Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Setiap negara pasti memiliki dasar dan pandangan hidup yang dipedomani demi mewujudkan cita-cita bernegara. Begitupun dengan negara Republik Indonesia yang mempunyai lima asas sebagai dasar negara yang dikenal dengan sebutan Pancasila. Tidak hanya sebagai dasar negara saja, Pancasila juga menjadi pandangan hidup bernegara dan berbangsa.

Makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup

Dasar negara dan pandangan hidup memiliki kaitan yang begitu erat, karena dasar negara memuat landasan, pondasi, serta cita-cita. Hal itulah yang kemudian dijadikan sebagai pandangan hidup atau pedoman bagi bangsa dalam melakukan aktivitas berbangsa dan bernegara.

Pandangan hidup suatu bangsa haruslah kuat, jelas, dan kokoh. Setiap usaha untuk memecahkan masalah kenegaraan juga pasti akan berpedoman pada pandangan hidup tersebut. Selain pedoman dalam pemecahan masalah, pandangan hidup juga mengandung cita-cita bangsa dan negara, sehingga fokus tujuan ke depannya mesti berlandaskan dari pandangan hidup.

Pancasila sebagai pandangan hidup juga dikenal dengan istilah way of life, pedoman hidup, pandangan hidup, pegangan hidup, dan petunjuk hidup. Dalam pemaknaannya, menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup sama artinya dengan menjadikan pancasila sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Setiap sikap dan perilaku bangsa harus menerapkan penjiwaan terhadap nilai luhur Pancasila.

Manfaat Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dapat dijelaskan dalam beberapa hal. Semua hal tersebut juga memuat tentang pemaknaan Pancasila sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

1. Sebagai petunjuk penyelesaian masalah

Sebagai pendangan hidup, Pancasila dijadikan sebagai petunjuk dalam proses penyelesaian berbagai permasalahan atau persoalan yang ada di dalam masyarakat, maupun  berbagai persoalan besar umat manusia dalam pergaulan masyarakat dan juga bangsa-bangsa di dunia. 

Pancasila juga bermanfaat sebagai cara atau petunjuk untuk menyelesaikan suatu persoalan dalam aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang biasanya dapat timbul seiring dengan gerak masyarakat yang terus bergerak maju.

2. Membangun karakter

Berikutnya Pancasila juga dijadikan sebagai arah membangun dirinya sendiri sesuai dengan kepribadian yang berkarakter dan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia.

3. Pemersatu bangsa

Manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup berikutnya adalah dapat menjadi tolak pemersatu bangsa. Pancasila juga digunakan sebagai petunjuk bagi masyarakat Indonesia yang terdiri dari beraneka raga suku, bahasa, dan juga adat istiadat, Bhinneka Tunggal Ika.

Makna Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila harus dipahami oleh setiap masyarakat, karena di dalamnya terkandung ruh dan esensi dari kelima asas tersebut. Sebagai dasar negara bermakna bahwa Pancasila adalah landasan, pondasi utama, titik acuan bangsa dan negara dalam mengatur keberlangsaan bangsa maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Dengan begitu Pancasila menjadi hal yang begitu penting untuk dimaknai dengan baik, karena juga terdapat dalam upaya mengatur setiap unsur kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu segala bentuk peraturan yang dibuat dan berlaku di Indonesia juga harus belandas dan berasaskan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia

Contoh Penerapan Makna Pancasila sebagai Dasar Negara

Sebagai dasar negara sudah semestinya Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Bentuk penerapannya pun berbeda-beda dan dapat menyentuh berbagai aspek kehidupun. Beberapa contoh penerapan makna Pancasila sebagai dasar negara antara lain:

  1. Melaksanakan ibadah sesuai dengan apa yang dipedomani dalam agam masing-masing. Beberapa agama yang diakui di Indonesia antara lain Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.
  2. Menerapkan perilaku yang adil dalam memutuskan suatu persoalan dan masalah yang terjadi dalam kehidupan. Mulai dari masalah yang kecil sampai yang besar dan berat.
  3. Bersikap gotong-royong serta rukun antar sesama warga negara. Hal ini bisa ditunjukkan dalam kehidupan keluarga, bertetangga, sampai bernegara.
  4. Membiasakan untuk menyelesaikan dan memecah suatu persoalan dan masalah yang dihadapi dengan jalan musyawarah.
  5. Tidak membedakan antar sesama warga berdasarkan status sosial mereka, karena setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Contoh Pancasila sebagai Pandangan Hidup

Contoh Pancasila sebagai pedoman hidup untuk bangsa dan negara dapat dijabarkan melalui lima aspek berikut.

1. Ketuhanan dan Ketakwaan

Nilai ketuhanan dan ketakwaan terkandung dalam sila pertama Pancasila yang berarti bahwa bangsa Indonesia mengakui keberadaan Tuhan, meskipun kepercayaan setiap masyarakat berbeda-beda.

Beberapa contoh penerapan Pancasila dalam hal ini antara lain hidup rukun antar umat beragama, bersikap toleransi dengan saling memberi kebebasan dalam melaksanakan ibadah sesuai kepercayan masing-masing, dan tidak membedakan orang lain yang mempunyai agama yang berbeda.

2. Kemanusiaan dan Keberadaban

Nilai kemanusiaan dan keberadaban termaktub dalam sila kedua Pancasila yang menunjukkan bahwa hati nurani dan adab juga diperlukan dalam melakukan setiap perbuatan. Contohnya bersikap sopan dan santun terutama kepada yang lebih tua dan senang mengikuti berbagai kegiatan kemanusiaan.

3. Persatuan dan Kesatuan

Nilai persatuan dan kesatuan ada di dalam sila ketiga Pancasila yang berarti keanekaragaman bangsa Indonesia harus dihormati. Contoh penerapannya yaitu mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan menjaga persatuan dalam masyarakat.

4. Kerakyatan dan Kebijaksanaan

Nilai kerakyatan dan kebijaksanaan berarti harus mengutamakan kepentingan rakyat yang berlandaskan kebenaran dan keadilan. Contohnya berusyawarah untuk mengambil keputusan dan tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

5. Keadilan dan Kesejahteraan

Nilai ini terkandung dalam sila kelima yang menunjukkan penunaian hak dan kebutuhan terhadap rakyat Indonesia. Contohnya saling membantu antar sesama dan menghargai keputusan orang lain.

Sebagai landasan dalam bernegara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila harus diyakini dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua demi persatuan bangsa ini sebagaimana cita-cita luhur para pendiri bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *