Nama Penemu dan Pencipta Permainan Bola Basket

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia. Bahkan cabang olahraga tersebut sering dipertandingkan dalam berbagai kompetisi bergengsi. Seperti olimpiade atau NBA di Amerika.

Menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia, tentu kita penasaran siapakah penemu olahraga satu ini. Sudah pasti ada sejarah penemu dan pencipta olahraga basket yang sangat menarik untuk diketahui. Nah, karena itu jurnalponsel.com akan mengulasnya.

Dr. James Naismith, Penemu dan Pencipta Permainan Bola Basket

Dr. James Naismith, Penemu dan Pencipta Permainan Bola Basket

Permainan bola basket ditemukan oleh Dr. James Naismith yang merupakan seorang guru olahraga asal Kanada. Mengajar di perguruan tinggi para siswa profesional, beliau harus membuat sebuah permainan di ruangan tertutup untuk menggantikan kegiatan yang tidak bisa dilakukan di lapangan karena musim dingn.

Pada Desember 1891, Naismith terinspirasi permainan yang pernah dilakukannya saat di Ontario dan permainan tersebut dikenal sebagai olahraga bola basket. Selain menjadi penemu olahraga tersebut, guru di YMCA International Training School di Springfield ini juga yang pertamakali memperkenalkan pemakaian helm pada olahraga American Football.

Pada awalnya, satu tim bola basket berisikan 9 orang serta tidak adanya dribble sehingga pengoperan bola dilakukan dalam bentuk passing. Namun lama-kelamaan, permainan tersebut berkembang dengan dribble dan berbagai teknik lainnya sampai sekarang.

Pada Agustus 1936, beliau dinamakan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional ketika menghadiri Olimpiade Berlin. Naismith memang lahir sebagai warga Kanada. Namun pada 4 Mei 1925, beliau mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat.

Kurang dari enam bulan setelah pernikahan keduanya, tepatnya pada 28 November 1939, guru pendidikan jasmani dan olahraga ini meninggal dunia.

Sejarah Penemuan dan Perkembangan Bola Basket

Meskipun jumlah pemain dalam satu tim tak sebanyak sepakbola, namun olahraga satu ini tetap mampu mempertunjukkan hiburan menarik bagi para penontonnya. Sebab beragam teknik yang ditontonkan sangat menarik dan unik. Tak heran jika sampai sekarang penggemar fanatiknya tersebar hampir di setiap negara.

Jumlah pemain basket yang berisikan 5 orang dalam 1 tim ini memiliki sejarah penemuan dan perkembangannya hingga sampai sekarang. Antara lain:

1. Awal Permainan Bola Basket Diciptakan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, permainan bola basket ditemukan pertamakali oleh Dr. James Nasmith pada tahun 1891. Satu tahun pasca permainan tersebut diciptakan, kemudian diperkenalkan secara resmi di Amerika. Tepatnya pada tahun 1892.

Namun di tahun tersebut belum ada peraturan permainan resminya. Baru pada tahun 1894, peraturan resminya pertamakali dibuat oleh Dr. James Naismith dan Dr. Luther Gullick.

2. Persebaran ke Berbagai Negara

Kemudian selang satu tahun setelah peraturan resminya dibuat, tepatnya pada tahun 1895, kosakata basketball resmi diterima dan diarsipkan ke dalam perbendaharaan kata bahasa Inggris. Persebaran olahraga ini pun meluas hingga ke berbagai negara.

Di tahun 1913, pertandingan kejuaraan bola basket Far Eastern diselenggarakan. Kejuaraan bola basket yang pertamakali diselenggarakan ini dimenangkan oleh Filipina yang mengalahkan Cina di partai final.

Kemudian di tahun 1918, permainan tersebut dikenalkan oleh tentara Amerika dan anggota YMCA ke berbagai negara Eropa. Setahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1919, bola basket dipertandingkan di Olimpiade. Pertandingan resmi pertamanya adalah di Olimpiade Militer di Joinville.

3. Dibentuknya Federasi Resmi

Federasi bola basket internasional atau Federation International de Basketball (FIBA) akhirnya dibentuk. Pembentukan federasi resmi tersebut terjadi di tahun 1932.

Selang setahun setelah FIBA dibentuk, kejuaraan dunia bola basket antar mahasiswa dilangsungkan. Kejuaraan yang berlangsung di tahun 1933 ini diadakan di kota Turin, Italia.

4. Pertama Kali Resmi Dipertandingkan pada Olimpiade

Dua tahun setelah kejuaraan dunia bola basket antar mahasiswa, cabang olahraga satu ini akhirnya diterima sebagai salah satu nomor pertandingan di Olimpiade. Persetujuan tersebut diadakan pada Kongres Komite Internasional tahun 1935.

Untuk pertamakalinya olahraga bola basket dipertandingkan di olimpiade. Tepatnya di tahun 1936 dalam Olimpiade Berlin. Pada pertandingan perdananya, sekitar 22 negara menjadi pesertanya. Dan akhirnya Amerika Serikat, Kanada dan Mexico menjadi tiga besar peraih medali pada pertandingan pertama tersebut.

Selang tiga tahun setelah dipertandingkan secara resmi di Olimpiade, penemu permainan bola basket, Dr. James Naismith meninggal dunia.

5. Perkembangan Bola Basket di Indonesia

Di Indonesia, perkembangan olahraga satu ini juga cukup pesat. Pertamakali olahraga bola basket diperkenalkan oleh para perantau dari Cina. Tepatnya sekitar tahun 1920-an. Meskipun belum resmi merdeka, namun sejak tahun 1930-an, beberapa kota di Indonesia sudah memiliki sejumlah klub bola basket lokal.

Pasca proklamasi di tahun 1945, permainan satu ini mulai dikenal di berbagai kota. Bahkan di kota basis perjuangan seperti Yogyakarta dan Solo. Pertandingan bola basket pertamakali diselenggarakan secara resmi pada Pekan Olahraga Nasional pertama di tahun 1948.

Selang tiga tahun pasca dipertandingkan pertamakali, federasi bola basket resmi di Indonesia terbentuk. Di tahun 1955, Federasi Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi sudah diterima sebagai anggota FIBA. Indonesia pertamakali mengirimkan tim basket nasionalnya pada ajang Asian Games di Manila tahun 1953.

Tahun 1982 merupakan titik bersejarah dimulainya kompetisi bergengsi klub-klub bola basket papan atas di Indonesia. Pada 3 April 1982, digelar pertandingan antara klub Semangat Sinar Surya Yogyakarta melawan Rajawali Jakarta. Pertandingan antar klub yang pertamakali digelar itulah yang menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama.

Ternyata dari pertama kali diciptakan sampai masuk menjadi cabang olahraga resmi di berbagai even olahraga, permainan bola basket mengalami berbagai macam pasang surut perkembangan yang menarik untuk diketahui. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.