Pelanggaran dan Kesalahan dalam Bola Basket Lengkap Dengan Penjelasannya

Pelanggaran dan kesalahan dalam basket

Olahraga adalah permainan yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Begitu juga dalam permainan olahraga basket. Ada sejumlah aturan yang harus dijunjung oleh setiap pemain sebagai bagian dari nilai-nilai sportivitas. Jika nilai-nilai ini diabaikan, maka akan berujung pelanggaran. Setiap pelanggaran akan diganjar oleh wasit dengan hukuman.

Uniknya, dalam permainan basket tidak hanya dikenal pelanggaran saja. Melainkan ada juga namanya kesalahan. Kesalahan ini berkaitan dengan teknik atau tindakan yang tidak sesuai dengan aturan permainan bola basket.

Kesalahan dalam Bola Basket

Kesalahan dalam basket

Yang disebut kesalahan atau violation dalam permainan bola basket adalah tindakan pemain yang tidak sesuai dengan aturan permainan atau teknik permainan. Biasanya pelanggaran bakal mengubah kepemilikan bola dari tim satu ke tim lainnya yang tidak melakukan pelanggaran.

Kesalahan memang tidak menyebabkan pemain lawan mendapatkan poin secara cuma-cuma. Tetapi bisa mengakibatkan mental down ketika terus-terusan melakukan kesalahan. Berikut beberapa jenis kesalahan tesbut:

1. Kesalahan ketika membawa bola

Membawa bola dalam permainan basket itu ada aturanya. Mulai dari bagaimana memantulkanya, berapa lama bola dipegang dan lainya. Jika tidak sesuai aturan, maka akan terjadi kesalahan permainan bola basket. Dalam beberapa kategori yang masuk dalam jenis kesalahan ini:

  • Walking atau Traveling. walking/ traveling adalah kesalahan yang terjadi bila kamu membawa bola tanpa ngedribel atau menggerakkan kaki yang menjadi sumbu setelah ngedribel. Jadi kalau sudah menerima bola, latih diri untuk langsung melakukan dribel sembari memikirkan sasaran tembak. Begitu sudah selesai dribble di tempat, maka langsung pass Jangan ubah arah gerak.
  • Carrying atau Palming. Terjadi ketika kamu melakukan drible terlalu jauh dari tubuh atau dribel dibawah bola. Jadi tidak bisa buat gaya-gayaan ya. Sebab bisa menghadirkan pelanggaran yang terjadi akibat kesalahan teknik membawa bola.
  • Backcourt violation. Terjadi bila kamu sudah melewati garis tengah lapangan ketika memiliki bola, atau istilahnya berada dalam posisi ofensif tetapi malah berbalik arah. Maka kamu bisa terkena pelanggaran backcourt violation. Intinya, kalau sudah melewati garis tengah jangan ragu untuk terus maju saja.
  • Offensive Three Second. Terjadi ketika pemain ofensif berdiam diri selama tiga detik seperti pemain defensif maka ia akan mendapatkan pelanggaran yang disebut Offensive Three Second. Maksudnya, kalau kamu dalam posisi menyerang, maka setiap pemain hanya punya kesempatan untuk diam selama tiga detik. Lebih dari itu bakal terjadi kesalahan.

Berlaku juga sebaliknya pada pemain defensif yang terdiam tiga detik sementara lawan dalam kondisi ofensif. Ibaratnya dalam permainan basket kamu harus selalu sigap menghadapi lawan sekaligus juga terus aktif bergerak. Jika tidak, lawan akan mendapat bola, bahkan bisa dapat kesempatan free throw. Akhirnya berujung lawan mencetak poin.

2. Kesalahan teknik mendribel bola

Dalam melakukan dribel juga ada aturanya. Tidak bola terjadi yang namnya double dribble. Double dribble adalah kesalahan yang berujung pelanggaran yang terjadi ketika kamu melakukan dribel bola menggunakan dua tangan atau memegang kembali bola menggunakan dua tangan setelah didribel.

3. Kesalahan ketika passing bola

Dalam kategori ini, ada yang namanya time restrictions. Jenis kesalahan ini terjadi ketika kamu lebih dari lima detik tetapi tidak juga melakukan passing. Konsekuensinya, bola bakal beralih ke tim lain. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang pemain yang memegang bola dijaga ketat sehingga ia tidak bisa melakukan passing.

4. Kesalahan ketika merebut bola

Dalam kategori ini ada yang disebut dengan nama held ball. Kesalahan ini terjadi ketika kedua pemain dari tim yang berbeda mendapat bola pada waktu bersamaan. Maka wasit akan memberikan bola ke tim sesuai rotasi permainan saat itu.

Pelanggaran atau Foul dalam Basket

Pelanggaran dalam basket

Selain kesalahan, ada yang dinamakan dengan pelanggaran atau foul. Yang masuk dalam kategori pelanggaran (foul) adalah pelanggaran yang lebih fatal daripada violation, karena tidak menunjukkan sifat sportif dan bahkan dapat mencelakai anggota tim lain secara fatal.

Jika dalam violation terjadi hanya karena kesalahan teknik. Maka foul terjadi karena pelanggaran pada nilai-nilai sportifitas. Foul dapat dilakukan oleh seseorang bahkan satu tim. Pelanggaran tipe ini biasanya bakal diganjar dengan dengan free throw bagi tim yang dilanggar.

Yang paling fatal, bisa juga berakhir dengan pengeluaran pemain karena pemain telah melakukan pelanggaran berulang (menurut standar FIBA 5 kali, standar NBA 6 kali, atau dua kali technical foul dari 1 pertandingan). Nah, Terdapat tiga kelas foul yang biasa terjadi di permainan bola basket, sob.

1. Personal Foul

Personal Foul adalah jenis foul yang paling umum karena terjadi antara dua orang pemain dari dua tim yang berlawanan. Hal ini terjadi ketika melakukan blocking terhadap gerakan lawan, atau bahkan menjegal lawan defensif yang sedang tidak mendekati bola (charging).

Ada dua jenis personal foul:

  • Personal foul yang dilakukan oleh pemain yang memegang kendali pada bola dinamakan offensive foul. Foul jenis ini dilakukan kepada pemain defensif.
  • Personal foul yang dilakukan pada kondisi bola bebas (tidak ada satupun tim yang memiliki bola disebut loose-ball foul yang biasanya terjadi saat rebutan bola bebas.

2. Flagrant Foul

Jenis foul ini terjadi ketika ada kontak kasar antara dua pemain seperti memukul, menendang, dan meninju. Ada Flagrant-1- foul berarti kontak yang tidak perlu yang sifatnya biasa dan Flagrant-2- foul berarti kontak tidak perlu yang dilakukan terlalu berlebihan.

3. Technical Foul

Jenis foul ini sifatnya non fisik. Lebih ke perilaku dan tata krama yang ditunjukkan pemain. Misalkan seperti berkata kasar, melakukan kekerasan pada juri, memaksa timeout ketika jadwal timeout telah habis dan lain sebagainya.

Itulah berbagai pelanggaran dan kesalahan dalam permainan bola basket. Meski terlihat sederhana, permainan basket itu memiliki aturan yang sangat ketat. Bila dilanggar, wasit tidak segan-segan menghukum pemain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *