MELANKOLIS : Pengertian, Sifat, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan Melankolis

Claudius Galen, seorang dokter atau tabib dari jaman Yunani Kuno membagi kepribadian manusia menjadi empat jenis, yaitu sanguinis, melankolis, kholerik, dan phlegmatis. Pembagian empat jenis kepribadian manusia ini didasarkan oleh kadar cairan tertentu pada tubuh manusia. Menurut Galen, kepribadian manusia tergantung pada komposisi cairan pada tubuhnya.

Pada uraian ini saya akan dibahas mengenai tipe kepribadian melankolis. Menurut Galen, orang dengan tipe kepribadian melankolis memiliki cairan tubuh yang dominan berupa empedu hitam yang sifatnya basah.

Pengertian Melankolis
Claudius Galen

Pengertian Melankolis

Menurut kamus Bahasa Inggris Oxford Dictionaries, kata melankolis atau melancholy berarti memiliki rasa kesedihan atau suka termenung. Orang dengan kepribadian melankolis menurut Galen memang memiliki sifat yang tertutup dan serius.

Mereka cenderung tergolong ke dalam orang-orang introvert yang senang berpikir. Meskipun begitu, mereka juga cerdas dan kritis terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Orang dengan kepribadian melankolis terkadang bisa menjadi terbuka dan enerjik. Namun sifat tertutupnya ini lebih mendominasi.

Meskipun kata melankolis sendiri memiliki arti kesedihan, namun seseorang dengan tipe kepribadian melankolis bukanlah orang yang senang bersedih. Ia hanya tertutup dan tidak terlalu menyenangi keramaian. Ia bahkan tidak terlalu banyak interaksi dengan manusia lain.

Menurut pandangan orang lain, orang dengan kepribadian melankolis terlihat sedih. Tetapi sebenarnya tidak. Itulah mengapa tipe kepribadian ini dinamakan dengan tipe kepribadian melankolis.

Sifat dan Ciri-Ciri Melankolis

Sifat dan Ciri-Ciri Melankolis

Untuk lebih mengenal tentang orang-orang melankolis, berikut adalah sifat dan ciri-ciri yang dimiliki oleh manusia dengan tipe kepribadian melankolis:

1. Senang berpikir dan menganalisis

Orang dengan tipe kepribadian melankolis memang cenderung tertutup. Ia tidak menghabiskan banyak waktunya untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang lain.

Dibalik diamnya, ia ternyata banyak berpikir dan menganalisis hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Sebelum mengerjakan sesuatu atau mengambil keputusan, ia pasti akan berpikir secara runut mengenai tahapan solusi yang akan diambil.

Segala keputusannya akan didasarkan kepada pemikiran logis.

2. Perfeksionis

Segala hal dan keputusan yang diambil orang melankolis selalu didasarkan kepada pemikirannya. Orang melankolis biasanya ingin pekerjaan dengan hasil yang selalu menjadi yang terbaik.

Ia akan merasa terganggu apabila ada kesalahan sekecil apapun. Orang melankolis selalu ingin mengerjakan pekerjaan apa pun dengan baik dan sempurna.

Sifat perfeksionis dari tipe melankolis membuat mereka jarang bahkan hampir tidak pernah melakukan sesuatu secara asal-asalan.

3. Menyenangi pekerjaan dengan data

Orang dengan tipe kepribadian melankolis akan sangat bersemangat apabila menemukan data yang diperlukan. Segala pekerjaan yang harus dilakukan dengan baik ini harus didasarkan pada data dan pemikiran logis.

Tak mengherankan bila orang dengan kepribadian melankolis banyak yang menyenangi pelajaran matematika saat bersekolah. Ia juga lebih dikenal sebagai siswa pintar yang mendapatkan nilai tinggi di pelajaran matematika.

Saat memilih pekerjaan pun ia lebih senang pekerjaan yang memungkinkannya untuk bekerja dengan data.

4. Nyaman untuk beraktivitas dan bekerja sendiri

Tipe kepribadian melankolis tidak banyak menghabiskan waktu mereka untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka lebih suka menyendiri dan fokus pada menyelesaikan pekerjaan.

Saat bekerja, mereka lebih nyaman untuk beraktivitas dan menyelesaikan pekerjaan sendiri. Sifat perfeksionis mereka membuat standar mereka pada hasil pekerjaan menjadi sangat tinggi.

Mereka cenderung merasa tidak puas akan hasil dari pekerjaan orang lain. Akibatnya mereka memang lebih suka menyelesaikan pekerjaan sendirian.

5. Tidak menyenangi publikasi berlebihan

Meskipun selalu menginginkan hasil pekerjaan yang sempurna, orang dengan tipe kepribadian melankolis tidak menyukai publikasi yang berlebihan. Ia tidak merasa nyaman akan segala perhatian yang berpusat kepada dirinya.

Ia sudah merasa senang saat pekerjaannya selesai dengan sempurna. Segala bentuk perhatian dan pujian yang ditujukan membuatnya tidak nyaman. Ia memang bekerja bukan untuk menyenangi atau dipuji oleh orang lain.

6. Tidak mudah untuk melupakan atau cenderung menyimpan dendam

Orang dengan tipe kepribadian melankolis sulit untuk melupakan segala sesuatu dan perlakuan yang didapatkan. Jika ada orang lain yang berlaku buruk kepadanya, maka ia tidak mudah untuk melupakannya.

Ia mungkin terlihat biasa saja dan sudah memaafkan. Dalam hatinya, orang dengan kepribadian melankolis cenderung menyimpan dendam dan mengingat keburukan orang lain.

Hal ini juga dapat mereka jadikan motivasi untuk selalu bekerja dengan lebih baik atau bahkan membalaskan dendam dengan cara yang baik ataupun buruk.

Kelebihan dan Kekurangan Melankolis

Suatu tipe kepribadian tidak ada yang lebih baik dibandingkan tipe kepribadian yang lain. Setiap tipe kepribadian yang dimiliki manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan kepribadian melankolis.

Kelebihan Melankolis

#Kelebihan Melankolis

Berikut beberapa kelebihan tipe kepribadian melankolis.

1. Kritis dan penuh pikiran mendalam

Orang dengan kepribadian melankolis memang menghabiskan banyak waktunya untuk berpikir. Mereka jarang membiarkan otaknya beristirahat dan jarang membiarkan sesuatu begitu saja.

Ia selalu kritis terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Mereka mempunyai pemikiran yang mendalam dan menyeluruh terhadap suatu permasalahan. Sifatnya yang satu ini membuat mereka mampu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

2. Cenderung cerdas

Orang yang senang berpikir selalu membuat otaknya berkembang. Orang dengan kepribadian melankolis tidak ragu untuk selalu belajar dan menambah pengetahuan mengenai berbagai hal.

Mereka bahkan cenderung dikenal sebagai orang yang cerdas dan memiliki pemikiran cemerlang. Di sekolah dan di dunia kerja, mereka dikenal sebagai pemecah masalah dan sebagai orang dengan tingkat kepintaran yang tinggi.

3. Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik

Orang melankolis yang senang berpikir akan menggunakan berbagai data dan pengetahuan logis untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam bekerja, ia akan selalu menginginkan hasil yang terbaik.

Setiap pekerjaan yang diselesaikan oleh orang melankolis biasanya memiliki hasil yang baik. Hal ini terutama karena mereka tidak menyenangi adanya kesalahan.

4. Gigih dan tidak mudah menyerah

Orang dengan kepribadian melankolis selalu ingin menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Mereka tidak menghabiskan banyak waktunya untuk sesuatu yang tidak berguna.

Apabila menemukan tantangan atau kesulitan, mereka tidak mudah menyerah.

Mereka akan selalu gigih untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sifat gigih dan tidak mudah menyerah ini berkaitan dengan kecenderungan mereka untuk mencari kesempurnaan.

5. Rapi dan teratur

Rapi dan teratur adalah kelebihan lain yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian melankolis. Mereka selalu menaruh barang-barang di tempatnya masing-masing dengan teratur.

Mereka juga rajin membuat jadwal dan target yang harus dicapai. Mereka akan selalu mengikuti jadwal dan peraturan yang telah dibuat. Mereka juga dikenal disiplin dan tepat waktu.

6. Berbakat dan kreatif serta memiliki jiwa seni yang tinggi

Orang melankolis cenderung fokus kepada dirinya sendiri. Mereka mudah untuk mengenali bakat dan kelebihan yang dimilikinya. Mereka tidak ketinggalan kesempatan untuk mengembangkan bakat tersebut.

Mereka juga menyenangi dan menghargai karya seni. Mengunjungi pameran dan museum adalah salah satu kegiatan kesukaan melankolis.

7. Setia

Orang dengan kepribadian melankolis selalu gigih dan tekun dalam mencapai tujuannya. Mereka juga setia terhadap suatu hal. Mereka senang berbakti dan setia terhadap orang-orang di dekatnya.

Sifat setia ini membuat mereka tidak mudah terpengaruh akan hal-hal lain yang bertentangan dengan tujuannya. Sebagai pasangan hidup, orang melankolis juga cenderung lebih setia.

