Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku, budaya, ras, serta agama. Dalam kehidupan bermasyarakat, baik dalam pekerjaan maupun dalam studi di sekolah, kita akan bertemu dengan keberagaman. Jika ditanggapi dengan positif, keberagaman memiliki banyak manfaat. Berikut ini contoh manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

Manfaat Keberagaman di Sekolah

1. Menumbuhkan rasa saling menghargai

Di Sekolah kita akan bertemu dengan berbagai siswa yang saling berbeda antara satu dengan lainnya. Baik perbedaan dalam hal gender, agama, suku, bahasa, ras, adat istiadat dan lain sebagainya. Dengan hadirnya perbedaan-perbedaan tersebut, setiap siswa belajar untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan.

2. Memahami Perbedaan

Rasa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada antar setiap individu dalam lingkungan sekolah yang majemuk akan menimbulkan pemahaman yang baik akan perbedaan. Dengan memahami perbedaan, akan muncul pula penerimaan bahwa setiap individu memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya.

3. Memunculkan Toleransi

Lingkungan sekolah yang majemuk; terdiri dari beragam suku, agama, ras, gender, atau juga kebudayaan menuntut siswa untuk dapat saling menghormati, menghargai, dan memahami perbedaan yang ada dalam bersosialisasi. Dengan demikian tercipta rasa saling tolerasi antar suku, agama, budaya adan ras yang berbeda.

4. Belajar Bersosialisasi

Selain di lingkungan keluarga, sekolah merupakan tempat bagi para siswa untuk belajar bersosialisasi. Siswa-siswi dari beragam gender, suku, agama, ras, maupun budaya berkumpul dalam lingkungan sekolah.

Untuk itu setiap siswa dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan majemuk serta memahami perbedaan-perbedaan sifat maupun karakter setiap individu agar dapat menjalin pertemanan dengan banyak siswa lain yang memiliki ragam latar belakang yang berbeda.

5. Dapat Mengetahui Bahasa Daerah Lain

Dalam satu sekolah, terutama di kota-kota besar seringkali terdapat siswa yang berasal dari daerah yang berbeda-beda, sehingga selain berbahasa Indonesia, mereka juga menggunakan bahasa daerah yang berbeda untuk bercakap-cakap dalam kesehariannya.

Keberagaman bahasa tersebut dapat dimanfaatkan untuk saling belajar bahasa antar siswa yang memiliki bahasa ibu yang berbeda. Selain menarik bagi para siswa, belajar bahasa daerah lain juga akan membantu melestarikan kebudayaan daerah tersebut dan mengembangkan rasa cinta akan Indonesia dengan keberagaman budaya dan bahasanya.

6. Memperkuat persatuan dan kesatuan

Munculnya sikap toleransi, rasa saling menghormati, menghargai, dan memahami keberagaman serta rasa cinta akan keberagaman Indonesia akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

7. Menambah Wawasan Budaya

Negara kita Indonesia kaya akan budaya. Setiap daerah memiliki adat istiadat, kebudayaan, juga bahasa yang berbeda. Dengan hadirnya keberagaman tersebut dalam lingkungan sekolah; setiap siswa secara nyata dikenalkan dengan bahasa dan budaya lain, yang pada akhirnya akan menambah wawasan budaya mereka.

Demikian jawaban atas pertanyaan mengenai manfaat keberagaman di lingkungan sekolah. Semoga dengan begini kita semakin bersyukur dengan adanya keberagaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.