Raya
KebangsaanInggris
BidangMatematikawan
PendidikanSherborne School
University of Cambridge
Dikenal atasHalting problem
Turing machine
Kriptanalisis Enigma
Automatic Computing Engine
Turing Award
Turing Test

4.John von Neumann (1903-1957): Arsitektur Von Neumann & Mesin EDVAC

 John von Neumann (1903-1957): Arsitektur Von Neumann dan Mesin EDVAC
gambar dari reddit

John von Neumann adalah seorang ilmuwan komputer dan matematikawan berkebangsaan Hungaria-Amerika yang menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam perkembangan komputer modern. Lahir pada tanggal 28 Desember 1903 di Budapest, Hongaria, von Neumann tumbuh menjadi seorang jenius dalam berbagai bidang ilmu, terutama matematika dan fisika. Ia dikenal karena kontribusi besar dalam pengembangan komputer elektronik dan konsep arsitektur komputer yang hingga kini menjadi dasar dari hampir semua komputer yang kita gunakan.

Latar Belakang dan Pendidikan:

John von Neumann lahir dalam keluarga yang cerdas dan terdidik. Ayahnya adalah seorang pengacara dan ibunya adalah seorang ahli bahasa. Sejak usia dini, von Neumann menunjukkan bakat matematika yang luar biasa. Ia mampu menghafal tabel-logaritma secara utuh ketika ia baru berusia delapan tahun. Pada usia 17 tahun, ia memasuki Universitas Budapest, di mana ia belajar matematika, kimia, fisika, dan hukum. Ia meraih gelar doktor dalam bidang matematika pada usia 22 tahun.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya di Budapest, von Neumann melanjutkan studinya di Universitas Zurich di Swiss dan Universitas Gottingen di Jerman. Di bawah bimbingan para ilmuwan terkemuka, seperti David Hilbert dan Albert Einstein, von Neumann mengembangkan pemahamannya tentang matematika, fisika, dan teori kuantum.

Kontribusi dalam Komputasi:

Kontribusi paling terkenal John von Neumann dalam dunia komputasi adalah pengembangan arsitektur komputer yang dikenal sebagai “Arsitektur Von Neumann.” Arsitektur ini memisahkan penyimpanan instruksi dan data dalam memori komputer, sehingga komputer dapat melakukan perhitungan dengan instruksi yang fleksibel. Ini memungkinkan komputer untuk melakukan perhitungan berulang dan menjalankan berbagai jenis program tanpa perlu mengganti perangkat keras fisik.

Selain itu, von Neumann juga terlibar dalam pengembangan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), komputer elektronik pertama yang menggunakan konsep arsitektur Von Neumann. Ia juga berkontribusi dalam pengembangan UNIVAC I (Universal Automatic Computer), salah satu komputer pertama yang digunakan secara komersial di Amerika Serikat.

Warisan:

John von Neumann meninggal dunia pada tanggal 8 Februari 1957, namun warisannya terus hidup dalam dunia komputasi. Arsitektur Von Neumann adalah dasar bagi hampir semua komputer elektronik modern. Pada tahun 1966, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengakui kontribusinya dengan memberikan penghargaan Turing Award, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer.

5. Konrad Zuse (1910-1995): Pembuat Z3 dan Komputer Elektromekanis

Konrad Zuse (1910-1995): Pembuat Z3 dan Komputer Elektromekanis
gambar dari Azquotes

Konrad Zuse adalah seorang insinyur dan penemu asal Jerman yang memainkan peran penting dalam perkembangan komputer modern. Berikut adalah biografi lengkap Konrad Zuse:

Kehidupan Awal:

Konrad Zuse lahir pada 22 Juni 1910, di Berlin, Jerman. Dia menunjukkan minat awal dalam matematika dan teknik. Zuse mengenyam pendidikan di Universitas Teknik Berlin dan kemudian bekerja sebagai insinyur sipil. Pada awal 1930-an, dia mulai mengembangkan minat dalam komputasi dan perhitungan otomatis.

Z3 dan Komputer Elektromekanis Pertama:

Pada tahun 1936, Zuse memulai pekerjaan pada mesin perhitungan mekanis pertamanya, yang disebut Z1. Z1 adalah komputer eksperimental yang menggunakan sistem bilangan biner. Meskipun Z1 adalah langkah awal yang penting dalam pengembangan komputer, itu masih terbatas dalam kapasitasnya.

Pada tahun 1941, Zuse menyelesaikan komputer elektromekanis yang lebih canggih yang dikenal sebagai Z3. Z3 adalah komputer pertama di dunia yang menggunakan sistem biner dan bilangan titik terapung (floating-point arithmetic). Ini adalah langkah revolusioner dalam sejarah komputasi dan menjadi dasar bagi komputer elektronik yang akan datang.

Pascaperang dan Pengaruh Zuse:

Selama Perang Dunia II, Zuse bekerja dengan pemerintah Jerman Nazi dalam proyek-proyek militer, termasuk perhitungan balistik. Setelah perang berakhir, Zuse bekerja untuk membangun komputer lain, Z4, dan memperkenalkan konsep-konsep baru dalam komputasi seperti papan sirkuit.

Namun, pengaruh Konrad Zuse tidak sebatas pada proyek-proyeknya. Pada tahun 1946, Zuse menerbitkan makalah berjudul “Rechnender Raum” (“Ruangan Berhitung”), yang berisi gagasan tentang pemrosesan informasi digital yang terjadi dalam ruang fisik. Meskipun publikasi ini kurang dikenal pada masanya, makalah ini kemudian diakui sebagai sumbangan penting dalam perkembangan ilmu komputer.

Kehidupan Selanjutnya dan Warisan:

Konrad Zuse melanjutkan pekerjaannya dalam komputasi dan teknologi. Dia mendirikan perusahaan konstruksi mesin komputasi di Jerman Barat dan terus mengembangkan inovasi dalam bidang komputer. Zuse meninggal pada 18 Desember 1995, tetapi warisannya dalam dunia komputasi tetap hidup melalui kontribusi-kontribusinya yang monumental dalam pengembangan komputer elektromekanis dan pemikiran konseptual dalam ilmu komputer.

6. John Presper Eckert (1919-1995) dan John Mauchly (1907-1980): ENIAC dan Komputer Elektronik Pertama

6. John Presper Eckert (1919-1995) dan John Mauchly (1907-1980): ENIAC dan Komputer Elektronik Pertama

John Presper Eckert dan John Mauchly adalah dua tokoh kunci dalam sejarah pengembangan komputer yang memiliki peran penting dalam menciptakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), komputer elektronik pertama yang digunakan secara luas. Kehidupan dan kontribusi mereka membentuk dasar dari komputasi modern yang kita nikmati saat ini.

Latar Belakang dan Awal Karir:

John Presper Eckert lahir pada 9 April 1919 di Philadelphia, Pennsylvania. Seorang insinyur listrik, Eckert memperoleh gelar sarjana dan doktor dari Universitas Pennsylvania. Sementara itu, John Mauchly lahir pada 30 Agustus 1907 di Cincinnati, Ohio, dan memperoleh gelar doktor dalam fisika dari Johns Hopkins University. Keduanya memulai kariernya di bidang pendidikan dan penelitian, tetapi ketertarikan mereka pada komputasi membawa mereka berkolaborasi dalam pengembangan komputer pertama.

Penciptaan ENIAC:

Eckert dan Mauchly mulai bekerja pada proyek ENIAC pada tahun 1943 selama Perang Dunia II. ENIAC dirancang untuk menghitung tabel tembakan artileri yang diperlukan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat. Itu adalah komputer besar yang menggunakan lebih dari 17.000 tabung hampa udara dan membutuhkan daya yang luar biasa. ENIAC selesai pada tahun 1945 dan menjadi komputer elektronik pertama yang digunakan untuk aplikasi praktis. Ini mempercepat perhitungan yang sebelumnya memakan waktu berhari-hari menjadi beberapa jam.

Pengaruh Terhadap Sejarah Komputer:

Kontribusi Eckert dan Mauchly dalam pengembangan ENIAC memainkan peran penting dalam menggiring evolusi teknologi komputer. Arsitektur komputer yang digunakan dalam ENIAC, seperti pemisahan penyimpanan instruksi dan data, menjadi dasar dari komputer modern. Keduanya meneruskan karya mereka dengan mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Computer), salah satu komputer komersial pertama yang dijual kepada pihak swasta dan pemerintah.

7. Grace Hopper (1906-1992): COBOL dan Konsep “Debugging”

7. Grace Hopper (1906-1992): COBOL dan Konsep "Debugging"

Grace Brewster Murray Hopper adalah seorang ilmuwan komputer Amerika yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan teknologi komputer dan pemrograman. Berikut adalah biografi lengkap Grace Hopper.