8. Selalu bersikap hati-hati

Sifat perfeksionis orang melankolis membuat mereka selalu bersikap hati-hati di kehidupan sehari-hari. Mereka menghindari sesuatu yang impulsif dan selalu berpikir sebelum bertindak.

Sifat hati-hati ini membantu mereka untuk terhindar dari masalah yang besar. Mereka tidak ingin untuk membuat kesalahan sehingga selalu bersikap hati-hati.

#Kelemahan Melankolis

Kelemahan Melankolis

Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, kepribadian melankolis juga tentu memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari manusia dengan tipe kepribadian melankolis.

1. Lama dalam bekerja atau mengambil keputusan

Sifat perfeksionis yang dimiliki orang melankolis sering menghambat mereka untuk mengambil keputusan secara cepat. Mereka cenderung terlalu banyak berpikir sehingga mengambil waktu yang lebih lama untuk bekerja dan mengambil keputusan.

Mereka selalu takut akan kesalahan dan berbagai hal buruk sehingga sulit untuk langsung mengambil keputusan. Hal ini membuat orang melankolis cenderung tidak cocok untuk berkerja terjun langsung ke lapangan.

2. Sulit untuk berteman dan bersosialisasi

Orang melankolis menganggap bekerja dengan orang lain tidak memuaskan dan hanya menghabiskan waktu. Mereka lebih suka banyak berpikir dan bekerja sendiri.

Sedikitnya interaksi yang dimiliki dengan orang lain membuat mereka cenderung sulit untuk mendapatkan teman baru dan bersosialisasi. Orang lain juga cenderung menjauh dari orang melankolis.

Orang lain merasa bahwa orang melankolis sulit untuk diajak berteman.

3. Mudah merasa tertekan

Orang dengan kepribadian melankolis selalu menginginkan hasil yang terbaik. Mereka tidak menyenangi suatu kesalahan sekecil apa pun. Pikiran mereka selalu dipenuhi berbagai pertimbangan dan analisa mengenai hal mana yang lebih baik.

Akibatnya, mereka mudah untuk merasa tertekan. Standar tinggi yang mereka buat sendiri terkadang menekan mereka untuk selalu bekerja dengan baik.

4. Pesimis

Disamping potensi yang dimiliki orang melankolis, mereka malah sering merasa tidak mampu. Mereka cenderung pesismis terhadap dirinya sendiri. Pekerjaan yang seharusnya tidak terlalu sulit membuat mereka tidak percaya terhadap diri sendiri.

Terutama apabila mereka pernah melakukan kesalahan. Sifat pesimis ini terkadang menghambat mereka untuk berprestasi lebih.

5. Selalu curiga terhadap orang lain

Kepribadian melankolis tidak mudah untuk percaya kepada orang lain. Dalam bekerja, mereka cenderung tidak percaya terhadap hasil yang dikerjakan oleh orang lain.

Mereka menjadi cenderung selalu curiga terhadap orang lain. Hal ini dapat menjadi buruk karena mereka bisa sering melewatkan kesempatan emas. Bahkan hal ini juga dapat menyebabkan mereka memiliki hubungan yang buruk dengan orang lain.

6. Tidak suka jika dianggap salah

Orang dengan kepribadian melankolis memiliki sifat perfeksionis. Mereka tidak suka dan selalu menghindari berbuat salah. Mereka cenderung merasa bahwa hasil kerja mereka adalah yang paling benar dan yang paling baik.

Mereka tidak akan suka jika orang lain menanggap mereka salah. Hal ini menghalangi mereka untuk dapat mengevaluasi dan memperbaiki diri sendiri.

7. Cenderung menyimpan rasa dendam

Orang melankolis sulit untuk memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain. Mereka cenderung untuk menyimpan rasa dendam dalam hatinya. Mereka beranggapan bahwa jika orang lain pernah berbuat salah kepadanya maka hal itu dapat berulang.

Mereka terkadang juga ingin untuk membalaskan dendam tersebut, baik dengan cara halus maupun dengan cara kasar.

8. Sering merasa rendah diri

Orang melankolis juga sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Apabila ada orang lain yang dianggap lebih hebat dalam suatu bidang, ia akan mudah untuk merasa rendah diri.

Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri mereka. Orang melankolis cenderung menyalahkan dirinya sendiri karena kekurangan yang dimilikinya.

Terlepas bagaimanapun orang melankolis itu, suatu perbedaan hendaknya menjadi keberagaman yang indah di kehidupan manusia. Setiap manusia memerlukan orang lain dengan kepribadian yang berbeda-beda, termasuk kepribadian melankolis.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, orang dengan kepribadian melankolis turut membantu dalam perkembangan kehidupan manusia. Demikian penjelasan mengenai tipe kepribadian melankolis, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *