Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat renang sungguh luar biasa. Olahraga aquatik ini memanfaatkan anggota tubuh terutama tangan dan kaki agar dapat mengapung bergerak dalam air. Ketika melakukan olah raga ini, seluruh otot tubuh akan bergerak. Dan karena bergerak di dalam air yang notabene 800 kali lebih padat daripada di udara, otot juga akan bekerja dengan lebih berat.

Meski begitu, berenang merupakan olahraga low-impact dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh wanita pria anak dan dewasa.

Manfaat Renang Untuk Kesehatan

1. Melatih dan Menguatkan Seluruh Otot Tubuh

1. Manfaat Renang

Secara kasat mata, olahraga renang terlihat lebih banyak memanfaatkan tangan dan kaki. Namun tahukan kamu bahwa melakukan olahraga renang akan membuat seluruh otot tubuh bergerak, apapun gaya renang yang kamu gunakan entah itu renang gaya dada ataupun gaya bebas. Tidak hanya kaki atau tangan yang bekerja, namun juga seluruh otot tubuh seperti otot bahu, otot perut, atau juga otot punggung.

Seperti disinggung sebelumnya, air memiliki kepadatan 800 kali lipat dibanding udara. Dengan demikian otot tubuh juga akan bekerja lebih berat. Saat berenang otot-otot tubuh kamu akan mengalami resistansi konstan, sehingga kekuatan otot-otot tubuh akan terlatih dan meningkat.

Dengan melakukan olahraga renang secara teratur, otot-otot tubuh kamu akan terbentuk sempurna, dan membuat tubuh kamu terlihat semakin atletis.

2. Latihan Kardio

Olahraga Kardio merupakan kegiatan olahraga yang bertujuan untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Sama seperti olahraga kardio, berenang membuat kamu tidak berhenti bergerak, sebab jika kamu berhenti bergerak tentu akan tenggelam.

Karena tidak berhenti bergerak dan membuat seluruh otot tubuh bekerja; berenang akan dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, serta ke paru-paru. Dengan demikian aliran darah menjadi lancar, dan pernafasan juga akan lebih panjang.

3. Relaksasi Pikiran

3. Manfaat Renang

Menurut riset, floating therapy dapat digunakan untuk meredakan stres kronis. Efek yang sama bisa didapat dengan berenang, sebab ketika berenang kamu juga akan merendam seluruh tubuh dalam air.

Berenang dianjurkan untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran, bahkan jika dilakukan secara rutin manfaat renang bagi kesehatan adalah akan dapat mengurangi stress dan depresi.

Selain itu berenang akan membuat kita terus bergerak di dalam air. Hal tersebut akan meransang hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat pikiran terasa rileks. Selain itu banyak bergerak juga efektif dalam mengurangi stress, alih-alih hanya diam merenung.

4. Terapi Pemulihan Cidera

Ketika berenang hampir 90% tubuh kita ditopang oleh air. Dengan demikian tubuh akan terasa lebih ringan, persendian tubuh pun tidak terasa sakit karena menopang beban tubuh.

Sebaliknya, air kolam bersuhu hangat bahkan memberikan efek yang baik pada otot dan sendi tubuh.  Oleh sebab itu, berenang dapat dilakukan untuk memulihkan cidera.

5. Baik Bagi Ibu Hamil

Berenang merupakan olahraga yang aman bagi ibu hamil, bahkan ada banyak sekali manfaat renang bagi kesehatan untuk ibu hamil. Sebab berenang memungkinkan ibu hamil bergerak bebas tanpa menekan atau membebani sendi-sendi tubuh.

Berenang bahkan dapat memperbaiki postur tubuh yang berubah kara kehamilan. Perut yang membesar akan memmbuat bahu dan tulang belakang bergerak maju, sehingga membuat panggul miring, tidak ideal. Berenang dapat memperbaiki masalah ini.

Selain memperbaiki posisi panggul dan mengurangi beban pada punggung, berenang juga akan membantu ibu hamil dalam memperkuat otot-otot tubuhnya. Hal ini tentu akan menyumbangkan peran penting dalam proses kelahiran.

6. Mengurangi Kadar Koresterol

Manfaat renang bagi kesehatan selanjutnya berkaitan dengan kadar kolestrol. Berenang sangat efektif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Berenang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), namun sebaliknya akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

7. Menyehatkan Jantung

Berenang merupakan membuat kamu tidak berhenti bergerak, dengan demikian memiliki efek yang sama seperti olahraga kardio yang dapat menyehatkan jantung kamu. Berenang juga membuat seluruh otot tubuh bergerak, termasuk otot tubuh yang memacu aliran darah ke jantung.