Nama Lengkap: Grace Brewster Murray Hopper
Tanggal Lahir: 9 Desember 1906
Tempat Lahir: New York City, Amerika Serikat
Tanggal Wafat: 1 Januari 1992

Pendidikan dan Awal Karir:

Grace Hopper memulai pendidikannya di Vassar College, di mana ia lulus dengan gelar dalam bidang matematika dan fisika pada tahun 1928. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Yale dan meraih gelar master dalam matematika pada tahun 1930. Dia kemudian memperoleh gelar doktor dalam ilmu matematika dari Universitas Yale pada tahun 1934.

Pada tahun 1943, selama Perang Dunia II, Grace Hopper bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat sebagai letnan komandan dan ditempatkan di Universitas Harvard, di mana dia bekerja pada proyek komputer Mark I. Proyek ini melibatkan pengembangan komputer elektromekanis pertama yang digunakan oleh Angkatan Laut. Selama masa itu, Hopper juga berkontribusi dalam pengembangan bahasa pemrograman A-0, yang menjadi cikal bakal bahasa pemrograman COBOL.

Kontribusi dalam Pemrograman dan Komputasi:

Grace Hopper dikenal karena kontribusinya dalam pengembangan bahasa pemrograman COBOL (Common Business-Oriented Language). Bahasa pemrograman ini diciptakan untuk memudahkan penulisan program komputer dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh manusia. COBOL menjadi bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk pemrosesan bisnis dan masih digunakan di banyak aplikasi perbankan dan perusahaan hingga saat ini.

Selain itu, Grace Hopper juga menciptakan kompiler pertama, yang memungkinkan program komputer ditulis dalam bahasa manusia dan kemudian dikonversi ke dalam bahasa mesin komputer. Inovasi ini memberikan kemudahan dalam pengembangan perangkat lunak dan menjadi dasar bagi kompiler modern.

Karir Lanjutan dan Penghargaan:

Grace Hopper memperoleh gelar doktor kehormatan dari beberapa perguruan tinggi dan universitas, termasuk Yale University dan Harvard University. Ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada tahun 1963, yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil di Amerika Serikat. Pada tahun 1973, dia menjadi laksamana pertama dalam Angkatan Laut Amerika Serikat, menjadi wanita pertama yang mencapai pangkat tersebut.

Wafat dan Warisan:

Grace Hopper meninggal pada 1 Januari 1992, tetapi warisannya dalam dunia komputer dan pemrograman terus hidup. Dia diakui sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah komputasi dan pemrograman.

Sumber Referensi:

  1. Swade, D. (2001). The Difference Engine: Charles Babbage and the Quest to Build the First Computer. Viking.
  2. Hyman, A. (1982). Charles Babbage: Pioneer of the Computer. Oxford University Press.
  3. “Charles Babbage.” Encyclopaedia Britannica. https://www.britannica.com/biography/Charles-Babbage
  4. “Charles Babbage.” Computer History Museum. https://www.computerhistory.org/babbage/
  5. Toole, B. (1992). Ada, the Enchantress of Numbers: A Selection from the Letters of Lord Byron’s Daughter and Her Description of the First Computer. Strawberry Press.
  6. Stein, D. (1985). Ada: A Life and a Legacy. MIT Press.
  7. Padua, S. (2015). The Thrilling Adventures of Lovelace and Babbage: The (Mostly) True Story of the First Computer. Pantheon.
  8. Hodges, A. (1992). “Alan Turing: The Enigma.” Simon & Schuster.
  9. Copeland, B. J., et al. (2017). “The Essential Turing: Seminal Writings in Computing, Logic, Philosophy, Artificial Intelligence, and Artificial Life, plus The Secrets of Enigma.” Oxford University Press.
  10. The Turing Archive for the History of Computing (www.turingarchive.org)
  11. Burks, A. W., Goldstine, H. H., & von Neumann, J. (1986). John von Neumann: Collected Works. American Mathematical Society.
  12. Poundstone, W. (1993). Prisoner’s Dilemma: John von Neumann, Game Theory, and the Puzzle of the Bomb. Oxford University Press.
  13. Origins of Digital Computers: Selected Papers. (1982). Springer.
  14. “Konrad Zuse.” Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/biography/Konrad-Zuse

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih telah memberi tahu kami!
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari Jurnalponsel.com, pastikan untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Litalia. (). Biografi Penemu Komputer yang Paling Berpengaruh di Dunia. Diakses pada , dari https://www.jurnalponsel.com/penemu-komputer/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.