√ Nama Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Membacanya

nama bulan dalam bahasa inggris dan cara bacanya

Nama-nama bulan dalam bahasa Inggris –  Januari, Februari, Maret, hingga  November dan Desember adalah nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia, tetapi bagaimana dengan nama bulan dalam bahasa Inggris?

Bulan adalah sistem penanggalan yang perhitungannya berdasarkan waktu pergerakan bulan pada bumi. Dalam satu tahun ada 12 bulan, sama dengan waktu revolusi bumi, sama dengan waktu berputarnya bumi pada matahami. Setara dengan 365 hari.

Semasa sekolah, kita belajar nama nama bulan dalam bahasa inggris tepatnya pada jenjang sekolah dasar. Bahkan pada sekolah yang lebih maju, pelajaran mengenal nama bulan dalam bahasa inggris sudah diajarkan sejak di bangku Taman Kanan-Kanak (TK). Sampai sekarang, masih ingatkan kamu nama-nama bulan dalam bahasa inggris dan cara pengucapanya?

Nama nama bulan dalam bahasa inggris lengkap

Nama Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris

Menurut kamus Oxford, bulan yang dalam bahasa inggris berarti “Month (dibaca: /mʌnθ/)” is each of the twelve periods into which a year is divide, a period of 28 days or four weeks.”

Secara umum kemungkinan kita masih ingat dengan nama-nama bulandalam bahasa inggris. Terutama karena nama bulan dalam bahasa inggris ta jauh berbeda dengan nama bulan dalam bahasa Indonesia.

Tetapi bagaimana dengan penulisan nama bulan dalam bahasa inggris? Misalnya, bagaimana penulisan bulan Maret dalam bahasa inggris? Bagaimana cara pengucapan bula Januari dalam bahasa inggris? “How to pronounce May, July and August?”. Let’s discuss.

Tabel Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris dan Singkatannya

Bahasa IndonesiaBahasa InggrisSingkatanCara Pengucapan
JanuariJanuaryJan/ˈdʒanjʊ(ə)ri/
FebruariFebruaryFeb/ˈfɛbrʊəri/
MaretMarchMar/mɑːtʃ/
AprilAprilApr/ˈeɪpr(ɪ)l/
MeiMayMay/meɪ/
JuniJuneJun/dʒuːn/
JuliJulyJul/dʒʊˈlʌɪ/
AgustusAugustAug/ɔːˈɡʌst/
SeptemberSeptemberSep/sɛpˈtɛmbə/
OktoberOctoberOct/ɒkˈtəʊbə/
NopemberNovemberNov/nə(ʊ)ˈvɛmbə/
DesemberDecemberDec/dɪˈsɛmbə/

Dari tabel di atas sebenarnya sudah secara lengkap saya jelaskan mengenai nama-nama bulan dalam bahasa inggris berikut dengan cara pengucapan dan singkatanya. Hanya saja, untuk lebih memahaminya lagi mari kita ulas satu persatu nama-nama bulan dalam bahasa inggris lengkap dengan contoh kalimat sehari-hari.

nama bulan dalam bahasa inggris dan cara bacanya

 

1. Januari = January

Bulan pertama dalam kalender masehi adalah Januari. Bulan ini punya 31 hari. Dalam bahasa inggris, Januari diterjemahkan January. Terlihat diantara keduanya hampir sama, yang membedakan hanya huruf terakhirnya saja.

Pada bahasa Indonesia diakhiri dengan ‘i’ sedang dalam bahasa inggris diakhiri ‘y’. Cara membaca dan pengucapan bulan January adalah /ˈdʒanjʊ(ə)ri/. January biasanya disingkat dengan Jan atau J saja. Tergantung pemakaianya, apakah untuk kalimat resmi atau tidak resmi.

Contoh kalimat bulan Januari: Diah was born in January. January is the first of the year.

2. Februari = February

Setelah bulan januari ada bulan Februari. Bulan ini punya jumlah hari paling sedikit dibanding dengan bulan lainya. Dalam satu bulan Februari ada 28 hari, kecuali saat tahun kabisat yang ada 29 hari.

Tak jauh berbeda dengan bulan Januari. Bulan Februari dalam bahasa inggris ditulis February. Bedanya hanya terletak pada huruf akhirnya saja. Cara membaca dan pengucapan kata February adalah /ˈfɛbrʊəri/. Februari bisa disingkat Feb atau F, tergantung pemakaianya saja.

Contoh kalimat : Michael got married in February. Michael was born in February.

3. Maret = March

Bulan maret atau bulan ketiga dalam kalender masehi. Bulan yang punya 31 hari ini dalam bahasa inggris ditulis March.

Dibanding dengan semua nama bulan dalam bahasa inggris lainya, Maret adalah salah satu bulan yang mengalami banyak perubahan dalam bahasa inggris. Cara membaca dan pengucapan kata March adalah /mɑːtʃ/. Maret bisa disingkat menjadi Mar atau M saja, tergantung pemakaianya.

Contoh kalimat : March is the special month of the year. I got married in March

4. April = April

Bulan April adalah bulan keempat dalam kalender Masehi. Dalam Bahasa Inggris April sama dengan bahasa Indonesia April. Artinya secara tulisan, baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia adalah sama.

Tetapi dalam pengucapanya keduanya berbeda. Cara membaca dan pengucapan kata April adalah /ˈeɪpr(ɪ)l/. April bisa disingkat dengan Apr atau A saja, tergantung pemakaianya.

Contoh kalimat : I will travel to Karimunjawa in April. April is the fourth month of the year.

5. Mei = May

Bulan berikutnya adalah Mei. Terdapat 31 hari dalam bulan Mei. Dalam bahasa Inggris Mei ditulis dengan May. Cara membaca dan pengucapan kata May adalah /meɪ/. Bulan Mei dalam bahasa inggris bisa disingkat May atau M, tergantung kegunaanya.

Contoh kalimat : Your birthday is on 25th of May. May is the best month for me.

6. Juni = June

Bulan Juni adalah bulan keenam dalam kalender Masehi. Bulan ini terdapat 30 hari. Bahasa Inggris Juni adalah June.

Dibanding dengan bahasa Indonesia, perubahan hanya terjadi pada huruf terkahirnya saja, dari ‘i’ menjadi ‘e’. Cara membaca dan pengucapan kata June adalah /dʒuːn/. Bulan Juni dalam bahasa inggris bisa disingkat Jun atau J.

Contoh kalimat : Lisa will staying on Semarang until June. The worst car accident happened in June.

7. Juli = July

Dalam bahasa inggris, Bulan Juli adalah July. Terlihat bahwa yang membedakan hanya huruf terakhirnya saja. Bulan ketujuh dalam kalender Masehi ini punya 31 hari. Cara membaca dan pengucapan kata July adalah /dʒʊˈlʌɪ/. Bulan Juli dalam bahasa inggris bisa disingkat Jul atau J.

Contoh kalimat : Andi will go to Bali with me in July. They got married in July.

8. Agustus = August

Bulan Agustus merupakan bulan kedelapan dalam kalender Masehi. Bulan ini punya 31 hari. Dalam bahasa Inggris Agustus adalah August. Ada banyak perbdaan antara bahasa inggris agustus dengan bahasa indonesia. Cara membaca dan pengucapan kata August adalah /ɔːˈɡʌst/. Bulan agustus bisa disingkat Aug atau A saja.

Contoh kalimat : In August, I will marry. The weather is so cool in August

9. September = September

Bulan kesembilan dalam kalender Masehi adalah September. Terdapat 30 hari dalam bulan September. Dalam Bahasa Inggris September adalah September.

Artinya baik dalam bahasa indonesia maupun bahasan inggris September adalah sama, meski cara pengucapannya berbeda. Cara membaca dan pengucapan bulan September adalah /sɛpˈtɛmbə/. Sempember bisa disingkat dengan Sep atau S saja.

Contoh kalimat : In September, Riana go to bali. Math competition will be held in September.

10. Oktober = October

Bulan Oktober merupakan bulan kesepuluh dalam kalender Masehi. Bulan ini punya 31 hari. Bahasa Inggris Oktober adalah October. Hanya berbeda pada huruf K yang diganti dengan C. Cara membaca dan pengucapan kata October adalah /ɒkˈtəʊbə/. Bulan Oktober dalam bahasa inggris bisa disingkat Oct atau O saja.

Contoh kalimat : The competition will be held in October. I was born in October.

11. Nopember = November

Nopember merupakah bulan kesebelas dalam kalender Masehi. Ada 30 hari dalam bulan Nopember. Nopember diserap dari bahasa inggris November. Dalam bahasa inggris, Nopember dibaca dan diucapkan dengan /nə(ʊ)ˈvɛmbə/. Bula november dalam bahasa inggris bisa disingkat Nov antau N.

Contoh kalimat : Lina will held a birthday party in November. Why don’t we go to Singapore this November?

12. Desember = December

Bulan terakhir atau bulan keduabelas dalam kalender masehi adalah Desember. Terdapat 31 hari dalam bulan Desember. Dalam bahasa Inggris Desember ditulis dengan December. Cara membaca dan pengucapan kata December adalah /dɪˈsɛmbə/. Bulan Desember bisa disingkat Dec atau D dalam bahasa inggris.

Contoh kalimat : December is the best month of the year. Desember is my favorite month.

Yang Perlu diperhatikan dalam Menulis Bulan dalam Bahasa Inggris

Menulis bulan dalam bahasa inggris memiliki aturan tersendiri sebagaimana yang ada dalam bahasa Indonesia. Beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya:

1. Preposition of time

Dalam bahasa inggris, ada preposition of time at on in. Ketiganya memiliki kegunaan yang berbeda. Misalnya kapan harus menggunakan preposition yang tepat untuk jam, hari, bulan, tahun dan seterusnya. Apakah kita akan menggunakan on/at/in Monday? At/in/on May? At/on/in 8 o’clock? Dan seterusnya.

Pada dasarnya preposition at, on, in digunakan dengan aturan sebagai berikut:

  • Preposition At digunakan untuk waktu yang sudah pasti/tepat. Sebagai contoh preposition at yang digunakan untuk waktu yang sudah pasti, misalnya, At 9.20 o’clock, At 3. 25 a.m., At dawn, At dinner time dan seterusnya. Contoh dalam kalimat, misalnya: Please come to my home at 6.25 a.m., Let’s go to the Zoo at weekend! Dan seterusnya.
  • Preposition On digunakan untuk hari (days) dan tanggal (dates). Sebagai contoh preposition on, misalnya: On Tuesday, On Independence day, On my birthday, On 7th of July 2015, On 21st of May. Contoh dalam kalimat misalnya: I’ll meet Mrs. Susi on Tuesday. Handi was born on 16th of May 1993.
  • Preposition In digunakan untuk bulan (months), atau tahun (years), tau abad (centuries), atau jangka waktu yang panjang (long periods), atau musim (seasons). Contoh Preposition in misalnya In November, In the past, In the afternoon dan lainya. Contoh dalam kalimat misalnya: The car accident happened in November. I wake up in the morning.

Jadi bisa disimpulkan untuk bulan menggunakan preposition of time: in. meski demikian, ada beberapa waktu yang tidak perlu menggunakan preposition, misalnya Every,This, Last, dan Next.

2. Singkatan Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Menulis bulan dalam bahasa inggris ada beberapa pilihan, bisa menulis nama bulan dalam bahasa inggris secara lengkap, menulis singkatan jenis I atau menulis singkatan jenis 2.

  • Ketiga pilihan tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Untuk nama bulan dalam bahasa inggris ditulis lengkap biasanya digunakan untuk sesuatu yang sifatnya resmi atau baku. Misalnya untuk kebutuhan surat resmi, lamaran dan lainnya. bentuk penulisanya misalnya Monday, 1st January 2019.
  • Kalau untuk jenis singkatan kedua biasanya digunakan untuk hal-hal yang tidak terlalu resmi. Misalnya untuk pengumuman dan sebagainya. Contohnya Monday, 1st Jan 2019.
  • Singkatan jenis kedua biasanya digunakan untuk hal-hal yang santai. Bahkan cenderung untuk catatan pribadi. Sebab jenis singkatan kedua memiliki beberapa kerancuan. Misalnya antara January, June dan July yang sama-sama disingkat J. atau Agustus dan April yang disingkat A.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis nama nama bulan dalam bahasa inggris. Penting untuk diketahui, nama bulan dalam bahasa Indonesia itu berasal dari serapan nama bulan dari bahasa Inggris. Itulah mengapa keduanya memiliki kemiripan. Hanya beberapa perubahan huruf saja yang untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *