Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Membaca dan Contohnya

nama hari lengkap dalam bahasa inggris

Nama Hari dalam Bahasa Inggris – Nama hari merupakan hal yang sederhana namun krusial dalam sebuah percakapan, termasuk dalam percakapan Bahasa Inggris. Bahasa inggris hari hari senin sampai minggu merupakan hal dasar yang harus dikuasai bila seseorang ingin mahir berbahasa Inggris.

Walaupun belajar nama hari dalam Bahasa Inggris cenderung mudah dilakukan dan dikuasai, namun ada kalanya terdapat kesulitan dalam mengingat bahasa inggris nama hari dalam satu minggu.

Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Pengertian Hari Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris dari Hari adalah ‘day’, yang mana dibaca ‘dei’. Dalam kamus Oxford, Day diartikan sebagai tiap periode 24 jam dihitung mulai dari tengah malam hingga ke tengah malam lainnya, yaitu pukul 00.00, atau pukul 12 malam hingga pukul 12 malam lagi.

Kumpulan dari beberapa hari kemudian terbentuk waktu seminggu, sebulan, setahun, dan seterusnya, dan sesuai dengan rotasi bumi pada porosnya.

Aturan secara internasional menetapkan Senin sebagai hari pertama dalam satu minggu. Walaupun begitu, ada negara-negara yang menggunakan Hari Minggu sebagai hari pertama dalam hitungan satu Minggu. Dalam bahasa arab, hitungan hari dimulai dengan hari minggu (ahad) yang berarti pertama.

Pembagian Hari Dalam Bahasa Inggris

Jika belajar hari dalam Bahasa Inggris, ada hal penting yang harus diingat. Terutama terkait dengan jenis hari dalam bahasa inggris. Hari-hari dalam satu minggu dibagi menjadi dua jenis hari, yaitu weekdays dan weekends.

nama hari dalam bahasa inggris

1. Weekdays

Yang diartikan sebagai hari kerja, dimana orang-orang pada umumnya bekerja pada hari-hari yang tergolong dalam weekdays ini. Hari-hari yang tergolong dalam weekdays adalah hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat.

Untuk orang luar negeri sendiri, mereka sangat menyukai hari Jumat, bahkan ada quote dari luar negeri yang berbunyi ‘Thank God it’s Friday’. Alasannya sederhana, karena bagi mereka, Hari Jumat adalah hari akhir kerja terakhir sebelum dating hari libur (sabtu dan minggu).

2. Weekends

Yang diartikan sebagai hari akhir pekan, dimana orang-orang pada hari-hari tersebut akan berlibur dan rehat sejenak dari rutinitas pekerjaannya. Hari yang tergolong dalam weekends adalah Hari Sabtu dan Hari Minggu.

Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

Negara di seluruh dunia sepakat bahwa terdapat tujuh hari dalam satu minggu. Biasanya penamaannya disesuaikan dengan bahasa dari masing-masing negara tersebut. Dalam Bahasa Inggris sendiri, terdapat tujuh hari dengan nama dan pengucapan sebagai berikut:

Nama Hari ArtiCara Pengucapan
SundayMinggu/ˈsandē/
MondaySenin/ˈmandē/
TuesdaySelasa/ˈt(y)uzdē/
WednesdayRabu/ˈwenzdē/
ThursdayKamis/ˈthərzdē/
FridayJumat/ˈfraedē/
SaturdaySabtu/ˈsadərdē/

Terkait dengan pengucapan hari dalam Bahasa Inggris, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan:

  1. Pertama; yang perlu diperhatikan adalah Nama Hari Selasa dan Hari Kamis. Hari Selasa dalam Bahasa Inggris adalah Tuesday, sedangkan Hari Kamis dalam Bahasa Inggris adalah Thursday. Sekilas keduanya mirip, namun cara pengucapannya jauh berbeda.
  2. Tuesday dibaca /ˈt(y)uzdē/, dimana cara bacaˈt(y)uz adalah mirip dengan bunyi air yang mengenai api, yaitu berbunyi ‘cess’, atau mirip pula dengan suara margarin yang dipanaskan, yaitu ‘nyess’.
  3. Sedangkan untuk pengucapan Thursday, ˈthərz pada /ˈthərzdē/, dibaca dengan cara meletakkan ujung lidah diantara kedua gigi. Jika diibaratkan dalam huruf hijaiyah, pengucapam ˈthərz sendiri mirip dengan huruf tsa/ ث , hanya saja huruf vokalnya diganti dengan huruf e.
  4. Kedua; walaupun ada nama hari yang terdiri dari tiga suku kata, namun pengucapan nama hari dalam Bahasa Inggris dibaca seolah-olah hanya dua suku kata. Untuk hari dengan tiga suku kata, yaitu Wednesday dan Saturday, suku kata tengah dibaca samar dan hanya sedikit, sehingga menimbulkan efek hanya dua suku kata.

Selebihnya, cara pengucapan hari dalam Bahasa Inggris cenderung sama dengan cara pengucapan kata-kata lain dalam Bahasa Inggris pada umumnya.

Contoh Kalimat Hari Dalam Bahasa Inggris

Agar penjelasan lebih jelas, berikut ini contoh kalimat beserta artinya dari penerapan nama hari dalam Bahasa Inggris ke dalam sebuah kalimat.

No.KalimatArti
1.What day is it?Hari apa ini?
2.What day was yesterday?Hari apa kemarin?
3.I will visit you on Sunday morning.Aku akan mengunjungimu pada Hari Minggu pagi.
4.For me, Monday is Monster Day.Bagiku, Hari Senin adalah Hari Monster.
5.This Office is off on Saturday and Sunday.Kantor ini tutup pada Sabtu dan Minggu
6.On Friday, Lisa visits my house.Pada Hari Jumat, Lisa mengunjungi rumahku.
7.Shinta plays badminton every Sunday morning.Shinta bermain bulu tangkis tiap Hari Minggu pagi.

Dalam bahasa inggris, hari adalah bagian dari keterangan waktu. Sehingga ia menempati posisi yang sangat penting untuk diingat. Tanpa tahu dengan baik soal hari dalam bahasa inggris, percakapan yang kita lakukan bisa berujung kegagalan.

Tips Mengingat Nama Hari dalam Bahasa Inggris

          Walaupun terkesan sepele dan sederhana, menghafal nama hari dalam Bahasa Inggris bisa menjadi hal yang sulit. Selain Tuesday dan Thursday yang mirip, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghafal nama hari dalam Bahasa Inggris. Berikut ini tips agar mudah mengingat nama hari dalam Bahasa Inggris:

  1. Ingat bahwa hari dalam Bahasa Indonesia diawali dengan Hari Senin, sedangkan dalam Bahasa Inggris diawali dengan Hari Minggu, atau Sunday.
  2. Untuk mengingat Bahasa Inggris dari Hari Senin, bisa diingat bahwa Hari Senin adalah hari yang paling membuat orang malas karena Hari Senin adalah hari pertama untuk memulai kerja setelah Hari Sabtu dan Minggu beristirahat. Maka, bisa dikatakan bahwa Hari Senin adalah Hari Monster, sehingga cukup ambil suku kata ‘mon’ untuk mengingat Hari Senin dalam Bahasa Inggris. Dengan begitu, akan mudah diingat bahwa Hari Senin dalam Bahasa Inggris adalah Monday.
  3. Seringkali kita tertukar untuk mengingat Hari Selasa dengan Hari Kamis dalam Bahasa Inggris. Untuk memudahkan, kita cukup mengingat tentang pelafalan kata Tuesday. Kata ‘tues’ pelafalannya mirip dengan cus, yang mana cus identik dengan tergesa-gesa dan ingin di awal. Maka akan mudah diingat bahwa Tuesday terletak lebih awal daripada Thursday, dan Selasa lebih awal daripada Kamis. Jadi, akan mudah diingat bahwa Hari Selasa Bahasa Inggrisnya adalah Tuesday.
  4. Cara mudah mengingat Hari Rabu dalam Bahasa Inggris adalah ingatlah bahwa dalam Bahasa Indonesia, Rabu memiliki jumlah kata paling sedikit diantara nama-nama hari yang lain. Hal ini berbeda dengan Wednesday, karena Wednesday merupakan nama hari dalam Bahasa Inggris yang memiliki jumlah kata paling banyak. Maka akan mudah diingat bahwa Hari Rabu dalam Bahasa Inggris diartikan sebagai Wednesday.
  5. Untuk menghafal Hari Jumat dalam Bahasa Inggris, cukup diingat bahwa Hari Jumat identik dengan hari pendek, dan menimbulkan kesan bebas, atau Saat teringat kata free, maka akan langsung teringat dengan kata Friday, yang mana Friday adalah Bahasa Inggris untuk Hari Jumat.
  6. Untuk mengingat Bahasa Inggris dari Hari Sabtu, cukup disamakan dua huruf depan kata Sabtu dengan kata Saturday. Keduanya diawali dengan ‘Sa’. Dengan begitu akan dapat diingat bahwa Bahasa Inggris dari Hari Sabtu adalah Saturday.

Sejarah Nama Hari dalam Bahasa Inggris

nama hari dalam bahasa inggris lengkap

Pada dasarnya, penamaan hari dalam berbagai bahasa adalah berasal dari nama-nama planet klasik dalam astrologi Hellenistik. Astrologi Hellenistik sendiri adalah sistem yang diperkenalkan di Kekaisaran Romawi pada Zaman Klasik Akhir. Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris pun didasari oleh sistem tersebut. Berikut ini beberapa versi sejarah dari penamaan hari dalam Bahasa Inggris.

1. Tradisi Yunani-Romawi

Sebelumnya, dalam satu minggu ditetapkan ada sejumlah delapan hari. Namun diantara abad 1 sampai 3 Masehi, Pemerintahan Romawi menggantinya menjadi tujuh hari. Penamaan hari dalam tradisi ini didasarkan pada nama-nama planet dari Astrologi Hellenistik, dengan urutan Sun, Moon, Mars (Ares), Mercury (Hermes), Jupiter (Zeus), Venus (Aphrodite), dan Saturn (Cronos). Penamaan itu tersebar luas di daratan Romawi, hingga pada abad ke-4 Masehi, penamaan itu juga tersebar sampai ke India dan China.

Untuk lebih ringkasnya, berikut ini rincian penamaan hari dalam Bahasa Inggris berdasar dari tradisi Yunani-Romawi:

Nama Hari dalam Bahasa InggrisTradisi Yunani-Romawi
SundaySol/ Helios/ Sun; yang melambangkan matahari, serta Helios yaitu Dewa Matahari.
MondayLuna/ Selence/ Moon; yang melambangkan bulan, serta Selene adalah merupakan Dewi Bulan.
TuesdayMars/ Ares; yang melambangkan Mars, dan bisa juga melambangkan Ares, yaitu Dewa Perang
WednesdayMercurius/ Hermes; yang melambangkan planet merkurius, dan Hermes, yaitu Dewa pembawa pesan para dewa.
ThursdayIuppiter/ Zeus; yang melambangkan planet Jupiter dan Zeus, yaitu raja dari segala dewa.
FridayVenus/ Apphrodite; yang melambangkan planet Venus, serta Afrodit yaitu Dewi Cinta
SaturdaySaturnus/ Kronos; yang melambangkan planet Saturnus serta Kronos, yaitu Dewa Langit.

2. Tradisi Jerman

Dalam Tradisi Jerman sendiri, penamaan hari diadaptasi dari sistem Romawi. Berikut ini sejarahnya.

Sunday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan Sunnandaeg, yang mana memiliki arti ‘sun’s day’, atau Hari Matahari. Istilah tersebut diambil dari frasa Bahasa Latin, dies Solis. Dalam tradisi Jerman, hari Minggu sangat berkaitan dengan matahari.

Monday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan Mōnandæg, yang memiliki arti ‘moon’s day’, atau Hari Bulan. Nama ini identik dengan Nama Latin dari bulan, yaitu dies lunae.

Tuesday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan Tiwesdaeg, yang memiliki arti ‘Tiw’s day’, atau Harinya Tiw. Dalam Mitologi Norwegia, Tiw merupakan Dewa yang berhubungan dengan petarungan tunggal dan janji. Nama ini juga identik dengan Bahasa Latin yaitu dies Martis, yang berarti ‘Day of Mars’, atau Harinya Planet Mars.

Wednesday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan  Wōdnesdæg, yang mana berarti bahwa Hari Rabu adalah Harinya Dewa Woden, atau juga dikenal sebagai Dewa Odin. Nama ini juga identik dengan Bahasa Latin yaitu dies Mercurii, yang berarti ‘Day of Mercury’, atau Hari Planet Merkurius.

Thursday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan Þūnresdæg, yang mana berarti ‘Þunor’s day‘. Þunor sendiri memiliki arti petir atau thunder. Di sisi lain, Dewa Petir dalam Inggris Modern dikenal bernama Thor, sehingga Hari Kamis diartikan sebagai Harinya Dewa Petir, yaitu Thor. Nama Thursday juga identik dengan Bahasa Latin, aitu dies Iovis, yang memiliki arti ‘Day of Jupiter’, atau Hari Planet Jupiter.

Friday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan Frīgedæg, yang berarti Harinya Dewi Frigg, atau Dewi Friya, atau Dewi Frea, atau Dewi Frige, yaitu istri dari Dewa Odin.  Dalam Mitologi Norwegia, Planet Venus adalah Friggjarstjarna. Friday juga identik dengan Bahasa Latin yaitu ‘dies Verenis’, yang berati ‘Day of Venus’, atau Hari Bulan Venus.

Saturday

Bahasa Inggris Kuno menyebutnya dengan Sæturnesdæg. Jerman Sonnabend menyebut Saturday berasal dari akar kata Sünnavend, yang berarti “Sunday Eve”, sedangkan Jerman Samstag menyebut Saturday berasal dari akar kata Shabbat. Istilah Saturday sendiri identik dengan Bahasa Latin yaitu dies Saturni, yang berarti ‘Day of Saturn’, atau Hari Planet Saturnus.

 

0 Replies to “Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Membaca dan Contohnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *