8 Biografi Penemu Komputer yang Paling Berpengaruh di Dunia

Beberapa orang yang akan saya ceritakan di bawah ini punya karya hebat dalam bidang komputer. Ya, komputer, piranti dengan layar berbentuk persegi panjang yang hampir tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia saat ini. Dari untuk bekerja hingga berkomunikasi. Dari menjalin relasi hingga menjalin kisah percintaan. Semuanya bisa dilakukan di komputer.

Sejak hadirnya alat ini, dunia seolah memasuki era baru. Babak baru dimana dunia menjadi serba instan dan cepat. Tentu saja semua itu tak bisa lepas dari karya beberapa orang di bawah ini. Orang inilah yang punya ide besar dan mampu mewujudkanya dalam sebuah karya besar. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kisah di bawah ini.

1. Charles Babbage

Gambar dari Indiatoday

Charles Babbage hidup jauh pada masa dimana komputer belum terpikirkan. Tetapi ia memulainya. Lahir 26 Desember 1791 Charles Babbage lah yang punya gagasan bahwa komputer itu bisa diprogram dengan salah satu karya terbesarnya Mesin Penghitung (Difference Engine No.1).

Walau gagasanya belum bisa sepenuhnya diwujudkan, tapi setidaknya dalam keterbatasan teknologi, Charles Babbage masih bisa menyelesaikan sebuah mesin diferensial dan berfungsi dengan sempurna. Kita bisa lihat karya aslinya di Museum Sains London.

Lelaki yang sering diperdebatkan kapan lahirnya ini memecahkan masalah perhitungan tabel matematika yang sering mengalami kesalahan. Babbage mengembangkan bagaimana cara melakukan perhitungan secara mekanik dengan harapan tidak ada lagi kesalahan sebagaimana yang dilakukan oleh manusia.

Semasa menempuh pendidikan di Trinity College di Cambridge ia memiliki kemampuan matematika melebihi pengajarnya. Bahkan di usia yang baru menginjak 20 tahun, ia sudah bekerja di bidang kalkulus yang kemudian mengantarkanya terpilih menjadi “Royal Society” sebuah organisasi keilmuan di Inggris Raya.

Inspirasinya datang dari mesin hitung yang sedang dikerjakan oleh Blaise Pascal, Wilhelm Schickard, dan Gottfried Leibniz. Ia kemudian menulis surat pada sebuah kelompok dengan judul Catatan Penerapan Mesin Bagi Penghitungan Tabel Astronomis …. ” pada tanggal 14 Juni 1822. Dari situlah kemudian ia mengembangkan alat yang bisa diprogram.

Tentang Charles Babbage

Lahir 26 Desember 1791
London, Inggris
Meninggal 18 Oktober 1871
Marylebone, London, Inggris
Kebangsaan Britania Raya
Lulusan Peterhouse, Cambridge

Karier ilmiah

Bidang Matematika
Ilmu komputer
Institusi Trinity College, Cambridge
Dikenal Sebagai Matematika
Komputer

2. Howard Aiken

Gambar dari Azquotes

Howard Aiken dikenal sebagai orang yang pertama kali menemukan sistem komputer. Lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat 8 Maret 1900. Anak tunggal dari pasangan Margareth Emily Mierisch-Aiken dan Daniel H. Sekolah SMA nya ada di Arsenal Technical High School, sebelum melanjutkan kuliah di Universitas Wisconsin, Madison.

Di kampus tersebut, Aiken mendapatkan gelar sarjana muda di bidang Electrical Engineering. Lalu ia bekerja di perusahaan Gas Madison. Karirnya terus berlanjut hingga menjadi kepala Engineer di perusahaan tersebut.

Tapi ia kemudian memutuskan untuk melajutkan pendidikanya demi meraih gelar Ph.D. dari Universitas Harvard. Di kampus tersebut ia membuat thesis bidang fisika tentang sebuah mesin untuk melakukan perhitungan. Idenya tersebut berhasil di danai oleh IBM.

Dari penelitiannya inilah kemudia ia membuat mesin bernama Mesin Electro Mechanic. Menariknya, Aiken mendapat inspirasi dari mesin diferensial milik Charles Babbage. Karirnya makin cemerlang sejak 1970, ketika ia memperoleh penghargaan Edison Medal dari IEEE.

Tentang Howard Aiken

Lahir 8 Maret 1900
Hoboken, New Jersey
Meninggal Maret 14, 1973 (umur 73)
St. Louis, Missouri
Menetap Amerika Serikat
Warga Negara Amerika
Lulusan Universitas Wisconsin–Madison
Universitas Harvard (doctorate)

Karier ilmiah

Bidang Teknologi komputasi
Institusi Universitas Harvard
Dikenal Atas Automatic Sequence Controlled Calculators Harvard Mark I – IV
Penghargaan Harry H. Goode Memorial Award (1964)
Edison Medal (1970)

3. Alan Turing

gambar dari reddit

Nama yang cukup populer dalam dunia komputer, Alan Turing. Nama aslinya Alan Mathison Turing. Lahir di Maide Vale, London, Inggris pada 23 Juni 1912. Ia terkenal sebagai seorang peneliti matematika dan komputer, khususnya komputer komputer modern digital sekaligus juga pahlawan perang Inggris. Ia lah yang pertama kali berfikir untuk menggunakan komputer dalam berbagai keperluan.

Menurut dia, komputer itu bisa digunakan untuk berbagai keperluan karena bisa menjalankan berbagai program. Selain itu ia juga memiliki ide tentang sebuah mesin yang bisa menjalankan sekumpulan perintah yang dikenal sebagai mesin Turing. Saking kerenya dia, namanya bahkan diabadikan sebagai nama Penghargaan Turing.

Turing adalah lulusan Universitas Princeton di Amerika Serikat sebelum akhirnya ia kembali ke Inggris dan bekerja di Departemen Kriptoanalisis Inggris. Di sinilah Turing memainkan peran penting, ia menguraikan pesan yang dienkripsi dari mesin enigma Jerman. Mesin itu diketahui menyediakan data intelijen bagi sekutu.

Tentang Alan Turing

Lahir 23 Juni 1912
Maida Vale, London, Inggris
Meninggal 7 Juni 1954 (umur 41)
Wilmslow, Cheshire, Inggris
Tempat tinggal Britania Raya
Kebangsaan Inggris

Karier ilmiah

Bidang Matematikawan
Institusi University of Manchester
National Physical Laboratory
Government Code and Cypher School
University of Cambridge
Penghargaan Officer of the Order of the British Empire
Fellow of the Royal Society
Lulusan University of Cambridge
Princeton University
Dikenal atas Halting problem
Turing machine
Kriptanalisis Enigma
Automatic Computing Engine
Turing Award
Turing Test

4. John von Neumann

gambar dari reddit

Orang terkenal berikutnya dalam bidang komputer adalah John von Neumann. Yang diciptakan sangat mengesankan, virus komputer. Pria yang hadir di Budapest, Hungaria 28 Desember 1903 ini telah mampu mencetuskan dua buah paper matematika sekaligus ketika usianya masih 19 Tahun.

Ia memang sangat terkenal sebagai matematikawan yang sangat berkontribusi dibidang fisika Quantum, ilmu komputer, analisis fungsional, teori himpunan, ekonomi dan banyak lagi yang masih berkaitan dengan matematika. Gelar Ph.D. di bidang matematika di dapatnya dari Universitas Budapest saat usianya masih 23 Tahun. Hebatnya lagi ia menempuh juga pendidikan teknik kimia di Swiss pada tahun yang sama.

Karirnya tercatat sebagai dosen di Berlin, Jerman. Tapi ia juga sangat berjasa dalam sejarah komputer khususnya pengembangan bom hidrogen yang membutuhkan kalkulasi besar dan kompleks. Karena hebatnya ia, salah satu karyanya kemudian di abadikan dalam bentuk arsitektur von-neumann. Selain itu, ia juga berhasil menerbitkan “Theory of Games and Economic Behavior”. Ia meninggal pada 8 Februari 1957 di Washington DC, Amerika Serikat.

Tentang John von Neumann

Lahir 28 December, 1903
Budapest, Austria-Hungary
Meninggal 8 Februari 1957 (Usia 53)
Washington, D.C., U.S.
Kebangsaan Hungarian
Warga Negara Hungary
United States
Lulusan Pázmány Péter University
ETH Zürich
University of Göttingen
Penghargaa Bôcher Memorial Prize (1938)
Navy Distinguished Civilian Service Award (1946)
Medal for Merit (1946)
Medal of Freedom (1956)
Enrico Fermi Award (1956)

Karir Ilmiah

Ruang Lingkup Matematika, Fisika, Statistika, Ekonomi dan Ilmu Komputer
Institusi University of Berlin
Princeton University
Institute for Advanced Study
Los Alamos Laboratory

5. Konrad Zuse

gambar dari Azquotes

Berikutnya ada Konrad Zuse yang terkenal sebagai seorang teknik sipil sekaligus juga perintis komputer. Lahir di Berlin 22 Juni 1910. Lahir dari keluarga sederhana yang orang tuanya bekerja sebagai petugas pos memaksa Zuse sering berpindah. Ia pernah ke Braunsberg, Prusia Timur pada 1922 dan pindah lagi ke Hoyerswerda pada 1923.

Pria lulusan Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg ini pertama kali melakukan penelitian pada 1935. Saat itu ia bereksperimen soal bagaimana membangun komputer. Setahun kemudian, ia berhasil menciptakan Z1, kalkulator mekanis lengkap dengan programmability. Sayangnya, pada Perang Dunia II, Blue Print Z1 asli hancur akibat serangan Inggris bersama dengan bangunan rumah orangtuanya.

Tentang Konrad Zuse

Lahir 22 Juni 1910
di Berlin, Prussia, German Empire
Meninggal 18 December 1995 ( Usia 85 Tahun)
di Hünfeld, Hesse, Germany
Kebangsaan Jerman
Lulusan Technical University of Berlin
Dikenal Atas Z3, Z4
Plankalkül
Calculating Space (cf. digital physics)
Penghargaan Werner von Siemens Ring pada 1964,
Wilhelm Exner Medal, 1969

Harry H. Goode Memorial Award in 1965 (Bersama dengan George Stibitz),

Computer History Museum Fellow Award pada1999
Order of Merit di Jerman pada 1972

Karir Ilmiah

Lingkup Ilmu Komputer
Teknik Komputer
Institusi Aerodynamic Research Institute

6. Douglas Engelbart

gambar dari azquotes

Douglas Engelbart terkenal sebagai penemu mouse. Lahir di Oregon, Amerika Serikat pada 30 Januari 1925 dengan nama Douglas Charles Engelbart. Anak bungsu dari Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart dan Carl Louis Engelbart.

Pria ini menempuh pendidikan di Oregon State University. Sayangnya karena terjadi Perang Dunia II, Ia lebih memilih menjadi angkatan laut untuk bidang teknisi radar di Filipina. Tapi itu hanya bertahan selama 2 tahun, sebelum akhirnya ia melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar sarjana teknik elektro pada 1948 di University of California Berkeley.

Tentang Douglas Engelbart

Lahir 30 Januari 1925
Portland, Oregon, U.S.
Meninggal 2 Juli 2013 (Usia 88 Tahun)
Atherton, California, U.S.
Tinggal Atherton, California, U.S.
Kebangsaan Amerika
Lulusan Oregon State College (BS 1948)
University of California, Berkeley (MS 1953, PhD 1955)
Dikenal Atas Mouse Komputer

Hipertext

Groupware
Komputer Interaktif

Karir Ilmiah

Ruang Lingkup Human–computer interaction
Inventor
Penghargaan National Medal of Technology (2000),
Lemelson-MIT Prize,
Turing Award (1997)[1]
Lovelace Medal,
Norbert Wiener Award for Social and Professional Responsibility,
Computer History Museum Fellow Award (2005)[2]
Institusi SRI International,
Tymshare,
McDonnell Douglas,
Bootstrap Institute/Alliance,[4]
The Doug Engelbart Institute

7. Leonard Kleinrock

Saya bilang inilah pria yang berhasil menemukan dunia baru bernama Internet. Leonard Kleinrock sang penemu teknologi internet lahir di New York, 13 Juni 1934. Sejak kecil amat tertarik dengan teknologi dan membawanya masuk ke salah satu sekolah ternama di Amerika, Bronx High School of Science. Di sekolah itulah kemudian ia mengasah bakatnya.

Pendidikanya kemudian berlanjut ke City College of New York, hingga 1957 Ia memperoleh gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Tak sampai disitu, ia kemudian melanjutkan pendidikanya di Institut Teknologi Massachusetts, mengambil magister teknik elektro dan ilmu komputer. Akhirnya tahun 1963 gelar Ph.D ia dapatkan.

Tentang Leonard Kleinrock

Lahir 13 Juni 1934
New York City
Tempat Tinggal Los Angeles
Kebangsaan United States
Lulusan City College of New York, MIT
Dikenal Atas Internet development

Karir Ilmiah

Lingkup Engineering
Computer science
Institusi UCLA
Penghargaa Marconi Prize (1986)
Harry H. Goode Memorial Award (1996)
National Medal of Science[1] (2007)
IEEE Alexander Graham Bell Medal (2012)
BBVA Foundation Frontiers of Knowledge Award (2014)

8. Ray Tomlinson

Ray Tomlinson atau lengkapnya Ray Tomlinson lahir pada 1941 Amsterdam, New York dikenal sebagai penelu Email atau Elektronik Mail. Ray kecil menghabiskan pendidikanya di Broadalbin Central School, New York. Setelah itu melanjutkan pendidikan ke Rensselaer Polytechnic Institute di New York untuk gelar sarjananya. Di sana ia juga bekerja sama dengan IBM untuk program co-op.

Setelah lulus pada 1963, Ray kemudian melamjutkan studinya di Massachusetts Institute of Technology untuk gelar masternya. Bersama dengan Speech Communication Group, Ray berhasil mengembangkan teknologi analog-digital dan menerima gelar masternya tahun 1965.

Tentang Ray Tomlinson

Lahir 23 April 1941
Amsterdam, New York, Amerika Serikat
Meninggal 5 Maret, 2016
Kebangsaan Amerika Serikat
Lulusan Rensselaer Polytechnic Institute
Massachusetts Institute of Technology
Pekerjaan Pemrogram, penemu
Dikenal atas Penemu sistem surat elektronik

Dari beberapa biografi singkat penemu komputer di atas, ada satu kesimpulan penting yang tidak bisa saya abaikan. Bahwa orang-orang hebat tersebut mementingkan pendidikan di atas segalanya. Mereka memiliki semangat luar biasa demi mewujudkan ide dan gagasan yang dimiliki. Keterbatasan sarana tidaklah menghalangi. Semoga kita bisa sama-sama mengambil pelajaran dan mengubah dunia dengan cara kita sendiri ke arah yang lebih baik.

Tinggalkan komentar