Windows Movie Maker : Mengolah Video Kreasimu dengan Mudah

Windows Movie Maker : Mengolah Video Kreasimu dengan Mudah – Siapa yang tidak mengenal Movie Maker? Bisa dikatakan software edit video gratis yang satu ini merupakan aplikasi andalan yang semua orang punya. Ternyata Movie Maker merupakan pencetus aplikasi editing video yang lainnya lho, dan berkat Movie Maker, aplikasi yang lainnya semakin menjamur mengikuti kebutuhan pengguna gadget yang lain.

Meski Movie Maker sudah berdiri sejak lama, namun kualitas pada fitur-fiturnya tetap menjadi idola. Movie Maker mudah digunakan bagi para pemula. Fitur-fiturnya antara lain koleksi efek, transitions, titles/credits, audio track, timeline narration, dan Auto Movie.

windows-movie-maker

Fitur efek dan transitions terbaru dapat dimodifikasi dengan XML code. Kamu pun bisa mengekspor audio yang ada dikoleksi sebagai penunjang editing video milikmu.

Cara menggunakan Windows Movie Maker

  1. Buka aplikasi edit video Windows Movie Maker. Kalau kamu belum memiliki aplikasi ini, silakan klik link download berikut: Link download
  2. Ambil beberapa gambar yang akan dijadikan video dengan cara klik Import Pictures.
  3. Setelah jendela Import File tampil, pilih beberapa gambar sekaligus dengan bantuan tombol CTRL di keyboard kamu, setelah semua gambar dipilih klik tombol Import.
  4. Di task Window pilih gambar lalu CTRL+A untuk memasukkan semua gambar pada story board atau timeline, klik kanan lalu add to timeline.
  5. Tambahkan Video Transition
  • Secara manual pilih video transisi yang ada di task Window kemudian drag ke story board atau timeline satu persatu
  • Secara otomatis klik gambar lalu CTRL+A pilih video transisi kemudian klik kanan lalu add to storyboard
  1. Klik import Audio or Music untuk menyisipkan musik sebagai background video kamu setelah dipilih klik tombol Import
  2. Pada task Window akan muncul file music yang dipilih setelah itu drag pada panel project
  3. Untuk menambahkan Title pada video klik Titles and Credits.
  4. Untuk menyimpan, klik publish movie atau bisa juga dengan CTRL+P
  5. Setelah itu, pilih This computer lalu klik next
  6. Setelah publishing selesai, klik finish, dan file editingmu sudah tersimpan.

Lebih lengkapnya mengenai penggunaan aplikasi ini dapat kamu baca di Cara Membuat Dan Mengedit Video Menggunakan Movie Maker.

Baca juga CineFX Jashaka : Buat Videomu Selevel Video Profesional

Kelebihan dan Kekurangan Movie Maker

Sebagai aplikasi yang hebat, Movie Maker juga tak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Kalau dilihat dari kelebihannya, software ini:

  • Memiliki kestabilan yang bagus pada hasil editingnya
  • Tampilan yang user friendly sehingga mudah dimengerti
  • Tidak membutuhkan keahlian khusus dan tidak membutuhkan spesifikasi atau HDD yang terlalu besar
  • Fitur animasi yang disediakan cukup variatif

Sedangkan kalau dilihat dari kekurangannya, Aplikasi ini sering mengalami not responding pada saat export, import, atau save. Tapi ya bagaimanapun, sebagai software edit video, aplikasi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Apalagi kalau kamu adalah pengguna yang baru saja terjun ke edit video. Tampilannya yang sederhana dengan tata letak fitur yang sangat tepat. Sehingga akan sangat mudah kamu pahami dan gunakan.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools, PowerISO, dan UltraISO

File ISO, sudah ada yang faham jenis file apakah itu? Yups file ISO merupakan sebuah ekstensi file dimana memuat data yang dimaksudkan sebagai gambaran...
litalia
2 min read

20 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Untuk Hp Android

Mengedit foto, video, atau apapun rasanya kurang lengkap jika hanya menggunakan bentuk tulisan bawaan yang tersedia di hp android. Lalu bagaimana caranya agar tampilan...
litalia
5 min read