Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Persatuan merupakan hal yang penting bagi negara Indonesia. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang mengikat keberagaman dari Indonesia agar tidak terpecah belah. Bahkan, deklarasi mengenai persatuan juga tercantum dalam sila ketiga Pancasila, yang berbunyi “Persatuan Indonesia.”

Lalu, mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus terlebih dahulu memahami dasar-dasarnya.

Pengertian Persatuan

Persatuan berasal dari kata satu yang diberi imbuha per-an. Secara morfologi, kata ini berarti satu yang merupakan hasil dari perbuatan. Persatuan merupakan kumpulan keberagaman yang ada di Indonesia dan diikat menjadi satu atau utuh.

Peranan Persatuan Bagi Kemerdekaan Indonesia

Terwujudnya kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari adanya persatuan dari bangsa Indonesia. Persatuan bangsa memegang peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hal ini bisa dilihat terutama di awal abad ke-19.

Sebelumnya, perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajan masih dilakukan secara berkelompok atau bersifat kedaerahan. Perjuangan ini rupanya belum mampu untuk mengusir penjajan dari Indonesia.

Pada awal abad ke-19, setelah banyak pemuda Indonesia yang berhasil menempuh pendidikan yang lebih tinggi, bentuk perjuangan kemerdekaan Indonesia berubah menjadi lebih modern. Hal ini dapat dilihat dari terbentuknya berbagai organisasi modern seperti Budi Otomo, Serikat Dagang Islam, Perhimpunan Indonesia, dan lain-lain.

Perwujudan Persatuan Indonesia pada saat itu dilandasi oleh tekad yang kuat. Hal ini terutama dapat dilihat dari adanya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta. Isi dari sumpah pemuda ini berbunyi “Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.”

Peran Persatuan Bagi Bangsa Indonesia

Setelah Indonesia merdeka, persatuan masih memegang peranan yang sangat penting bagi keutuhan bangsa Indonesia. Berikut adalah beberapa peranan dan pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia:

  • Adanya persatuan bangsa membuat rakyat Indonesia berjuang bersama dan berhasil untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia dari penjajah
  • Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki bahasa, adat, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Adanya persatuan berperan dalam menjaga agar negara Indonesia tetap utuh dan damai
  • Di mata dunia internasional, Indonesia merupakan negara yang memiliki ciri khas persatuan bangsanya yang kokoh. Hal ini terutama bisa dilihat dari unsur sosial budaya yang tinggi berupa sifat kekeluargaan dan jiwa gotong royong. Kebiasaan ini terjadi karena adanya proses yang dinamis dan berlangsung untuk waktu yang sangat lama.
  • Persatuan telah menjadi prinsip dan kepribadian bangsa Indonesia sejak lama 
  • Persatuan di Indonesia berasal dari toleransi yang tinggi antar kelompok dan dilandasi oleh Pancasila sehingga berperan penting dalam menjaga keutuhan bangsa.
  • Adanya persatuan membuat negara Indonesia menjadi lebih kuat sehingga tujuan bersama bisa dicapai. Bangsa Indonesia akan menjadi lebih kuat dengan adanya persatuan. Sebaliknya, jika bangsa Indonesia terpecah belah maka akan menjadi lebih lemah

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa persatuan memang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena bangsa ini terbentuk dan merdeka juga karena adanya persatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.