Pap? Arti, Penjelasan, Singkatan, Kepanjangan Dalam Bahasa Gaul

Apa itu PAP

Suatu hari, kamu lagi ngobrol seru banget sama gebetan via percakapan di whatsapp. Obrolan kalian nyambung dan seru banget deh, mulai dari ngomongin gosip artis, kabar politik, jadwal CPNS, sampe proses pembentukan galaksi Bima Sakti.

Trus tiba-tiba dia kirim chat yang berisi : “Eh kamu lagi di mana? PAP muka dong,”

Hah? PAP itu apa? PAPA? Papi? Papan?

Inilah salah satu istilah yang muncul pada anak generasi Z. Sesuatu yang tidak akan kamu temukan di jaman old. Tidak pula bisa kamu temukan di KBBI yang notabene adalah kamus wajibnya orang Indonesia.

Apa itu PAP?

Kamu nggak tau apa itu PAP, tapi nggak mungkin dong tanya sama doi PAP itu apa. Bisa-bisa dia ilang feeling gara-gara kamu dinilai nggak update istilah masa kini.

 Ya udah, sini-sini aku kasih tau. PAP itu kepanjangan dari Post A Picture, yang dalam bahasa Indonesia berarti sebuah permintaan buat kirim foto.

Misalnya, dia bilang “PAP muka dong,”, artinya dia minta kamu buat kirim foto selfie kamu. Kalau misalnya dia bilang “PAP di sekitar kamu dong,” itu berarti dia pengen lihat apa aja yang ada di sekitar kamu.

Arti PAP Menurut KBBI

Kamu nggak perlu deh repot-repot cari arti kata PAP di KBBI karena nggak bakalan ada. PAP sendiri kan bukan termasuk kata di dalam bahasa Indonesia, terang aja nggak bakalan tercetak di KBBI.

Malah mungkin kamu bakal diarahkan ke kata lain yang hampir mirip sama kata PAP, misalnya ‘Papi’, ‘Papa’, ‘Paprika’, atau ‘Paparazi’. Makin nggak nyambung kan?

Terlebih lagi, PAP juga belum masuk kata serapan dalam bahasa Indonesia. Tidak tahu kalau suatu saat nanti, pusat bahasa memasukkanya sebagai salah satu kata baru dalam KBBI. Tapi mudah-mudahan tidak, biar tidak terlalu alay bangsa ini.

Arti PAP Dalam Bahasa Inggris?

Seperti yang udah aku jelasin di atas, PAP itu kepanjangan dari Post A Picture. Tapi kalo kamu searching langsung arti kata PAP di google terjemah, yang bakalan muncul malah pap yang berarti makanan bayi, atau puting perempuan. Loh, masak gebetanmu minta makanan bayi?

Tapi beda ceritanya kalo kamu cara arti kata PAP di InternetSlang.com. Di situs itu kamu bakalan nemu arti kata PAP sesuai yang dimaksud sama gebetan kamu tadi.

Selain kata PAP, kamu bakalan nemuin banyak banget istilah lain di InternetSlang.com, yang biasanya dipakai sama orang-orang buat ngobrol di internet. Mulai dari IMHO, CMIIW, IYKWIM. Aduh, mau ngobrol doang kok ribet banget sih!

Sejarah Singkat PAP

Kalau nggak salah nih, istilah PAP mulai ramai dipakai di zaman Ask.fm dulu. Eits, jangan-jangan kamu juga nggak tau Ask.fm yah?

Ask.fm tuh salah satu social networking website yang memungkinkan seorang pengguna buat nanya-nanya ke pengguna yang lain. Serunya, kita milih buat nampilin user name kita atau engga waktu ngasih pertanyaan ke pengguna lain.

Selain nanya, kita juga bisa minta dia upload foto tertentu yang umumnya pakai kata ‘PAP’. Misalnya, “PAP bareng pacar dong,” atau minta foto yang lainnya. Pokoknya yang berhubungan dengan minta foto.

Tujuan Penggunaan Kata PAP

Sebenernya kata PAP nggak cuman dikhususkan buat percakapan antar orang tertentu atau cuman buat minta foto selfie aja. Semua orang boleh pakai asalkan sesuai dengan konteks dan tujuan yang baik. Buat ngobrol online dengan pacar, sahabat, orang tua, atau mas-mas galon juga nggak apa-apa.

Pacar : “Aku nganterin Mama belanja dulu ya. Nanti kalau udah pulang, kamu langsung aku jemput,”

Kamu : “Oke deh. Boleh PAP bareng Mama nggak?”

Bukan protektif ya, ini artinya kamu sedang minta diyakinkan, hihihi.

Contoh lainya:

Teman : “Aku kayaknya kesasar deh. Padahal aku udah jalan sesuai sama GPS loh, hehehe,”

Kamu : “Ya udah PAP sekitar kamu, bentar lagi aku jemput,”

Selain sama yang seumuran, kamu juga bisa pakai kata PAP buat ngobrol sama orang tua kamu. Tapi inget yah, bahasanya tetep harus sopan.

Mama : “Dek, jadi dibawain sepatu yang mana? Habis Mama liat ternyata sepatu kamu banyak banget ya, ini punya kamu semua apa hasil ngembat punya temen juga?”

Kamu : “Hehehe ya buat gantian Ma. Boleh minta tolong PAP semua nggak? Biar gampang milihnya,”

Cuman nih hati-hati aja kalau misalnya ada orang yang minta kamu PAP suatu hal yang bersifat pribadi atau privasi. Misalnya, minta PAP anggota tubuh, PAP buku rekening, atau apa aja deh yang seharusnya nggak boleh orang lain tau.

Yang paling sering terjadi dan bikin masalah sih ada orang yang suka minta-minta PAP bagian privasi orang.

Kalo hal itu terjadi di kamu, please, jangan mau! Kamu nggak tau kan bisa aja foto itu disalahgunakan buat hal-hal yang nggak baik, disebar, atau jadi senjata buat memeras kamu.

Contoh PAP di Whatsapp

Masih mau dikasih liat contoh penggunaan PAP yang lain?

Dalam percakapan di WA itu ada orang yang minta PAP buat dikasih liat gambar sebenarnya produk yang dijual.

Ini penting banget nih buat para penjual online, biar kalo pembeli minta PAP kalian nggak kebingungan. Ditambah biar calon pembeli juga percaya sama barang dagangan kalian.

Contoh PAP di Facebook

Kalo yang ini nih salah satu contoh percakapan minta PAP antara akun jurnalponsel dan pembaca yang kepo.

Namanya juga admin akun, biasanya kan emang nggak pernah ngasih tau identitas aslinya. Eh ini malah si pembaca pengen tau muka si admin. Ada-ada aja!

Arti PAP Yang Lainnya

Mungkin kamu pernah denger kata PAP lainnya yang diikuti dengan kata Smear. Buka, itu bukan artinya suruh posting gambar benda bernama Smear yah, cuman emang namanya aja Pap Smear. Pap Smear itu pemeriksaaan medis yang dilakuin ke perempuan buat ngeliat potensi adanya kanker serviks.

Atau yang lagi rame nih ada kata-kata PAP TT yang artinya aduhlah sungguh tidak sopan. Mau aku bisikin?

TT merujuk pada kata payudara. Artinya, kalo orang itu minta kamu buat PAP TT artinya dia minta foto payudara kamu. Kurang ajar banget kan? Sekali lagi kalau ada orang yang kayak gitu, meskipun pacar sendiri, jangan diladenin! Coba deh kamu baca-baca tentang kasus revenge porn, asli serem banget.

Contoh Gambar PAP

Selain di kedua platform di atas, PAP juga bisa dilakukan di media sosial manapun asalkan bisa buat chatting dan kirim gambar.

Nah itulah arti kata PAP, dengan begini kan enak ngomongnya. Jadi nggak perlu ketik panjang lebar cuma karena mau bilang minta foto. Anak sekarang mah ada-ada aja bahasanya.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.