Dengan terus bergeraknya seluruh tubuh, maka peredaran darah akan lancar, selain itu juga mengurangi resik menumpuknya kolesterol dalam darah. Dengan demikian akan memperlancar dan menyehatkan fungsi jantung.

8. Melatih Pernapasan dan Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Saat berenang, tubuh kamu akan dilatih untuk menggunakan oksigen secara efisien. Dengan demikian akan melatih pernapasan kamu, proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida menjadi semakin efektif. Hal ini juga akan membantu menurunkan tekanan darah serta memperbaiki detak jantung.

Selain melatih pernapasan yang lebih efektif, berenang juga akan melatih nafas agar kuat dan panjang. Olahraga renang, terutama menyelam membutuhkan kapasitas paru-paru yang besar agar dapat menyelam dalam waktu yang cukup lama.

Secara tidak langsung, dengan seringnya berenang sistem kerja pernapasan akan terlatih menjadi lebih panjang dan kapasitas paru-paru pun akan semakin meningkat.

9. Mengurangi Resiko Serangan Diabetes

9. Manfaat Renang

Berenang dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin, dengan demikian akan membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes, sebab selain membantu mengontrol kadar gula darah, berenang juga efektif dalam membakar kalori dan mengurangi berat badan. Dengan demikian akan mengurangi resik serangan diabetes.

10. Mengurangi Resiko Serangan Asma

Ketika berenang, kelembapaan air akan menggantikan kelembapaan yang dikeluarkan saat melakukan pernapasan yang kuat ketika berolahraga. Dengan demikian olah raga renang merupakan olahraga yang baik dilakukan dan dianjurkan bagi penderita asma.

Berenang juga memberi manfaat baik bagi penderita penyakit paru-paru kronis lainnya.

11. Meningkatkan Tinggi Badan

Buat kamu yang punya masalah tinggi badan dan masih dalam masa pertumbuhan, tak ada salahnya rajin berenang. Berenang efektif dalam membantu kamu meningkatkan tinggi badan. Dengan rutin melakukan olahraga renang sejak dini, tubuh akan sehat dan juga tinggi.

12. Melangsingkan Tubuh

Sama seperti olahraga lainnya, manfaat renang bagi kesehatan juga efektif untuk menurunkan berat badan. Berenang bahkan dapat membakar kalori dengan lebih efektif. Sebagai perbandingan, kita akan dapat membakar 200 kalori dengan berenang selama setengah jam. Sedangkan untuk membakar jumlah kalori yang sama, kamu akan memerlukan waktu berjalan kaki yang lebih lama.

Selain itu, berenang akan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat. Karbohidrat dan lemak tubuh dapat digunakam secara maksimal sebagai sumber energi gerak tubuh. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih berenergi dan bersemangat menjalani hari.

13. Membentuk Tubuh Ideal

Berenang dapat membantu membentuk otot-otot tubuh menjadi lebih sempurna. Seluruh otot bagian tubuh akan terbentuk, dan menjadikan tubuh kamu terlihat lebih atletis.

Selain itu, manfaat renang juga dapat memperbaiki postur tubuh kamu dan membantu melangsingkan tubuh kamu. Dengan demikian, secara rutin melakukan olahraga renang akan membantu kamu untuk memiliki tubuh yang ideal.

14. Membuat Tubuh Sehat dan Bugar

Ketika sedang renang, otot tubuh akan terlatih menjadi lebih kuat dan terbentuk sempurna. Selain itu peredaran darah akan menjadi lancar, kolesterol dan kadar gula dalam darah terjaga, metabolisme tubuh pun akan menjadi lancar.

Semua itu tentu akan membuat tubuh menjadi sehat dan terasa bugar. Lakukan olahraga ini selama 20 menit dengan irama dan teknik yang sama setiap kali.

15. Membuat  Awet Muda

Menurut riset, manfaat renang bagi ksehatan berikutnya adalah dapat mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol, kesehatan jantung dan pembuluh darah, massa otot, fungsi kognitif tubuh, kimiawi darah, serta kesehatan sistem saraf pusat.

Semua hal tersebut dipengaruhi sedemikian rupa, sehingga orang yang rutin berenang memiliki fungsi tubuh yang lebih lebih muda hingga 20 tahun dari umur biologisnya. Dengan demikian berenang dapat membuat kamu awet muda, dan memiliki umur panjang.

16. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat renang selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi memori dan kemampuan berpikir seseorang. Sebab berenang dapat membantu mengurangi peradangan dan resistensi insulin pada otak dengan cara membentuk pertumbuhan sel otak yang baru.

Selain itu, berenang efektif dalam meningkatkan Mood dan kemampuan berpikir yang lebih efisien.

17. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berenang dapat membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari. Hal ini juga berlaku bagi penderita insomnia, atau pengidap kesulitan tidur yang lainnya. Ketika berenang, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin yang akan meningkatkan mood dan membuat kamu merasa rileks.

Selain itu, hari akan membuat seluruh tubuh bergerak, dan lelah yang diakibatkannya akan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, jika ingin meningkatkan kualitas tidur dimalam hari, berenanglah secara rutin di sore hari.

18. Membuat Tubuh Berenergi

Berenang dapat meningkatkan energi tubuh kamu. Hal ini dapat terjadi, karena ketika berenang selir otot tubuh bekerja dan dilatih tingkat kekuatannya. Dengan demikian peredaran darah serta metabolisme tubuh akan menjadi lancar. Akibatnya tubuh menjadi bugar dan berenergi.

19. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Berenang akan melatih kelenturan seluruh otot tubuh dan kelincahan gerak rubuh. Selain itu juga memperbaiki postur serta sendi-sendi yang bermasalah. Dengan demikian berenang akan membantu kamu dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh.

20. Sarana Rekreasi

Meskipun termasuk olahraga yang serius dan bahkan dipertandingkan dalam tingkat internasional; ternyata berenang juga merupakan sarana rekreasi yang murah meriah. Sebab seperti telah diketahui, berenang dapat meningkatkan mood, dan memberikan efek relaksasi, menenangkan pikiran dan bahkan meredakan stress.

21. Menambah Pengalaman Baru

Kemampuan berenang bisa diaplikasikan dalam banyak hal, yang akan membawa kamu pada banyak pengalaman baru. Misalnya pengalaman bersnorkling di laut dan melihat indahnya terumbu karang serta ikan-ikan yang hidup disitu. Atau juga keseruan menyusuri sungai, arung jeram, atau berbagai atraksi air lainnya.

22. Berolahraga Tanpa Berkeringat

Berenang merupakan olahraga yang cukup berat, daun karena dilakukan di dalam air maka kamu tidak akan berkeringat bahkan kesegaran dan kelembagaan tubuh kamu akan tetap terjaga. Air akan mendinginkan suhu tubuh kita yang panas karena berolahraga.

23. Mengurangi Resiko Terserang Penyakit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, berenang membuat tubuh sehat dan terjaga kebugarannya. Selain itu juga mengontrol kadar lemak jahat dalam tubuh serta kadar gula darah. Metabolisme dan peredaran darah juga akan menjadi lancar ketika kamu secara rutin berenang.

Semua itu akan membuat sistem imun tubuh kamu meningkat, dan tidak mudah terserang penyakit termasuk penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, ataupun diabetes.

24. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Melakukan olahraga renang secara rutin akan membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Sebab ketika berenang, seluruh otot tubuh kamu bergerak dan dilatih lebih kerasdidalam air, daripada ketika berada dalam udara. Selain itu kapasitas paru-paru juga akan meningkat, serta pernapasan akan menjadi lebih efektif.

25. Membantu Pemulihan pada Nyeri Sendi (arthritis)

Berenang merupakan olahraga yang dianjurkan bagi penderita radang sendi. Sebab dengan berenang penderita radang sendi dapat menjaga kebigaran tubuh dan meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerakan tubuh tanpa memberi tekanan pada sendi yang akan memperburuk nyeri pada sendi.

Berenang juga dapat membantu memulihkan fungsi sendi yang sedang nyeri. Selain itu berenang dalam suhu air yang hangat, 28 – 31 derajat celcius, akan memberi efek yang baik pada otot dan persendian serta membantu meredakan rasa nyeri pada sendi.

Bagaimana? Ada banyak sekali bukan manfaat renang bagi kesehatan. Jadi tak ada salahnya meluangkan waktu untuk berenang seminggu sekalilah minimal.

Tinggalkan komentar